Apa Itu Ghost CMS? Fitur dan Keunggulannya

Apa Itu Ghost CMS? Fitur dan Keunggulannya

Meski WordPress (WP) adalah CMS (Content Management System) merupakan CMS terpopuler, tapi ada banyak CMS yang cukup mumpuni seperti Magento, Joomla, Drupal dan Ghost yang dirilis tahun 2013 lalu. Meski terbilang cukup baru, Ghost CMS mempunyai peminat yang terbilang besar.

Bahkan CMS yang satu ini berhasil tumbuh dalam penggunaan dan popularitas di kalangan blogger dan situs web berita. Perangkat lunak blogging Ghost berfokus pada penyederhanaan proses penerbitan online untuk penerbit, pengusaha, dan pengembang.

Menariknya lagi, Ghost Foundation adalah organisasi nirlaba yang tidak dapat dibeli atau dijual, dan didanai oleh pendapatan langganan pelanggan. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

Mengenal Apa Itu Ghost CMS

Sebagai platform konten yang bersifat CMS yang dimaksudkan untuk mempermudah penerbitan konten, Ghost adalah sistem manajemen konten yang dirancang khusus untuk blogger. Jadi tidak mengherankan kalau Ghost lebih berfokus pada pengalaman penerbitan konten daripada pengalaman membangun situs web yang luas.

Walau tidak begitu menekankan pada pembangunan situs web yang lebih spesifik, ternyata banyak situs web besar yang menggunakan Ghost seperti :

  • Codecademy
  • Mozilla
  • Duolingo
  • Tinder
  • Unsplash

 

Jika dilihat dari platform besar diatas yang menggunakan Ghost, pasti Anda bertanya- tanya mengenai tema yang unik dari setiap situs web tersebut. Ini cukup menarik karena Ghost memang memungkinkan pembuatan tema khusus, selain juga memiliki dan menawarkan banyak tema dan template Ghost yang telah dibuat sebelumnya.

Apabila diambil dari laman resmi mereka, Ghost menggambarkan layanannya sebagai sarana dan alat untuk menciptakan masa depan penerbitan independen. Namun, memilih Ghost sebagai platform untuk menghosting blog Anda tidak berarti konten yang Anda posting akan dioptimalkan secara otomatis untuk pengguna mesin telusur. Untuk itu, Anda memerlukan bantuan Ghost SEO tersendiri.

 

Baca Juga  :      8 Rekomendasi Platform CMS (Content Management System) yang Terintegrasi Dengan Baik Terhadap SEO

 

Memahami Ghost SEO Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pemilik setiap situs web dan blog pasti ingin mengoptimalkan SEO mereka dan menjadi nomor 1 dari rangking indeks Google. Mengingat kebutuhan ini maka Ghost SEO bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran digital yang dirancang untuk membawa lebih banyak lalu lintas organik ke situs web Ghost.

Adapun cara memaksimalkan upaya SEO ini dengan meningkatkan konten, kode, dan elemen lain seperti gambar di situs web Anda, sehingga mesin pencari seperti Google, sehingga akan mencantumkannya lebih tinggi di halaman hasil mereka. Posisi yang lebih tinggi, atau peringkat, pada search engine results pages (SERP) sangat penting karena memungkinkan lebih banyak orang untuk melihat halaman web Anda saat mereka mencari informasi.

Beberapa taktik dan strategi SEO yang biasa diterapkan dalam Ghost SEO adalah :

  • Penggunaan judul meta dan deskripsi meta yang tepat
  • Pengoptimalan kecepatan situs
  • Menggunakan peta situs atau sitemap XML
  • Dukungan fitur pengeditan rich text untuk meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan lebih baik lagi

 

Baca Juga   :      2 Jenis/Tipe CMS WordPress dan Keunggulan Menggunakan WordPress Hosting

 

Merujuk pada penjelasan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa baik bisnis besar maupun kecil dapat memperoleh manfaat dari fitur Ghost SEO, karena fitur tersebut dimaksudkan untuk merampingkan proses pengoptimalan tanpa membebani pengguna dengan plugin dan alat tambahan.

Faktor ini juga yang membuat Ghost CMS menjadi platform yang instan dan siap digunakan kapan saja, fungsi pengoptimalan mesin telusur Ghost berasal dari fitur SEO bawaannya. Semua ini berkat kelebihan Ghost CMS termasuk :

  • Dukungan pembuatan peta situs XML otomatis
  • Dukungan Google AMP
  • Optimasi URL yang kuat
  • Tag kanonik yang dibuat secara otomatis
  • Tag yang mendukung FB Open Graph

Baca Juga   :     Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Sedikit berbeda, fitur SEO bawaan seperti ini menghemat waktu Anda untuk menemukan dan memasang plugin pihak ketiga. Meskipun Anda masih membutuhkan beberapa pengetahuan pengkodean dasar untuk menyelesaikan tugas SEO back-end, tetap saja kelebihan lainnya adalah antarmuka Ghost membuatnya mudah dinavigasi.

