Panduan Singkat Mengenal SSL Bagi Pemula

Panduan Singkat Mengenal SSL Bagi Pemula

Saat Anda berselancar di internet, Anda pasti tanpa sadar telah memasukkan data pribadi Anda, baik itu untuk pengisian formulir pendaftaran akun sosial media atau ketika Anda memasukkan data pribadi ke portal website tempat mencari kerja. Semua data pribadi seperti tempat tanggal lahir, nomor telepon, hingga Nomor Induk Keluarga sangat berpotensi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Anda harus bisa mewaspadai ketika Anda mengisikan data diri di internet atau ketika Anda sedang masuk ke sebuah website. Pastikan bahwa website yang Anda kunjungi telah mengaktifkan SSL. SSL berfungsi sebagai protokol yang akan mengamankan data rahasia Anda melalui proses yang dikenal dengan enkripsi. Enkripsi merupakan sebuah cara untuk membuat hanya penerima yang dituju yang dapat mengaksesnya.

Data-data Anda bisa disalahgunakan ketika sebuah website tidak memasang SSL, data-data yang Anda masukkan ke website tersebut berpotensi untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab, hal ini bisa memicu kerugian pada diri Anda. Maka dari itu, teruntuk Anda juga yang memiliki website bisnis, Anda harus memasang SSL. Tapi sebelum itu, Anda harus menyimak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahui seluk-beluk SSL.

 

Definisi SSL dan Prasyarat Sebelum Menginstal Sertifikatnya

 

Secure Sockets Layer (SSL) adalah jenis protokol yang mengamankan data rahasia melalui internet melalui proses yang dikenal sebagai enkripsi. Maka dari itu, tujuan SSL adalah untuk memberikan privasi data. Dengan tujuan ini, koneksi aman antara browser web dan server dibuat. Situs web yang memiliki sertifikat SSL akan berisi gembok kecil sebelum URL situs web. Artinya, situs tersebut aman untuk melakukan transaksi.

 

Syarat Sebelum Menginstal Sertifikat SSL

Apakah Anda ingin melakukan instalasi sertifikat SSL? Tunggu dulu, sebelum Anda menginstal sertifikat Anda, pastikan Anda memiliki item berikut ini.

  • Sertifikat dari vendor SSL pilihan Anda yang disimpan di server Anda.
  • Bundel Otoritas Sertifikat (CA) dengan sertifikat root dan perantara yang disediakan oleh vendor SSL.
  • File .key yang dihasilkan saat Anda membuat CSR.
  • Server web yang di instal seperti Apache dan mod_ssl.
  • Alamat Protokol Internet (IP) untuk sertifikat SSL Anda.
  • Salin file ke lokasi default di server Anda
  • Sertifikat SSL yang disediakan vendor berisi tiga komponen: sertifikat SSL, file CA, dan kunci SSL.
  • Pastikan saat Anda menerima sertifikat SSL dari CA Anda, unggah ke server Anda dengan menggunakan langkah-langkah berikut:
    a) Salin semua konten sertifikat, termasuk baris BEGIN CERTIFICATE dan END CERTIFICATE.
    b) Simpan teks yang disalin sebagai domain.com.crt.
    c) Salin sertifikat dan kunci pribadi ke direktori server tempat Anda berencana menyimpan sertifikat. Misalnya, direktori Apache default adalah: /usr/local/ Apache/conf/ssl.crt/ atau /etc/httpd /conf/ssl.crt/.

 

Baca Juga  :     3 Rekomendasi Situs Web Proxy Site Agar Lebih Aman Dalam Berselancar di Internet

 

Tahapan Cara Menginstall Sertifikat SSL

Ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk menginstall sertifikat SSL. Berikut cara menginstall sertifikat SSL di server Windows.

 

Instal sertifikat di server Windows

Berikut menunjukkan cara menginstal dan mengikat sertifikat SSL di server Windows dengan menggunakan Manajer Layanan informasi Internet (IIS). Prasyarat untuk menginstall sertifikat, Anda harus sudah memiliki sertifikat yang disediakan oleh vendor SSL pilihan Anda.

Jika Anda mendapatkan CSR Anda dengan menggunakan apa pun selain IIS, Anda bisa langsung Import sertifikat SSL dari server lain. Namun, gunakan langkah-langkah berikut jika Anda mendapatkan CSR Anda dengan menggunakan IIS, yang memasangkan kunci publik dari vendor Anda dengan kunci pribadi yang dihasilkan oleh IIS.

  • Di Manajer IIS, pilih server dan klik dua kali Sertifikat Server.
  • Di bawah Tindakan, klik Selesaikan Permintaan Sertifikat.
  • Di wizard, pilih lokasi file sertifikat yang disediakan oleh vendor SSL Anda.
  • Hanya untuk Windows Server® 2012, beri nama file dan pilih lokasi penyimpanan Anda.
  • Klik Oke.

 

 

Impor sertifikat SSL dari Server Lain

Berikut ini langkah-langkah ketika mendapatkan CSR Anda dengan menggunakan apa pun selain IIS.

