Cara Membuat Kwintansi Kosong dan Contoh Kwitansi Kosong

Cara Membuat Kwintansi Kosong dan Contoh Kwitansi Kosong

Istilah kwitansi memang tidak asing terdengar di telinga Anda. Kwitansi ini sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jika anda akan melakukan sebuah transaksi jual beli yang aman maka dibutuhkan kwitansi. Peran dari kwitansi ini adalah sebagai alat untuk bukti pembayaran jual beli atau transaksi apapun itu jenisnya, biasanya yang sering kali dilakukan yaitu seperti jual beli tanah, mobil, motor hingga transaksi sekelas perusahaan dan hotel.

Kwitansi bukanlah satu-satunya bukti pembayaran yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis. Nota kontan, cek, faktur (Invoice), debit hingga bilyet giro juga masih sering dipakai. Namun, kwitansi pembayaran memang menjadi yang paling populer dibandingkan jenis lainnya.Contoh penggunaan kwitansi adalah saat anda sudah melakukan transaksi jual beli mobil dan sudah mendapat kesepakatan antara kedua belah pihak tentu anda akan mendapatkan kwitansi pembayaran yang dibuat oleh penjual mobil atau penerima uang kemudian diberikan kepada pembeli mobil / pemberi uang.

Pada umumnya perusahan besar menggunakan kwitansi sebagai bukti pengeluaran kas, agar menjadi bukti pada saat pencatatan dalam keuangan berapa banyak dana yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Tidak hanya perusahaan besar yang menggunakan kwitansi tersebut, namun juga digunakan oleh para pedagang dengan toko-toko yang besar. Bahkan sudah mulai merambah pada toko-toko kecil yang ada disekitar Anda. Mungkin, sebagian orang menganggap jika kwitansi bukanlah hal yang terlalu penting. Namun, bagi para pemilik usaha, dokumen ini harus didapatkan apabila melakukan jual beli dengan pihak supplier.

 

Pengertian Kwitansi

 

Arti dari kwitansi adalah sebuah tanda bukti transaksi yang berbentuk surat yang ditandai dengan adanya tanda tangan sang pembeli. Selain sebagai sebuah tanda bukti, kwitansi juga bisa digunakan sebagai catatan jual beli. Transaksi jual beli akan dianggap sah dan memiliki legalitas jika dilengkapi dengan kwitansi sebagai bukti saat terjadi suatu kondisi yang tidak diinginkan, seperti sengketa atau persoalan hukum lainnya. Dengan adanya surat tersebut, maka penjualan dianggap sah karena pelanggan telah membayarkan tagihan nya dan pihak penjual pun mendapatkan keuntungan.

Cara membuat dan menulis kwitansi harus disertai dengan materai 6000 yang distempel dan ditandatangani oleh penerima uang sebagai bukti yang sah secara hukum terlebih lagi jika dengan jumlah nominal yang besar, tentu keberadaan materai adalah sesuatu hal yang wajib di dalam kwitansi transaksi jual beli atau pembayaran. Serta Cara menulis kwitansi itu berbeda-beda semua tergantung dari jenis kwitansi yang dibuat, sebagai contoh kwitansi pembayaran mobil dengan kwitansi pembelian tanah sudah pasti berbeda.

Baca Juga : CV Kreatif dan Cara Membuat CV Kreatif untuk Lamar Pekerjaan 

Ketentuan Membuat Kwitansi

Terdapat ketentuan yang harus ada pada saat pembuatan kwitansi kosong. Ketentuan tersebut tidak boleh ada yang tertinggal karena merupakan hal penting dari sebuah kwitansi. Pada kwitansi juga terdapat informasi yang harus diisikan agar jelas transaksinya. Berikut ini ketentuan membuat kwitansi kosong yang perlu Anda ketahui adalah :

 

  • Penomoran dalam kwitansi, jangan sampai terdapat nomor ganda. Hal ini karena akan menjadi acuan saat evaluasi. Untuk membedakan antara satu dan kwitansi lainnya. Biasanya, ditulis dengan menggunakan huruf dan abjad sesuai dengan keinginan pihak penjual.
  • Penulisan nama jelas dari pembeli.
  • Menghindari terjadinya selisih nominal baik dalam bentuk uang cash maupun penulisan.
  • Perhatikan penulisan tempat dan tanggal.
  • Penulisan mengenai tujuan atau keterangan dari pembayaran kwitansi.
  • Cap atau stempel dari instansi terkait.
  • Meterai.

Baca Juga : Website Tempat Download Software (Aplikasi) GRATIS untuk Smartphone 

 

Ketentuan Hukum Pemakaian Materai

Ternyata tidak semua transaksi yang memakai kwitansi tidak semuanya menggunakan materai. Terdapat ketentuan khusus dalam penggunaan materai itu sendiri. Faktor yang menyebabkan suatu kwitansi atau materai adalah jumlah nominal transaksinya. Berikut ini batas-batas dari jumlah nominal transaksi yang boleh atau tidak menggunakan materai :

  • Untuk transaksi dengan nominal dibawah Rp 250.000 tidak perlu memakai Bea Materai.
  • Untuk transaksi dengan nominal Rp 250.000 – Rp 1.000.000 menggunakan Bea Materai dengan tarif Rp 3.000.
  • Untuk transaksi dengan nominal di atas Rp 1.000.000 menggunakan Bea Materai dengan tarif Rp 6.000.

