Cara Daftar Online Antrian BPJS Kesehatan di RS

Cara Daftar Online Antrian BPJS Kesehatan di RS

BPJS Kesehatan merupakan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi setiap pesertanya. Salah satu upaya memberikan pelayanan terbaik tersebut dilakukan melalui terobosan dan inovasi daftar online antrian BPJS Kesehatan di rumah sakit melalui mobile JKN. Inovasi berbasis online ini, diharapkan bisa semakin bermanfaat bagi seluruh peserta JKN-KIS dan stakeholder lainnya.

Hadirnya inovasi mobile JKN dari BPJS Kesehatan ini merupakan bentuk jawaban tantangan teknologi terhadap kebutuhan informasi serta pelayanan berbasis digital. Salah satu fitur andalan mobile JKN tersebut yaitu pelayanan daftar online antrian BPJS Kesehatan di rumah sakit terdaftar tanpa harus antri. Peserta cukup mendaftar secara online melalui fitur mobile JKN maka dan tidak perlu datang ke rumah sakit dan antri lama. Kemudian melalui pendaftaran online tersebut peserta juga sudah memperoleh nomor antrian di rumah sakit tempatnya akan berobat.

Selain itu, melalui aplikasi daftar online antrian BPJS tersebut peserta juga bisa mengetahui kapan ia harus datang ke rumah sakit dan memperoleh pelayanan sesuai dengan pendaftaran poli yang dipilih melalui mobile JKN. Untuk informasi lebih jelas mengenai aplikasi mobile JKN sekaligus cara pendaftarannya, maka akan dijelaskan dalam artikel ini.

 

Mengenal Aplikasi Mobile JKN

 

Aplikasi mobile JKN adalah aplikasi dari BPJS Kesehatan yang memudahkan peserta JKN dalam mengakses berbagai layanan BPJS mulai dari pengecekan tagihan, perubahan data, daftar antrian online di rumah sakit dan lain-lain. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda cukup mengunduh dan menginstalnya melalui perangkat seluler dari aplikasi store Anda..

Perlu Anda ingat kembali bahwa BPJS dan JKN memiliki arti yang berbeda namun sering tertukar maknanya. BPJS merupakan perusahaan asuransi penyelenggara JKN termasuk juga meluncurkan aplikasi mobile JKN. Sedangkan JKN merupakan program layanan kesehatan yang memakai sistem asuransi dari Pemerintah bagi seluruh warga Indonesia . Kinerja BPJS juga diawasi oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

Baca Juga :  Kumpulan Aplikasi Transfer Antar Bank Tanpa Biaya di Indonesia

 

Perkembangan Mobile JKN Bagi Pelayanan Peserta BPJS

Kemajuan teknologi yang berbasis aplikasi mobile memang terbukti memberikan kemudahan bagi berbagai aktivitas. Hal inilah yang melatabelakangi BPJS Kesehatan tidak ingin ketinggalan menerapkan sistem teknologi yang berbasis aplikasi. Tujuannya untuk meningkatkan kepuasan peserta bagi dari segi pelayanan administrasi maupun percepatan akses digital servis lainnya.

Melalui aplikasi mobile JKN, setiap peserta BPJS bisa mengakses berbagai informasi mengenai BPJS Kesehatan dengan cepat dan mudah. Bahkan aplikasi ini dari waktu ke waktu mengalami perkembangan dengan adanya fitur-fitur terbaik salah satunya daftar online antrian BPJS di rumah sakit. Fitur aplikasi mobile JKN ini bisa membantu mengurangi jumlah antrian untuk peserta yang akan mendaftar berobat di rumah sakit. Hingga saat ini setidaknya terdapat 12 fitur dalam aplikasi mobile JKN yang bisa digunakan oleh peserta BPJS Kesehatan.

 

Manfaat Aplikasi Mobile JKN

 

 

Diluncurkannya aplikasi mobile JKN oleh BPJS Kesehatan, tentu tidak lepas dari berbagai manfaat yang dimiliki dan diberikan melalui fitur-fitur dalam aplikasi ini. Selain mudah diunduh dan digunakan, aplikasi ini juga membuat peserta BPJS Kesehatan tidak perlu memperlihatkan fisik kartu BPJS Kesehatan maupun kartu KIS ketika berobat.

Manfaat lain yang ditawarkan oleh aplikasi ini diantaranya peserta bisa mendaftar serta mengubah data kepersertaannya, mengetahui informasi seputar tagihan atau iuran, mengetahui informasi data diri sebagai peserta maupun keluarga dan informasi seputar JKN-KIS. Selain itu salah satu manfaat yang sangat dirasakan oleh peserta BPJS Kesehatan yaitu memperoleh pelayanan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya tanpa perlu antri dan menunggu lama melalui daftar online antrian BPJS.

