Apa itu React: Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

Apa itu React: Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

Tidak salah untuk mengatakan bahwa ponsel adalah setengah jiwa dari setiap individu penggunanya. Sedangkan pengembangan Android atau pengembangan iOS, pebisnis sering bingung apakah mereka harus menawarkan konsumen mereka, aplikasi mobile dengan User Interface (UI) superlatif dan luar biasa User Experience (UX) atau aplikasi yang kompatibel dengan berbagai platform dan lebih cepat berkembang di tempat pertama. Untuk menjawab tantangan ini muncullah REACT Native Development dalam rupa gambar.

React Native Framework membantu pengembang dalam membuat aplikasi seluler yang nyata dan menarik hanya dengan bantuan JavaScript, serta dapat didukung untuk platform Android dan iOS. Hanya satu kali kode, maka aplikasi REACT Native tersedia untuk platform iOS dan Android yang membantu menghemat waktu pengembangan. Didukung oleh Facebook, REACT Native memiliki dukungan komunitas yang sangat besar saat ini. React Native dibangun di atas ReactJS yang telah memberikan kompetisi besar ke favorit lama, AngularJS. Meskipun ada beberapa persamaan dan perbedaan antara ReactJS dan React Native.

React sendiri merupakan kerangka kerja yang membangun hierarki komponen UI untuk membangun kode JavaScript. Metode ini memiliki serangkaian komponen untuk platform iOS dan Android untuk membangun aplikasi seluler dengan tampilan dan nuansa asli. ReactJS, di sisi lain, adalah pustaka JavaScript open source untuk membuat antarmuka pengguna. Namun, React Native dan ReactJS sama- sama dikembangkan oleh Facebook menggunakan prinsip-prinsip desain yang sama, kecuali merancang antarmuka. Karena menggunakan kode yang sama untuk membuat REACT Native iOS atau aplikasi dan aplikasi web REACT Native Android, Anda hanya perlu memahami HTML, CSS, dan JavaScript. Mari kita lihat betapa pentingnya Kerangka REACT Native Framework berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu React Native Framework

React Native adalah kerangka kerja yang dibuat oleh Facebook untuk memungkinkan pengembangan ponsel lintas platform yang lancar dan mudah. Pada dasarnya berarti Anda tidak perlu lagi membuat aplikasi iOS dan Android secara terpisah. Jadi yang Anda butuhkan hanyalah satu basis kode untuk mengembangkan aplikasi yang indah untuk kedua platform, tanpa mengorbankan pengalaman UX dan UI.

Sebagai kerangka kerja aplikasi seluler open-source yang dibuat oleh Facebook, React juga digunakan untuk aplikasi pengembang Web dan UWP selain Android dan iOS. Metode ini memungkinkan pengembang untuk menggunakan React bersama dengan kemampuan platform asli yang sudah ada. Sehingga banyak perusahaan terbesar di dunia semakin menyadari potensi react Native untuk bisnis membantu mengembangkan bisnis mereka.

 

Fungsi dan Tujuan Penggunaan React Native Framework

 

Sebagai pengembang, Anda ingin mengerjakan semua aplikasi Anda dengan efisien, fleksibel, menghemat waktu dan tentu saja hemat biaya. Semua ini akan terasa mungkin jika Anda menggunakan bantuan pengembangan yang juga mendukung. Itulah mengapa banyak yang menggunakan React Native Framework karena alasan- alasan seperti dibawah :

  • Dengan React Native Framework, Anda dapat merender UI untuk platform iOS dan Android.
  • Ini adalah kerangka kerja open source, yang bisa kompatibel dengan platform lain seperti Windows atau tvOS dalam waktu dekat.
  • Karena komponen React Native memiliki hak rekanan, Anda dapat menggunakan kembali komponen ini untuk membangun aplikasi Android dan iOS.
  • Anda dapat memasukkan komponen asli REACT ke dalam kode aplikasi yang ada atau menggunakan kembali kode berbasis Cordova dengan bantuan plugin juga. Namun, aplikasi Anda yang ada harus dibangun dengan kode Cordova dan Ionic.
  • React Native Development relatif sederhana, cepat dan efisien.
  • React Native adalah pilihan tepat bagi para pengembang yang memiliki keahlian dalam JavaScript karena tidak perlu mempelajari Java khusus Android atau iOS Swift.
  • React Native adalah fokus UI, yang membuat aplikasi memuat dengan cepat dan memberikan nuansa yang lebih halus.

 

Alasan lain mengapa React Native framework telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir adalah bahwa framework membantu melayani kedua platform sekaligus dan mengakhiri kebingungan dalam pengembangan iOS atau Android untuk pengembang mobile. Karenanya, perusahaan-perusahaan raksasa seperti Facebook, Instagram, Skype, Airbnb, Tesla, Walmart, Baidu Mobile, Bloomberg, UberEATS Vogue dan banyak lagi telah mengalihkan penggunaan mereka kepada React.

