Apa Itu Hostname? Fungsi, Tips, dan Cara Melihatnya

Apa Itu Hostname? Fungsi, Tips, dan Cara Melihatnya

Dalam tengah gencarnya pembahasan tentang keamanan digital, apakah Anda pernah berpikir betapa pentingnya pemahaman tentang alamat digital yang membentuk struktur internet saat ini? Hostname yang pada dasarnya adalah identitas unik yang menghubungkan perangkat di seluruh dunia maya kini menjadi lebih vital daripada sebelumnya.

Konteks ancaman siber yang semakin kompleks dan serangan yang semakin terarah, apakah sistem keamanan kita cukup mempertimbangkan peran dan pengelolaan hostname? Mari kita telusuri bagaimana hostname berada di garis depan pertahanan dalam dunia digital yang terus berubah. Simak artikel berikut ini untuk memahaminya.

Apa Itu Hostname?

Hostname adalah label yang diberikan kepada suatu perangkat (host) dalam sebuah jaringan. Hal ini membedakan satu perangkat dari yang lain dalam suatu jaringan tertentu atau di internet. Hostname untuk komputer dalam jaringan rumah dapat berupa sesuatu seperti laptop baru, Guest-Desktop, atau FamilyPC.

Hostname juga digunakan oleh server DNS, sehingga Anda dapat mengakses suatu situs web dengan nama yang umum dan mudah diingat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengingat rangkaian angka (alamat IP) untuk membuka suatu situs web.

Bagaimana Cara Melihat Hostname di Windows?

Berikut beberapa metode untuk menemukan hostname di sistem operasi Windows yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola dan mengidentifikasi perangkat yang terhubung dalam jaringan.

1. Gunakan windows setting

  • Buka pengaturan windows dari menu dengan mengklik gear icon.
  • Pada device name, lalu ketik view your PC name atau Anda dapat mengklik ikon system dari layar dan navigation menu di sebelah kiri.
  • Hostname komputer Anda adalah device name pada layar dan Anda dapat mencatat informasi ini.

2. Gunakan Command Prompt

  • Buka Command Prompt dengan melakukan pencarian kata kunci cmd pada search bar.
  • Kemudian klik hostname di command prompt dan enter.
  • Hostname komputer Anda akan muncul di bawah perintah tersebut.

Cara Mengganti Hostname di Windows

Cara lain yang mudah untuk melihat nama host komputer yang Anda gunakan adalah melalui system properties, cara ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah hostname. System properties dapat diakses melalui tautan advanced systems settings di dalam ikon system di control panel atau tekan Win + R dan enter control sysdm.cpl untuk menuju ke layar yang benar. Hostname di sini disebut sebagai full computer name.

Kenapa Anda Harus Mengetahui Hostname?

cara melihat hostname

Hostname merupakan label unik yang diberikan untuk mengidentifikasi suatu perangkat di jaringan. Berikut beberapa keuntungan ketika Anda mengetahuinya:

1. Mempermudah Pelaksanaan Perintah Jaringan

Dengan mengetahui nama host komputer, tindakan seperti ping, tracert, atau netstat yang berkaitan dengan jaringan dapat dijalankan dengan lebih lancar. Identifikasi apakah koneksi jaringan ke komputer tersebut berhasil atau mengalami kendala dapat dilakukan secara lebih efektif.

2. Membantu Identifikasi Perangkat dalam Jaringan

Di dalam jaringan yang luas, mengidentifikasi perangkat yang ingin dituju bisa menjadi tantangan. Namun, pengetahuan tentang nama Hostname memungkinkan pengenalan perangkat tersebut dengan mudah di tengah jaringan yang kompleks.

3. Memungkinkan Remote Access ke Komputer

Hostname komputer juga diperlukan untuk melakukan remote access ke komputer yang berada dalam jaringan yang sama. Dengan mengetahui nama host komputer, kita bisa mengakses komputer tersebut secara remote dari perangkat lain yang terhubung ke jaringan yang sama.

Secara keseluruhan, memahami nama host komputer memberikan banyak manfaat dalam menjalankan perintah jaringan dan melakukan remote access ke komputer. Sebagai pengguna jaringan, penting bagi kita untuk memahami nama host komputer guna mempermudah pelaksanaan tugas-tugas tersebut.