  • Di IIS Manager, klik dua kali Sertifikat Server.
  • Di bagian Tindakan, klik Impor.
  • Pilih lokasi file sertifikat Anda, masukkan kata sandi (jika Anda menerapkannya), dan pilih lokasi penyimpanan sertifikat Anda (hanya Windows Server 2012).
  • Klik Oke.

 

Baca Juga  :    Mengenal Cloudflare : Kelebihan dan Kekurangannya

 

Siapkan Ikatan

Anda harus menyiapkan ikatan untuk memasang sertifikat SSL ini. Ikiti langkah-langkah berikut.

  • Di IIS Manager, klik kanan situs Anda dan pilih Edit Bindings.
  • Di jendela Pengikatan Situs, klik Tambahkan.
  • Di kotak dialog Tambahkan Pengikatan Situs, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Setel nilai Jenis ke https.
  • Hanya untuk Windows Server 2012, tentukan nama host jika perlu.
  • Dari daftar sertifikat SSL, pilih sertifikat Anda.
  • Klik Oke.
  • Setelah Anda menyiapkan binding, jendela Site Bindings akan menampilkan binding untuk HTTPS.

 

Baca Juga  :    Load Balancing : Sejarah Singkat dan Cara Kerjanya

 

 

Manfaat SSL (Secure Sockets Layer) bagi Website atau Aplikasi

Manfaat SSL (Secure Sockets Layer)

SSL membawa banyak keuntungan ke situs web Anda, penting untuk mengetahui manfaat sebelum menerapkannya ke situs Anda. Berikut ini adalah manfaat SSL bagi website atau aplikasi Anda.

  • SSL diperlukan untuk Kepatuhan PCI

    Agar bisa menerima informasi kartu kredit di situs web Anda, Anda harus lulus audit tertentu yang menunjukkan bahwa Anda mematuhi standar Industri Kartu Pembayaran (PCI). Salah satu persyaratannya adalah menggunakan Sertifikat SSL dengan benar. SSL adalah hal yang krusial di Internet yang aman dan melindungi informasi sensitif Anda saat melintasi jaringan komputer di dunia. SSL sangat penting untuk melindungi situs web Anda, meskipun tidak menangani informasi sensitif seperti kartu kredit. SSL memberikan privasi, keamanan kritis, dan integritas data untuk situs web Anda dan informasi pribadi pengguna Anda.

  • SSL Mengenkripsi Informasi Sensitif

    Alasan utama mengapa SSL digunakan adalah untuk menjaga agar informasi sensitif yang dikirim melalui Internet terenkripsi sehingga hanya penerima yang dituju yang dapat mengaksesnya. Ini penting karena informasi yang Anda kirim di Internet akan diteruskan dari komputer ke komputer untuk sampai ke server tujuan. Komputer mana pun di antara Anda dan server dapat melihat nomor kartu kredit, nama pengguna, dan kata sandi Anda, serta informasi sensitif lainnya jika tidak dienkripsi dengan sertifikat SSL. Saat sertifikat SSL digunakan, informasi menjadi tidak dapat dibaca oleh semua orang kecuali server tempat Anda mengirim informasi. SSL melindunginya dari peretas dan pencuri identitas.

  • SSL Menyediakan Otentikasi

    Selain enkripsi, sertifikat SSL yang tepat juga menyediakan otentikasi. Hal ini berarti membuat Anda dapat yakin bahwa Anda mengirim informasi ke server yang tepat dan bukan ke penipu yang mencoba mencuri informasi Anda. Terlebih jika Anda memiliki bisnis, maka bisa saja pelanggan Anda akan sering mengirimkan informasi melalui beberapa komputer. Salah satu komputer ini dapat berpura-pura menjadi situs web Anda dan mengelabui pelanggan Anda agar mengirimkan informasi pribadi kepada mereka. Supaya menghindari hal yang tidak diinginkan seperti contoh tersebut, Anda bisa mendapatkan Sertifikat SSL dari penyedia SSL terpercaya.

 

Baca Juga   :     Firewall : Tipe, Cara Kerja serta Penerapannya pada PC dan Mac

Kesimpulan dan Penutup

Kejahatan yang dilakukan di internet bisa menimpa siapa pun, termasuk Anda. Agar menghindari dari masalah peretasan data-data pribadi Anda atau pelanggan Anda, Anda harus memastikan bahwa sebuah website memiliki sertifikat SSL. SSL adalah singkatan dari Secure Sockets Layer, SSL memberikan Anda kepercayaan untuk mengamankan data pribadi Anda. Cara kerja SSL adalah dengan mengenkripsi supaya data Anda hanya akan dilihat oleh server yang Anda tuju. Sebagai seorang yang memiliki bisnis online, penting sekali memasang SSL di situs website Anda.

Browser web memberikan isyarat visual, seperti ikon kunci atau kolom hijau, untuk memastikan pengunjung mengetahui kapan koneksi mereka diamankan. Ini berarti bahwa mereka akan lebih mempercayai situs web Anda ketika mereka melihat isyarat ini dan akan lebih cenderung membeli dari Anda. SSL membantu Anda untuk terhindar dari duplikasi website bisnis milik Anda, karena sangat sulit bagi para peretas untuk menerima sertifikat SSL yang tepat, mereka tidak akan dapat meniru situs Anda dengan sempurna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update