Apa Itu Website Responsive? Jenis dan Tips Membuatnya

Apa Itu Website Responsive? Jenis dan Tips Membuatnya

Saat Anda mengunjungi satu situs melalui ponsel, apakah Anda pernah menyadari bahwa situs website tersebut berbeda tampilannya dengan saat Anda mengunjungi situs tersebut melalui laptop?

Jika iya, itu artinya website tersebut sudah memiliki desain yang responsif atau dengan kata lain, merupakan website responsive. Nah, agar Anda lebih paham mengenai hal itu, kita akan membahas apa itu website responsive dan pentingnya hal tersebut dalam dunia blogging dan digital/internet marketing.

Apa Itu Website Responsive?

Website responsive adalah situs web yang dapat menyesuaikan diri dengan beragam jenis perangkat, dengan tampilan yang menarik, mudah digunakan dan proses kerja yang efektif bagi pelanggan atau penggunanya.

Artinya, apabila website anda responsif, artinya website Anda memiliki layout yang bila diakses menggunakan perangkat yang berbeda, tetap dapat memuat dengan baik atau user-friendly. Website yang responsif artinya dalam proses pembuatan dan pengelolaan website Anda, website developer menggunakan teknik responsive web design.

Lalu apa itu responsive web design? Responsive web design adalah teknik membuat situs web dengan layout website yang bisa sesuai serta berjalan dengan baik pada perangkat jenis apapun saat digunakan.

Saat Anda memuat suatu website, pasti tampilannya berbeda tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Nah, apabila tampilan website pada smartphone tetap sama dengan tampilannya pada perangkat laptop, tentu Anda sebagai pengguna akan tidak nyaman menggunakannya.

Maka dari itu, website responsive lahir untuk meningkatkan user interface dan user experience akibat perkembangan teknologi yang menghasilkan berbagai bentuk perangkat teknologi, mulai dari komputer desktop telah berubah menjadi laptop lalu laptop menjadi smartphone dan tablet.

Secara singkat, dapat dikatakan bahwa website responsive adalah pendekatan yang menunjukkan bahwa desain dan pengembangan harus merespons perilaku dan lingkungan pengguna berdasarkan ukuran layar, platform, dan orientasi.

Elemen-elemen yang ada penting untuk diperhatikan dalam responsive web design berupa ukuran font, tata letak gambar, ukuran layar perangkat atau platform serta resolusi pada perangkat yang digunakan oleh pengguna.

Untuk membuat website Anda menjadi website yang responsif dengan mudah, Anda bisa menggunakan HTML dan CSS. HTML dan CSS dapat digunakan untuk mengubah ukuran, menyembunyikan, mengecilkan, atau memperbesar situs web secara otomatis, agar terlihat bagus di semua perangkat pengguna yang mengaksesnya.

Anda bisa menambahkan tag <meta> ke semua halaman web page Anda agar secara website secara otomatis menyesuaikan dengan perangkat Anda.

contoh:

<meta name="viewport" content="width=device-width, initial-scale=1.0">

Ada beberapa kriteria utama yang harus dipenuhi agar suatu website bisa dikategorikan sebagai website responsive, yaitu:

  • Layout atau tata letak website harus tetap rapi meskipun diakses oleh perangkat yang berbeda.
  • Media seperti gambar dan video harus menggunakan kode CSS tertentu yang berfungsi menampilkan media sesuai dengan perangkat pengguna secara fullscreen.
  • Menggunakan piksel untuk menentukan ukuran tulisan (tipografi) agar dapat beradaptasi dengan resolusi perangkat yang digunakan.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah website Anda sudah website responsive, yaitu:

  • Menggunakan fitur inspect yang sudah ada dalam setiap browser. Anda bisa klik kanan pada mouse atau keypad Anda, kemudian memilih inspect > ikon tablet/ponsel > dimensions
  • Menggunakan mobile friendly test dengan mengaksesnya di google. Setelahnya, cukup dengan memasukkan nama domain pada situs dan hasilnya akan langsung keluar.

