Panduan Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Cara Kerjanya

Panduan Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Cara Kerjanya

Segala jenis usaha saat ini membutuhkan website untuk membangun branding. Website menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan di era digital ini. Dengan website, Anda bisa menjangkau pelanggan yang jaraknya jauh dari lokasi bisnis Anda. Namun, jika Anda ingin membuat website yang profesional, tentu Anda harus memasang domain dan hosting premium.

Teruntuk Anda yang masih baru ingin mencoba membuat situs sendiri menggunakan domain dan hosting gratis yang tersedia di layanan CMS favorit Anda seperti WordPress, tidak masalah juga. Hanya saja, perlu diperhatikan jika bisnis Anda mengalami peningkatan pesat, otomatis para pelanggan Anda akan semakin banyak yang mengunjungi situs Anda. Hal ini diperlukan penanganan yang profesional lagi supaya bisnis Anda berkembang pesat.

Domain seperti .com, .id, .net, dan sebagainya akan membuat website Anda semakin terlihat profesional, sementara hosting website akan membuat apa pun yang Anda posting bisa tersimpan dengan aman dan bisa diakses dengan cepat sehingga membuat pelanggan Anda bisa mengunjungi website Anda merasa puas. Apakah penjelasan tentang hosting masih belum begitu jelas? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa itu hosting, cara kerja hosting, dan manfaat apa yang bisa Anda dapatkan melalui hosting.

 

Mengenal Apa Itu Hosting Web dan Cara Kerjanya

 

 

Hosting website membuat file yang terdiri dari situs web (kode, gambar, dll.) tersedia dan dapat dilihat secara online. Setiap situs web yang pernah Anda kunjungi di hosting di server. Jadi, ketika file Anda yang membentuk situs web diunggah dari komputer lokal ke server web, disitu terjadi proses hosting web. Resource server (RAM, ruang hard drive, dan bandwidth) dialokasikan ke situs web yang menggunakannya.

Jika Anda ingin melakukan hosting web, Anda tidak perlu untuk membuat server sendiri, Anda cukup membelinya di layanan server web yang terpercaya, seperti idcloudhost.com yang telah menjadi perusahaan penyedia layanan hosting dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Layanan hosting web adalah jenis layanan hosting Internet yang menghosting situs web untuk klien, yaitu menawarkan fasilitas yang diperlukan bagi siapa saja untuk membuat dan memelihara situs dan membuatnya dapat diakses di World Wide Web (www).

Perusahaan yang menyediakan layanan web hosting kadang-kadang disebut web host. Ketika penyedia hosting mengalokasikan ruang di server web untuk sebuah situs web untuk menyimpan file-nya, mereka meng-hosting sebuah situs web.

 

Baca Juga   :     2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

 

Cara Memilih Paket Layanan Hosting

Layanan hosting web bekerja dengan mempertahankan ruang penyimpanan yang stabil dan aman. Walau terdengar sederhana, layanan hosting juga harus menjamin keamanan data yang tersimpan. Host menyimpan data pada perangkat keras (hardware) yang disebut server web, yang memungkinkan perawatan dan akses mudah oleh pengguna online. Tanpa kapasitas host yang cukup besar dan pemeliharaan yang tepat, situs web dapat berperilaku tidak menentu.

Dari sini akan menciptakan proses yang lebih memakan waktu bagi pengunjung situs Anda, yang pada gilirannya berdampak pada penjualan bisnis Anda dan menghilangkan informasi ke pengunjung halaman website Anda. Pembagian sumber daya atau resources server bervariasi tergantung pada jenis paket hosting yang dipilih.

Memilih untuk paket hosting yang sesuai, Anda harus terlebih dahulu membedakan antara paket yang tersedia. Jika Anda adalah seorang pemula yang ingin memasang hosting dan tidak begitu mengetahui tentang teknik hosting, Anda bisa memahaminya dengan analogi sederhana ini, memilih web hosting mirip dengan mencari apartemen untuk dihuni.

Berikut daftar pertanyaan yang harus Anda ajukan untuk memilih layanan hosting dengan analogi mencari apartemen untuk dihuni.

  • Bagaimana Anda memutuskan jenis apartemen yang tepat untuk kebutuhan Anda?
  • Apakah setiap ruangan yang terdapat di apartemen Anda cukup untuk menaruh seluruh barang-barang Anda?
  • Selanjutnya, hal terbaik berikutnya; apartemen di dalam pusat bisnis. Apakah Anda memiliki niat untuk berkembang dengan cepat atau mengharapkan banyak orang datang dan pergi?
  • Apakah Anda akan mempertimbangkan untuk menyewa seluruh bangunan atau akankah membangun daya tarik ruang Anda sendiri tanpa harus membeli seluruh bangunan?

 

Baca Juga   :       Control Panel/cPanel Hosting : Definisi dan Fitur- Fitur Terbaiknya

 

Jenis atau Tipe Hosting

Panduan Mengenal Apa Itu Web Hosting dan Cara Kerjanya
 

Seperti yang dijelaskan di atas tentang analogi memilih gaya apartemen yang Anda gunakan, ada pertimbangan lain. Seberapa mudah kamar untuk diakses, fungsi apa yang penyedia tawarkan (tambahan seperti lemari, meja kerja, internet berkecepatan tinggi, dan fasilitas lainnya), dan di mana lokasinya serta biaya keseluruhannya. Pertimbangan ini akan menentukan kebutuhan Anda dan membantu memutuskan jenis apartemen yang tepat untuk Anda. Sama seperti memilih apartemen, memilih hosting juga harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Anda bisa memilih hosting web dengan melihat jenis-jenis hosting dan cara kerjanya. Berikut jenis-jenis tipe hosting web dan cara kerjanya.

