Apa Itu Aged Domain? Manfaat dan Cara Membelinya

Apa Itu Aged Domain? Manfaat dan Cara Membelinya

Saat Anda membuka search engine, pernahkah Anda membuka hasil pencarian tentang beberapa topik sejenis, tentang komputer misalnya, dan menemukan bahwa konten/artikel dari suatu website selalu berada diposisi teratas?

Nah, alasan mengapa konten dari website tersebut tetap berada di pencarian teratas bisa jadi karena websitenya merupakan aged domain. Pada artikel kali ini, kita akan memahami mengenai apa itu aged domain dan segudang manfaatnya. Langsung saja!

Apa Itu Aged Domain?

Secara harfiah, aged domain adalah domain yang sudah tua. Sederhananya, domain ini adalah domain yang sudah pernah digunakan oleh orang lain, baik untuk kepentingan bisnis atau pribadi yang ditinggalkan karena alasan tertentu seperti: bisnis yang sudah tidak beroperasi lagi.

Meskipun sudah pernah digunakan sebelumnya, domain lama berbeda dengan expired domain. Domain lama adalah domain yang masih memiliki masa aktif yang panjang meskipun sudah ditinggalkan, sedangkan expired domain adalah domain yang sudah habis masa aktifnya.

Faktor yang membuat aged domain unggul adalah karena domain lama sudah mengumpulkan backlink yang mengarah ke domain tersebut, yang membuatnya berharga sehingga mudah untuk meraih peringkat atas dalam pencarian.

Umumnya, jenis domain ini biasanya dibeli melalui pelelangan sebelum masa berlakunya habis. Selain itu, domain lama berbeda dengan domain baru, karena domain jenis ini sudah terindeks oleh google. Sedangkan domain baru membutuhkan waktu sebelum akhirnya terindeks oleh google.

Aged domain sendiri merupakan suatu strategi digital yang sudah lama ada tetapi akhirnya kembali naik dengan segala perubahan metriks sesuai dengan aturan main Google Search Engine.

Dibandingkan dengan situs web baru, domain lama lebih terbukti menguntungkan dari sudut pandang mendapatkan peringkat di SERP (Search Engine Result Pages). Dengan kata lain, aged domain adalah solusi untuk mengoptimalkan situs web secara efisien.

Manfaat Menggunakan Aged Domain

Manfaat Menggunakan Aged Domain
Meskipun tidak lagi digunakan, domain jenis ini masih dapat meningkatkan performa SEO website secara efektif. Dalam hal ini, situs web yang terindeks akan mencapai posisi tertinggi di SERP Google.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan domain ini, yaitu:

Efektif menarik traffic website karena nilai historis yang bagus

Ada beberapa faktor yang menentukan kekuatan dan ranking website dalam SEO, dan nilai historis adalah salah satunya. Hal yang menjadi salah satu indikator penentu nilai historis adalah usia domain.

Oleh karena itu, domain lama ini juga bisa membuat website mendapatkan trafik yang lebih tinggi dan lebih cepat daripada domain baru. Apabila Anda menggunakan domain seperti itu, maka sebagai pemilik baru, Anda dapat mempromosikan konten-konten Anda ke audiens yang lebih besar.

Memiliki domain authority yang tinggi

Untuk meningkatkan traffic, selain dengan nilai historis juga turut terdapat nilai Domain Authority (DA). DA adalah nilai kepercayaan dalam mesin pencari yang dimiliki suatu website.

DA merupakan matriks yang dibuat oleh salah satu software SEO terkenal, MOZ dengan range nilai mulai dari 1 hingga 100. Jadi, apabila suatu situs web memiliki DA yang tinggi, maka akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan dan klik web.

Memiliki nilai DA yang tinggi juga akan mempermudah website untuk bersaing dengan website lain seperti dengan mempercepat website, membuat konten yang selaras dan memasang backlink.

Memiliki banyak backlink

Selain peringkat tinggi di SERP, domain lama yang bagus juga memiliki banyak backlink. Hal ini dapat menunjukkan bahwa situs web itu sendiri memiliki otoritas yang tinggi dan relevan di halaman pencarian.

Backlink adalah tautan atau link pada sebuah halaman/konten yang mengarah pada situs atau halaman lain. Backlink menjadi keuntungan karena search engine umumnya menganggap backlink sebagai cara memverifikasi otoritas dan relevansi dari situs web Anda.
Domain lama menjadi lebih unggul karena besar kemungkinan sebagian besar backlink-nya berasal dari situs besar yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi oleh mesin pencari.