Disamping itu, kecepatan adalah keuntungan lain dari platform Ghost yang sangat diandalkan karena dalam beberapa kasus, Ghost lebih cepat 19 kali dari WordPress. Bisa jadi, faktor kecepatan ini didapat dari Ghost yang menggunakan teknologi node.js dan memiliki fleksibilitas headless CMS.

Dari kelebihan diatas, tidak dapat dipungkiri kalau Ghost juga mempunyai kekurangannya juga. Kalau dilihat dari artikel yang ditulis oleh Jeremy Chevallier, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan oleh praktisi Ghost SEO :

  • Tidak ada kemampuan yang mendukung teks alternatif khusus
  • Duplikat H1/tag judul
  • Tidak ada penyesuaian untuk URL kanonik

Baca Juga  :    Cara Menonaktifkan Gutenberg WordPress

 

Fitur dan Dukungan Terbaik dari Ghost CMS

Mengenal Apa Itu Ghost CMS dan Fitur Serta Dukungan Terbaiknya
 

Untuk dapat bersaing dengan CMS yang sudah lebih dulu besar dan mempunyai pengguna serta komunitas yang kuat, maka Ghost datang dengan menawarkan berbagai fitur dan dukungan yang andal yang bisa menjadi pertimbangan pengguna baru.

Ghost CMS memiliki beberapa fitur yang membuatnya menonjol dibandingkan dengan sistem manajemen konten lainnya. Karena telah dikembangkan untuk membantu penerbit secara efektif, fitur-fiturnya juga berkisar pada penerbit seperti :

  • Roles & Permission

    Peran atau roles dapat menentukan sejauh mana pengguna memiliki akses ke sistem karena setiap pengguna yang dapat ditautkan ke peran yang menentukan akses bagi penggunanya. Adapun roles yang yang disediakan oleh Ghost bagi tim yang terlibat dalam pengembangan situs web adalah :
    a) Kontributor: Dapat masuk dan menulis posting, tetapi tidak dapat mempublikasikan.
    b) Penulis: Dapat membuat dan menerbitkan posting dan tag baru.
    c) Editor: Dapat mengundang, mengelola, dan mengedit penulis dan kontributor.
    d) Administrator: Memiliki izin penuh untuk mengedit semua data dan pengaturan.
    e) Pemilik: Admin yang tidak dapat dihapus dan harus mengakses detail tagihan.

  • Tema yang bisa dikustomisasi

    Ghost CMS dapat dikustomisasi sesuai UI dengan tema. Sejak dirilisnya V4.0 Ghost, CMS yang satu ini kini memiliki banyak tema baik gratis maupun berbayar yang tersedia untuk diunduh dan diinstal. Beberapa pasar juga menjual tema premium dengan berbagai jenis dan desain tema. Sedangkan jika Anda adalah pengguna baru, Anda dapat mencari tema gratis yang mungkin Anda sukai dari berbagai pengembang.

  • Integrasi yang baik

    Oleh karena Ghost sepenuhnya bersifat open-source dan telah dibuat sebagai JSON API, serta memiliki webhook maka ini akan memberi Anda kendali penuh atas front-end. Anda juga dapat menggunakannya sebagai headless CMS dengan integrasi berbagai teknologi.

  • Fleksibilitas

    Pengguna dapat membuat semua jenis blog dengan cukup baik layaknya CMS lain. Tidak masalah apapun itu, penggunanya bisa membuat blog pribadi, blog foto, portofolio profesional, majalah, atau situs web berita. Tema yang tersedia di pasar cukup bagus untuk mendukung blog Anda.

 

Baca Juga  :      Luncurkan Produk Terbaru WordPress Hosting “Semua Bisa Bikin Website Mulai dari Rp 5000”

 

Kesimpulan dan Penutup

Dibangun dengan kerangka kerja NodeJS, Ghost CMS adalah alat publikasi situs web dan blog yang cukup kuat yang bisa disejajarkan dengan CMS lain yang telah lebih dulu mempunyai nama besar.

Dikarenakan inti dari membuat CMS yang bersifat open source adalah mempermudah siapa saja, baik individu dan bisnis kecil, maka Anda bisa mengandalkan Ghost yang telah dilengkapi dengan Ghost SEO tanpa plugin untuk mengembangkan konten dan mengenalkan brand dan bisnis Anda.
 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update