Cara Memaksimalkan SEO di Berbagai Social Media

Cara Memaksimalkan SEO di Berbagai Social Media

Platform yang sangat bisa diandalkan dalam hal membantu mempromosikan produk adalah media sosial. Seperti yang kita ketahui, jika media sosial memang telah merubah bagaimana cara tiap orang berperilaku dan beraktivitas melalui internet. Kehadirannya bahkan mampu menciptakan sebuah independensi webs yang terpisah dari entitas yang lain. Bahkan berbagai dampak positif maupun negatif berasal dari sebuah media sosial. Ini berlaku jika tidak memaksimalkan SEO untuk berbagai social media dengan baik.

Seperti Facebook, misalnya telah menjadi sebuah platform mandiri yang sangat komplit sehingga cara mela hampir tidak membutuhkan apapun diluar dirinya. Kemudian ada website yang dapat dioptimasi secara efektif untuk bisnis dengan menerapkan strategi SEO for social media. Begitupun instagram yang bisa mengoptimalkan konten promosi menarik dengan memanfaatkan fitur bisnisnya. Hal ini juga berlaku pada media sosial lainnya seperti twitter,tiktok hingga LinkedIn.

Jika promosi produk menggunakan sosial media, maka dikenal istilah digital marketing untuk mewujudkannya. Dimana media sosial sebagai alat dan saluran yang dipakai untuk mendatangkan traffic dari konten yang Anda miliki atau promosikan. Dengan menggunakan media sosial, Anda dapat menemukan dan berhubungan langsung dengan konsumen yang sesuai dengan target market Anda, hal ini bisa memicu berbagai reaksi dari mereka sekaligus mengundangnya masuk ke laman website.

Mengapa SEO pada Social Media Perlu untuk Di Maksimalkan?

Pada strategi online marketing, salah satu ciri khas yang dimiliki media sosial adalah kemampuannya untuk menyebar (social share) dan mengumpulkan (via likes atau subscribers) sehingga tak hanya menciptakan peluang untuk traffic yang lebih banyak, tetapi juga memperbesar kemungkinan munculnya repeat visitor alias pengunjung berulang, serta daftar pelanggan. 

Inilah yang menjadi alasan mengapa SEO pada sosial media sangat perlu untuk digunakan dalam bisnis. Apalagi untuk penggunaan SEO yang memang dianjurkan secara organik dapat memaksimalkan keyword yang disenangi oleh Google.  Apabila ini dilakukan dengan cara yang benar. Kunjungan yang berasal dari media sosial berupa jenis traffic yang punya bounce rate baik itu yang tinggi maupun yang rendah pada akhirnya akan memberikan sinyal untuk mempengaruhi rank website di mesin pencari. 

5+ Sosial Media Yang Cocok untuk Memaksimalkan SEO 2023

Cara paling mudah untuk menghadirkan social signals bagi SEO melalui media sosial adalah dengan membangun beragam social channel, beberapa diantaranya adalah:

  • Facebook

Media sosial pertama yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan SEO adalah Facebook Page. Platform yang satu ini menjadi salah satu media sosial yang sangat populer di dunia, hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif yang tersebar di berbagai negara yang setiap harinya selalu berbagi informasi maupun konten yang mereka miliki. 

Jika Anda ingin mengoptimalkan SEO pada media sosial ini, maka hal yang harus dilakukan adalah Anda bisa membuat postingan dengan mempromosikan halaman website atau sekedar menawarkan produk secara langsung. Postingan ini dapat Anda jadwalkan secara rutin sehingga pengikut Anda mengetahui kapan saja Anda melakukan promosi. Selain itu Anda dapat gunakan Facebook Ads untuk menambah kecepatan promosi produk Anda secara berbayar.