Melalui aplikasi mobile JKN ini peserta juga bisa memilih fasilitas kesehatan terdekat sesuai domisilinya. Sehingga dapat memudahkan tindakan pertama bagi peserta yang sakit dari dokter terdekat sebelum akhirnya dirujuk ke rumah sakit. Melalui aplikasi ini, segala informasi ada di genggaman Anda sehingga sebaiknya Anda segera mendownload aplikasi ini melalui smartphone.

Baca Juga :   Mengenal Digital Talent Scholarship Kominfo RI : Jenis Pelatihan & Cara Mendaftarnya

 

Cara Daftar Online Antrian BPJS DI Rumah Sakit

Berikut ini cara dan langkah yang bisa Anda coba terapkan untuk daftar online antrian BPJS di rumah sakit tanpa harus datang ke rumah sakit terlebih dahulu.

  1. Untuk bisa menikmati fitur aplikasi mobile JKN salah satunya daftar online antrian BPJS kesehatan, maka Anda harus mendownload dan melakukan registrasi melalui aplikasi ini terlebih dahulu.
  2. Unduh aplikasi melalui Playstore untuk android dan Apple Store untuk ios. Setelah aplikasi terpasang, lakukan registrasi pada menu registrasi lalu isilah setiap kolom dengan data diri Anda.
  3. Pastikan saat mendaftar, email yang Anda gunakan masih aktif untuk pengiriman nomor verifikasi pendaftaran.
  4. Cek nomor verifikasi pada email Anda dan masukkan nomor tersebut pada kolom yang tersedia. Bila berhasil maka Anda bisa diminta mengisi nomor kartu BPJS Kesehatan serta kata sandi yang dipakai untuk login aplikasi mobile JKN.
  5. Apabila aplikasi mobile JKN sudah terinstal di perangkat mobile Anda, maka Anda bisa mulai daftar online antrian BPJS Kesehatan. Caranya silahkan login ke aplikasi mobile JKN pada ponsel Anda.
  6. Setelah berhasil login, silahkan cari menu “pendaftaran pelayanan” dalam aplikasi tersebut. Anda diminta untuk memilih rumah sakit atau poliklinik yang akan dituju. Sampaikan juga keluhan penyakit yang anda alami melalui aplikasi tersebut.
  7. Bila pendaftaran selesai, maka peserta akan memperoleh nomor antrian dan sisa antrian di rumah sakit secara langsung secara cepat dan tanpa antri.

Aplikasi mobile JKN ini tidak hanya dapat mengatasi antrian yang menumpuk di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Tetapi aplikasi daftar online antrian BPJS memudahkan masyarakat memperoleh kepastian waktu untuk datang ke FKTP agar bisa segera memperoleh pelayanan kesehatan. Tentu aplikasi ini juga membuat masyarakat tidak perlu membuang waktu sia-sia menunggu antrian yang panjang terlebih bagi masyarakat yang berdomisili jauh dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan.

Baca Juga :  Mengenal Apa Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung

 

Kesimpulan dan penutup

Saat ini sudah banyak FKTP meliputi rumah sakit dan poliklinik, yang sudah resmi terdaftar dan ditunjuk secara resmi oleh BPJS Kesehatan. Hal ini dapat semakin memudahkan peserta BPJS Kesehatan yang ingin berobat di FKTP sesuai dengan tempat tinggal masing-masing. Peserta juga tak perlu pusing memikirkan pendaftaran antrian di rumah sakit atau poliklinik sebab daftar online antrian BPJS kini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN.

Aplikasi mobile JKN bisa dinikmati secara gratis oleh setiap peserta BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar secara resmi. Tentu, Anda tak perlu khawatir akan adanya tambahan biaya tagihan atau iuran BPJS Kesehatan setelah menggunakan aplikasi daftar online antrian BPJS. Cukup menyediakan jaringan internet dan smartphone dengan fitur yang mumpuni maka peserta BPJS Kesehatan bisa menggunakan dan mengakses berbagai fitur mobile JKN secara mudah dan aman.

Dengan hadirnya aplikasi mobile JKN, masyarakat bisa menikmati pelayanan tambahan dari BPJS Kesehatan secara gratis dan mudah. Salah satunya daftar antrian online BPJS Kesehatan di rumah sakit yang dijamin lebih cepat, praktis dan tidak perlu antri lama. Masalah mengantri yang terlalu lama bagi peserta BPJS Kesehatan yang ingin berobat di rumah sakit, kini sudah dapat teratasi sehingga masyarakat bisa menikmati pelayanan BPJS Kesehatan dengan sepenuhnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update