Mengenal AIDA, Teknik Bikin Copywriting Menarik!

Mengenal AIDA, Teknik Bikin Copywriting Menarik!

Ketika melihat postingan Instagram sebuah bisnis, tak jarang kita membaca informasi yang tertera pada poster atau captionnya, bukan? Informasi dalam bentuk tulisan tersebut dikenal dengan sebutan copy. Untuk membuat copy yang baik, ternyata kita harus memiliki kemampuan copywriting. Teknik copywriting yang tepat akan menghasilkan kata-kata powerful yang bisa membuat calon pelanggan tertarik membeli produk kita. 

Orang yang melakukan copywriting disebut copywriter. Seorang copywriter bekerja menulis promosi penjualan dan materi pemasaran lainnya untuk produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi. Copywriting terdiri dari kata-kata, baik tertulis ataupun lisan yang digunakan pemasar untuk mencoba membuat orang mengambil tindakan setelah membaca atau mendengarnya. Untuk mengajak orang melakukan sesuatu tentulah kita harus memiliki kreativitas yang tinggi.

Jika Anda ingin menghasilkan copywriting yang memikat, tentunya Anda harus mengetahui tentang AIDA dalam copywriting. Karena itulah artikel ini didedikasikan untuk mengajari Anda apa itu formula AIDA dalam copywriting dan cara menggunakannya. Anda juga akan melihat contoh nyata dan kasus penggunaannya nanti.

Apa Itu Formula AIDA dalam Copywriting?

AIDA adalah singkatan dari Attention-Interest-Desire-Action. Empat hal komponen ini mampu menghasilkan sebuah konten tulisan yang menarik dan tentunya efektif untuk menarik para pelanggan. Formula AIDA adalah formula yang sudah lama ada di dunia copywriting dan mampu secara konsisten menciptakan hasil yang signifikan. Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan melalui digital marketing dan juga pemasaran secara offline. Formula AIDA bisa Anda terapkan di : 

  • Halaman website
  • Email
  • Iklan yang berbayar
  • Surat langsung
  • Iklan radio ataupun televisi

Tujuan dari formula AIDA dalam copywriting adalah untuk melakukan beberapa hal seperti:

  • Raih perhatian pembaca dan pikat mereka.
  • Buat sesuatu yang menarik agar pembaca mau melanjutkan membaca
  • Menampilkan manfaat.
  • Mengajak audiens untuk melakukan sesuatu (mendaftar event, membeli produk, mem-follow media sosial, dan lain-lain)

Sederhana, bukan? Tapi tidak terlalu sederhana juga. Ada banyak formula copywriting di luar sana, tetapi AIDA adalah salah satu yang paling sulit diterapkan. Saat menerapkan formula copywriting, Anda tidak perlu terlalu kaku ataupun takut. 

Bagaimana Asal Usul Teknik AIDA? 

tips copywriting

Elias St. Elmo Lewis datang dengan AIDA pada tahun 1898. The Advertising Hall-of-Famer menulis tentang tiga prinsip periklanan yang menurutnya berguna sepanjang kariernya. Salah satu prinsip yang dia sebutkan termasuk AIDA. Kolom ini muncul di The Inland Printer, salah satu majalah Amerika paling berpengaruh pada abad ke-19. Dikatakan bahwa semua iklan yang sukses harus mengikuti formula tertentu.

Bagaimana Menerapkan Formula AIDA dalam Copywriting?

Menerapkan Formula AIDA dalam Copywriting?

Berikut penjelasan satu per satu formula AIDA dalam copywriting yang bisa Anda terapkan agar menghasilkan teks yang berkualitas : 

Attention

Formula AIDA dalam copywriting pertama adalah “A” untuk Attention. Attention memiliki artian yaitu perhatian. Ini ada karena copywriting memiliki tujuan untuk membujuk audiens target untuk membeli produk Anda. Anda perlu menarik perhatian para calon pelanggan tersebut.

Riset audiens yang menyeluruh sangat penting untuk menghasilkan perhatian yang optimal. Pada tahap formula Attention ini, Anda akan mencari tahu keresahan ataupun masalah yang dihadapi audiens Anda. Anda harus mempelajari audiens atau calon pelanggan Anda dengan cermat dan menciptakan image atau pesona yang baik untuk calon pelanggan.

