Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022

Siapa yang sudah menerapkan strategi marketing baru di tahun 2022 ini? Bagi Anda pemilik bisnis, Anda harus sudah menyiapkan strategi B2B (Business to Business) agar usaha Anda semakin meningkat dan berkembang pesat. B2B merupakan cara efektif dalam menjangkau pelanggan Anda secara masif dan banyak.

Tujuan pemasaran B2B adalah untuk membuat bisnis lain mengenal nama brand Anda, nilai produk atau layanan Anda, dan mendapatkan banyak pelanggan. Sasaran Anda akan berfokus pada ROI dan target lain. Selain itu, jika Anda ingin menjadikan pelanggan Anda mengetahui produk atau layanan Anda lebih detail, maka Anda bisa menggunakan konten marketing untuk B2B.

Ada berbagai macam strategi dalam mempersiapkan B2B di tahun 2022. Anda harus benar-benar siap untuk menjalankan strategi B2B dan lebih giat lagi dalam memasarkan produk atau layanan Anda agar tidak tertinggal dari kompetitor Anda. Jika Anda masih belum menemukan formula yang tepat dalam menentukan strategi yang tepat untuk tips menjalankan strategi marketing B2B tahun 2022, simak penjelasan artikel ini sampai habis dan jangan lupa untuk langsung mempraktekannya.

 

Memahami Apa Itu B2B dan Fungsinya

 

B2B (business-to-business) adalah jenis transaksi dagang produk atau layanan atau informasi antara bisnis ke bisnis, bukan antara bisnis dan konsumen (B2C). Transaksi B2B dilakukan antara dua perusahaan, seperti grosir dan pengecer (reseller) online. Dalam sebagian besar model bisnis B2B, setiap perusahaan mendapat manfaat dalam beberapa hal dan biasanya memiliki kekuatan negosiasi yang serupa. Ukuran kesepakatan antar keduanya rata-rata yang besar. Berikut ini fungsi dari B2B bagi bisnis Anda.

  • Perusahaan B2B dapat meningkatkan penjualan dengan jumlah transaksi bernilai tinggi yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan B2C, yang mungkin memerlukan ribuan atau bahkan jutaan penjualan individu. Karena perusahaan B2B menjual dan membeli dalam transaksi yang besar.
  • Biaya peralihan yang lebih tinggi, loyalitas pelanggan B2B kemungkinan sangat besar jika mereka puas dengan produk dan layanan yang Anda berikan. Sebaliknya, pelanggan B2C bisa jadi rewel dan tidak loyal, sehingga menghasilkan tingkat churn yang besar.
  • Potensi pasar yang besar. Perusahaan B2B dapat menargetkan perusahaan di banyak industri dan geografi, menghasilkan lapangan bermain yang besar. Atau mereka dapat berspesialisasi dalam satu industri, seperti teknologi, dan menjadi yang terbaik di bidang itu.

 

Baca Juga  :       Tips Digital Marketing Terbaik 2022

 

Tips dan Cara Menjalankan B2B Marketing Terbaik 2022

Tips Menjalankan B2B Marketing yang Sukses Tahun 2022
 

 

Setelah Anda mengetahui apa itu B2B dan fungsinya bagi bisnis Anda, Anda harus mengetahui berbagai tips menjalankan B2B marketing di bawah ini agar Anda bisa menjalankan bisnis Anda dengan benar dan tidak salah strategi. Berikut adalah tips menjalankan B2B marketing terbaik 2022.

 

  • Spesialisasi dan Penargetan Niche

    Jenis marketing B2B adalah spesialisasi dan penargetan niche. Salah satu pertimbangan bisnis terpenting ini akan membawa perusahaan Anda akan tumbuh paling cepat dan cenderung dipilih oleh pelanggan Anda. Anda harus benar-benar melakukan branding terhadap merek Anda dan memperhatikan spesialisasi dan target niche Anda. Spesialisasi membuat semua upaya marketing Anda lebih mudah, karena cenderung mendefinisikan dengan tepat apa yang Anda lakukan dan segera membedakan Anda dari pesaing Anda. Spesialisasi akan membuat Anda berbeda dari kompetitor Anda.

  • Marketing melalui Website

    Di era pelayanan profesional saat ini, situs web perusahaan Anda adalah salah satu aset terpenting bagi Anda. Ini lebih dari sekadar alat untuk membuat branding. Situs web menjadi tempat bagi perusahaan dan informasi lain dari bisnis Anda. Situs web Anda adalah alat penting untuk membangun visibilitas. Pelanggan akan mencari secara online untuk menemukan penyedia layanan atau produk terbaik, sehingga mereka akan langsung mengunjungi situs web penyedia layanan atau produk yang mereka butuhkan. Ini menjadi kesempatan Anda untuk mendapat perhatian dari pelanggan Anda untuk melihat website bisnis Anda. Plus, situs web Anda memungkinkan Anda untuk menunjukkan keahlian perusahaan Anda dan menjadi terkenal di seluruh dunia.
     
