Cara Membuka Aplikasi Telegram di Laptop dan PC

Cara Membuka Aplikasi Telegram di Laptop dan PC

Telegram merupakan salah satu platform perpesanan online yang membantu penggunanya untuk saling berkomunikasi, aplikasi ini berasal dari Negara Rusia. Aplikasi ini sempat ramai diperbincangkan sebab versi website nya di block oleh pemerintah Indonesia, sedangkan untuk versi mobilenya masih tetap bisa digunakan. Belakangan aplikasi telegram via web nya sudah bisa kembali digunakan, itu berarti pemblokiran yang dilakukan hanya bersifat sementara.

Aplikasi ini diam-diam sudah menggaet jutaan pengguna, hampir semua kalangan mengenal aplikasi satu ini. Fitur group yang bisa diisi dengan kapasitas anggota sebanyak 20 ribu orang ini, tentu sangat menjanjikan bagi pegiat bisnis dan kegiatan lain yang berporos pada kuantitas. Telegram juga menjanjikan keamanan data pengguna dijaga dengan ketat, sehingga cukup aman untuk melakukan perbincangan penting di sana. Selain itu proses sinkronisasi pada telegram dilakukan secara real time, ini dicontohkan pada saat Anda mengetikkan sesuatu di aplikasi telegram mobile dan beralih ke aplikasi pada web komputer maka tulisan yang sudah diketikkan tidak akan hilang meski device yang digunakan berbeda.

Sudah diatur secara default bahwa semua pesan-pesan yang Anda kirimkan dienkripsi menggunakan standar internasional, sehingga pesan yang dikirimkan tidak akan terlihat oleh aplikasi pihak ketiga lain. Pesan yang dikirimkan bisa berbentuk apa saja, mulai dari suara, foto, video bahkan dokumen. Bentuk dokumen yang dikirimkan bisa langsung dikirimkan atau mengubahnya menjadi format zip terlebih dahulu, namun pastikan bahwa penerima pesan sudah memiliki akun telegram yang terdaftar. Sebab jika penerima ternyata tidak memiliki akun telegram, Anda tidak akan bisa mengirimkan pesan kepadanya.

 

Keunggulan dari Aplikasi Telegram

 

Setiap aplikasi pastinya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, berikut keunggulan yang dimiliki aplikasi telegram yang membedakannya dengan aplikasi WhatsApp.

 

  1. Keamanan

    Dari sisi keamanan aplikasi telegram patut diacungi jempol, hingga tak jarang disebut-sebut sebagai aplikasi perpesanan yang paling aman. Aplikasi WhatsApp dan telegram sering dibandingkan terkait keamanannya, hal ini terjadi sejak WhatsApp diberitakan tidak aman untuk para penggunanya. Hingga ada yang menemukan remote eksploit WhatsApp dengan kemampuan masuk ke pesan milik pengguna, namun sampai saat ini belum ditemukan remote serupa untuk aplikasi telegram.

  2. Penyimpanan

    Sistem cloud server menjadi keuntungan yang dimiliki oleh telegram, sebab pengunduhan file pada telegram tidak tersimpan ke dalam telepon pintar milik Anda. Pesan-pesan baik teks maupun visual yang dikirim dan diterima tersimpan secara gratis pada server cloud milik telegram, pengguna juga bisa mengakses data yang tersimpan meski pada perangkat yang berbeda.

  3. Pengiriman Dokumen

    Ada dua opsi yang dimiliki telegram untuk pengiriman file dokumen, dengan kapasitas pengiriman sebesar 1,5 GB Anda bisa mengirimkan dokumen tersebut dengan format aslinya atau dengan file yang sudah dikompresi terlebih dahulu.

  4. Kapasitas Grup Besar

    Di telegram grup yang tersedia memiliki kapasitas sebanyak 5000 orang di satu grup, meski umumnya dalam satu grup hanya sekitar 200 an orang namun telegram tetap menyediakan kapasitas besar dengan jumlah paling maksimal.
    Baca Juga : Tips Memanfaatkan Telegram untuk Berjualan Online dengan Mudah

  5. Secret Chat

    Fungsi fitur ini adalah menghapus chat secara otomatis dengan jangka waktu yang sudah diatur sebelumnya oleh pengguna, dengan alasan keamanan menjadi sebab utama digunakannya fitur ini.

  6. Pengguna dengan Nomor Banyak

    Telegram memberi izin kepada penggunanya untuk memiliki akun dengan beberapa nomor berbeda, ini mempermudah Anda untuk mengganti nomor telepon tanpa takut kehilangan data yang sudah ada sebelumnya karena data tersebut tetap tersimpan rapi di dalam server.

  7. Chat Bot

    Fitur chat otomatis ini bisa digunakan langsung pada aplikasi telegram tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga, meski WhatsApp juga memiliki fitur ini namun tidak sembarangan website memilikinya hanya untuk WhatsApp bisnis saja.

