Featured Snippet: Jenis, dan Cara Optimalisasinya

Featured Snippet: Jenis, dan Cara Optimalisasinya

Mendapatkan spot dalam pencarian halaman pertama organik google menjadi suatu hal yang dipertandingkan. Salah satunya dalam mendapatkan posisi featured snippet yang merupakan suatu format yang memberikan jawaban secara langsung ketika pengguna melakukan pencarian tanpa harus melakukan klik lainnya untuk mendapatkan jawaban  yang diinginkan. 

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai istilah SEO yang satu ini, manfaat yang diberikan, jenis featured snippet, dan cara memaksimalkan konten sehingga dapat ditampilkan pada fitur tersebut. 

Apa Itu Featured Snippet?

Featured snippet adalah potongan teks yang muncul pada halaman teratas pencarian google yang menjawab pertanyaan pengguna secara cepat tanpa harus melakukan klik lainnya. Adapun yang ditampilkan dapat berupa definisi, tabel, langkah-langkah, daftar, dan sebagainya. 

Adapun konten yang ditampilkan berdasarkan pada daftar pencarian terbanyak di google. Dengan demikian, google secara otomatis akan menentukan apakah sebuah halaman bisa dijadikan snippet untuk menyoroti pertanyaan dengan jenis featured snippet tertentu. Algoritma google juga akan melakukan identifikasi dalam upaya menyesuaikan kueri dengan hasil yang diinginkan. 

Beragam Jenis Featured Snippet

featured snippet

Ada beberapa jenis featured snippet yang biasanya muncul dalam pencarian google sebagai berikut: 

  • Text snippet

Text snippet adalah potongan pencarian yang muncul hanya berupa teks dan juga dilengkapi dengan gambar tertentu. Biasanya text snippet menjadi pertanyaan kueri seperti “apa, siapa, dimana, kapan, kenapa, dan bagaimana”. Adapun kisaran text snippet berjumlah 40-60 kata secara rata-rata. 

  • Video snippet

Video snippet adalah potongan video yang ditampilkan dan dianggap mampu menjawab pertanyaan yang diberikan pengunjung. Adapun video yang ditampilkan kebanyak berasal dari youtube. 

  • Table snippet

Table snippet adalah potongan pencarian google secara langsung yang menampilkan data berupa tabel tertentu. Hal tersebut juga dianggap akan lebih memudahkan pengunjung untuk melakukan identifikasi dan perbandingan data yang disajikan dalam bentuk tabel.

  • List snippet

List snippet adalah potongan jawaban yang disajikan dalam daftar bernomor atau berpoin. Adapun list snippet dapat dibagi menjadi dua yaitu ordered list yang menampilkan suatu peringkat item atau serangkaian langkah dan unordered list yang merupakan daftar item yang tidak perlu diberi peringkat dalam urutan tertentu.

Kenapa Featured Snippet Penting Bagi SEO?

Fitur ini membantu suatu website mendapatkan ranking yang lebih baik dibandingkan kompetitornya. Lebih lanjut, fitur ini juga akan menjadikan sebuah website berada pada halaman teratas pencarian google. Dengan demikian, mendapatkan spot dalam mengoptimalkan featured snippet adalah cara tercepat sehingga halaman website Anda berapa pada halaman pertama pencarian google dan bahkan mendapatkan sorotan langsung sesuai dengan kueri yang dimasukkan para pengguna google. 

Featured snippet juga merupakan jalan untuk mendapat klik yang lebih banyak dari para pengunjung (meningkatkan CTR) dan memaksimalkan kemungkinan untuk mendatangkan trafik yang lebih banyak. Lebih lanjut, para expert SEO juga menyatakan snippet merupakan fitur yang membuat halaman suatu website berada pada posisi 0 atau teratas dalam pencarian google. 

Cara Mengoptimalkan Konten Agar Bisa Ditampilkan pada Featured Snippet

featured snippet

Pada dasarnya, sebuah konten dipilih untuk mengoptimalkan featured snippet berdasarkan search engine dengan berbagai pertimbangan. Berikut adalah beberapa optimasi yang dapat Anda lakukan untuk bisa ditampilkan pada peringkat teratas halaman hasil pencarian:

Buat konten yang menjawab berbagai pertanyaan publik

Pada dasarnya, fitur ini ada untuk menjawab pertanyaan publik terhadap informasi tertentu. Dengan demikian, ketika sebuah konten dibuat dengan detail, relevan, dan sesuai dengan kueri yang diminta maka kemungkinan ditampilkan dalam snippet featured akan lebih besar.  

