10 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis 2022

10 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis 2022

Mengedit video saat ini sudah jadi kebutuhan banyak orang, terutama mereka yang aktif di media sosial. Namun, dulu kebanyakan aplikasi untuk mengedit video hanya bisa diakses menggunakan PC. Sekarang, Anda tak perlu khawatir karena sudah banyak aplikasi edit video di HP yang bisa Anda manfaatkan. 

Aplikasi ini dapat Anda unduh dan instal di smartphone untuk menciptakan konten video yang menarik. Kebanyakan aplikasi ini juga mudah dipelajari dan dapat Anda gunakan secara gratis. Di dalamnya tersedia banyak fitur seperti transisi, background music, memotong video, hingga memberikan efek tertentu. Apa saja aplikasi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini. 

10 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik dan Gratis 2022

Beberapa ponsel mungkin sudah dilengkapi dengan aplikasi edit video bawaan. Namun, tak jarang fitur-fitur yang disediakan aplikasi tersebut masih terbatas dan sangat sederhana. Tak usah khawatir karena saat ini sudah sangat banyak aplikasi yang tersedia dan mendukung OS Android. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang terbaik dan gratis untuk referensi Anda. 

  1. InShot

InShot adalah aplikasi edit video di HP yang terpopuler dan sudah didownload jutaan kali di Google Playstore. Aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi jika ingin menggunakan fitur-fitur lengkapnya Anda harus membayar layanan premium. Kepopuleran Inshot tak lain adalah karena banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. 

Sangat mudah bagi Anda untuk mempelajari dan menggunakan InShot. Aplikasi ini memiliki tampilan yang user-friendly dan fitur yang beragam. Anda bisa memotong, menyambungkan, memberikan transisi, menambahkan musik, efek, dan lain-lain. Namun, jika menggunakan aplikasi ini secara gratis maka InShot akan menampilkan banyak iklan yang bagi beberapa pengguna agak mengganggu dalam proses editing. 

  1. CapCut

Capcut adalah aplikasi edit video di HP yang dapat Anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini telah menjadi favorit jutaan pengguna karena fitur-fiturnya yang bergam. Selain itu, Capcut sangat mudah digunakan sehingga semua orang bisa membuat video yang keren dengan aplikasi ini. Tidak perlu kemampuan video editing tingkat lanjut untuk bisa menggunakan Capcut. 

Semua fitur-fiturnya bisa dengan mudah dipahami, sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang pemula dan masih belajar mengedit video. Capcut juga sangat populer karena memiliki banyak pilihan efek, filter, dan template. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki fitur green screen yang memudahkan Anda jika ingin mengganti background video.

  1. FilmoraGo

Aplikasi edit video di HP selanjutnya adalah FilmoraGo. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang butuh mengedit video sederhana dengan cepat. Alasannya, karena FilmoraGo memiliki fitur-fitur basic yang memudahkan Anda untuk memotong, menambah musik dan voice over, juga memasukkan transisi. 

Keunggulan lain FilmoraGo adalah aplikasi ini memberikan Anda opsi untuk mengatur ukuran video sesuai media sosial tempat Anda ingin memposting video tersebut nantinya. FilmoraGo menyediakan ukuran untuk Instagram, TikTok, dan lain-lain. Aplikasi ini sebenarnya juga memiliki fitur-fitur yang lebih advance, tapi Anda harus membayar layanan premium jika ingin menggunakannya. 

  1. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi edit video di HP yang bisa Anda instal pada OS Android. Bisa dibilang KineMaster adalah aplikasi edit video yang sudah cukup lama populer di kalangan pengguna Android. Alasannya adalah karena aplikasi ini gratis dan memiliki tampilan yang user-friendly. 

Walaupun gratis, KineMaster memberikan banyak fitur menarik yang memudahkan Anda menciptakan video-video kreatif. Namun, untuk versi gratis ini nantinya terdapat watermark KineMaster di hasil akhir editan video Anda. Jika ingin menyimpan versi bebas watermark, maka Anda harus membayar layanan pro yang ada di aplikasi ini. 

  1. Magisto

Magisto adalah aplikasi edit foto di HP yang cukup ringan dan bisa Anda unduh di Google Playstore. Aplikasi ini cocok untuk Anda yang sebelumnya belum memiliki kemampuan dan pengalaman mengedit video. Anda bisa dengan mudah memasukkan berbagai elemen dalam video Anda, mulai dari gambar, klip video, musik, teks, filter, transisi, dan lain-lain. 

