Apa itu Switch: Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

Apa itu Switch: Fungsi, Jenis, Tujuan, dan Cara Kerja Switch

Dunia teknologi informatika memang tidak dapat dipisahkan dari komputer dengan berbagai jenis komponen pada jaringannya. Masing-masing komponen tersebut mempunyai fungsi dan peran tersendiri, mulai dari mengatur biner pemrograman hingga menghubungkan beberapa komputer agar saling bertukar informasi atau data.

Salah satu komponen yang berperan penting tersebut yaitu switch. Sebagian dari Anda mungkin masih penasaran apa itu switch, yang mana komponen ini biasanya berfungsi membantu pertukaran informasi atau data pada beberapa komputer. Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia IT pasti sudah tidak asing dengan switch. Apa itu switch? Perlu Anda ketahui bahwa secara umum switch adalah salah satu komponen jaringan dalam komputer yang mempunyai peran cukup penting. Dimana fungsi switch yang utama yaitu menghubungkan sejumlah perangkat komputer agar bisa melakukan pertukaran paket dan meneruskan data menuju berbagai perangkat tujuan.

Dalam memahami apa itu switch, sebetulnya switch bisa diketagorikan sebagai jenis jaringan peringkat komputer yang menyerupai HUB. Namun baik switch dan HUB memiliki perbedaan di bagian sistem kerjanya. Switch memang dianggap lebih baik sistem kerjanya dibandingkan HUB, meski harganya memang lebih mahal. Untuk memahami lebih jelas mengenai apa itu switch, maka berikut akan diberikan penjelasan lebih lengkapnya.

 

Pengertian Switch

 

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya apa itu switch, sebaiknya perlu mengetahui bahwa switch merupakan sebuah komponen jaringan komputer yang berfungsi menghubungkan beberapa perangkat komputer supaya bisa melakukan pertukaran paket baik itu menerima, memproses serta meneruskan data menuju perangkat lainnya.

Selain pengertian apa itu switch tersebut, masih ada pendapat lain yang mengartikan switch sebagai jenis komponen pada jaringan komputer yang dipergunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan komputer lebih besar serta memerlukan bandwidth yang cukup besar pula.

Namun berbeda dengan HUB, switch biasanya bekerja secara lebih terarah, efisien dan langsung menyasar pada alamat yang dituju untuk pertukaran data, memproses maupun mengirim data. Selain itu, switch juga mampu mendeteksi tujuan data untuk mencegah adanya tabrakan ketika data dikirim.

 

Baca Juga:    Pengertian dan Fungsi NIC, Repeater, Hub, Switch, Router, dan Bridge

 

Fungsi Switch

Sesudah memahami apa itu switch, selanjutnya Anda juga perlu memahami fungsi switch. Dimana secara umum fungsi switch yaitu menjadi concentrator yang dapat menerima serta membagikan data antar perangkat komputer. Berikut beberapa fungsi switch yang perlu Anda ketahui.

  1. Looping Avoidance

    Looping merupakan perputaran data yang terjadi di port switch saja. Dimana switch bisa dipakai untuk mencegah terjadinya looping ketika menerima data yang tidak diketahui tujuannya. Kemudian data yang diterima akan diteruskan ke IP Address tujuan melalui pemblokan di salah satu port yang terhubung dengan perangkat lainnya.

  2. Meneruskan Data Frame

    Switch juga dipergunakan untuk menyaring dan meneruskan data frame ke alamat yang sedang dituju. Selain mengirimkan data ke alamat tujuan, penerusan data frame juga akan dilanjutkan ke alamat MAC dan port tertentu. Hal ini dapat mengurangi adanya peristiwa tabrakan saat proses pengiriman data.

  3. Address Learning

    Address learning pada switch berfungsi mencatat alamat MAC antar perangkat jaringan yang sedang terhubung. Saat switch sedang proses menerima data, maka switch juga melakukan pencatatan MAC address dari pengirim sekaligus mempelajari kemana arah data tersebut akan dikirim.

 

Jenis-Jenis Switch

Bagi Anda yang ingin tahu lebih jauh tentang apa itu switch, sebaiknya ketahui juga jenis-jenis switch. Adapun jenis-jenis switch antara lain sebagai berikut:

  • Unmanaged Switch

    Jenis switch satu ini termasuk dalam kategori yang paling murah diantara jenis lainnya di pasaran. Biasanya jenis ini juga sering dipakai di kantor atau di rumah dengan skala kecil. Unmanaged switch mempunyai fungsi utama sebagai pengelola aliran data antara printer dan beberapa komputer serta antar perangkat lain. Selain itu, jenis switch ini juga dapat dipakai secara langsung tanpa membutuhkan pengaturan yang rumit, Unmanaged switch memiliki kelebihan dari segi instalasinya yang mudah serta harganya yang relatif lebih murah.

