Digital Signature : Aplikasi, Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Electronic Signature

Digital Signature : Aplikasi, Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Electronic Signature

Dengan adanya digitalisasi di era yang semakin maju ini, membuat hidup lebih mudah termasuk dalam menandatangani dokumen atau berkas. Selain juga dapat mengubah format fisik berkas secara digital, Anda juga dapat membubuhkan tanda tangan Anda diatasnya selayaknya dokumen konvensional yang umum. Tanda tangan digital atau digital signature sendiri adalah teknik matematika khusus.

Teknik ini digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas pesan, perangkat lunak, atau dokumen digital. Ini adalah padanan digital dari tanda tangan tulisan tangan atau stempel berstempel, tetapi juga menawarkan keamanan yang jauh lebih baik. Tanda tangan digital dimaksudkan untuk memecahkan masalah gangguan dan peniruan dalam komunikasi digital.

Tanda tangan digital dapat memberikan bukti asal, identitas dan status dokumen elektronik, transaksi atau pesan digital. Penandatangan juga dapat menggunakannya untuk mengakui persetujuan yang diinformasikan.Di banyak negara saat ini, tanda tangan digital dianggap mengikat dan sah secara hukum seperti halnya tanda tangan dokumen tulisan tangan tradisional.

 

Aplikasi Digital Signature Terbaik

 

Digital signature adalah jenis tanda tangan elektronik khusus yang dibuat menggunakan aplikasi eSign khusus. Tanda tangan digital ini menggunakan kriptografi untuk melindungi dokumen dan juga menyematkan detail seperti alamat email Anda, kapan dan di mana Anda menandatangani dokumen apa pun, dan perangkat apa yang Anda gunakan untuk melakukannya. Ini menciptakan sidik jari digital yang membuat dokumen itu unik dan jejak kertas yang dapat diverifikasi secara independen jika, katakanlah, pernah ada kasus pengadilan.

Sekarang digital signature dianggap jauh lebih aman dan diakui secara hukum di seluruh dunia. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menandatangani berkas digital Anda.

  • Adobe Sign

    Adobe Sign adalah solusi tanda tangan elektronik yang ditawarkan oleh salah satu nama paling terkenal dalam bisnis perangkat lunak. Layanan Adobe menawarkan banyak fitur dan fungsionalitas yang tersedia melalui web dan aplikasi seluler, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakan tanda tangan elektronik Anda saat jauh dari kantor. Aplikasi ini menawarkan layanan otentikasi untuk memastikan bahwa dokumen yang diterapkan pada dokumen penting memiliki kepatuhan hukum dasar yang jelas, dan tentu saja Anda juga dapat mempersonalisasi tanda tangan elektronik Anda. Untuk kebutuhan tertentu, peningkatan terbaru termasuk kepatuhan untuk ilmu hayat dan perusahaan farmasi dan integrasi dengan SAP SuccessFactors. Adobe Sign juga berfungsi di semua produk Microsoft Office.

  • Secured Signing

    Secured Signing adalah perangkat lunak yang lebih hemat biaya yang berbasis cloud, artinya mudah untuk mengakses dan menggunakan tanda tangan elektronik Anda dari desktop, laptop, atau perangkat seluler. Aplikasi ini memberikan banyak layanan tambahan, misalnya, ada fitur konfirmasi video di mana Anda dapat mengidentifikasi penanda tangan dan mencegah gangguan dokumen apa pun. Anda dapat mengundang orang lain untuk masuk hingga bahkan ada pilihan untuk negosiasi dokumen, yakni layanan satu atap untuk mencapai semua garis putus-putus yang penting secepat mungkin.
    Aplikasi ini juga mendukung file PDF, termasuk beberapa bidang tanda tangan untuk saksi yang sama dan penandatanganan multi-halaman. Namun, perhatikan bahwa paket harga berfungsi pada jumlah dokumen yang akan ditandatangani sebanyak jumlah pengguna.

  • DocuSign

    DocuSign adalah aplikasi digital signature yang cukup populer dengan lebih dari 200 juta pengguna di seluruh dunia. Perusahaan ini adalah penyedia solusi tanda tangan elektronik yang berdedikasi, menawarkan perangkat lunak yang mudah digunakan untuk menandatangani dokumen Anda dengan cepat dan mudah.Berkat banyaknya integrasinya dengan orang-orang seperti Google, Windows, Apple dan SalesForce, serta sejumlah aplikasi untuk perangkat seluler membuat DocuSign sangat mudah digunakan.
    Dengan menempatkan banyak penekanan pada keamanan, menggunakan teknologi enkripsi yang kuat dan menerapkan praktik terbaik industri untuk melindungi data yang ditanganinya. Selain itu DocuSign telah menyetujui aplikasinya untuk Binding Corporate Rules (BCRs), yang merupakan sertifikasi tingkat tertinggi UE untuk transfer data di luar blok tersebut.

