B2B Marketing : Cara Kerja dan Tools Terbaiknya

B2B Marketing : Cara Kerja dan Tools Terbaiknya

Tahukah Anda bahwa 98% pemasar B2B setuju bahwa otomatisasi pemasaran memainkan peran penting dalam membuat bisnis Anda sukses? Alat dan platform pemasaran B2B yang tepat dapat membantu Anda menjalankan kampanye dengan lebih efisien. Tidak hanya itu, Alat-alat ini juga dapat memberikan informasi yang berguna tentang  target  audiens Anda, pelanggan Anda, dan pasar untuk membantu membuat kampanye Anda lebih efektif.

Alat pemasaran B2B pada dasarnya adalah platform yang dapat membantu berbagai bentuk pemasaran online. Baik itu media sosial, optimisasi mesin pencari (SEO), atau bahkan mengelola basis data pelanggan Anda, alat-alat ini dapat melakukan semuanya untuk Anda. Saat bisnis Anda tumbuh secara online, menjadi lebih sulit untuk melacak semuanya. Dalam situasi seperti itu, alat pemasaran B2B dapat membantu Anda mengelola semua saluran pemasaran dengan mudah.

Ada begitu banyak alat pemasaran B2B di luar sana yang kemungkinan dapat membuat Anda bingung. Dengan beberapa platform yang menawarkan fitur seperti CRM, pemasaran email, dan otomatisasi pemasaran, sulit untuk mengetahui apa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam artikel ini, Anda akan dipandu melalui beberapa alat pemasaran B2B terbaik. Ada berbagai kategori alat pemasaran, lalu beberapa pilihan teratas untuk setiap fungsinya serta cara kerjanya.

 

Mengenal Apa Itu B2B Marketing

 

Pemasaran B2B dan B2C sangat berbeda. Pemasaran B2B dan B2C berbeda dalam strategi dan aplikasi masing-masing, serta audiens kedua jenis pemasaran ini memiliki cara berkomunkasi dan menjalin hubungan kerjasama yang berbeda pula. Pemasaran B2B menargetkan kebutuhan, minat, dan tantangan individu yang melakukan pembelian atas nama, atau untuk perusahaan mereka atau bukan untuk diri mereka sendiri, sehingga menjadikan perusahaan atau organisasi sebagai pelanggan. Singkatnya pemasaran B2B adalah proses suatu bisnis memasarkan produk/jasanya ke bisnis lain. Pemasaran bisnis ke bisnis diperlukan ketika output satu perusahaan diperlukan untuk perusahaan lain untuk mempertahankan atau meningkatkan operasinya. Beberapa contoh pemasaran B2B meliputi:

  • Produsen industri pompa yang mencoba untuk memasarkan dan menjual produk mereka ke produsen minyak dan gas.
  • Sebuah perusahaan konstruksi komersial yang mencoba untuk memasarkan dan membuat kontrak dengan membangun ruang kantor sebuah firma hukum.
  • Sebuah dealer alat berat yang berusaha untuk memasarkan dan menjual peralatan industri ke perusahaan konstruksi.

Pemasaran bisnis ke bisnis penting karena sebagian besar perusahaan mengandalkan produk atau layanan perusahaan lain untuk berfungsi. Sangat jarang bahwa seluruh proses produksi dan distribusi suatu organisasi 100% mandiri. Misalnya, brand pakaian favorit Anda kemungkinan besar mendapatkan bahan mentah dari pertanian dan kainnya mati dari perusahaan kimia. Merek ponsel favorit Anda kemungkinan membeli komponen perangkat mereka dari perusahaan pihak ketiga dan membayar perusahaan pengiriman untuk mendistribusikan produk akhir.

Bagaimana hubungan vendor ini terbentuk? Semuanya dimulai dengan mengidentifikasi peluang pemasaran B2B dan kemudian menyesuaikan pesan merek Anda ke perusahaan yang membutuhkan produk/layanan Anda. Alasan utama lain mengapa pemasaran B2B penting adalah lamanya hubungan B2B dan potensi peningkatan pendapatan. Menjual ke konsumen biasanya melibatkan satu pembelian barang berbiaya rendah. Ketika sebuah bisnis menjual ke bisnis lain, biaya barang atau jasa mungkin cukup besar dan diperlukan secara teratur. Misalnya, ketika perusahaan lanskap menjual layanan ke kampus kantor besar, itu mungkin melibatkan kontrak yang berlangsung beberapa bulan dan bernilai ratusan juta rupiah. Ini sangat berbeda dari konsumen yang membayar untuk pekerjaan lansekap satu kali di halaman belakang mereka.

