Contoh Content Marketing yang Sering Digunakan

Contoh Content Marketing yang Sering Digunakan

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang saat ini semakin populer di kalangan bisnis. Dengan menyajikan konten berkualitas dan bermanfaat bagi audiens, bisnis dapat membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan brand awareness.

Namun, untuk dapat menjalankan content marketing dengan efektif, diperlukan ide-ide kreatif yang menarik dan tidak membosankan. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ide content marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan engagement dengan audiens dan mempromosikan bisnis.

Apa Itu Content Marketing?

Content marketing adalah strategi pemasaran yang menekankan pada pembuatan dan penyajian konten berkualitas yang bermanfaat bagi audiens. Konten tersebut dapat berupa artikel blog, video, podcast, atau bentuk konten lainnya yang bisa dinikmati oleh audiens.

Tujuan dari content marketing adalah untuk membangun loyalitas pelanggan dan meningkatkan brand awareness dengan cara memberikan nilai tambah bagi audiens. Content marketing tidak bertujuan untuk langsung menjual produk atau jasa, tetapi lebih kepada membangun hubungan yang positif dengan audiens.

Media yang Digunakan untuk Content Marketing 

Media yang Digunakan untuk Content Marketing

Bicara mengenai content marketing tentunya juga membahas media apa saja yang bisa digunakan untuk mejalankan content marketing dengan baik. Ada banyak sekali teknik yang sering kita gunakan untuk menjalankan content marketing, itu juga kita bisa menggunakan berbagai media yang dapat dieksekusi untuk memaksimalkan content marketing.

Beberapa media yang sering digunakan untuk menjalankan content marketing diantarannya adalah

  • Social Media
  • eNewsletters
  • Artikel Website dan Blog
  • In-Person Events
  • Studi Kasus
  • Video
  • Ilustrasi
  • Jurnal
  • Presentasi Online
  • Infographics
  • Webinars
  • Laporan Riset
  • Microsites
  • Aplikasi

Baca Juga :

Contoh Content Marketing Untuk Bisnis Anda

Contoh Content Marketing Untuk Bisnis Anda

Selain itu, berikut ini adalah beberapa contoh content marketing yang banyak digunakan oleh orang :

  1. Infografis

    Infografis merupakan suatu penggambaran mengenai suatu informasi, data, dan pengetahuan yang dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan jelas. Infografis terbilang efektif dan banyak digunakan oleh perusahaan dalam memaksimalkan promosi melalui content marketing. Biasanya infografis dibuat memanjang vertikal diisi dengan berbagai informasi dalam bentuk data statistik, gratifk, diagram dan informasi lainnya.

  2. Halaman Website

    Tentunya kita tidak asing dalam menggunakan website untuk content marketing. Hal ini sering dilakukan oleh kebanyakan pengguna dalam menyampaikan produk dan layanan mereka melalui website.

  3. Video

    Anda juga bisa menggunakan Video untuk menjalankan content marketing. Anda bisa memanfaatkan Youtube, Facebook Video, bahkan ditwitter untuk menyampaikan pesan content marketing dengan baik kepada pengguna. Video sendiri merupakan media visual gerak yang dapat dengan cepat untuk bisa memberikan gambaran mengenai informasi dengan cepat kepada pengguna.

  4. E-book / Buku

    Tidak jauh dengan penerapan content marketing yang lainnya. Banyak juga yang memanfaatkan teknik ini untuk bisa mendeliver informasi kepada pengguna melalui tulisan yang dilampirkan di buku.

  5. Social Media

    Pernahkah Anda melihat banyak sekali postingan pada social media yang menceritakan suatu kejadian yang ujungnya melakukan promosi? Itu merupakan salah satu content marketing yang terbilang efektif dimana pembuat content marketing mengajak pengguna untuk bisa membayangkan dengan baik jalan cerita sampai tidak sadar mereka masuk perangkap softselling yang dilakukan? Sebenarnya tidak melulu soal promosi, content marketing di social media bermanfaat juga untuk menyebarkan informasi asalkan tidak berbau HOAX.

