Apa Itu cPanel Hosting? Fitur dan Keunggulannya

Apa Itu cPanel Hosting? Fitur dan Keunggulannya

Seperti yang diketahui bahwa cPanel adalah akses yang dapat mengontrol aktivitas pada web hosting. Control panel ini juga dianggap paling populer digunakan didunia untuk dapat melakukan manajemen web hosting. Hal tersebut tidak terlepas dari manfaat yang diberikannya. Bayangkan saja jika Anda harus menggunakan cara manual, maka Anda harus memahami sistem coding tertentu. 

Meskipun demikian, sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari cPanel Hosting. Tentunya hal tersebut bisa Anda jadikan bahan pertimbangan khususnya dalam menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, perhatikan artikel berikut ini!

Mengenal cPanel

cPanel adalah panel kontrol hosting web (perangkat lunak yang memfasilitasi pengelolaan server hosting web) yang dikembangkan oleh cPanel, L.L.C., sebuah perusahaan Amerika. Perangkat lunak ini menyediakan antarmuka grafis (GUI) dan alat otomatisasi yang dirancang untuk menyederhanakan proses hosting situs web ke pemilik situs web atau pengguna akhir (end user).

Jika Anda ingin mengetahui hal mendasar lainnya mengenai cPanel, kami telah menyediakan artikel tersebut. Anda dapat mengunjungi konten artikel panduan cara login ke cPanel website dan blog berikut ini ya.

Manfaat cPanel

Manfaat cPanel

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah manfaat yang diberikan oleh cPanel. Dengan mengetahui manfaat, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, berikut kami jelaskan kepada Anda:

  • Kemudahan mengelola file website

Melalui cPanel akan memudahkan Anda dalam mengelola file website khususnya ketika akan menyalin, menghapus, atau bahkan melakukan pengeditan. Lebih lanjut, pada cPanel juga terdapat file transfer protocol (FTP) yang memudahkan dalam mengakses file dalam jarak jauh dan bahkan memungkinkan Anda untuk mengakses file-file website yang terdapat dalam FTP client tanpa perlu masuk ke cPanel.

  • Kemudahan dalam mengelola domain

Dengan cPanel maka akan memberikan kemudahan untuk mengelola domain. Lebih lanjut, Anda bisa membuat subdomain di cPanel, mengatur Aliases atau parkir domain, melakukan setting DNS di cPanel, dan sebagainya.

  • Memudahkan manajemen dan pengaturan email

cPanel memungkinkan Anda mengelola email dengan lebih baik. Anda juga dimungkinkan untuk mengedit, menghapus, atau membuat email secara cepat.

Lebih lanjut, Anda juga bisa membuat email sesuai dengan nama domain Anda misalnya [email protected] yang membuatnya lebih eksklusif. Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa ketersedian email bisa saja terbatas yang bergantung pada jasa hosting yang digunakan.

  • Pengaturan Keamanan

cPanel memiliki sebuah fitur bernama password protect direction. Melalui fitur ini, Anda bisa memiliki sebuah password dalam upaya melindungi file maupun web hosting Anda.

  • Kemudahan dalam membuat dan mengelola database

Adapun manfaat yang kelima adalah kemudahan dalam mengelola database sehingga Anda bisa menambah ataupun melakukan modifikasi. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengakses fitur yang tersedia di cPanel seperti MySQL dan sebagainya.

  • Menginstall berbagai software

Melalui cPanel Anda dimungkinkan untuk melakukan penginstalan berbagai software. Tentu saja hal tersebut akan berdampak dalam mengembangan website Anda.

  • Kemudahan dalam backup dan restore

Melalui cPanel Anda tidak perlu takut untuk kehilangan file karena Anda bisa melakukan backup. Dengan demikian, Anda bisa mengembalikan file-file penting Anda.

Kelebihan cPanel

Kelebihan cPanel

Kelebihan merupakan salah satu faktor yang penting ketika menggunakan sesuatu. Dengan demikian, berikut kami sediakan berbagai kelebihan cPanel yang perlu Anda ketahui. Perhatikanlah poin-poin berikut ini:

  • Mudah digunakan

Salah satu kelebihan unggul dari cPanel adalah mudah digunakan. Hal ini tidak terlepas dari tampilannya yang sangat ramah terhadap berbagai pengguna bahkan pemula sekalipun. Lebih lanjut, cPanel juga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur yang diinginkan tanpa perlu harus mengotak-atik dengan keterampilan khusus. Dengan demikian, hal inilah membuat cPanel mudah untuk digunakan.