Ada tiga teknik pemasaran B2B utama yang dapat Anda terapkan untuk bisnis Anda. Pertimbangkan bagaimana masing-masing ini dapat digunakan di bisnis Anda, lalu teliti pesaing Anda untuk melihat apakah program pemasaran B2B ini akan berhasil untuk industri Anda.

  1. Pemasaran Digital untuk B2B

    Pemasaran digital adalah cara yang terukur untuk menampilkan produk atau layanan Anda kepada orang yang tepat. Sebuah kampanye pemasaran digital membuatnya mudah untuk melacak Return of Investment (ROI), dan Anda dapat menggunakan penargetan granular untuk mencapai pengambil keputusan.

  2. Pemasaran Tradisional untuk B2B

    Strategi pemasaran tradisional untuk pasar bisnis ke bisnis memberikan jaring yang luas dan cenderung mahal, tetapi membantu membangun ekuitas brand. Anda dapat menggunakan radio, televisi, atau iklan cetak untuk menarik perhatian calon pelanggan Anda dan tetap menjadi top of mind. Anda akan ikut serta ketika perusahaan-perusahaan itu mencari vendor baru.

  3. Penjualan Pribadi untuk B2B

    Penjualan pribadi adalah salah satu metode pemasaran B2B tertua dan paling efektif. Penjualan pribadi memanfaatkan jaringan dan hubungan tatap muka untuk mendapatkan kesepakatan yang ditandatangani. Ini adalah cara yang paling tidak terukur untuk memasarkan bisnis Anda ke perusahaan lain, tetapi memiliki tingkat konversi tertinggi. Penjualan pribadi sering dipasangkan dengan pemasaran digital. Kampanye digital menghasilkan prospek yang ditindaklanjuti secara langsung oleh tenaga penjualan.

 

Cara Kerja B2B Marketing

Ketika Anda mulai membentuk strategi pemasaran B2B, ada beberapa cara kerja atau langkah yang harus Anda ambil sebelum langsung melakukan eksekusi.

  • Brand positioning

    Untuk membuat strategi yang efektif, Anda harus sepenuhnya memahami positioning brand Anda. Hal ini meliputi siapa, kapan, mengapa, dan bagaimana identitas brand Anda atau cara brand Anda dilihat melalui mata pelanggan. Rancang pernyataan pemosisian merek yang dapat dipercaya oleh tim dan calon pelanggan dan Anda akan siap untuk langkah berikutnya.

  • Identifikasi target pelanggan

    Temukan audiens target pelanggan atau siapa yang benar-benar mencari produk atau layanan brand Anda. Informasi tersebut akan membantu Anda menciptakan persona pembeli dan memahami bagaimana mereka membuat keputusan pembelian.

  • Jalankan analisis kompetitif

    Lihat pasar dan bisnis pemasar lain untuk target pelanggan Anda dengan analisis kompetitif. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika memeriksa pesaing adalah Penawaran produk pesaing,  Taktik dan hasil penjualan pesaing, dan Konten pemasaran pesaing dan kehadiran media sosial. Mendapatkan gambaran umum tentang item-item ini dapat membantu Anda mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pesaing Anda atau dikenal sebagai analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

  • Jalankan email marketing

    Pemasaran email adalah metode yang dapat Anda coba untuk menjangkau konsumen individu dan pelanggan bisnis. Tahukah Anda bahwa 93% pemasar B2B menggunakan email? Apakah Anda salah satunya? Anda harus mencobanya. Email mengarah pada keterlibatan yang mengubah pelanggan yang awalnya prospek dan kemudian menjadi pelanggan. Tidak seperti pelanggan B2C yang paling merespons emosi dan hiburan, pelanggan B2B mencari logika dan Return of Investment (ROI) positif. Pada dasarnya, mereka bertanya pada diri sendiri, Bagaimana bisnis Anda dapat membantu bisnis saya berkembang? Karena itu, pemasaran email Anda harus secara konsisten beresonansi dengan pelanggan bisnis Anda dan fokus pada hal-hal yang penting bagi mereka seperti waktu, uang, dan sumber daya. Pemasaran email juga merupakan sarana yang ampuh untuk membagikan konten brand Anda. 83% perusahaan B2B menggunakan buletin email sebagai bagian dari program pemasaran konten mereka, dan 40% pemasar B2B mengatakan buletin ini paling penting untuk kesuksesan pemasaran konten mereka.

 

Alat Rekomendasi untuk B2B Marketing

B2B Marketing : Cara Kerja dan Alat Rekomendasi Terbaiknya
 

Berikut adalah beberapa alat rekomendasi untuk B2B marketing terbaik yang dapat membantu Anda mengotomatiskan kampanye pemasaran Anda dan mengukur efektivitasnya pada tahun ini.

