Apa Itu Google Chromeceast, Teknologi Baru dari Google

Apa Itu Google Chromeceast, Teknologi Baru dari Google

Chromecast adalah sebuah alat pemutar media digital yang dikembangkan oleh Google, Penggunaannya dapat memungkinkan dengan smartphone maupun komputer pribadi, memiliki fungsi untuk mengendalikan pemutaran konten audio visual melalui internet ataupun kedalam system audio yang berada dirumah kita dengan menggunakan aplikasi dan web yang mendukung Google Chromecast ini. Google mengumumkan Chromecast ini pada 24 Juli 2013 untuk Chromecast generasi pertama, dan pada November 2015 Chromecast model audio only diluncurkan, kemudian Chromecast model baru yaitu Chromecast Ultra dan mendukung resolusi 4k yang rilis pada November 2016.

Pada Mei 2015, Google telah menyediakan lebih dari 20.000 aplikasi Google Cast untuk Cast SDK yang bekerja sebagai pihak ketiga yang dapat memodifikasi perangkat lunak mereka dan bekerja dengan Chromecast dan receiver cast lainnya. Dan berhasil menjual lebih dari 30 juta unit sejak diluncurkan secara global, dan Google telah menangani 1,5 miliar permintaan untuk streaming.

Fitur yang ditawarkan ada dua mode, yang pertama kita harus menggunakan aplikasi mobile atau web yang mendukung penggunaan Chromecast. Dan yang kedua memungkinkan konten browser web Google Chrome yang berjalan pada komputer kita maupun pada perangkat smartphone kita. Kemudian Google memberi pembaruan fitur yang mendukung audio dengan resolusi tinggi dan pemutaran multi ruang.
Chromecast mencari perangkat yang tersedia pada jaringan wi fi dengan menggunakan protocol multicast Domain Name System yang dikembangkan oleh Netflix dan Youtube. Kemudian system operasi yang diusung oleh Chromecast pada generasi pertama menggunakan OS sederhana yaitu Chrome OS dan pembaruan akan diunduh secara otomatis.

Masuk kebagian hardware yang terdapat pada Chromecast adalah dongle yang didukung menggunakan port micro USB untuk daya eksternal atau port USB, untung menghubungkan Chromecast ke televisi maupun monitor yaitu dengan menggunakan port HDMI, untuk yang model audio only untuk mengeluarkan suaranya melalui jack 3.5 mm. Menggunakan koneksi wifi ke jaringan local. Google Chromecast mendukung banyak aplikasi web sperti Google Play Music, Google Play Film dan TV yang didukung.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update