Definisi dan Manfaat Menggunakan Drupal

Definisi dan Manfaat Menggunakan Drupal

CMS atau Content Management System adalah perangkat lunak atau software yang bisa digunakan untuk membangun website tanpa harus memahami sisi teknis dari pembuatan website. Jika Anda ingin membuat website, namun tidak memiliki dukungan divisi IT atau tidak mengerti bahasa pemrograman untuk menulis kode dari awal, maka Anda dapat memanfaatkan CMS.

Dikarenakan CMS memiliki berbagai fitur yang mendukung perkembangan website, dengan banyak template untuk mendesain dan plugin jika Anda memerlukan fungsionalitas tambahan. Keunggulan ini membuat CMS bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin membuat website yang cepat dan instan. Salah satu CMS yang banyak digunakan dalam pengembangan web adalah Drupal.

Drupal sendiri merupakan CMS open source yang gratis untuk diunduh, serta digunakan untuk menciptakan, mengatur, memodifikasi konten yang Anda buat dan Anda tidak menulis sebaris kode pun untuk merancang dan meluncurkan situs web. Jika Anda adalah pemula yang ingin membuat situs web Anda sendiri dengan budget terbatas, Anda dapat mencoba CMS yang tak kalah populernya dari WordPress ini.

 

Mengenal Definisi dan Apa Itu CMS Drupal

 

 

Sebagai salah satu CMS yang bersifat open source, Drupal dapat diunduh dan digunakan oleh siapa saja untuk menciptakan, mengatur, memodifikasi konten yang Anda buat dan Anda tidak menulis sebaris kode pun sehingga ini bisa menjadi opsi yang ramah bagi perancang situs web pemula. Bahkan, Drupal merupakan pilihan CMS yang tepat untuk website yang besar dan kompleks seperti website universitas karena tingginya tingkat fleksibilitas kemampuan manajemen konten dan arsitektur API.

Dibuat dan diperkenal oleh Dries Buytaert pada tahun 2001, Drupal yang dalam Bahasa Belanda berarti ‘menaruh/meletakkan’, pada awalnya merupakan sebuah komunitas yang digunakan untuk diskusi di universitas. Dari sini, layaknya CMS lain, Drupal berkembang hingga digunakan untuk banyak tujuan penggunaan. Selain itu, komunitas Drupal juga turut berkembang di seluruh dunia.

Pada umumnya setiap CMS mempunyai komunitas mereka masing- masing yang bertujuan untuk saling membantu, mendukung, menolong dan memberitahukan pengguna lain jika Anda pengembangan. Begitu juga komunitas Drupal yang telah membuat berbagai macam modul gratis yang berguna untuk personalisasi fungsi dari Drupal, dan ratusan tema yang membantu kostumisasi tampilan. Karena dukungan yang solid ini membuat Drupal menjadi primadona untuk pembuatan website universitas dan organisasi.

 

Baca Juga  :     CMS (Content Management System) : Definisi dan Cara Kerjanya

 

Memahami Fungsi dan Kegunaan Drupal

Sebagai salah satu opsi CMS populer yang instan dan modern saat ini, banyak orang memilih Drupal karena dukungan serta fitur yang mumpuni. Ini membuat Drupal menjadi opsi populer karena keunikan yang membuatnya berbeda yakni dukungan untuk membantu membuat struktur dari konten, kustomisasi dan lainnya yang membuat Drupa menawarkan fungsionalitas yang lebih bagi dari CMS lain. Umumnya Drupal digunakan untuk berbagai keperluan seperti :

  • Dengan bantuan online directories, Drupal memberi berbagai manfaat untuk alat pencarian, pencantuman, dan lainnya.
  • Membantu website perusahaan untuk membantu sebagai alat branding, membantu alur kerja penerbitan dan sebagainya.
  • Adanya dukungan website interaktif akan memberikan akses bagi penggunanya dalam mengatur akun pengguna, pendaftaran dengan beragam langkah, serta JavaScript yang bisa di kostumisasi dll.
  • Landing page untuk SEO yang merupakan campuran antara konten dan konten pemasaran, kampanye landing pages dan sebagainya akan menjadi marketing tools yang handal dan mumpuni.
  • Pengguna CMS Drupal dapat membuat konten yang privat serta mengatur alur kerja yang bisa disesuaikan dengan jadwal internal sehingga akan memperindah tim bisnis yang bekerja dengan Drupal.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System) yang Tepat

 

Manfaat Menggunakan CMS Drupal Dalam Membangun Situs Web

Definisi dan Manfaat Menggunakan Drupal
 

Inti dari menggunakan CMS adalah membuat dan meluncurkan situs web atau blog dengan cepat (instant) tanpa harus menguasai programming language, dukungan tim IT dan profesional serta bisa dilakukan siapa saja secara individu. Oleh karena ide untuk membuat situs web yang lebih praktis ini tentu membuat CMS Drupal dilirik banyak bisnis maupun pengguna individu. Berikut manfaat serta dukungan yang akan didapat jika Anda menggunakan CMS ini.