Meningkatkan peringkat website di SERP

Salah satu manfaat menggunakan domain lama adalah meningkatkan peringkat situs web di SERP. Secara umum, domain lama telah diindeks dan ditambahkan ke banyak direktori. Hal tersebut dapat membuat website lebih mudah mendapatkan backlink dan meningkatkan peringkat dengan cepat.

Membantu meningkatkan branding

Domain lama dapat membantu meningkatkan branding usaha atau bisnis Anda, terutama bisnis baru atau bisnis yang kecil Hal ini dikarenakan kelebihan domain lama seperti sudah memiliki backlink yang banyak yang bisa meningkatkan traffic website, membuat bisnis jadi semakin mudah berada diperingkat teratas pencarian dan lebih dikenal user.

Menjadi ‘barang’ investasi digital

Dengan semakin berkembangnya teknologi khususnya internet, domain bisa menjadi aset untuk diinvestasikan, terlebih karena pasar baik yang menyediakan atau yang membeli selalu ada.

Karena pasarnya yang selalu ramai, aged domain bisa digunakan sebagai investasi. Harga domain baru berkisar ratusan ribu hingga jutaan. Tetapi, harga domain lama bisa mencapai belasan hingga puluhan juta mencapai $1350 atau setara dengan Rp19,8 juta rupiah, lebih mahal daripada domain baru.

Terlepas dari banyaknya manfaat domain lama, tetap ada beberapa kekurangannya. Harganya yang mahal, meskipun sangat menguntungkan bila digunakan oleh perusahaan atau web baru, tidak semua perusahaan atau web baru seperti start-up baru mampu membelinya.

Selain itu, cukup sulit juga membeli domain lama yang memiliki nama yang sama atau relevan dengan perusahaan, bisnis atau usaha yang kita buat. Terlebih dalam membeli domain lama, kita harus memperhatikan beberapa hal penting lain seperti kemudahan pengucapan dan untuk diingat, baik atau tidak reputasi website sebelumnya, dll.

Cara Membeli Aged Domain

Cara Membeli Aged Domain

Dalam membeli domain lama, Anda harus membeli domain berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ada beberapa indikator yang menentukan apakah suatu domain itu berkualitas atau tidak yaitu Backlink, Domain Authority, Page Authority, Indeks Google, umur domain, Trust Flow, Citation Flow, dan lainnya.

Untuk memilih domain mana yang perlu dibeli, Anda bisa mengecek kualitasnya terlebih dahulu. Secara teknis, pengecekan kualitas sebuah website dapat dilakukan dengan melihat Domain Authority dan Page Authority.

Selain itu, Anda juga perlu melihat indeks Google dan usia website tersebut. Anda juga harus memeriksa backlink dan menguji kecepatannya dengan Page Speed Test dari cmlabs.

Beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa indikator tersebut adalah:

  • Moz.com yang bisa digunakan untuk memeriksa DA, PA, dan backlink.
  • Duplichecker.com yang bisa digunakan untuk mengetahui usia domain.
  • Archive.org yang bisa digunakan untuk memeriksa riwayat domain.
  • Lookup.icann.org yang bisa digunakan untuk memeriksa usia domain dan registrar.
  • Who.is yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan waktu domain didaftarkan dan kapan waktu domain expired.

Sedangkan untuk membeli domain lama, beberapa situs web yang bisa Anda kunjungi adalah domcop.com, domainhq.co.id, moonsy.com, expireddomain.net, registercompass.com, dll.

Aged Domain Awal Bisnis Baru Yang Lancar

Setelah membaca uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa Aged domain merupakan salah satu strategi yang tepat bagi pemilik usaha khususnya yang baru agar dapat dengan cepat menyebarkan dan mengenalkan (branding) usaha atau produk Anda.

Dengan nilai tinggi pada backlink, DA, PA, Indeks Google dan indikator lainnya, maka akan semakin berpeluang pula situs web tersebut untuk berada dalam pencarian teratas.

Meskipun begitu, bukan berarti domain baru tidak lebih baik dibandingkan dengan domain lama. Anda bisa loh membeli domain baru dengan mudah di Domain IDCloudHost mulai dari harga termurah hanya Rp10.000,-

Selain itu, layanan domain IDCloudHost juga bervariasi, mulai dari domain lokal seperti .my.id, .ac.id, .or.id, .co.id hingga domain internasional seperti .top, .com, .org, .co, .io.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update