  • Mudah dipelajari

Pada dasarnya, Anda bisa memahami cPanel dengan mudah sehingga Anda tidak harus memiliki keterampilan teknikal yang expert. Lebih lanjut, untuk beberapa fiturnya bisa Anda tambahkan dengan kursor saja tanpa perlu tambahan teks khususnya lainnya. Dengan demikian, hal ini membuat cPanel mudah untuk dipelajari. 

  • Software otomatis yang langsung diinstall

cPanel juga menghadirkan software yang bisa langsung diinstall. Hal tersebut tentunya akan memberikan kemudahan karena tidak perlu melakukan install kembali karena sudah otomatis diinstall.

  • Memiliki berbagai fitur

Pada dasarnya, cPanel menawarkan berbagai fitur dan kelengkapan yang bisa Anda gunakan. Lebih lanjut, Anda juga bisa menggunakan beberapa fitur untuk tujuan yang sama. Dengan demikian, hal ini akan memberikan berbagai opsi kepada pengguna untuk memilih fitur yang mereka sukai.

  • Populer dan tersedia pada banyak hosting provider

cPanel saat ini masih menjadi control panel yang populer tidak hanya di Indonesia melainkan juga seluruh dunia. Hal ini bisa dilihat bahwa hamper seluruh penyedia hosting (hosting provider) menggunakan software cPanel untuk berbagai fitur yang ditawarkannya.

Kekurangan cPanel

Kekurangan cPanel

Setelah mengetahui kelebihan cPanel, maka selanjutnya Anda perlu memahami kekurangannya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan perbandingan dan pertimbangan. Perhatikanlah kekurangan cPanel berikut ini:

  • Performa control panel yang tergolong lambat

Meskipun pada dasarnya cPanel memberikan berbagai fitur yang berguna bahkan bisa dijadikan untuk satu tujuan, namun terkadang hal ini juga dapat membingungkan pengguna. Lebih lanjut, saking banyaknya fitur tersebut juga malahan bisa membuat performa cPanel menjadi lebih lambat dan lemah.

Melambatnya performa cPanel tidak terlepas dari penggunaan sumber dayanya. Dengan demikian, ketika Anda memasang banyak fitur maka bisa saja Anda akan merasakan performa cPanel yang semakin melambat.

  • Pengaturan yang berubah otomatis

Hal ini menjadi keluhan banyak pengguna karena dalam beberapa kasus pengaturan cPanel bisa saja berubah secara otomatis. Dengan demikian, pastikan Anda memeriksa pengaturan secara berkala sehingga meminimalisir perubahan pengaturan yang tidak diinginkan.

  • Biaya yang cukup mahal

Diperkirakan harga berlangganan cPanel yang termurah berkisar $15,99 atau Rp250-an perbulannya. Lebih lanjut, Anda bisa mengatasi hal ini dengan membeli hosting dari jasa penyedia layanan cPanel. Tentu saja hal ini akan menghemat pengeluaran Anda.

Penutup

Sebagai salah satu kontrol panel yang populer digunakan, maka sangat penting bagi Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan cPanel. Dengan demikian, Anda bisa mengidentifikasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Seperti yang dijelaskan cPanel memberikan berbagai fitur, mudah digunakan, mudah dipelajari, terdapat software yang auto install, dan populer pada hosting provider. Meskipun demikian, cPanel juga memiliki kekurangan seperti biaya yang cukup mahal, pengaturan yang berubah otomatis, performa panel yang tergolong cukup lambat. 

Saat ini tidak perlu khawatir untuk mencari layanan hosting cPanel yang berkualitas. Anda bisa menggunakan Cloud Hosting dari IDCloudHost yang tentunya telah terintegrasi dengan cPanel dan bisa Anda gunakan dengan mudah untuk membangun website. Dengan layanan yang cepat, aman, dan handal, IDCloudHost siap menjadi solusi Anda untuk #MoveandGrow di dunia digital! 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update