Apa Itu Online Advertising?

Apa Itu Online Advertising?

Tahukah Anda bahwa saat ini pengiklanan online sedang marak dilakukan oleh berbagai perusahaan global? Tentu saja hal tersebut tak terlepas dari pesat perkembangan digitalisasi dan pengguna media digital. Setidaknya diproyeksikan pasar online advertising di Indonesia mencapai hingga US$2.55 miliar pada tahun 2023. Oleh karena itu, kesempatan tersebut harus Anda manfaatkan dalam upaya meningkatkan engagement, brand awareness, dan bahkan penjualan dengan konsumen Anda. Pada artikel berikut kami akan menjelaskan mengenai online advertising sehingga dapat menjadi referensi awal Anda dalam mengimplementasikannya pada bisnis. Oleh karena itu, simaklah artikel berikut ini!

Pengertian Online Advertising

Online advertising adalah segala iklan komersial yang ditujukan kepada kepada khalayak untuk memasarkan atau mempromosikan dengan memanfaatkan platform digital. Adapun contoh penggunaan online advertising yang mudah Anda lihat adalah ketika bermain sosial media. Jika Anda melihat sebuah postingan pada beranda meskipun Anda tidak mengikuti akun tersebut namun Anda melihat kata-kata “sponsor” pada postingan tersebut, maka itu adalah online advertising. 

Lebih lanjut, salah satu hal yang perlu disiapkan ketika melakukan online advertising adalah anggaran (budget). Tentu saja ketika ingin mencapai target audiens yang luas, maka Anda perlu membayar sejumlah uang tertentu kepada platform digital yang dituju. Meskipun demikian, Anda masih dimungkinkan melakukan pengiklanan secara organik (gratis) pada media digital. Akan tetapi, untuk menjangkau audiens dalam waktu yang relatif cepat maka paid online advertising menjadi hal yang bisa dipertimbangkan. 

Manfaat online advertising

Ketika memutuskan menggunakan online advertising maka tentunya sangat penting bagi Anda mengetahui manfaat yang diberikan. Hal tersebut akan membantu Anda menyesuaikan kebutuhan iklan digital dengan kebutuhan bisnis Anda. Iklan yang baik bukan hanya iklan menjangkau banyak orang melainkan memberikan pengaruh terhadap operasional bisnis Anda. Oleh karena itu, perhatikanlah manfaat online advertising di bawah ini:

1. Jangkauan audiens

Manfaat pertama adalah dengan Menjangkau audiens yang luas. Hal ini menjadi penting karena selain meningkatkan kemungkinan suatu produk dikenal melainkan juga meningkatkan penjualan. Meskipun demikian, saat ini strategi pemasaran telah berevolusi dengan menargetkan audiens yang potensial saja. Melalui online advertising, Anda dapat memaksimalkan hal tersebut. 

Misalnya ketika Anda memiliki bisnis pakaian wanita, maka Anda dapat memfokuskan jangkauan konsumen wanita saja. Selain itu, online advertising memungkinkan Anda untuk menjangkau bisnis secara global tanpa batasan tertentu. Dengan demikian, bisnis pakaian wanita Anda tersebut bisa saja menjangkau konsumen potensial wanita secara keseluruhan. 

2. Meningkatkan brand awareness

Selain menjangkau banyak orang, tentunya Anda harus memastikan bahwa orang-orang tersebut mengenal brand, produk, dan layanan yang diberikan bisnis Anda. Tentunya, melalui online advertising hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan konsistensi dalam menyebarkan pesan yang mudah diingat oleh para calon konsumen. 

Tentunya dengan pesan yang unik dan didukung jangkauan online advertising yang luas, maka brand awareness pun akan meningkat. Lebih lanjut, Anda juga bisa melakukan berbagai hal lainnya untuk meningkatkan reputasi brand awareness. Kami telah menulis mengenai hal tersebut dan Anda bisa mengakses pada artikel berikut ini.

