Mengenal CloudPanel: Fungsi dan Fitur-fitur Unggulan

Mengenal CloudPanel: Fungsi dan Fitur-fitur Unggulan

Untuk membangun website, dibutuhkan sebuah platform sebagai pusat dalam ranah cloud computing, yakni sebuah control panel. CloudPanel merupakan salah satu platform control panel yang bisa Anda gunakan untuk mengelola sumber daya website Anda secara efektif.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal lebih dalam platform CloudPanel dan fitur-fiturnya dalam ekosistem cloud computing. Platform yang satu ini menawarkan efisiensi serta keamanan yang dapat membawa manfaat bagi website Anda. Simak penjelasan selengkapnya.

Apa Itu CloudPanel?

CloudPanel adalah platform control panel server yang gratis dan modern. Platform ini dapat  Anda gunakan untuk melakukan konfigurasi dan memanajemen server dengan mudah. Platform yang satu ini sudah mendukung berbagai aplikasi dan dapat Anda gunakan untuk menjalankan PHP, Node.js, website statis, reverse proxy, hingga aplikasi python dengan teknologi yang memiliki performance tinggi.

Kenapa Harus Menggunakan CloudPanel?

Dalam era di mana perusahaan dan organisasi semakin mengandalkan cloud computing, pentingnya memilih control panel website yang efektif seperti CloudPanel tak dapat diabaikan. CloudPanel menjadi kunci untuk membuka potensi penuh dari layanan cloud dengan memberikan kontrol yang lebih baik bagi pengguna, meningkatkan keamanan, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya server.

Dengan kata lain, efektivitas manajemen cloud melalui CloudPanel tidak hanya meningkatkan kinerja, tetapi juga memungkinkan Anda untuk menikmati potensi penuh dari infrastruktur cloud yang dimiliki.

Fungsi dan Fitur CloudPanel

Sebelum menggunakan CloudPanel, Anda mungkin ingin mengenal fitur-fiturnya terlebih dahulu. Berikut adalah berbagai fungsi, fitur dan keunggulan CloudPanel yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Manajemen Situs

fitur cloudpanel

Fitur-fitur manajemen situs sederhana seperti Pengaturan Situs, Vhost, Basis Data, Let’s Encrypt, SSH/FTP, Manajer File, Cron Jobs, dan Log. Konfigurasikan keamanan Situs seperti Pemblokiran IP dan Bot, Basic Auth, atau Anda bisa merutekan lalu lintas untuk situs melalui Cloudflare. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memanajemen website dengan CloudPanel.

Instal Aplikasi

Wizard Instalasi Aplikasi menawarkan fitur untuk menyiapkan beberapa jenis aplikasi perangkat lunak. Anda dapat memilih antara menginstal Situs WordPress, HTML/CSS/JS Statis, PHP, Node.js, dan Python dengan menambahkan situs baru.

Integrasi Cloudflare

Cloudflare adalah penyedia solusi keamanan jaringan berbasis cloud yang menawarkan CDN, DNS, dan layanan lain untuk membuat situs web lebih cepat dan lebih aman.

MySQL & Maria DB

MySQL adalah jenis database yang paling umum untuk aplikasi web. Anda dapat membuat dan mengelola database MySQL melalui phpMyAdmin secara langsung melalui CloudPanel. Tambahkan beberapa pengguna database dan kelola izin pengguna.

Pemblokiran IP & Bot

Pemblokiran IP adalah metode yang memblokir permintaan dari host dengan alamat IP tertentu. Pemblokiran Bot membatasi bot yang tidak diinginkan untuk mengakses situs Anda.

File Manager

File Manager menyediakan interface pengguna yang menampilkan hierarki file/folder. Menawarkan pengunggahan dengan seret & lepas, menghapus, mengganti nama, memindahkan, mengedit file dengan Penyorotan Sintaksis, zip/unzip, dan mengubah izin.

SSH/FTP

SSH (Secure Shell) adalah protokol jaringan yang membantu pengguna mengakses server dengan aman melalui baris perintah. Anda dapat membuat pengguna SSH dan kunci SSH untuk login yang aman. FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol jaringan yang tidak aman.

Cron Job

Cron job adalah perintah Linux yang digunakan untuk menjadwalkan tugas yang akan dieksekusi. Buat dan modifikasi Cron Jobs dengan menggunakan templat (Pola, Waktu, Perintah) untuk menjadwalkan dan menjalankan skrip pada waktu tertentu.