  • Reliabilitas yang handal

    Menurut data, Drupal menjadi salah 1 dari 3 content marketing system yang paling populer di dunia dengan sejarah panjangnya tersendiri. Meskipun Drupal adalah karya yang selalu diperbaharui dan terus berjalan, CMS selalu stabil. Drupal akan segera merilis Drupal 9 dan masih ada Drupal 8 yang bisa tetap Anda gunakan yang walau Anda menggunakan salah satu versinya, semua fitur dan fungsi masih relevan hingga 5 tahun ke depan.

  • Bantuan sumber daya yang tersedia

    Apapun tujuan yang Anda lakukan dengan Drupal, nyaris semuanya telah dibuat dan diselesaikan oleh orang lain. Keuntungan lainnya adalah nyaris seluruh modul yang berguna akan dikontribusikan kepada komunitas Drupal itu sendiri. Hal ini sangat penting karena untuk banyak CMS, Anda harus mengeluarkan biaya ketika menggunakan fitur penting. Sebagai pengguna, akan sangat berguna jika Anda bisa memanfaatkan hasil kerja keras dari banyak orang.

  • Dukungan komunitas besar dan berdedikasi

    Drupal memiliki komunitas dinamis dan besar sejak tahun 2001 yang juga menjadi salah satu sumber ketika Anda memerlukan bahan pembelajaran, berita terbaru, atau pertanyaan kepada kontributor atau spesialis.
     
    Baca Juga  :   Perbedaan Halaman Page dan Post pada CMS WordPress yang Perlu diketahui

  • Mudah digunakan untuk pemula sekalipun

    Untuk pemula, bantuan kode yang ditulis untuk pengembangan website sangat presisi sehingga Anda tidak perlu khawatir. Kode tersebut ditulis oleh para ahli di Drupal, sehingga ketika Anda memiliki keinginan untuk melakukan pekerjaan yang lebih kompleks, akan sangat mudah untuk memodifikasi sistem. Hal ini menjadi manfaat Drupal dibandingkan CMS lain.

  • Faktor fleksibel yang mumpuni

    Jika Anda memiliki ide tentang fungsi, konten, atau apapun itu, semua bisa dibuat dengan Drupal dimana Ana bisa mengkostumisasi sesuai selera dan membuat tipe website apapun sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Skalabilitas yang hebat

    Anda bisa menambahkan fungsionalitas lain dengan modul Drupal yang bervariasi dikarenakan modul Drupal terintegrasi sangat baik dengan core dari Drupal serta efisien dengan modul Drupal lainnya walaupun modul tersebut sangat berbeda. Hal ini karena struktur dan sistem natural yang dibangun di sistem Drupal. Selain itu, Drupal adalah CMS open source sehingga jika modul yang Anda inginkan tidak ada, Anda bisa membuatnya sendiri.

  • Keamanan yang baik

    Drupal telah diuji secara ketat dalam segi keamanannya oleh kontributor dan ahli di Drupal. Ini dikarenakan built in security yang dimiliki Drupal sangat kuat sehingga mengunci directory yang diinstal, merender data penting. hingga files konfigurasi yang tidak dapat diakses secara langsung.

 

Baca Juga Panduan :      Tutorial Cara Menginstall CMS Drupal di Ubuntu

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa dekade lalu, ketika seseorang ingin mengembangkan website maka dibutuhkan spesialis di bidang pengembangan web, atau satu divisi IT untuk mengurusnya. Kini, CMS atau Content Management System memungkinkan Anda untuk membangun website yang ciamik tanpa harus menulis kode dari awal atau memahami sisi teknis dari pengembangan web. CMS sendiri merupakan perangkat lunak yang berguna untuk membuat, mengatur, memodifikasi konten yang ada di website.

Adanya CMS memudahkan banyak bisnis kecil yang memerlukan website untuk usaha, hingga perusahaan skala besar. Salah satu CMS yang terkenal dan ramai digunakan adalah Drupal yang merupakan CMS bersifat open source terutama untuk pengembangan web yang besar dan komplek. Dukungan komunitas yang luas membuat Drupal bisa menjadi opsi yang bagus jika Anda ingin membuat situs web mandiri.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update