  • Managed Switch

    Managed switch mempunyai kelebihan adanya user interface dibandingkan jenis switch lainnya. Dengan kelebihan tersebut maka dapat memudahkan penggunanya ketika mengkonfigurasi switch. Anda bisa melakukan beberapa metode konfigurasi seperti menggunakan console, interface dan yang paling canggih melalui internet.

  • Smart Switch

    Jenis switch ini sudah mengalami modifikasi karakteristik yaitu berada diantara jenis unmanaged switch dan managed switch. Namun untuk smart switch ini pengaturan dan konfigurasinya memanfaatkan teknologi berupa web base. Jenis switch ini memiliki kelebihan berupa kemampuan pengaturan otomatis dan bisa diubah sesuai kebutuhan jaringan komputer.

  • Enterprise-Managed Swicth

    Enterprise-managed switch adalah switch yang dipakai oleh perusahaan besar sehingga membutuhkan jaringan sebagai pemonitor sekaligus mengkonfigurasi. Hal ini disebabkan konsep topologi jaringan yang lebih komplek dibandingkan jenis lain. Selain itu, jenis switch ini juga berbeda dengan jenis switch lainnya dari segi jumlah pengelola dan kemampuan pendukung perangkat. Biasanya hanya sekitar 4-8 port khusus untuk perangkat ethernet.

 

Baca Juga:

 

Tujuan Menggunakan Switch

 

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi menjadikan penggunaan switch semakin meningkat. Sebab semakin banyak pengguna komputer yang memahami apa itu switch dan tujuan penggunannya. Adapun beberapa tujuan menggunakan switch yaitu:

  • Mengurangi beban kerja di masing-masing PC host.
  • Membantu meningkatkan kinerja pada jaringan.
  • Jaringan yang memakai switch akan mempunyai lebih benturan frame lebih kecil. Sebab adanya switch menjadikan collision domain pada setiap koneksi.
  • Switch bisa dihubungkan secara langsung dengan workstation.

 

Cara Kerja Switch

Berbicara tentang apa itu switch berkaitan juga dengan cara kerja switch. Dimana kemampuan switch lebih baik dan efisien ketika pertukaran data, memproses hingga mengirim data dibanding HUB. Pada penerapannya, switch akan menerima data yang dikirimkan perangkat lain yang sudah terkoneksi. Kemudian switch akan mendeteksi serta mencocokkan alamat MAC Address perangkat tujuan dengan data tabel yang dimiliki.
Tahap berikutnya, switch akan membuat sebuah logika koneksi dengan memakai port yang sudah terhubung dengan perangkat yang dituju. Dengan demikian data yang akan dikirim hanya bisa diterime oleh port tujuan. Sedangkan untuk port lainnya tidak bisa menerima data tersebut. Cara kerja switch ini dapat mengurangi potensi adanya tabrakan data.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas mengenai apa itu switch, kini Anda bisa mengetahui bahwa switch adalah jenis hardware pada jaringan komputer yang bermanfaat menghubungkan beberapa komputer dalam layer protokol jaringan. Selanjutnya komputer menjadi saling terhubung melalui UPT atau kabel jaringan yang memiliki pusat di switch. Dengan adanya switch maka beberapa komputer bisa saling terhubung dan bertukar data meski berada dalam jarak cukup jauh.

Bagi Anda yang selama ini masih belum memahami apa itu switch maka kini sudah memperoleh penjelasan secara lengkap seperti di atas. Dimana switch adalah perangkat yang memiliki peran penting pada jaringan komputer karena switch adalah pusat lalu lintas jaringan. Jika suatu saat switch tersebut mengalami gangguan maka segala aktivitas pada jaringan juga akan terganggu. Selain itu, switch juga memiliki fungsi yang begitu penting untuk memudahkan pekerjaan karena switch bisa memeriksa serta menganalisa paket data yang diterima komputer sebelum diteruskan ke perangkat tujuan. Switch juga bisa menentukan alamat tujuan serta sumber paket data. Selanjutnya switch juga bisa meneruskan paket data secara tepat dan cepat.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update