Mengedit video yang keren dan kreati juga sangat mudah, lho. Bahkan aplikasi ini memiliki A.I yang canggih dan dapat membantu Anda mengedit video dengan lebih cepat. Nantinya, aplikasi ini akan menganalisis video dan memilihkan elemen-elemen yang paling menarik. Setelah selesai mengedit, Anda bisa langsung membagikan hasil editan Anda ke berbagai media sosial. 

  1. Adobe Premiere Clip

Anda yang pernah belajar video editing pasti pernah mendengar aplikasi Adobe Premiere. Aplikasi yang sudah tak asing di kalangan video editor ini biasanya hanya bisa diakses melalui PC. Namun, tahukah Anda bahwa sekarang siapapun bisa menggunakannya di smartphone Android? Adobe Premiere Clip adalah versi mobile yang lebih sederhana dari Adobe Premiere. 

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan fitur-fitur basic seperti memotong, menambahkan transisi, memangkas, menambahkan musik, efek, filter, dan lain-lain. Tidak hanya itu, Adobe Premiere Clip juga mampu membuat video dengan otomatis. Sehingga pengguna hanya perlu memilih klip mana saja yang ingin digunakan.

  1. VideoShow

VideShow adalah aplikasi edit video di HP yang sudah beberapa kali memenangkan penghargaan sebagai salah satu yang terbaik di kategorinya. Aplikasi ini bisa Anda gunakan di smartphone Android dengan cara mengunduhnya langsung melalui Google Playstore. 

VideShow cocok untuk Anda yang ingin mengedit video dengan mudah dan cepat untuk kebutuhan konten di media sosial. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik yang bisa mempercantik video Anda. Fitur paling menarik dari VideoShow adalah tema-tema yang tersedia di aplikasi ini sangat banyak. Selain itu, video yang dihasilkan berkualitas tinggi tanpa batasan durasi. 

  1. Quik

Quik adalah aplikasi edit video di HP yang cukup ringan dan dapat Anda operasikan dengan cepat. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana dan user-friendly, sehingga siapapun bisa menggunakannya dengan mudah. Walaupun begitu, Quik menyediakan fitur yang cukup lengkap seperti memotong video, juga menambahkan teks, efek, dan musik. 

Video yang dihasilkan dengan aplikasi ini juga berkualitas tinggi, lho. Anda bisa memilih resolusi 720p atau 1080p. Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah Quik bisa membuat video secara otomatis. Tinggal masukkan klip dan musik yang ingin digunakan, maka aplikasi ini akan mengedit dan menyinkronkannya secara otomatis. Quik dapat Anda gunakan 100% gratis dan bebas iklan.  

  1. Kruso

Dibandingkan aplikasi edit video di HP yang sudah kami bahas dalam artikel ini, Kruso mungkin belum terlalu populer. Aplikasi ini memang masih cukup baru, tapi memiliki banyak keunggulan di dalamnya. Kruso dapat Anda unduh di smartphone Android dan iOS secara gratis.

Kruso menyediakan fitur yang cukup lengkap bagi Anda untuk mengedit video sederhana. Aplikasi ini cocok untuk memproduksi konten video untuk media sosial seperti Instagram dan TikTok. Kruso tersedia dalam versi gratis dan premium, pada versi gratis Anda harus menonton iklan singkat terlebih dahulu sebelum menyimpan video. 

  1. VivaVideo

VivaVideo cocok untuk Anda yang ingin mengedit video formal dan tampak profesional. Aplikasi edit video di HP yang satu ini sudah populer sejak dulu dan merupakan salah satu yang terbaik untuk Android. 

Keunggulan VivaVideo adalah karena fitur-fiturnya yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula. Selain itu, aplikasi ini menyediakan ratusan efek, stiker, filter dan klip untuk menunjang hasil editan video Anda. 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi edit video di HP yang dapat Anda coba. Semua aplikasi yang kami rekomendasikan dalam artikel ini dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Namun, beberapa diantaranya memiliki layanan premium bagi Anda yang ingin menggunakannya dengan lebih leluasa dan bebas iklan. 

Saat ini, aplikasi edit video banyak dibutuhkan oleh content creator di media sosial. Apakah Anda salah satunya? Selain di media sosial, Anda juga bisa membangun personal branding yang lebih profesional dengan memiliki website pribadi, lho. Gunakan WordPress Hosting IDCloudHost yang membantu Anda membuat website dengan mudah dan cepat mulai dari Rp 5.000,-/bulan. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update