Editor Vhost

Editor Vhost terintegrasi menyediakan cara mudah untuk memodifikasi konfigurasi NGINX. Anda dapat menerapkan penulisan ulang, pengalihan, proksi balik, dan pengaturan lainnya.

Sertifikat Let’s Encrypt

Sertifikat Let’s Encrypt gratis didukung oleh CloudPanel, diterbitkan dengan sekali klik, dan diperbarui secara otomatis.

Dashboard

fitur cloudpanel

Dashboard merupakan bagian dari CloudPanel yang memungkinkan Anda dengan cepat melihat berbagai statistik utama dan memantau sumber daya server yang Anda gunakan. Bagian ini menampilkan informasi umum tentang layanan cloud yang Anda gunakan. Misalnya nama host, sistem operasi yang digunakan, hingga alamat IP publik. Berikut adalah beberapa bagian pada dashboard CloudPanel beserta fungsinya.

CPU Usage

CPU (Central Processing Unit) melakukan operasi pemrosesan data. CPU usage adalah persentase total waktu kerja core CPU untuk menyelesaikan tugasnya. Penggunaan CPU Usage menunjukkan CPU utilization.

Memory Usage

Memory Usage menunjukkan persentase memori yang sedang digunakan. Melalui dashboard, Anda mendapatkan gambaran umum tentang berapa banyak memori yang tersedia untuk dapat diakses di server Anda.

Disk Usage

Disk Usage menunjukkan ruang penyimpanan/kapasitas Disk Anda. Memantau sisa kapasitas penyimpanan Anda secara aktif akan membantu Anda mengetahui gambaran umum ruang disk yang tersisa.

Load Average

Grafik load average memungkinkan Anda memantau beban kerja pada sistem. Grafik menampilkan beban rata-rata pada interval satu menit, lima menit, dan lima belas menit.

Area Admin

Kelola user dengan peran dan izin yang berbeda untuk situs tertentu sesuai keinginan Anda. Anda juga bisa membuat pengaturan firewall atau aktifkan backup otomatis melalui fitur cloud yang terintegrasi.

Manajemen Pengguna

Menambahkan pengguna dengan peran dan izin yang berbeda. Tersedia tiga peran yang dapat ditetapkan: Admin, Manajer Situs, dan Pengguna. Izinkan akses ke satu atau beberapa situs atau berikan akses penuh ke manajer situs dan pengguna admin.

Events

Log event memberikan gambaran umum tentang perubahan mana yang telah dilakukan oleh pengguna yang mana. Hal ini sangat penting dan akan banyak membantu Anda untuk audit.

Server Database Eksternal

Anda dapat menggunakan server database eksternal atau layanan seperti Amazon Aurora atau RDS untuk menskalakan operasi database secara horizontal atau vertikal untuk mendapatkan performa yang maksimal.

Keamanan

Pengguna dapat menambahkan aturan firewall untuk mengizinkan IP mengakses layanan seperti SSH, FTP, MySQL, atau layanan lainnya. Letakkan auth dasar di depan CloudPanel sebagai lapisan keamanan tambahan.

Fitur Cloud

Integrasikan server Anda dan cloud provider yang Anda gunakan untuk menikmati berbagai fotur, salah satunya backup otomatis. Anda bisa mengintegrasikannya dengan access key atau token otentikasi.

Automation

fitur cloudpanel

Mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi dengan mengotomatiskan proses. CloudPanel memungkinkan Anda menerapkan otomatisasi pada tugas-tugas manajemen server seperti membuat situs dan menerapkan aplikasi. CLI menawarkan serangkaian perintah yang komprehensif untuk semua tugas penting.

Menambahkan Situs dan Sertifikat

Tampilan command-line CloudPanel memungkinkan Anda menambahkan situs, sertifikat, dan aplikasi baru. Sertifikat Let’s Encrypt gratis yang terinstal akan diperpanjang otomatis secara default.

CLI CloudPanel

Gunakan CLI CloudPanel untuk mengotomatiskan task seperti menambahkan situs, basis data, dan sertifikat. Mengatur ulang kata sandi pengguna atau menonaktifkan autentikasi dua faktor.

Penutup

Demikianlah penjelasan seputar CloudPanel mulai dari pengertian, fitur, hingga fungsinya. Jika Anda merupakan pelanggan IDCloudHost, Anda bisa menginstal panel yang satu ini dengan mudah dan cepat pada layanan  Cloud VPS, lho. Dengan fitur app catalog, CloudPanel bisa Anda gunakan hanya dengan one-click-deploy! Coba sekarang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update