Anda dapat menarik Attention di awal artikel atau bentuk konten lainnya dengan:

  • Mengajukan pertanyaan pembaca akan menemukan relatable.
  • Mengutip statistik menarik atau data yang berhubungan dengan topik.
  • Menggunakan studi kasus yang membuktikan pendapat Anda.
  • Membuat pernyataan berani.
  • Menyapa pembaca segera dengan menggunakan kata-kata seperti “Anda.”

Setelah berhasil melakukan ini, saatnya untuk ke interest.

Interest

Interest berarti ketertarikan atau minat. Setelah merencanakan untuk menarik perhatian para audiens, Anda sekarang harus membuat hal-hal yang dapat memicu minat mereka terhadap produk Anda.  Dengan ilmu yang didapatkan pada langkah pertama yaitu Attention, Anda bisa melanjutkan untuk menarik minat para audiens dengan melakukan riset, Anda bisa melakukan ini melalui SEO google organic, media sosial, dan situs web Anda.

Selain itu, Anda perlu merangsang keingintahuan yang mengarahkan audiens Anda untuk menemukan apa yang produk Anda lakukan. Ingat, Anda harus menghasilkan konten yang menarik perhatian dan melibatkan mereka. Anda dapat mencapai minat dengan terlebih dahulu memformat konten Anda dengan benar. Itu berarti Anda bisa membuat kalimat/paragraf pendek, berbicara dalam bahasa pelanggan, membangun suara yang bersahabat, dan membuat urutan poin yang masuk akal.

Anda juga bisa membuat konten dengan menjelaskan kepada para audiens bahwa ada masalah besar yang berdampak negatif terhadap kehidupan mereka. Anda dapat melakukan ini dengan memulai bercerita ataupun cara lainnya yang membuat individu tersebut “merasakan” masalah mendesak mereka.

Ini akan mengarahkan mereka untuk mencari solusi yang pasti dengan membeli produk Anda.

Desire

Bagian selanjutnya dari formula AIDA dalam copywriting adalah Desire. Setelah melewati tahap Interest, Anda akan bertemu dengan tahap Desire. Di tahap ini, Anda harus meningkatkan keinginan calon pelanggan tadi agar membeli produk Anda. Pastikan copywriting Anda mendorong mereka untuk memutuskan membeli atau membeli produk atau layanan Anda. Ini adalah beberapa teknik yang umum digunakan untuk bagian ini:

  • Foto sebelum dan sesudah
  • Testimoni
  • Poster

Baik itu kekayaan, kesehatan, asmara, atau kebutuhan mendesak lainnya, audiens Anda harus dapat melihat bagaimana penawaran Anda dapat meningkatkan kehidupan mereka. Prospek Anda pada tahap Desire dapat membuat mereka membeli jika mereka dipandu dengan benar.

Action

Formula AIDA dalam copywriting yang terakhir adalah Action. Setelah melakukan 3 rumus copywriting sebelumnya, maka Anda di titik dimana harus membuat para calon pelanggan Anda bertindak. Anda harus meyakinkan prospek agar para pelanggan segera bertindak dan membeli produk Anda.

Jika Anda menjual secara langsung, inilah tahap di mana Anda akan meminta penjualan. Anda dapat menciptakan rasa urgensi dengan menawarkan bonus khusus kepada mereka yang bertindak cepat. Permudah mereka untuk mengambil tindakan pada tahap AIDA ini.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan di sini adalah menjangkau klien potensial Anda setelah memperkenalkan produk atau layanan Anda. Ingatkan mereka bahwa mereka perlu mengambil tindakan untuk membeli apa yang dapat ditawarkan merek Anda.

Sebagai ahli strategi pemasaran, Anda harus belajar menerapkan berbagai model pada metode yang ada. Ingat, menemukan hal-hal baru bukanlah tanda bahwa Anda tertinggal. Formula AIDA dalam copywriting dapat bermanfaat bagi Anda, terutama dalam memperluas dan meningkatkan inisiatif promosi Anda.

Penutup

Ada jutaan formula copywriting yang bisa Anda gunakan, tetapi AIDA merupakan formula yang terbaik. Formula AIDA dalam copywriting ini bisa Anda sesuaikan dengan copywriting Anda. Formula ini merupakan formula yang sangat bagus untuk Anda aplikasikan dalam copywriting Anda. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan AIDA ini ke dalam copywriting Anda.

Agar perusahaan Anda semakin meningkat dengan copywriting yang baik, Anda pasti membutuhkan website untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk milik Anda bukan? Agar kinerja website cepat dan stabil, Anda bisa gunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang sudah terintegrasi berbagai tools, aplikasi serta fitur yang dapat mendukung kebutuhan promosi bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update