 

Sebenarnya tidak hanya kwitansi yang umum digunakan banyak orang sebagai bukti transaksi, bukti cek atau bilyet giro juga sering digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai bukti transaksi. Untuk transaksi dengan cek atau Bilyet Giro tetap dikenakan Bea Materai dengan tarif Rp 3.000, tanpa batas besar kecilnya nominal.

Baca Juga : Multi Level Marketing (MLM) : Sejarah, Pengertian, Konsep, Keunggulan, dan Tips & Triknya 

Cara Membuat Kwitansi Kosong di Ms.Word

Banyak sekali jenis-jenis kwitansi yang beredar di pasaran saat ini. Untuk mendapatkan kwitansi yang biasa digunakan adalah mudah yaitu dengan mencari nya pada toko peralatan kantor. Disana Anda mudah menemukannya. Namun jika ingin terlihat profesional, maka Anda perlu mendesain sendiri kwitansi pembayaran tersebut. Pembuatan kwitansi kosong tidak hanya pada Ms.Word saja tetapi juga dapat dibuat pada Ms.Excel. Berikut ini cara membuat kwitansi kosong di Ms.Word :

 

  • Untuk membuat kwitansi di microsoft word dengan mudah ialah dengan buka ms word di komputer terlebih dahulu, langkah selanjutnya adalah dengan membuat halaman baru.
  • Setelah itu, ubahlah ukuran kertas yang akan digunakan menjadi A6 terlebih dahulu.
    Buatlah kepala kwitansi kosong yang berisikan nama toko, alamat toko, nomor telepon toko, nomor nota, nama
    pembeli, hingga tanggal transaksi. Sisipkan lambang toko jika ada.
  • Jika sudah, sisipkan tabel untuk menuliskan beberapa rincian dalam transaksi jual beli. Pada tab silahkan klik insert kemudian pilih table selanjutnya arahkan kursor pada kotak-kotak di bawahnya kemudian buat tabel 2 x 1.
  • Setelah tabel 2 x 1 sudah berada di halaman ms word, maka langkah selanjutnya adalah dengan atur tinggi dan lebar kolom untuk mengatur besar kecilnya kwitansi yang akan dibuat, cara nya dengan arahkan kursor pada garis tabel lalu klik kanan dan kemudian tarik ke bawah untuk memperbesar kolom.
  • Atur kolom kwitansi cara-nya pada garis tengah silahkan di klik kemudian ditarik pada sisi kiri dan sesuaikan dengan ukuran kwitansi.
  • Setelah jadi, selanjutnya adalah pengisian kwitansi.
  • Tulis judul rincian transaksi jual beli, mulai dari nama barang, jumlah barang, harga barang, dan aspek-aspek lainnya.
  • Tambahkan beberapa catatan yang dibutuhkan di bagian bawah tabel. Anda bisa menuliskannya dengan bercetak miring atau garis bawah.
  • Tuliskan “Tanda Terima” dan “Hormat Kami” pada dua sisi di bagian bawah kwitansi.
  • Setelah penulisan isi kwitansi selesai, maka selanjutnya tambahkan kotak yang bertulis Rp, cara-nya klik insert kemudian shapes lalu shape flowchart: Data.
  • Cara selanjutnya untuk membuat kwitansi ialah dengan Klik kemudian buat dan atur ukuran RP
    Lakukan pencetakan kwitansi kosong apabila sudah selesai.

Contoh Kwitansi Kosong

Cara Membuat Kwintansi Kosong dan Contoh Kwitansi Kosong
Setelah jelas dengan cara-cara pembuatan kwitansi kosong diatas Anda dapat mencoba membuatnya sendiri. Ikutilah langkah-langkah diatas sesuai dengan urutannya. Anda boleh melakukan improvisasi gaya atau letak tulisan namun harus tetap sesuai aturan yang berlaku.Untuk mendapatkan gambaran lebih jelas bagaimana bentuk kwitansi kosong, maka Anda perlu mengetahui contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebaiknya Anda harus berhati-hati karena kwitansi kosong bisa menjadi media untuk melakukan tindakan kejahatan maupun tindakan lainnya yang melanggar hukum. Salah satu contoh dari tindakan tersebut antara lain korupsi. Kwitansi kosong yang telah ditandatangani bisa menjadi salah satu kesempatan bagi orang yang tidak bertanggung jawab dalam melancarkan aksinya. Oknum-oknum tidak bertanggung jawab tersebut seringkali melancarkan aksi tersebut dengan cara mencantumkan harga yang tidak sesuai dengan yang sebenarnya, ataupun banyak cara lainnya. Hal ini tentu akan merugikan satu pihak.

Telah diketahui apa fungsi dari kwitansi di awal yaitu sebagai bukti transaksi yang sah. Selain itu juga terdapat fungsi lain dari kwitansi yaitu kwitansi juga dapat dijadikan sebagai salah satu aspek yang dapat menambah kredibilitas Anda sebagai pelaku bisnis. Karena, kwitansi dapat membuat Anda bisa lebih mempertanggungjawabkan setiap arus kas yang telah berlangsung selama transaksi. Selain itu, Anda juga bisa mengimplementasikan peranan kwitansi tersebut dalam laporan keuangan, maupun pembukuan dari bisnis yang Anda jalankan. Hal ini penting bagi kesehatan finansial dari bisnis Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update