Peraturan Mengenai Hostname

Hostname merupakan penamaan untuk suatu host yang harus mematuhi standar internasional yang telah ditetapkan. Terkait jenis dan protokol jaringan yang sedang digunakan, ada dua aturan utama terkait nama host, yaitu dalam konteks jaringan privat dan publik. Untuk mempermudah pemahamannya, Simak penjelasan ini lebih lanjut.

1. Dalam jaringan privat

Nama host dapat dipilih secara bebas dalam jaringan lokal (LAN), Virtual Private Network (VPN), atau jaringan internal (intranet). Namun, dalam hal ini, perlu diperhatikan pembatasan yang diberlakukan oleh protokol yang digunakan, termasuk protokol seperti HTTP dan TCP/IP untuk nama host “www”. Terdapat pula protokol lain yang relevan tergantung pada jenis jaringan yang digunakan, seperti RFC 5966 untuk transfer data melalui Transmission Control Protocol (TCP) dan RC 5321 untuk transfer email.

2. Dalam jaringan publik

Nama host di jaringan publik umumnya sudah terdaftar sebagai Fully Qualified Domain Name (FQDN), memungkinkan akses langsung melalui alamat IP. Penamaan host dapat mematuhi pedoman ASCII dengan batasan jumlah karakter hingga 255 karakter. Artinya, karakter yang dapat digunakan meliputi huruf A-Z, angka 0-9, dan simbol khusus seperti tanda hubung (-).

Tips Membuat Hostname yang Optimal

tips membuat hostname

Setelah memahami banyak hal mengenai informasi dasar terkait hostname. Tentunya Anda ingin mengetahui tips dalam membuatnya dengan optimal. Berikut tips – tips yang dapat Anda ikuti yaitu:

  1. Menggunakan nama atau kata yang jarang digunakan. Anda perlu berpikir kreatif untuk menciptakannya.
  2. Memanfaatkan tema pada situs web sebagai inspirasi untuk nama.
  3. Pilihlah kata-kata yang orisinil
  4. Hindari penggunaan karakter non-alfanumerik dalam penamaan.
  5. Karakter pertama dapat berupa huruf atau angka, dan karakter terakhir tidak boleh berupa tanda minus atau titik.
  6. Hindari penggunaan nama pribadi Anda.

Memahami Lebih Lanjut Tentang Hostname

Hostname tidak dapat mengandung spasi karena nama-nama ini hanya boleh berupa huruf atau huruf dan angka. Tanda hubung adalah satu-satunya simbol yang diperbolehkan. Bagian www dari URL menunjukkan subdomain dari suatu situs web, mirip dengan learn sebagai subdomain dari microsoft.com.

Untuk mengakses bagian gambar di google.com, Anda harus menentukan nama host images dalam URL. Demikian pula, nama host www selalu diperlukan kecuali jika Anda mencari subdomain tertentu. Sebagai contoh, memasukkan www.idcloudhost.com selalu diperlukan secara teknis daripada hanya idcloudhost.com. Inilah mengapa beberapa situs web tidak dapat diakses kecuali jika Anda memasukkan bagian www sebelum nama domain.

Namun, sebagian besar situs web yang Anda kunjungi terbuka tanpa menentukan nama host www—baik karena situs tahu apa yang Anda cari. Layanan DDNS seperti No-IP tersedia yang dapat membuat hostname untuk alamat IP publik Anda.

Ini berguna jika Anda memiliki alamat IP dinamis (yang berubah), tetapi Anda perlu mengakses jaringan rumah Anda bahkan saat alamat tersebut diperbarui. Layanan ini akan mengaitkan nama host yang mudah diingat untuk Anda dan secara otomatis memperbarui untuk selalu merujuk pada alamat IP Anda saat ini.

Penutup

Sebagai penutup, memahami dan mengelola hostname adalah kunci dalam memastikan keamanan dan efisiensi jaringan. Nama host bukan hanya sekadar label, melainkan representasi identitas yang mendalam dari perangkat di ruang digital. Melalui pengetahuan dan penerapan aturan terkait hostname, pengguna dapat menjalankan perintah jaringan dengan lebih efektif, mengidentifikasi perangkat di jaringan yang kompleks, dan bahkan melakukan remote access dengan lancar.

Jika ingin membangun website, Anda bisa menggunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang fleksibel, aman, dan cepat. Dengan sistem pembayaran pay-as-you-go, layanan ini cocok untuk bisnis Anda yang sedang berkembang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update