Kata viral mungkin terdengar tidak asing lagi bagi telinga Anda. Benar sekali, viral sering dikonotasikan sebagai sebuah fenomena kepopuleran yang terjadi dengan sangat cepat dalam dunia internet dan sosial media. Mungkin Anda hanya berfikir viral hanya sekedar sensasi belakang, namun faktanya viral juga bisa berdampak positif terhadap strategi pemasaran perusahaan. 

Tahukah Anda bahwa viral marketing berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen dan performans bisnis. Dengan demikian, jika bisnis Anda viral maka secara positif akan berpengaruh terhadap produk atau layanan Anda. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana menciptakan viral marketing yang menguntungkan bagi bisnis dan tidak hanya sekedar viral saja. 

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda tempuh untuk menciptakan viral marketing dan tentunya bermanfaat bagi bisnis Anda. Dengan demikian, simalah ulasan artikel berikut ini!

Seberapa Penting Viral Marketing bagi Bisnis?

Viral marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang bagaikan sebuah virus yang menyebar dengan cepat. Dengan demikian, ketika produk atau brand Anda viral maka audiens Anda pun bertambah besar dan brand awareness pun akan meningkat secara positif. 

Bagaikan word of mouth (pemasaran dari mulut ke mulut), maka viral marketing akan mengundang konsumen untuk saling menyebarkan informasi satu sama lain dengan media internet. Dengan demikian, strategi pemasaran ini merupakan cara yang tepat khususnya ketika mengefisiensikan budget marketing karena yang memasarkan secara aktif adalah konsumen itu sendiri. 

Selain itu, pentingnya viral marketing untuk bisnis karena dapat menciptakan jangkauan yang lebih luas bahkan bisa mengglobal. Hal ini tentu saja akan mempromosikan produk, layanan, atau brand Anda secara cepat dengan tanpa batasan geografis. Oleh karena itu, ketika masyarakat telah mengetahui produk Anda maka trafik penjualan Anda bisa saja meningkat secara drastis. 

Menciptakan Konten Viral untuk Bisnis

Viral marketing memang mampu menciptakan potensial konsumen yang pesat, namun viral marketing juga bisa menjadi boomerang bagi bisnis. Perlu diketahui bahwa jika yang viral tersebut adalah hal positif maka tentu saja ini akan menguntungkan bisnis. Namun sebaliknya jika yang menjadi pembicaraan khalayak ramai adalah hal yang negatif terhadap bisnis Anda, maka bukannya manfaat namun kerugian yang akan Anda hadapi. 

Oleh karena itu, jika Anda memang ingin menerapkan strategi viral marketing maka Anda perlu mengetahui bagaimana strategi ini bekerja. Dengan demikian, pada poin-poin berikut ini kami akan menjelaskan bagaimana menciptakan konten viral sehingga bermanfaat bagi bisnis Anda: 

Tetapkan tujuan viral marketing

Banyak bisnis yang hanya ingin menjadi viral saja tanpa mengetahui tujuan yang ingin didapatkan sehingga strategi tersebut akhirnya tidak memberikan manfaat dalam pemasaran. Dalam membuat sebuah konten pastikan Anda mengetahui output yang ingin diharapkan, apakah untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan pengetahuan konsumen akan produk Anda, atau bahkan hanya sekedar menangkap perhatian konsumen saja. 

Ketika Anda telah mengetahui tujuan, maka hal ini akan membantu Anda untuk menciptakan konten yang tentunya sesuai dengan tujuan tersebut. Misalnya Anda merupakan perusahaan dengan segmen generasi Z yang ingin menangkap perhatian konsumen, maka strategi viral marketing dengan dancing Tik Tok dan musik-musik yang kekinian akan dapat mewujudkan hal tersebut. 

Aktif dengan perkembangan trend

Seperti yang diketahui bahwa hampir setiap harinya ada saja yang dibicarakan di internet. Oleh karena itu, jika Anda ingin membuat konten viral marketing maka Anda wajib untuk mengikuti hal-hal yang sedang dibicarakan di internet. 

Misalnya Anda merupakan bisnis yang bergerak pada bidang teknologi dan Anda mengetahui bahwa semua orang sedang tertuju pada event piala dunia 2022. Dengan mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa saja membuat konten teknologi mutakhir yang digunakan pada piala dunia 2022. 

Perlu diketahui, viral marketing bisa saja berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya Anda membuat konten piala dunia 2022, hal tersebut bisa saja viral namun setelah piala dunia maka akan kembali seperti sediakala. Oleh karena itu, dengan adanya perkembangan trend maka Anda masih bisa menggunakan strategi viral marketing tentunya dengan menyesuaikan dengan berbagai hal yang sedang hangat diperbincangkan. 