Jenis-jenis Website Responsive

Jenis-jenis Website Responsive

Setelah memahami apa itu website responsive, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Responsive Layout

Responsive layout adalah desain yang menggunakan ukuran tampilan dari media (foto atau gambar) yang ditampilkan dalam bentuk %. Sebelumnya, lebih dulu harus memastikan media-nya dapat ditampilkan dengan baik pada berbagai ukuran layar.

Fluid Grid

Desain ini mirip dengan responsive layout dengan beberapa perubahan kecil, di mana lebar unit biasanya dinyatakan dalam unit relatif yang disebut sebagai em atau % dan berbentuk kotak atau blok. Desain ini memakan waktu karena setiap blok halaman web harus diuji perilakunya.

Fluid-responsive layout / Media Queries

Desain ini mencakup kode khusus tertentu yang disebut sebagai breakpoint yang dicapai dengan menerapkan CSS Media Query Rules, yang mengambil data ukuran layar yang digunakan untuk menampilkan konten.

Metode ini merupakan yang paling umum digunakan untuk mendesain situs web karena merupakan cara termudah dan tercepat untuk membuat situs web yang indah dan fungsional.

Kenapa Penting Menggunakan Website Responsive?

pentingnya website responsive

Website responsive hadir demi meningkatkan sekaligus memudahkan user experience dan user interface saat mengunjungi suatu website. Selain itu, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan responsive web design, yaitu:

Hemat Biaya dan Lebih Efisien

Dibandingkan dengan membuat website versi mobile yang membutuhkan waktu lebih lama dengan biaya lebih besar juga sumber daya manusia yang lebih banyak pula, menggunakan website responsive bisa menghemat waktu dan biaya karena pekerjaannya yang sedikit dan simpel.

Bisa Diakses oleh Perangkat yang Berbeda

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin maju menghasilkan berbagai macam perangkat-perangkat baru, website responsive bisa digunakan pada perangkat-perangkat lain dengan ukuran layar yang beragam seperti laptop, pc dan smartphone yang bisa menambah traffic bahkan conversion rate.

Waktu Loading Website Lebih Singkat

Situs web yang responsif berarti Anda hanya memiliki satu situs web untuk semua pengguna dengan ukuran layar yang berbeda sehingga menghilangkan proses yang sibuk dalam memelihara versi situs yang berbeda. Situs web yang responsif juga berarti caching yang lebih baik sehingga sumber daya server yang digunakan lebih sedikit dan situs web menjadi lebih cepat.

Lebih Mudah di Maintenance

Jika website error, Anda bisa memperbaiki website dan secara otomatis website yang dibuka melalui perangkat yang berbeda akan secara otomatis lancar kembali. Tidak perlu memperbaiki versi website mobile atau website pc.

User Interface dan User Experience yang Lebih Baik

Karena bisa diakses oleh berbagai perangkat, maka website yang responsif bisa meningkatkan interface dan experience pengguna. Dengan website yang responsif, jika Anda mengakses website menggunakan ponsel, maka Anda tidak perlu zoom in atau zoom out,dan tetap bisa menggunakan website sesuai feature aslinya.

Web yang responsif sangat fleksibel di semua ukuran layar dan resolusi. Tidak masalah apakah pengguna mengunjungi situs web Anda melalui Smartphone atau laptop, tata letak yang fleksibel akan memungkinkan pengguna dengan mudah memberikan pengalaman yang optimal.

Meningkatkan Ranking SEO

Dilansir dari google, responsive web design merupakan faktor penting yang mempengaruhi hasil pencarian, khususnya ranking SEO. Karena SEO adalah faktor penting untuk situs web apa pun, artinya lebih baik untuk memiliki situs web yang responsif.

Penutup

Nah, itu tadi dia adalah penjelasan mengenai website responsive. Secara singkat, website responsif adalah website yang didesain untuk merespon dan menyesuaikan diri dengan berbagai macam perangkat, baik dengan tampilan menarik maupun bekerja secara efektif agar pengguna dapat menggunakan website dengan optimal.

Jika Anda ingin membuat website dan mengelola website, Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost yang memiliki puluhan tools seperti cPanel, WordPress, Docker dan tools lain yang bisa menunjang kebutuhan server dan website Anda. Cukup dengan membayar Rp50.000/bulan, Anda bisa menikmati puluhan tools yang tersedia!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update