  1. Canva

    Canva harus dimiliki oleh tim pemasaran B2B yang tidak memiliki desainer grafis khusus, atau yang membutuhkan kapasitas ekstra. Ini adalah alat desain berbasis web gratis yang memudahkan pembuatan gambar header, infografis, dan templat media sosial.

  2. Adobe Stock

    Adobe Stock adalah sumber stok fotografi baik yang benar-benar dapat membantu konten online Anda menonjol. Gunakan untuk menemukan citra yang relevan, berkualitas tinggi, dan luar biasa untuk melengkapi postingan blog, konten media sosial, dan halaman arahan Anda.

  3. Hubspot

    HubSpot adalah alat pemasaran B2B untuk semua kebutuhan penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan Anda. Customer Relationship Management (CRM) pada intinya gratis untuk digunakan. Anda dapat melacak dan mengatur prospek Anda secara efisien dan membangun hubungan pelanggan yang lebih baik menggunakan HubSpot. Dari otomatisasi pemasaran email hingga analitik dan penjadwalan rapat, solusi perangkat lunak ini dapat membantu Anda mencapai semuanya.

  4. Ahrefs

    Ahrefs dapat membantu Anda dengan aspek SEO dari inisiatif pemasaran Anda. Dengan alat pemasaran B2B ini, Anda dapat melakukan riset kata kunci, melacak peringkat, menemukan peluang backlink, dan juga mempelajari pesaing Anda. Ahrefs memberi Anda wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mengalahkan pesaing Anda dan mengungguli mereka dalam pencarian. Bagian terbaik tentang layanan perangkat lunak ini adalah membantu Anda menemukan konten mana yang berperingkat baik di niche Anda juga. Ini juga memiliki alat pemantauan web yang memungkinkan Anda melacak sebutan Anda secara online.

  5. Sales Force

    Salesforce adalah alat pemasaran B2B terkemuka untuk perusahaan. Ini sempurna untuk perusahaan besar yang perlu menyimpan data pelanggan dan prospek dalam jumlah besar. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan prospek Anda. Salesforce menghadirkan sejumlah solusi perangkat lunak untuk semua brand. Baik Anda ingin membuka toko e-niaga, mendorong keterlibatan, penjualan, atau bahkan mendapatkan analisis mendetail tentang kinerja Anda, Salesforce dapat melakukan semuanya.

  6. Sprout Social

    Sprout Social adalah manajemen media sosial teratas platform yang membantu mengelola pemasaran media sosial Anda dengan mudah. Selain penjadwalan dan penerbitan posting, alat pemasaran B2B ini juga memungkinkan Anda untuk menganalisis kinerja konten Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk melacak sebutan brand Anda dan bergabung dengan percakapan apapun tentang brand Anda. Ini juga memiliki fitur otomatisasi media sosial yang dapat membantu Anda memaksimalkan upaya pemasaran media sosial Anda. Anda dapat dengan mudah membuat chatbot menggunakan pembuat botnya atau mengotomatiskan penjadwalan media sosial menggunakan Sprout Queue dan Viral Post.

  7. Intercom

    Intercom adalah salah satu alat pemasaran B2B teratas yang tersedia. Ini membantu Anda menangkap prospek dan mengkonversinya. Ini juga memungkinkan Anda untuk melibatkan pelanggan Anda melalui dalam aplikasi dan pesan push dan memberikan dukungan menggunakan bot dan obrolan langsung. Ini menyediakan bantuan dan basis pengetahuan terintegrasi sehingga Anda dapat menyelesaikan masalah pelanggan lebih cepat. Baik itu perolehan prospek, keterlibatan pelanggan, atau bahkan dukungan pelanggan, solusi perangkat lunak ini mempermudah Anda untuk mengembangkan brand Anda.

 

Kesimpulan dan Penutup

Berfokus pada pelanggan adalah salah satu cara terbaik untuk menang dalam pemasaran pada tahun 2022. Anda perlu menyelaraskan sasaran, kampanye, dan alat Anda dengan mencoba menawarkan pengalaman pelanggan terbaik. Jika semua hal ini dapat Anda selaraskan, maka keberhasilan marketing untuk bisnis B2B, dapat Anda rasakan.

Selain itu, hal yang perlu diingat juga adalah marketing tidak efektif kecuali Anda mengingat audiens dan tidak ada audiens yang berubah-ubah dan kritis seperti pelanggan bisnis. Pemasaran Anda harus mengkomunikasikan bagaimana bisnis Anda dapat membantu mereka, dan jika tidak, Anda dapat mengarahkan strategi B2B marketing untuk menjangkau mereka.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update