BitNinja : Melindungi Keamanan Server Anda dari Serangan

BitNinja : Melindungi Keamanan Server Anda dari Serangan

Anda pasti tidak ingin serangan siber atau ancaman lainnya menyerang server Anda bukan? Maka dari itu, perlu perlindungan yang dijamin ampuh untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi di era digitalisasi seperti saat ini, keamanaan menjadi aspek yang krusial bagi seluruh pengguna. Nah, sebagai salah satu contohnya Anda bisa menggunakan sebuah tools bernama BitNinja. BitNinja merupakan solusi untuk melindungi server dari ancaman siber yang beragam. Simak ulasan selengkapnya mengenai BitNinja pada artikel berikut ini.

Apa Itu BitNinja?

BitNinja adalah tools keamanan yang dapat melindungi server Anda dari berbagai serangan seperti Botnet, Spamming, DDos, dan lainnya. Tools ini menggabungkan teknologi dengan kecerdasan buatan (AI) untuk mendeteksi dan mengatasi ancaman keamanan secara lebih efektif.

Cara kerjanya sendiri adalah memblokir jaringan-jaringan yang dicurigai sebagai serangan untuk mengatasi masalah yang lebih serius. Sehingga secara tidak langsung, BitNinja berfungsi sebagai pelindung keamanan yang dapat mengidentifikasi dan menanggapi serangan siber secara real time, sehingga bisa mengamankan server Anda dari potensi kerusakan dan pencurian data.

Baca Juga: Tips Cybersecurity Untuk Tingkatkan Keamanan Data

Mengapa Anda Harus Menggunakan BitNinja?

Mengapa Anda Harus Menggunakan BitNinja?

Ini dia beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan BitNinja diantaranya :

  • Perlindungan Terhadap Botnet

    Botnet atau Robot Network merupakan sebuah serangan yang bisa menyebabkan berbagai kerugian seperti pencurian data pada suatu website, server atau aplikasi. Nah, BitNinja mampu memberikan perlindungan dari Botnet dengan melakukan blokir terhadap akses, kemudian juga mencegah sistem berhubungan dengan server kembali sehingga akan lebih terlindung dari serangan botnet.

  • Perlindungan dengan Custom Honeypot

    Honeypot merupakan suatu keamanan sistem tiruan yang dapat menjebak hacker sehingga akan memberikan perlindungan pada server Anda. Sehingga honeypot digunakan untuk menjebak IP dari penyerang atau ahcker yang kira-kira akan masuk pada server.

  • Melindungi dari serangan DDos

    DDoS adalah jenis serangan yang memenuhi trafik server sebuah situs. Akibatnya situs tersebut menjadi lambat dan susah diakses. Hal ini tentunya akan menyebabkan banyak masalah dikala situs website menjadi lambat bahkan tidak bisa diakses. Perlu untuk menggunakan BitNinja agar melindungi server Anda dari serangan DDOs.

    Baca Juga: Mengenal Serangan DDoS dan Cara Mencegahnya

  • Self-protection, Update, and Realtime Report

    Selain itu, BitNinja juga dapat melaporkan upaya-upaya serangan dan mengunduh pembaharuan dengan cepat sehingga akan lebih maksimal untuk melindungi server dari serangan yang baru akan masuk.

  • Mendeteksi IP Berbahaya

    Terakhir adalah BitNinja bekerja dengan mendeteksi IP yang berbahaya. Sehingga dapat mendistribusikan informasi secara cepat melalui detektor agar lebih aman dengan penanggulangan yang kurang dari 3 detik.

Keunggulan BitNinja

Keunggulan BitNinja

Anda sudah memahami alasan diatas mengapa harus menggunakan tools keamanan yang satu ini bukan? Saatnya Anda mengetahui keunggulan yang dimilikinya berikut ini.

1. Mudah Di Install

Keunggulan pertama adalah tools ini terbukti sangat mudah diinstall. Anda cukup mengunjungi situs resmi mereka. Lalu ikuti berbagai petunjuk yang ada. BitNinja siap untuk Anda gunakan bagi server atau website agar lebih aman dan terlindungi dari serangan siber lainnya.

2. Mengurangi Beban Server

Tentu saja jika ada serangan baik itu berbentuk malware ataupun virus mampu membuat server menjadi lebih berat dari yang sebelumnya. Nah, oleh karena itu penting untuk mengurangi beban server dengan penggunaan dari BitNinja yang bisa melindungi server menjadi lebih aman.