  • Twitter

Media sosial kedua yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan SEO adalah twitter. Platform ini menjadi media sosial yang memiliki reach luas. Dengan menggunakan twitter konten website bisnis Anda bisa mendapatkan engagement rate yang tinggi serta dapat mendatangkan kenaikan dari segi traffic.

Cara agar kenaikan dari traffic organik bisa berjalan secara maksimal, Anda bisa membuat post yang berisikan tentang produk usaha milik Anda. Kemudian gunakanlah hastag yang relevan dan sertakan juga link halaman website produk milik Anda ya.

  • LinkedIn

Ketiga, media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan SEO adalah LinkedIn. Umumnya, platform ini banyak digunakan sebagai media karir dengan menghubungkan dan memperkuat hubungan secara lebih profesional. Akan tetapi, LinkedIn juga bisa digunakan untuk bisnis lho. Mengapa? Karena linkedIn menjadi platform yang bisa menghasilkan lead pada bisnis Anda. 

Lead ini bisa semakin berkembang ditambah dengan penggunaan SEO secara lebih optimal. Caranya adalah memastikan untuk menggunakan serta menambahkan keyword yang tepat dan sesuai dengan bisnis Anda. Kemudian rutinlah buat artikel yang relevan mengenai produk Anda. Tujuannya agar algoritma akun LinkedIn bisnis milik Anda bisa berada di posisi teratas LinkedIn.

  • Instagram

Selanjutnya adalah instagram. Platform ini menjadi media sosial yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan SEO berikutnya. Platform ini juga termasuk jajaran media sosial yang populer dengan pengikut aktif hingga jutaan orang yang tersebar di berbagai belahan dunia. Sekilas instagram digunakan untuk memuat konten video maupun foto saja, namun platform ini ternyata juga bisa untuk mempromosikan produk bisnis milik Anda.

Cara agar SEO bisnis Anda meningkat adalah dengan membuat nama akun Instagram yang unik namun singkat agar mudah diingat oleh audiens. Kemudian, sertakan keyword utama pada username dan display name. Selanjutnya manfaatkan fitur bisnis yang tersedia, gunakan juga keyword tambahan serta hashtag yang relevan.

  • Youtube

Kemudian ada youtube. Platform ini menjadi media sosial untuk Anda gunakan dalam memaksimalkan SEO. Seperti yang kita ketahui bahwa Youtube menjadi platform streaming dan nonton video terpopuler nomor 1 di dunia. Sehingga memiliki dampak yang besar jika dapat dioptimalkan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Caranya adalah dengan rutin membuat video mengenai produk Anda, jangan lupa untuk memasang keyword pada deskripsi video. Setelah itu, pasang tag dan kategori yang sesuai dengan keyword,lakukan optimasi pada title dan bubuhkan link di deskripsi menuju konten terkait.

  • Tiktok

Platform yang satu ini juga tidak kalah populer dari beberapa platform diatas yaitu tiktok. Sebagai media sosial hiburan, tiktok yang memuat isi video dengan berbagai jenis genre musik bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis. Agar produk Anda lebih cepat dikenali oleh audiens, tentu ada strategi yang harus dilakukan salah satunya dengan memaksimalkan SEO.

Pada tiktok cara mengoptimalkan SEO adalah dengan membuat konten yang sesuai,manfaatkan fitur tiktok shop, letakkan keyword yang relevan juga dengan produk Anda, sertakan hashtag pada postingan video Anda juga.

Penutup

Salah satu cara untuk menaikkan traffic produk bisnis milik Anda adalah dengan menggunakan beragam sosial media. Hal ini terbukti ampuh membuat para audiens lebih cepat mengenali produk apa saja yang Anda jual, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pastikan Anda juga teliti dalam memilih sosial media mana saja yang cocok untuk menerapkan SEO untuk mempromosikan produk Anda ya. Meski tidak ada satu orang pun yang mengetahui persis bagaimana social signals mengambil bagian dalam SEO. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba melakukan usaha untuk mengoptimalkannya bukan?

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update