Apa Itu cURL, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu cURL, Fungsi dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apakah Anda pernah mendengar istilah cURL? Jika asing terdengar di telinga Anda cURL berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi dengan resource lain melalui protokol HTTP,FTP serta TELNET. Agar lebih jelasnya pada artikel ini akan dibahas dengan seksama tentang apa itu cURL, fungsi dan bagaimana cara kerjanya berikut ini.

Sejarah Singkat cURL

Sebelum Anda mengetahui pengertiannya, cURL awalnya dikenal sebagai “urglet” oleh seseorang bernama Daniel Stenberg di tahun 1997. Kemudian mengalami perkembangan seiring kepopulerannya yang dikenal menjadi “cURL” yang populer karena dapat mentransfer data dengan URL dengan cepat. Selain itu juga, kompatibilitas lintas platform nya sangat bermanfaat bagi developer.

cURL terus mengalami perkembangan dengan kontribusinya dengan memiliki komunitas khusus yang dapat memperluas fungsionalitasnya dengan berbagai protokol yang mendukung yaitu HTTP,FTP,SCP dan lain-lain. Dengan demikian, penggunaan dari cURL selama bertahun-tahun meluas untuk pengujian API,mengunduh berbagai file serta menyimpan konten URL.

Pengertian cURL?

cURL atau client URL adalah sebuah project open source yang berbentuk seperti sebuah program yang bekerja pada command line (CMD) yang saat ini sudah tersedia di library bahasa pemrograman yaitu PHP,Python dan lainnya.

Sehingga bisa dikatakan bahwa cURL merupakan sebuah library yang dibungkus dalam paket “libcurl” yang dapat digunakan dalam berbagai bahasa pemrograman dan dijalankan sesuai dengan command line dan juga script dalam program. Mengapa hal ini dilakukan? Tentu saja ini berguna untuk berinteraksi dengan web service maupun API yang bertujuan untuk mengambil apa saja data yang diperlukan.

Fitur-Fitur dari cURL

Ini dia beberapa fitur dari cURL yang bisa dinikmati oleh user

  1. Protokol transfer data: Fitur yang dimiliki oleh cURL mendukung berbagai protokol transfer data yakni HTTP, HTTPS, FTP, FTPS, SCP, LDAP, dan protokol lainnya.
  2. Fitur autentikasi: Selanjutnya adalah fitur autentikasi yang meliputi: Basic, Digest, dan NTLM. Dengan adanya fitur ini memungkinkan akses yang masuk akan terlindungi dengan menggunakan kredensial yang valid.
  3. Fitur upload dan download: Program ini juga memiliki fitur untuk mengunduh dan mengunggah file dari file ke server. Selain itu, dilengkapi dengan sinkronisasi file dan juga backup file untuk memudahkan user memulihkan file milik mereka.
  4. Fitur manajemen cookie: fitur yang satu ini berguna untuk mengelola cookie yang ada pada file milik user atau memfasilitasi otentikasi.
  5. Fitur proxy: Terakhir adalah fitur proxy yang berguna untuk menjaga privasi atau mengatasi pembatasan yang ada pada cURL.

Manfaat dari cURL

Ini dia beberapa manfaat dari  yang perlu untuk Anda ketahui sebagai berikut:

  • Di dukung lintas antar platform: manfaat pertama yang dirasakan adalah cURL tersedia di berbagai sistem operasi yaitu Windows,Linux,mac OS dan OS lain.
  • Mudah untuk mengunduh dan mengunggah file: Selanjutnya adalah bagi Anda yang seringkali menggunakan file. Memudahkan pengunduhan file dari internet, pengunggahan file dari jarak jauh dan mendukung berbagai protokol transfer apapun yang digunakan oleh user.
  • Sumber daya yang rendah: Selain itu, sumber daya yang dimiliki oleh sangat ringan sehingga efisien untuk digunakan pada platform karena menghasilkan sumber daya yang kecil.
  • Di dukung oleh SSL/TLS: SSL/TLS juga mendukung cURL yang memungkinkan jika Anda ingin melakukan transfer data menjadi lebih aman dan cocok jika ingin mengakses URL HTTPS.
  • Digunakan untuk pengujian dan interaksi: terakhir manfaat dari cURL adalah dapat digunakan untuk menguji API dan melakukan interaksi dengan layanan website.

Cara Kerja cURL

apa itu cURL

Program ini memiliki cara kerja dengan beroperasi di command prompt sehingga memungkinkan user untuk berinteraksi dengan berbagai layanan website secara langsung. Selain itu, user dapat mengirim permintaan HTTP atau FTP untuk mengunduh dan mengunggah file yang terhubung dengan API tanpa harus menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Bagaimana Cara Instalasi cURL?

Jika Anda pengguna mac OS Anda dapat menggunakan cURL yang sudah ada di instal. Anda dapat membuka aplikasi terminal dan menggunakannya. Sementara itu bagi Anda yang pengguna Windows ada dua opsi untuk menginstal:

  • Unduh dan install cURL dari website resminya
  • Buka https://curl.se/windows/ dan unduh versi cURL terbaru untuk mendapatkan sistem yang lebih relevan.
  • Terakhir adalah Anda bisa menjalankan installer dan ikutilah beberapa petunjuknya.

Cara Mengecek Versi cURL

Bagi Anda yang ingin memeriksa versi cURL yang ada di sistem, Anda dapat menggunakan cara berikut ini:

  • Pertama bukalah command prompt dan ketik perintah: curl-v
  • Kemudian enter dan akan tampil informasi mengenai versi cURL dan detail-detailnya yang dapat user lihat secara langsung.

Penutup

Dari berbagai fitur dari cURL banyak keuntungan yang Anda dapatkan sebagai user. Ada beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan ini antara lain: skalabilitas yang mudah, mendukung user untuk mengunggah file dan mengunduh file,protokol transfer yang bisa menjangkau berbagai sistem operasi, serta masih banyak lagi.

Jika Anda sudah mengetahui fleksibilitas dari segi sistem operasi yang sudah kami jabarkan di atas. Sudah sebaiknya Anda bisa menggunakannya segera. Apalagi jika Anda ingin memudahkan dalam melakukan transfer file dari server ke internet.

Selain itu, jika Anda memiliki website yang lambat merespon sesuatu yang pengunjung minta, hal seperti ini bisa mempengaruhi ranking website pada mesin pencari. Sehingga, penting untuk memaksimalkan loading WordPress agar pengunjung tidak kecewa.

Untuk itu, perlu Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update