Informasi Kenaikan Harga Domain .COM (2023)

Informasi Kenaikan Harga Domain .COM (2023)

Jika Anda memiliki atau berencana mendaftarkan domain .COM, ada pengumuman penting yang perlu Anda ketahui. Verisign, pihak yang bertanggung jawab untuk mengelola domain .COM telah mengumumkan bahwa mereka akan menaikkan harga domain ini mulai September 2023. Ini akan memengaruhi Anda yang ingin melakukan perpanjangan dan transfer domain. Kenaikan harga ini juga diperkirakan akan terus berlanjut pada tahun 2026 hingga 2029. 

Kenapa Harga Domain Naik?

Sebagai salah satu ekstensi domain yang paling terkenal dan banyak digunakan di Internet, domain .COM kini menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan, organisasi, dan individu. Keputusan Verisign untuk menaikkan harga kemungkinan besar akan memengaruhi industri domain. 

Kenaikan harga merupakan bagian dari perjanjian antara Verisign dan Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), yang mengatur pendaftaran domain. Sebagai operator registri untuk .COM, Verisign memiliki wewenang sesuai dengan parameter perjanjian untuk menaikkan harga. Akibatnya, para registrar domain seperti IDCloudHost harus mengubah harga secara proporsional untuk menyesuaikan kenaikan ini.

Menjelang bulan September, industri domain dipenuhi dengan rumor tentang kenaikan harga .COM yang akan datang. Kenaikan ini memengaruhi semua perpanjangan domain dan transfer domain di semua registrar. Ini merupakan kenaikan harga ketiga dalam kurun waktu 3 tahun ini, yang menunjukkan bahwa kenaikan harga tambahan akan terjadi antara tahun 2026 dan 2029. Kenaikan harga untuk domain .COM akan mulai berlaku pada tanggal 1 September di setiap tahun kenaikan.    

Kenaikan 7% dari harga standar diperkirakan tidak terlalu besar. Namun, kenaikan yang tampaknya tidak signifikan ini pun dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Hal ini tentunya mempengaruhi pengguna, terutama bagi mereka yang memiliki banyak domain atau yang berniat mendaftarkan domain baru. 

Amankan Domain .COM Anda Sebelum 1 September 2023

Jika Anda memiliki domain .COM, tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah memperbarui domain Anda sebelum kenaikan harga diberlakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mengunci harga saat ini untuk tahun-tahun mendatang, sehingga terhindar dari potensi kenaikan di masa mendatang. Ini merupakan tindakan yang bijaksana untuk mengamankan identitas online situs web Anda sekaligus menghindari biaya tambahan dalam jangka panjang.

Bagi Anda yang berencana mendaftarkan domain .COM baru, disarankan untuk melakukannya sebelum kenaikan harga pada tanggal 1 September 2023. Dengan bertindak proaktif, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari harga yang lebih rendah dan memastikan usaha online Anda terlindungi secara finansial. 

Jika Anda merupakan pelanggan IDCloudHost yang ingin memperpanjang atau melakukan transfer domain .COM, Anda akan dikenakan biaya Rp 170.000,-/tahun mulai 1 September 2023. Terdapat kenaikan harga Rp 10.000,- dari harga sebelumnya yakni Rp 160.000,-/tahun. Sementara itu, jika Anda ingin membeli domain .COM baru, akan dikenakan biaya Rp 145.000,-/tahun.

Mempertimbangkan Ekstensi Domain Alternatif

harga domain .com naik

Meskipun domain .COM tidak diragukan lagi sangat populer, kenaikan harga dapat mendorong beberapa individu dan bisnis untuk mencari ekstensi domain alternatif. Selama bertahun-tahun, industri domain telah berkembang, dan banyak ekstensi baru, seperti .NET, .ORG, .ID, dan masih banyak lagi, yang telah tersedia. Alternatif ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan, terutama jika kenaikan harga .COM melebihi anggaran Anda atau jika domain .COM yang Anda inginkan sudah diambil. 

Perpanjang Domain Anda Sekarang! 

Perpanjang domain Anda sekarang atau beli domain baru dengan Layanan Domain IDCloudHost yang aman, terjangkau, dan merupakan registrar langsung PANDI. Untuk tetap menjadi yang terdepan di dunia digital ini, bersikap proaktif dan mengambil keputusan yang tepat tentang investasi domain Anda sangatlah penting. Baik Anda memiliki domain .COM atau berencana untuk mendaftarkannya, Anda juga bisa menggunakan PROMO BUNDLING DOMAIN .COM + HOSTING dari IDCloudHost berikut ini. Jangan sampai kehabisan!

Bundling Domain Kemerdekaan

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update