  • SignEasy

    Salah satu aplikasi tanda tangan digital ini dapat digunakan dari berbagai macam perangkat yang berbasis cloud sehingga dapat diakses saat bepergian dan pengalaman seluler untuk ponsel dan tablet ditata dengan sangat cerdas. Meski memiliki banyak fitur yang sama dengan layanan tanda tangan elektronik biasanya tetapi fokusnya nyata pada kesederhanaan penggunaan. Anda dapat memberi anotasi pada kotak tanda tangan sehingga jelas siapa yang perlu menandatangani dan bagaimana.
    Lalu jika Anda menemukan bahwa jenis dokumen yang sama perlu ditandatangani secara elektronik berulang kali, maka mudah untuk menyiapkan template untuk digunakan kembali. Harga untuk SignEasy berpotensi sangat kompetitif, dengan paket Standar yang tersedia. SignEasy tetap menjadi salah satu layanan yang paling kompetitif dengan harga, meskipun paket yang lebih mahal di tempat lain dapat menawarkan lebih banyak fungsionalitas. Jadi itu tergantung pada apakah fitur-fitur itu lebih suka Anda bayar atau tidak, dengan SignEasy menyediakan layanan level awal yang bagus yang masih berguna untuk bisnis kecil dan menengah.

 

Baca Juga   :     Keunggulan dan Aplikasi Pendukung Terbaik Cloud Object Storage Indonesia

 

Cara Kerja Digital Signature

Meski ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih, tapi pada cara kerja tanda tangan digital didasarkan pada kriptografi kunci publik, juga dikenal sebagai kriptografi asimetris. Menggunakan algoritma kunci publik, seperti RSA (Rivest-Shamir-Adleman), dua kunci dihasilkan, membuat pasangan kunci yang ditautkan secara matematis, satu kunci pribadi dan satu publik. Digital signature bekerja melalui dua kunci kriptografi kunci publik yang saling mengautentikasi. Individu yang membuat tanda tangan digital menggunakan kunci privat untuk mengenkripsi data terkait tanda tangan, sedangkan satu-satunya cara untuk mendekripsi data tersebut adalah dengan kunci publik penanda tangan.

Jika penerima tidak dapat membuka dokumen dengan kunci publik penanda tangan, itu tandanya ada masalah dengan dokumen atau tanda tangannya. Beginilah cara tanda tangan digital diautentikasi. Teknologi tanda tangan digital mengharuskan semua pihak untuk percaya bahwa individu yang membuat tanda tangan telah menjaga kerahasiaan kunci privat. Jika orang lain memiliki akses ke kunci penandatanganan pribadi, pihak tersebut dapat membuat tanda tangan digital palsu atas nama pemegang kunci pribadi.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Perbedaan Digital Signature dengan Electronic Signature

Digital Signature : Aplikasi, Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Electronic Signature
 

Adapun kategori luas dari tanda tangan elektronik/electronic signature (eSignatures) mencakup banyak jenis tanda tangan elektronik. Kategori tersebut mencakup tanda tangan digital, yang merupakan implementasi teknologi khusus dari tanda tangan elektronik. Baik tanda tangan digital maupun solusi eSignature lainnya memungkinkan Anda menandatangani dokumen dan mengotentikasi penandatangan. Namun, ada perbedaan dalam tujuan, implementasi teknis, penggunaan geografis, dan penerimaan hukum dan budaya dari tanda tangan digital dibandingkan dengan jenis eSignatures lainnya.

Secara khusus, penggunaan teknologi tanda tangan digital untuk eSignatures sangat bervariasi di antara negara-negara yang mengikuti undang-undang eSignature yang terbuka dan netral teknologi, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia, dan negara-negara yang mengikuti model eSignature berjenjang yang lebih menyukai standar yang ditentukan secara lokal. Ini didasarkan pada teknologi tanda tangan digital, termasuk banyak negara di Uni Eropa, Amerika Selatan, dan Asia. Selain itu, beberapa industri juga mendukung standar khusus yang berbasis pada teknologi tanda tangan digital.

 

Baca Juga   :      Strategi Pengembangan Produk dan Aplikasi dengan Metode Agile untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Dokumen tidak lagi harus diisi di atas kertas untuk mengikat secara sah dimata hukum. Saat ini semakin banyak bisnis yang tidak menggunakan kertas dan berganti secara elektronik mengirim dan menandatangani dokumen penting seperti kontrak. Untuk melakukannya, Anda memerlukan aplikasi eSign untuk dapat membubuhkan tandan tangan digital Anda.

Sebagian besar program email modern mendukung penggunaan tanda tangan digital dan sertifikat digital, sehingga memudahkan untuk menandatangani email keluar dan memvalidasi pesan masuk yang ditandatangani secara digital. Tanda tangan digital juga digunakan secara luas untuk memberikan bukti keaslian, integritas data dan non-penyangkalan komunikasi dan transaksi yang dilakukan melalui internet.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update