    Baca Juga   :     Panduan Database Marketing : Tipe, Kelebihan dan Daftar Strategi Terbaiknya

  • Search Engine Optimization (SEO)

    Seperti yang disinggung pada tulisan sebelumnya, audiens target Anda harus dapat menemukan situs Anda agar efektif. Di situlah search engine optimization (SEO) bekerja. SEO menjadi andalan para digital marketer di tahun 2022. SEO adalah senjata ampuh perusahaan untuk meningkatkan keuntungan, sehingga beberapa digital marketer akan memasukkannya ke daftar strategi marketing paling efektif. SEO di tempat menggunakan frasa kata kunci yang ditargetkan untuk mengkomunikasikan konsep di situs Anda yang penting bagi audiens Anda.
    Ada dua jenis SEO, yaitu SEO on-site dan outside. Tujuan dari SEO on-site adalah untuk membuat website Anda tampil di mesin pencari. Ini memungkinkan mesin pencari menghasilkan hasil yang lebih relevan bagi pencari atau pelanggan Anda. Dan ketika calon pelanggan Anda mencari sesuatu tentang bidang spesialisasi Anda, mereka akan menemukan situs web Anda. Sementara SEO outside atau di luar situs berbentuk tautan ke situs web Anda, melalui artikel yang terdapat di publikasi lain. Upaya ini berfungsi untuk meningkatkan otoritas situs Anda sebagai situs web yang diakui secara luas tentang topik yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Karena otoritas yang lebih tinggi dan situs web yang relevan menautkan ke situs web Anda, mesin pencari akan mulai melihat situs Anda lebih kredibel dan menghasilkan peringkat yang lebih tinggi.

  • Social Media Marketing

    Di tahun 2022 ini, tampaknya Social Media Marketing banyak digunakan oleh beberapa perusahaan. Social media marketing merupakan hal yang membutuhkan kreativitas untuk memastikan pelanggan tetap terlibat dalam setiap konten yang Anda buat di sosial media. Sosial media adalah saluran yang berharga untuk bisnis apa pun, dan platform baru seperti TikTok dan WhatsApp menjadi lebih populer daripada jaringan mapan seperti Facebook. Faktanya, 83% marketer B2B menggunakan pemasaran media sosial, saluran terpopuler kedua setelah Search Engine Optimization. Ketika berbicara tentang platform yang digunakan bisnis B2B, ada beberapa platform yang bagus. LinkedIn berada di urutan teratas untuk melibatkan audiens B2B, lalu selanjutnya oleh Twitter dan Facebook.

  • Iklan PPC (Pay per Click)

    Selanjutnya, ada jenis B2B yang populer di 2022, yaitu PPC. Anda bisa membuat kampanye PPC (Pay per Click) sebagai strategi B2B Anda. Pertimbangkan anggaran Anda dan gunakan pelacak anggaran untuk memutuskan di mana Anda akan menginvestasikan uang dan merujuk ke analitik Anda untuk melihat di mana kemungkinan besar Anda akan melihat ROI terbaik. Setelah Anda menentukan taktik digital marketing PPC, selanjutnya yang perlu digunakan perusahaan Anda, buat kalender konten, sehingga Anda memiliki rencana. Rencana ini harus mencakup:
    a) Judul/Topik
    b) Di mana itu akan diposting
    c) Kapan akan diterbitkan
    d) Peluang crossover untuk tautan
    e) Iklan PPC
    f) Penyedia konten

 

Baca Juga  :      6 Cara Meningkatkan Strategi Marketing SEO Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Marketing B2B (Business to Business) bisa membantu Anda untuk memasarkan produk atau layanan Anda lebih luas lagi. Fungsi dari B2B juga bisa membuat awareness yang luas bagi produk atau layanan Anda. Tahun 2022 menjadi awal yang baik untuk memulai strategi marketing B2B ini. Jika Anda ingin lebih dahulu menjadi yang terbaik di bidang bisnis Anda, maka tentukan dari sekarang tips B2B marketing mana yang ingin Anda jalankan.

Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan target marketing B2B Anda. Ada berbagai tips B2B, yang paling terbaik di 2022 ada Spesialisasi dan Penargetan Niche, Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, dan Iklan PPC (Pay per Click). Semua itu bisa Anda terapkan untuk strategi marketing B2B Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus memantau artikel idcloudhost.com yang lainnya.

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update