Baca Juga: Strategi Membuat Content Marketing yang Baik

Ide Content Marketing Untuk Usaha Kuliner

Berikut ini adalah 10 ide content marketing untuk usaha kuliner:

  1. Membuat artikel tentang resep masakan khas dari usaha kuliner tersebut.
  2. Membuat video tutorial memasak yang menampilkan masakan dari usaha kuliner tersebut.
  3. Membuat podcast tentang kuliner, termasuk tips dan trik dalam memasak masakan enak.
  4. Mengadakan kompetisi memasak menggunakan bahan-bahan yang dijual oleh usaha kuliner tersebut.
  5. Membuat artikel tentang sejarah dan asal-usul masakan yang dijual oleh usaha kuliner tersebut.
  6. Membuat infografis tentang jenis-jenis bahan makanan yang bisa dikonsumsi oleh pelanggan yang memiliki intoleransi terhadap gluten atau laktosa.
  7. Membuat artikel tentang cara memilih bahan makanan yang sehat dan berkualitas.
  8. Mengadakan acara kuliner bersama dengan chef ternama di kota tersebut.
  9. Membuat artikel tentang perkembangan terbaru dalam dunia kuliner, seperti trend makanan baru atau teknik memasak yang sedang populer.
  10. Mengadakan workshop memasak bagi pelanggan yang ingin belajar memasak masakan dari usaha kuliner tersebut.

Ide Content Marketing Untuk Usaha Fashion

Berikut ini adalah 10 ide content marketing untuk bisnis pakaian:

  1. Membuat artikel tentang trend pakaian terbaru yang sedang populer di kalangan selebriti atau influencer.
  2. Membuat video tutorial cara menggunakan produk pakaian dari bisnis tersebut.
  3. Membuat podcast tentang dunia pakaian, termasuk tips dan trik dalam memilih pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh atau gaya pribadi.
  4. Mengadakan kontes pakaian dengan tema tertentu, seperti pakaian musim panas atau pakaian untuk acara formal.
  5. Membuat artikel tentang sejarah dan perkembangan mode di masa lalu hingga saat ini.
  6. Membuat infografis tentang cara memilih bahan pakaian yang sesuai dengan cuaca atau kondisi lingkungan.
  7. Membuat artikel tentang cara memilih aksesoris yang sesuai dengan pakaian yang dipakai.
  8. Mengadakan acara fashion bersama dengan desainer ternama di kota tersebut.
  9. Membuat artikel tentang perkembangan terbaru dalam dunia pakaian, seperti trend pakaian baru atau teknik desain yang sedang populer.
  10. Mengadakan workshop fashion bagi pelanggan yang ingin belajar tentang cara memilih busana yang sesuai dengan gaya pribadi.

Bagaimana Cara Mencari Ide Content Marketing Untuk Bisnis?

Bagaimana Cara Mencari Ide Content Marketing Untuk Bisnis?

Setelah mengetahui channel apa yang dapat digunakan dan jenis kontennya, Anda tentunya perlu mencari ide untuk menyesuaikan konten yang dibuat dengan bisnis Anda. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu Anda menemukan ide konten yang kreatif.

  1. Melakukan riset terhadap audiens yang akan dituju. Dengan mengetahui kebutuhan dan minat audiens, kita dapat menentukan jenis konten yang sesuai untuk mereka.
  2. Mencari inspirasi dari kompetitor. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh kompetitor dalam hal content marketing, dan mencari ide-ide yang bisa diterapkan pada bisnis kita.
  3. Mencari inspirasi dari dunia luar. Kita dapat mencari ide-ide baru dari berbagai sumber, seperti majalah, website, atau acara televisi yang berhubungan dengan industri bisnis kita.
  4. Menggali ide dari tim. Tim yang terdiri dari orang-orang dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda dapat memberikan ide-ide yang menarik dan inovatif.

Penutup

Demikian penjelasan tentang content yang sering digunakan dalam kegiatan content marketing. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menjalankan strategi content marketing untuk bisnis Anda, ya! Salah satu channel yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan content marketing adalah website. Tentunya hal ini membutuhkan layanan hosting yang handal dan memudahkan Anda dalam membangun website. Anda dapat menggunakan WordPress Hosting dari IDCloudHost yang cepat, mudah, dan memiliki performa tinggi!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update