Perhatikan struktur konten

Anda juga perlu memperhatikan struktur konten yang dibuat sehingga mudah diidentifikasi. Konsep piramida dalam jurnalisme dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai panduan dalam membuat konten. Berikut adalah beberapa saran dalam membangun sebuah struktur konten:

  • Tulislah header descriptive. Adapun header descriptive yang baik adalah yang mengandung long-tail keywords sehingga dapat menggambarkan halaman isi secara umum dalam sebuah konten.
  • Gunakan kalimat yang efektif dan pendek namun memberikan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. 
  • Tambahkan penomoran atau tabel tertentu dalam sebuah konten dalam upaya memaksimalkan kemungkinan mendapat spot dalam table and list snippet.
  • Tambahkan gambar yang relevan dengan konten serta kueri yang ditanyakan pengunjung.

Tingkatkan peringkat organik website

Perlu diketahui untuk mendapatkan spot featured snippet biasanya berasal dari website yang kontennya berada pada halaman pertama pencarian google. Dengan demikian, penting untuk melakukan peningkatan atas keseluruhan aspek SEO seperti melakukan peningkatan kualitas gambar dalam konten, memperhatikan URL, dan memperhatikan kualitas website secara keseluruhan.

Lakukan riset keyword

Anda dapat melakukan riset keyword untuk mengetahui kata kunci yang sedang banyak dicari pengguna. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tools tambahan seperti semrush, ahrefs, dan sebagainya untuk mengetahui tingkat persaingan kata kunci. 

Pertahankan jumlah kata dalam kalimat

Featured snippet biasanya berjumlah 40-60 kata, maka penting bagi Anda untuk memperhitungkan jumlah kata pada paragraf yang dibuat agar sesuai dengan aturan ini. Lebih lanjut, jangan lupa memasukkan kata kunci yang menjadi triggered yang menjawab pertanyaan para pengguna. 

Memantau Performa Featured Snippet 

featured snippet

Setelah melakukan berbagai upaya optimasi konten agar menempati posisi teratas di halaman pencarian, Anda tentunya perlu melakukan pemantauan performa konten-konten tersebut. Bagaimana caranya? Simak cara memantau dan mengoptimalkan featured snippet berikut.

Memanfaatkan Tools SEO untuk Melacak Peringkat

Gunakan tools SEO seperti Google Search Console, SEMrush, atau Moz untuk melacak peringkat dan posisi tampilan featured snippet dari halaman webmu. Perhatikan perubahan peringkat halaman yang terkait dengan featured snippet, serta apakah kontenmu berhasil tampil sebagai featured snippet atau tidak.

Menganalisis Lalu Lintas Website dan Tingkat Klik (CTR)

Analisis lalu lintas websitemu melalui alat analisis web seperti Google Analytics untuk memantau apakah penampilan featured snippet telah meningkatkan jumlah kunjungan ke situsmu. Tinjau tingkat klik (CTR) halaman webmu yang muncul di peringkat teratas dan bandingkan dengan halaman web yang tidak muncul sebagai jenis featured snippet.

Memantau Perubahan Posisi Featured Snippet

Secara teratur periksa perubahan posisi featured snippet pada mesin pencari. Jika posisimu berubah, pelajari faktor-faktor yang mungkin mempengaruhinya, seperti perubahan pada pesaing atau perubahan pada algoritma mesin pencari. Pastikan untuk memonitor perubahan posisi ini secara berkala dan ambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi tersebut.

Beriterasi dan Mengoptimalkan Berdasarkan Data Performa

Gunakan data performa yang diperoleh dari langkah-langkah di atas untuk mengidentifikasi kelemahan atau kesempatan perbaikan dalam upaya mengoptimalkan featured snippet. Lakukan iterasi pada konten dan struktur halaman webmu berdasarkan temuan dari analisis data performa tersebut. Teruslah menguji dan mengoptimalkan pendekatanmu untuk meningkatkan peluangmu dalam meraih dan mempertahankan posisi konten berada di peringkat teratas.

Penutup

Featured snippet adalah potongan yang menampilkan kueri yang dimasukkan oleh pengunjung secara langsung. Adanya fitur ini menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan SEO. Dengan demikian, melakukan strategi konten yang baik dan membangun konten yang relevan akan meningkatkan kemungkinan suatu konten menjangkau banyak pengunjung. 

Memiliki cloud server yang berkualitas dan memadai adalah hal penting,  IDCloudHost menyediakan produk Bare Metal Server yang merupakan server single-tenant yang mendukung aktivitas aplikasi dan website Anda dengan spesifikasi sumber daya server serta resource yang sangat tinggi. Coba sekarang. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update