Check dan Test Konfigurasi Sertifikat SSL Website Kita

Check dan Test Konfigurasi Sertifikat SSL Website Kita

Sertifikat SSL digunakan pada website kita untuk meningkatkan keamanan pada website dan juga dapat juga meningkatkan peringkat website di search engine internet, khususnya peringkat pada halaman pencarian Google. Menurut Google, keamanan sebuah website adalah prioritas utama dalam menentukan peringkat website di halaman pencarian Google.

Populernya penggunaan HTTPS pada website dimotivasi oleh pengumumang Google dengan diperhitungkannya hal ini dalam peringkat hasil pencarian dan injeksi iklan yang dilakukan oleh ISP (Telkomsel, Speedy, dan lain sebagainya). Tapi tidak semua sertifikat SSL diciptakan setara dan belum lagi proses konfigurasinya bisa membuat situs teman-teman tidak kompatibel dengan browser, terutama untuk perangkat mobile yang ada beberapa yang tidak mendukung SNI (Server Name Indication) yang membuat website teman-teman akan muncul error SSL. Minimal tampilan website teman-teman akan rusak dan tidak bisa berfungsi secara normal.

Sertifikat SSL (Secured Socket Layer)

SSL merupakan standart internet untuk pengamanan koneksi antar server website dan browser. Melalui hal ini, semua data yang melewati link yang diamankan SSL akan dienkripsi, sebelum melakukan transmisi di Internet. Melalui pemasangan hosting Indonesia yang melakukan transmisi data seperti informasi nama pengguna, password, kartu kredit, debit dan informasi sensitif lainnya akan aman, dimana sertifikasi SSL mengamankan data melalui situs web, sehingga aman dari serangan hacker.

Manfaat SSL untuk Website

Manfaat yang didapat dari menggunakan SSL yaitu:

  1. Membuat pengunjung aman dalam melakukan segala macam transaksi apalagi untuk online shop sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website.
  2. SSL bekerja mengamankan transaksi di dalam website melalui enkripsi yang kuat, sehingga data kartu kredit dan password teman-teman aman.
  3. Menjadikan website SSL atau HTTPS teman-teman memperoleh ranking SEO lebih baik di dalam Google, dibanding website yang tidak menggunakan SSL.
  4. Pengguna web hosting Indonesia berhak menampilkan SSL Secured Seal di dalam website.

Tools untuk Check dan Test konfigurasi Sertifikat SSL

Untuk mengetahui bahwa website sudah menggunakan sertifikat SSL atau belum, teman-teman dapat menggunkan beberapa tools dibawah ini untuk check dan tes konfigurasi Sertifikat SSL yang digunakan website tersebut. Yaitu:

  1. Symantec SSL Toolbox. Layanan gratis online Symantec SSL Toolbox dapat di gunakan untuk pengecekan konfigurasi SSL yang sudah di Install dan digunakan. Hasil pengecekkan dari Symantec SSL Toolbox antara lain:
    1. Certificate Information
    2. Certificate chain
    3. Detail Konfigurasi Server
    4. Dan lain-lain
  2. GlobalSign SSL Check. Merupakan Salah satu online tools gratis lainnya. Hasil pengecekan SSL via GlobalSign SSL Check akan memberikan Grade SSL dan Informasi yang sangat rinci tentang web server dan SSL pada website yang digunakan.
  3. Qualys SSL Labs. Pengecekkan dan tes konfigurasi SSL dengan tools ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan online tools milik GlobalSign SSL Check. Hasil pengecekan akan memberikan Grade SSL dan Informasi yang sangat rinci tentang Web Server dan SSL yang digunakan.

Wajib Baca : Cobain SSL GRATIS dari IDCloudHost

Dari beberapa tools diatas yang paling sering digunakan adalah tool SSL Server Test dari Qualys SSL Labs. Karena sangat mudah digunakan, teman-teman tinggal memasukkan apa nama domain dari situs teman-teman dan klik submit. Proses scan sertifikat SSL yang telah terpasang akan memakan waktu hanya beberapa menit, kemuan akan muncul grade dari konfigurasi SSL pada server hosting teman-teman dan tentunya semakin tinggi semakin baik.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update