3. Proteksi Brute Force

BitNinja terbukti efektif dalam menghalangi serangan brute force, di mana penyerang mencoba masuk ke sistem dengan menebak-ngebak kombinasi kata sandi. Tools ini dapat membatasi upaya masuk yang berlebihan dan memblokir upaya yang mencurigakan.

4. Pemantauan Lalu Lintas

Keunggulan dari BitNinja selanjutnya adalah dapat memantau lalu lintas server secara cermat dan juga tepat. Hal ini memungkinkan deteksi dini terhadap perilaku mencurigakan dan serangan potensial yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang server.

5. Melakukan Pendeteksi Malware

Selanjutnya adalah tools ini dapat melakukan pendeteksi terhadap malware. Bukan hanya mendeteksi saja, tetapi juga memiliki kemampuan membersihkan malware dari server. Hal ini membantu memastikan bahwa server tetap bebas dari serangan yang dapat membahayakan data dan kinerja sistem.

6. Manajemen Keamanan yang Terpusat

BitNinja juga menyediakan manajemen yang terpusat, memungkinkan administrator untuk mengontrol dan mengelola keamanan server dengan mudah dari satu lokasi saja. Selain itu, dengan adanya manajemen keamanan yang terpusat seperti ini, jika ada serangan yang muncul akan dapat terorganisir dengan baik.

Cara Kerja BitNinja

Cara Kerja BitNinja

Simak cara kerja BitNinja berikut ini agar Anda lebih mengetahui step by step yang dilakukan tools ini untuk menjaga keamanan server Anda.

Perlindungan Proaktif

Hal utama yang dilakukan oleh BitNinja sebagai upaya untuk menjaga keamanan server adalah dengan memberikan perlindungan tingkat pertama yakni perlindungan proaktif. Dimana perlindungan ini lebih fokus terhadap persiapan menghadapi serangan sebelum terjadi. Setelah mengetahuinya, nanti akan ada kombinasi metode unik untuk mencegah serangan masuk ke dalam server.

Pertahanan Jaringan

Bukan hanya dari sisi perlindungan tingkat pertama saja. BitNinja juga memperhatikan jaringan pertahanan bagi setiap server yang ada diseluruh dunia. Karena jaringan pertahanan ini berfungsi sebagai alat untuk saling berbagi informasi terhadap apa saja jenis serangan terbaru.

Pada tahap kedua ini, jenis serangan sudah diketahui misalnya saja yang menyerang adalah jenis serangan zero-day. Nantinya, jaringan pertahanan ini mengeluarkan metode crowdsourcing dimana metode ini berguna untuk bertahan melawan serangan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Zero Day Attack: Penyebab dan Cara Menghindarinya

Site Protection

Ini merupakan tambahan proteksi keamanan dari BitNinja. Dimana dari berbagai serangan yang masuk ke server, BitNinja menawarkan kepada pengguna atau pemilik situs web untuk solusi keamanan yang lebih ampuh yakni dengan penghapusan malware, pencadangan otomatis, penambalan kerentanan, dan pelaporan. Jadi pada tahap ketiga inilah serangan siber tersebut dihapus secara permanen.

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai apa itu BitNinja untuk Anda. Tentunya sebagai tools keamanan yang populer untuk digunakan Anda wajib tahu terlebih dahulu alasan apa saja yang memperkuat Anda untuk menggunakan BitNinja. Selain itu, masing-masing keunggulan yang dimilikinya pun menjadi point yang tidak kalah penting, sehingga Anda lebih aware dan tau dimana saja keamanan server yang perlu untuk dilindungi dari ancaman serangan.

Kemudian, Anda tidak perlu khawatir dengan kinerja dan keandalan tools yang sudah kami sajikan diatas. Jika harus memilih dengan posisi Anda sebagai pemula dalam memiliki sebuah website, maka Anda bisa menyesuaikan jenis plugin mana saja yang cocok untuk digunakan. Dan pastikan plugin tersebut sudah aman bagi WordPress Anda. Lalu, pastikan tetap menggunakan BitNinja agar proteksi keamanan server lebih terjamin.

Jika kita membahas mengenai plugin WordPress pasti berhubungan dengan website. Aktivitas website yang banyak ternyata bisa menyebabkan website Anda mengalami kenaikan traffic yang cukup tinggi. Sehingga Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, pas banget nih Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update