3. Membantu evaluasi pemasaran

Ketika melakuan iklan digital maka Anda akan diberikan data-data yang membantu Anda melihat trend marketing bisnis. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan, penurunan, atau bahkan membandingkan budget iklan digital dengan penjualan yang dihasilkan. Dengan demikian, hal tersebut dapat menjadi media evaluasi pemasaran dalam mewujudkan strategi pemasaran yang baik. 

Jenis-jenis online advertising

Ada berbagai macam online advertising dan setiap jenisnya memiliki keunggulan masing-masing. Iklan digital yang baik merupakan iklan yang mampu mendatangkan feedback yang baik terhadap operasional bisnis. Lebih lanjut, salah satu cara mewujudkan keberhasilan online advertising adalah dengan selektif dalam memilih platform iklan digital. Dengan demikian, ketahuilah jenis-jenis online advertising berikut ini:

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search Ads adalah teknis iklan dengan menampilkan website Anda pada halaman pertama pencarian mesin pencari. Tentunya iklan tersebut akan disesuaikan dengan kata kunci yang diinginkan. Dalam menggunakan tipe iklan ini maka Anda perlu memperhatikan hal berikut ini:

  • Pay Per Click, type search Ads dengan sistem beban biaya ketika user melakukan klik Ad. Lebih lanjut, Anda dapat mengajukan keyword tertentu dan nanti website Anda akan terletak pada halaman pertama keyword tersebut sesuai dengan nego Anda. 
  • Cost Per Miles, sistem paid Ads dimana Anda harus membayar meskipun tidak ada yang melakukan klik. Namun Anda akan mendapatkan tarif flat per 1.000 impressions sehingga mudah menentukan budget.

2. Sosial Ads

Tipe online advertising ini adalah tipe yang populer dilakukan oleh para kebanyakan bisnis. Hal tersebut karena maraknya para pengguna sosial media. Lebih lanjut, ada banyak sekali platform sosial media yang bisa Anda manfaatkan dan tentunya Anda sesuaikan dengan segmen bisnis Anda seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Tik Tok, dan sebagainya. 

3. Display Ads

Display Ads adalah tipe iklan digital yang memungkinkan audience melihat iklan tersebut meskipun tidak sedang mencari produk, brand, atau layanan yang bersangkutan. Lebih lanjut, iklan tersebut akan muncul pada website lain sehingga sangat membantu dalam meningkatkan brand awareness. Dalam perkembangannya, ada banyak jenis display ads yakni seperti pop up, statistic image, flash, dan sebagainya. 

4. Video Ads

Saat ini ada banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk melakukan iklan video seperti pada platform Youtube, Vimeo, Hulu, YuMe, dan sebagainya. Melalui platform tersebut Anda bisa memasang iklan video sehingga ditonton oleh banyak orang. Tentunya dengan pemasangan iklan ini maka Anda bisa mengiklankan video dengan durasi yang lebih lama hingga beberapa menit. 

5. Email Ads

Email Ads adalah jenis dari online advertising yang dapat membantu para pelaku usaha, korporasi, instansi, dan personal untuk mengirim email secara profesional, cepat, dan tepat. Email Marketing juga menyediakan berbagai fitur canggih dan premium serta terintegrasi sesuai kebutuhan suatu bisnis. Lebih lanjut, melalui email Ads maka Anda bisa mengirimkan pesan promosi baik itu mengenai produk baru Anda atau informasi lainnya berkenaan dengan produk, layanan, atau brand bisnis Anda. 

Penutup

Pemasaran melalui online advertising semakin populer dan banyak digunakan oleh para pelaku bisnis. Hal tersebut akan menambah jangkauan konsumen, meningkatkan brand awareness, dan tentunya membantu dalam mendukung proses pemasaran. Lebih lanjut, ada berbagai jenis online advertising yang bisa Anda pilih seperti video ads, email ads, SEM, social media ads, dan sebagainya. 

Salah satu jenis online advertising yang marak digunakan adalah email marketing. Anda bisa menggunakan layanan Cloud VPS yang dilengkapi aplikasi email solution dengan kapasitas yang fleksibel, kolaborasi penyimpan, dan akses yang lengkap. Dengan demikian, Anda bisa mewujudkan strategi pemasaran online advertising dengan email yang profesional. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update