  8. Multi Profile

    Fitur ini cocok untuk Anda yang sering mengganti foto profil akun media sosial, Anda sebagai pengguna bisa mengunggah beberapa foto sekaligus untuk mengganti profil yang ada. Pengguna lainnya akan bisa melihat foto-foto tersebut dengan menggesernya.

 

Kekurangan dari Aplikasi Telegram

Cara Membuka Aplikasi Telegram di Laptop dengan Mudah dan Gratis
 

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Namun sejauh ini kekurangan yang dimilikinya masih sedikit, ditutupi dengan banyak keunggulan lain yang disediakannya.

 

  • Fitur Video Call

    Di beberapa aplikasi update terbaru sudah tersedia fitur video call, namun hal ini akan sulit bekerja jika salah satu penggunanya masih menggunakan versi yang lama. Sehingga tidak bisa menghubungkan untuk melakukan panggilan video, Anda akan dialihkan ke panggilan suara jika masih ingin menghubungi pengguna tersebut.

  • Fitur Stories

    Jika dibandingkan dengan aplikasi WhatsApp dan Line, keduanya sudah merilis fitur stories sejak awal kehadirannya. Namun sampai dengan saat ini telegram masih belum memperlihatkan fitur stories miliknya, bisa jadi pengembangnya lebih mengutamakan keamanan para pengguna daripada menghadirkan fitur stories di telegram.

 

Baca Juga  :   Cara Memindahkan / Import Chat WhatsApp ke Telegram dengan Mudah dan Cepat

 

Cara Membuka Aplikasi Telegram di Laptop

Menggunakan laptop maupun komputer terdapat dua cara, bisa dengan menggunakan browser dan bisa juga dengan membukanya pada aplikasi yang sudah diinstal. Kedua cara ini sama-sama memudahkan Anda sebagai pengguna personal komputer yang ingin membuka telegram tanpa menggunakan perangkat mobile, berikut ulasannya.

 

  • Menggunakan Browser

    Cara pertama ini tentu saja yang Anda butuhkan adalah sambungan internet dan PC atau komputer, Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi telegram pada perangkat. Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka website telegram menggunakan browser apa saja yang memungkinkan, baik itu Chrome, Firefox, Safari, Opera, Edge, dan sebagainya. Setelah tampilan laman telegram Anda dapatkan, Anda hanya perlu memasukkan nomor telepon yang sudah didaftarkan. Selanjutnya Anda perlu melakukan verifikasi dan bisa langsung menggunakan telegram tersebut. Namun menggunakan telegram via browser tidak bertahan lama, saat Anda keluar dari browser otomatis telegram juga akan keluar dengan sendirinya. Tapi tidak perlu takut file yang Anda kirimkan akan hilang, karena menggunakan teknologi cloud computing maka seluruh data yang dikirim dan diterima akan tersimpan di server milik telegram.

  • Menggunakan Install Aplikasi

    Langkah pertama pada metode kedua ini adalah Anda harus melakukan pengunduhan dan menginstall aplikasi telegram terlebih dahulu, sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan. Setelah aplikasi berada di komputer, Anda harus membukanya terlebih dahulu dan login menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan serta lakukan verifikasi. Anda sudah bisa menggunakan telegram tanpa harus takut telegram keluar sejalan dengan website yang dikeluarkan, sebab telegram akan terbuka saat aplikasi Anda buka tidak perlu repot untuk berulang kali melakukan login dan verifikasi.

 

Baca Juga  :   Layanan Messenger Chat Telegram diblokir di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Telegram tidak hanya bisa digunakan oleh perangkat mobile, aplikasi ini bahkan bisa digunakan pada perangkat laptop, tablet ataupun PC. Entah dengan mengunduh aplikasi atau langsung menggunakan web resmi aplikasi ini, kemudahan lain yang diberikan seperti telegram pada laptop dan pada smartphone Anda tidak harus saling terhubung agar bisa digunakan. Aplikasi ini bisa tetap Anda gunakan meski hanya salah satunya, misalnya saat Anda ingin menggunakan telegram pada komputer. Anda hanya perlu login pada aplikasi atau web di komputer dan bisa dengan mudah menggunakannya.

Meski tidak dilengkapi fitur stories dan panggilan video, aplikasi telegram ini cukup banyak penggunanya. Ada banyak kelebihan yang hadir dan lebih membantu Anda dalam mengerjakan apapun, bot-bot yang tersedia juga cukup beragam. Mulai dari bot berkenalan, motivasi, download musik hingga download video. Semua itu bisa Anda miliki dengan menyesuaikan kebutuhan pribadi, Anda juga bisa melihat video yang ada tanpa menyimpannya ke perangkat mobile. Otomatis penyimpanan yang Anda miliki tidak digunakan sama sekali.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update