  • Shared Hosting

    Shared Hosting atau Hosting bersama mirip dengan menyewa rumah atau apartemen bersama yang sibuk, bising, dan terbuka. Anda memiliki semua kenyamanan pribadi seperti AC, koneksi internet, dan toilet, sekaligus Anda harus berbagi ruang dengan tetangga lain termasuk tempat menjemur pakaian, lobi tunggu tamu, dan halaman parkir. Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun pada lobi tunggu tamu untuk memasang TV, dll. Shared Hosting adalah opsi populer untuk meluncurkan situs web kecil dan tidak sesuai untuk proyek komersial skala besar.

  • Dedicated Server

    Hosting khusus atau Dedicated Server memberi pemilik situs web kendali paling besar atas server tempat situs web Anda disimpan. Itu karena server secara eksklusif disewa oleh Anda dan situs web Anda adalah satu-satunya yang tersimpan di dalamnya. Artinya, Anda memiliki akses root dan admin penuh, sehingga Anda dapat mengontrol semuanya mulai dari keamanan hingga sistem operasi yang Anda jalankan. Namun, semua kontrol itu ada harganya. Biaya server khusus adalah salah satu opsi hosting web paling mahal. Biasanya, dedicated server digunakan oleh pemilik situs web dengan tingkat trafik situs web yang tinggi, dan bagi siapa pun yang membutuhkan kendali penuh atas server mereka. Selain itu, keahlian teknis tingkat tinggi diperlukan untuk instalasi dan pengelolaan server yang berkelanjutan.

  • Cloud Hosting

    Cloud hosting adalah yang cukup banyak diminati di era teknologi saat ini. Sehubungan dengan web hosting, itu berarti banyak komputer bekerja sama, menjalankan aplikasi menggunakan sumber daya komputasi gabungan. Ini adalah solusi hosting yang bekerja melalui jaringan dan memungkinkan perusahaan untuk menggunakan resources komputasi seperti utilitas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan resources sebanyak yang Anda butuhkan tanpa harus membangun dan memelihara infrastruktur komputasi Anda sendiri. Resource yang digunakan tersebar di beberapa server, mengurangi kemungkinan downtime karena kerusakan server.

  • Colocation

    Alih-alih menyimpan server di rumah atau di pusat data pribadi, Anda dapat memilih untuk “menempatkan bersama” peralatan Anda dengan menyewa ruang di pusat colocation. Pusat ini akan menyediakan daya, bandwidth, alamat IP, dan sistem pendingin yang dibutuhkan server Anda. Colocation memberikan akses ke tingkat bandwidth yang lebih tinggi daripada ruang server kantor biasa dengan biaya yang jauh lebih rendah. Anda dibiarkan menggunakan perangkat Anda sendiri dan diharapkan untuk mengurus semuanya termasuk perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan.

  • Virtual Private Server

    Virtual Private Server (VPS) atau Server pribadi virtual adalah langkah yang bagus dari hosting bersama. Bisnis menengah akan mendapatkan keuntungan dari menyewa server bersama dengan banyak orang tapi tidak akan mengganggu website Anda. Dengan VPS, pengguna terisolasi satu sama lain. Anda memiliki tetangga, tetapi Anda tidak terlalu bergantung pada mereka, dan Anda dapat melakukan perubahan (kustomisasi) apa pun VPS uka Anda dan mengatur ruang Anda sendiri. VPS Ini adalah opsi yang lebih mahal namun terbaik untuk situs web yang dapat diandalkan dan memiliki kinerja yang tinggi.

 

Baca Juga  :      Pentingnya Hosting untuk Kemajuan Bisnis Online Anda

 

Kesimpulan dan Penutup

Hosting web merupakan salah satu proses untuk menyimpan data-data Anda di server. Anda bisa menggunakan hosting secara gratis melalui layanan CMS yang menyediakannya. Namun, jika Anda ingin website Anda memiliki banyak ruang yang cukup karena bisnis Anda mulai berkembang pesat, Anda bisa memilih layanan hosting untuk membeli berbagai tipe-tipe jenis hosting dengan kemampuan yang berbeda-beda di perusahaan penyedia hosting.

Perusahaan hosting menyediakan layanan teknis seperti pengaturan dan konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak, pemeliharaan, penggantian perangkat keras, dukungan teknis, patching, pembaruan, dan pemantauan. Dengan hosting terkelola, penyedia mengurus pengelolaan perangkat keras, sistem operasi, dan aplikasi standar sehari-hari. Anda tidak perlu repot untuk membuat server Anda sendiri. Sebelum memilih hosting, pastikan tipe-tipe hosting yang Anda pilih bisa memenuhi kebutuhan Anda dalam berbisnis dan dapatkan promo hosting terbaik di IDCloudHost.

 

 

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update