Selain itu, menggunakan React Native Framework dapat mengisi celah antara berfokus pada pasar yang luas dan menghasilkan keuntungan. Karena jumlah pengguna iOS lebih sedikit dibandingkan dengan pengguna Android dan belum menghasilkan lebih banyak laba, maka banyak industri berada dalam dilema apakah mereka harus menekankan pada membuat lebih banyak keuntungan dengan membangun aplikasi iOS atau membangun kekuatan pengguna hanya melalui aplikasi Android.

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu Figma : Fitur, Fungsi, Cara Kerja / Menggunakannya

 

Contoh Cara Kerja React pada sebuah Bisnis

React Native digunakan secara luas oleh merek-merek besar sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas dan kemampuan React. Sebagai contoh hasil cara kerja React telah mempengaruhi banyak perusahaan raksasa, plus banyaknya teknologi yang sangat difokuskan oleh industri saat ini. Secara singkat contoh cara kerja dalam sebuah bisnis adalah :

  • Aplikasi Anda akan dikirim lebih cepat dari pada yang asli
  • Tim pengembangan hanya terdiri dari 5 orang, bukan 8 orang atau lebih
  • Penguji akan menghabiskan lebih sedikit waktu pada tes regresi
  • Bug dapat dipecahkan dengan cepat

Baca Juga :   Aplikasi untuk Buat Mockup Website / Prototype Website yang Mudah dan GRATIS

 

Kelebihan dan Kekurangan dalam Menggunakan React

Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya
 

Alasan pertama dan terpenting untuk menggunakan React Native Framework adalah bahwa pengembang harus menulis satu set kode, yaitu kode JavaScript, untuk menikmati kinerja Aplikasi Mobile Asli REACT. Oleh karenanya meri melihat beberapa pro dan kontra menggunakan REACT Native Framework di sini :

Kelebihan atau Pro Penggunaan React

  • Penggunaan Cross-Platform

    Awalnya diciptakan untuk pengembangan iOS, REACT Native Framework melihat popularitas dan kesuksesan ini, Facebook, kemudian, memutuskan untuk memberikan dukungan untuk platform Android juga. Dengan demikian, aplikasi asli REACT dapat dikembangkan dengan menggunakan basis kode tunggal untuk kedua platform secara bersamaan, yang semakin meningkatkan popularitasnya.

  • Performanya yang berkelas

    Pada tahap awal, aplikasi hybrid atau web mobile web menjadi populer karena tidak umum. Namun, ketika menyinggung kinerja, semakin rumit aplikasi, semakin banyak lag yang dialami. Oleh karena itu, REACT Native diciptakan untuk memecahkan masalah yang ada. Aplikasi asli REACT dikompilasi menjadi kode yang ditulis secara asli, yang memungkinkannya untuk tidak hanya bekerja pada kedua sistem operasi tetapi juga berfungsi dengan cara yang sama pada kedua platform tanpa jeda sama sekali.

    Manfaat lain dari menggunakan REACT Native Framework yang meliputi pengembangannya yang lebih cepat, kemampuan untuk menggunakan kembali komponen dan kemudahan untuk dipelihara. Selain itu, ini adalah proses yang terbukti menghemat waktu dan karenanya banyak industri dan bahkan individu saat ini lebih suka menggunakan React Native bersama dengan NodeJS untuk membuat aplikasi seluler yang menakjubkan.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Percobaan Definitive PHP 5.6, 7.0, 7.1, 7.2, 7.3 dan 7.4 Benchmarks (2020)

 

Kekurangan atau Kontra Penggunaan React

  • Meningkat seiring Waktu

    React native Framework tidak sempurna seperti yang sekarang dan memiliki beberapa gangguan yang belum bisa ditangani. Beberapa modul khusus dalam kerangka ini hilang, yang mungkin membuat Anda menghabiskan waktu Anda dalam membangun dan membuat modul Anda sendiri.

  • Masih Belum Memiliki Keunggulan Teknologi

    Meskipun elemen pra-paket REACT Native membuat Anda tidak memiliki banyak kemajuan teknis, Anda masih membutuhkan pengembang profesional untuk mengawasi beberapa gangguan teknis dan bug.

  • Keberadaannya Tidak Pasti

    Karena raksasa media sosial Facebook telah mengembangkan kerangka kerja ini, keberadaannya tetap tidak pasti karena Facebook memiliki semua hak untuk mematikan proyek ini kapan saja. Meskipun dengan popularitas teknologi saat ini, itu tidak mungkin terjadi.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan penutup

Meskipun tentu saja masih memiliki beberapa celah dan kesulitan, REACT Native Framework melewati semua tes dan rintangan untuk menjadi pilihan nomor satu bagi hampir setiap React Native Development Company untuk mengembangkan aplikasi mobile. Pengembang aplikasi React Native tidak hanya menemukan kelincahan penggunaan dan kemudahan saat mengembangkan aplikasi asli REACT, tetapi juga mengalami efisiensi tinggi dan biaya rendah serta beban kerja selama proses.

Apa yang membuat proses ini lebih menarik adalah Anda tidak perlu fokus pada platform iOS dan Android untuk membuat aplikasi. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar di dunia bergantung pada REACT Native Framework untuk membuat aplikasi menarik yang kami gunakan setiap hari. Apakah perusahaan Anda juga tertarik menggunakan React Native Framework? Keputusan menentukan berada di tangan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update