Libatkan emosi audiens Anda

Melibatkan emosi audiens merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatiannya. Emosi senang, sedih, kesal, dan sebagainya dapat membuat audiens merasa terikat dengan konten yang telah dibuat. Dengan emosi tersebut juga yang membuat audiens akan membagikan konten kita kepada yang lainnya. 

Misalnya ketika membuat konten meme, video lucu atau sedih, quotes, dan berbagai lainnya dapat menggerakkan hati audiens. Ketika audiens merasa hal tersebut relevan dengan dirinya maka dia akan melakukan postingan ulang (repost) atau membagikannya kepada orang lain. Tentu saja hal ini akan berkelanjutan sehingga akhirnya konten tersebut menjadi viral. 

Pastikan konten Anda bisa dibagikan

Untuk menjadi viral maka konten Anda harus bisa disebarkan oleh banyak pengguna. Dengan demikian, setiap postingan konten yang Anda buat harus dipastikan bersifat publish yang bisa disebarkan oleh khalayak ramai. 

Hal tersebut dapat Anda perhatikan pada akun sosial media bisnis Anda. Aturlah menjadi publik dan pastikan semua orang bisa melihatnya. Lebih lanjut, pastikan Ada tombol share pada setiap konten yang dibuat terlepas itu konten di sosial media, website, atau aplikasi. 

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar audiens membagikan konten Anda adalah sebagai berikut:

  • Pastikan isi konten Anda menarik dan relevan dengan segmen audiens
  • Pastikan tombol share aktif dan bisa diakses bahkan jika memungkinkan buatlah beberapa media sharing yang bisa digunakan
  • Adakan diskon atau layanan gratis tertentu dalam memancing audiens melirik konten atau akun sosial media Anda
  • Pastikan Anda memasukkan copywriting dengan benar yang eye catching bagi audiens
  • Maksimalkan penggunaan visual seperti desain yang dibuat
  • Buatlah pertanyaan atau hal yang menarik sehingga membuat audiens akan cenderung berdiskusi pada kolom komentar

Maksimalkan penggunaan sosial media

Media utama yang bisa Anda gunakan adalah sosial media dan tentunya fitur-fitur yang ada juga Anda bisa maksimalkan. Misalnya dengan membuat snapgram secara berkala, Anda juga bisa memasukkan QnA, atau bahkan menanyakan pendapat, serta berbagai hal lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hal yang sedang trending melalui fitur pencarian Twitter sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan perencanaan konten Anda. Lebih lanjut, Tik Tok juga menyediakan algoritma yang cepat melalui fyp (for your page) atau bahkan LinkedIn sebagai sosial media profesional yang bisa dimanfaatkan. 

Dengan demikian, dengan ciri khas dan berbagai fitur yang dimiliki oleh masih-masing platform tersebut bisa Anda manfaatkan dan maksimalkan, Tentunya hal tersebut akan membantu Anda untuk melakukan strategi viral marketing. 

Lakukan evaluasi

Evaluasi menjadi hal penting untuk mengukur apakah konten Anda berhasil atau tidak. Saat ini Anda bisa melihat sosial media analitik untuk mengetahui konsisten konten tersebut. Dengan demikian, Anda bisa melihat jumlah impression, jumlah komen, like, share, dan sebagainya. 

Lebih lanjut, ketika Anda merasa belum sampai ke titik yang Anda inginkan maka Anda bisa melakukan evaluasi. Misalnya dengan melakukan riset konten yang lebih mendalam, melakukan riset konsumen dan karakteristik, atau mencari riset trend yang sedang populer. 

Namun tetap saja, jika Ada perencanaan baru maka tetap pastikan bahwa konten yang dibuat memiliki korelasi dengan brand, produk, atau layanan yang Anda berikan. 

Penutup

Viral marketing menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan dalam menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan biaya yang relatif murah, Anda hanya perlu memaksimalkan setiap konten yang Anda buat. Namun tetap saja, perencanaan konten yang baik akan membuat hasil yang lebih baik sehingga viral marketing tidak menjadi bumerang terhadap perkembangan bisnis Anda.

Meskipun media utama viral marketing adalah sosial media, tapi tahukah Anda bahwa sosial media bisa diintegrasikan dengan website dalam upaya meningkatkan trafik dan SEO. Cloud VPS merupakan layanan yang memberikan pelayanan penyewaan server terhadap operasional pengembangan website Anda.  Dengan demikian, Anda bisa memiliki space yang terjangkau dan tentunya dapat mewujudkan strategi pemasaran digital Anda!