Indikasi Penyebab Mengapa Website Tidak Bisa Diakses

Indikasi Penyebab Mengapa Website Tidak Bisa Diakses

Terkadang website kita tidak dapat di akses, banyak sekali faktor yang menyebabkan website anda tidak bisa dibuka atau diakses. Baik pada semua komputer maupun pada komputer tertentu saja.Ketika website anda tidak bisa diakses, biasanya akan muncul pesan seperti :

  1. 404 Not Found
  2. 403 Forbidden
  3. 500 Internal Server Errors
  4. Dan lain sebagainya

Ada beberapa indikasi penyebab website kita tidak dapat diakses. Jika anda sudah mengetahui penyebab website anda tidak bisa dibuka, maka anda juga bisa menentukan solusi atau cara menyelesaikannya dengan tepat.

Beberapa penyebab website tidak dapat diakses, diantaranya :

  1. Setting DNS dan Name Server
    Jika website anda tidak bisa dibuka pada semua komputer, termasuk laptop, maka kemungkinan ada kesalahan ketika anda melakukan pengaturan DNS dan Name Server. Kesalahan ini bisa menyebabkan website anda tidak bisa diakses beberapa jam hingga beberapa hari. Solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kesalahan setting DNS dan NS adalah dengan memperbaikinya dengan alamat NS yang benar. Untuk melakukan perbaikan ini anda harus memiliki akses ke halaman domain panel, bukan CPanel Hosting.
  2. File Index yang tidak ada.
    Ketika anda mencoba untuk mengakses website anda, maka server akan memanggil beberapa file berikut ini pertama kali, seperti: index.htlm, index.htm atau index.php (biasanya server akan mencari file dengan urutan seperti itu). Jika server tidak menemukan file tersebut, maka server akan menampilkan pesan error kepada anda (pengunjung). Beberapa pesan error yang akan ditampilkan adlaah error document, index file atau bahkan server akan menampilkan semua yang terdapat di direktori tersebut.
    Jika pada website anda sudah terdapat salah satu dari file diatas, namun masih error, maka mungkin saja file tersebut dalam keadaan kosong. Untuk melihatnya anda harus membukanya melalui CPanel Hosting anda. Jika file index dalam keadaan kosong, biasanya halaman yang akan muncul adalah halaman berwarna putih tanpa tampilan yang lain. Solusinya bisa dengan cara Login ke CPanel Hosting anda, apakah di direktori website anda terdapat file tersebut atau tidak.
    Pastikan juga apakah ada isinya berupa code atau tidak. Jika tidak, maka anda harus memperbaikinya file tersebut dan mengetikan code tertentu, jika anda menggunakan wordpress, anda tinggal upload ulang file index dari file wordpress anda.
  3. Nama Domain yang sudah kadaluarsa (Expire date)
    Sebenarnya tidak ada waktu kadaluarsa dari domain, jika anda membayarnya tepat waktu. Jadi, hal ini terjadi karena anda terlambat memperpanjang domain tersebut. Oleh karenya jangan pernah terlambat memperpanjang domain anda. Jika anda tidak memperpanjang domain tepat waktu, maka domain tersebut akan dikunci dan diarahkan sebuah halaman (halaman parking). Pada masa ini sebenarnya anda masih bisa memperpanjang domain dengan harga normal. Namun setelah masuk ke masa delete, maka harga perpanjangan domain akan sangat mahal. Solusi dengan cara memperpanjang domain anda tersebut hingga beberapa waktu ke depan (minimal 1 tahun)
  4. IP anda terblokir Server
    Website anda tidak bisa diakes di internet bisa juga karena IP Komputer anda terblokir oleh server. Blokir ini bisa terjadi karena beberapa hal berikut :
    1) Salah Login CPanel/Webmail,FTP/SSH hingga berulang-ulang
    2) Terlalu sering me-refresh browser
    3) Terdeteksi melakukan tindakan spam
    4) Hacking
    5) DOS Attack
    6) Port Scan
  5. Komputer anda terinfeksi Virus
    Internet banyak mendatangkan manfaat, namun pada saat yang sama juga masalah. Saat ini banyak sekali program jahat yang mencoba untuk menghalangi komputer anda untuk mengakses internet.
  6. Kesalahan mengedit File .htaccess
    Kesalahan dalam menulis kode di .htacces juga bisa menyebabkan website anda tidak bisa diakses. Oleh karenanya, ketika anda ingin merubah kode-kode yang terdapat di htaccess, pastikan anda melakukannya dengan benar atau lakukan backup file tersebut terlebih dahulu.
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update