Ini Dia Aplikasi Cloud Terbaik!

Ini Dia Aplikasi Cloud Terbaik!

Di era digital ini, banyak sekali data yang harus disimpan di internet. Tak hanya data personal, data sebuah perusahaan pun kini sudah banyak disimpan melalui internet. Penyimpanan data melalui internet ini dapat dilakukan menggunakan penyimpanan cloud. Penyimpanan cloud menggunakan aplikasi dan ada beberapa aplikasi cloud terbaik yang bisa menunjang penyimpanan data digital Anda.

Aplikasi cloud tak hanya menjadi fenomena namun juga telah menjadi kebutuhan. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan aplikasi cloud sebab lebih mudah dan efisien. Maka dari itu, untuk Anda yang sedang mencari aplikasi cloud untuk menunjang data digital, di bawah ini akan dipaparkan lebih lanjut perihal aplikasi cloud. 

Mengenal Apa Itu Cloud?

Mari kita simak apa itu Cloud? Cloud computing atau lebih dikenal secara lebih luas sebagai ‘cloud’ adalah layanan penyedia hosting internet yang dapat digunakan untuk menyimpan, mengunduh, mengunggah, mengelola, dan mengoperasikan data di internet oleh penggunanya. Secara lebih singkat, dengan cloud fitur seperti jaringan, penyimpanan data, aplikasi, alat keamanan, dan pengembangan dapat digunakan tanpa memerlukan komputer lokal atau server lokal.

Walaupun hadir secara virtual, cloud sendiri sebenarnya adalah sekumpulan server fisik yang berlokasi pada satu pusat data. Di dalam server-server tersebut tersimpan ribuan sampai jutaan data cloud para pengguna. Tak heran memang, pengguna layanan cloud memang sudah merajalela banyaknya. Tercatat melalui Gartner, pada tahun 2021 saja pengguna layanan cloud naik 23,1% sebanyak $332.3 miliyar daripada tahun 2020 yang hanya $270 miliyar. Maka tak heran pusat server cloud pun sudah memiliki banyak titik data center sekarang. 

Rekomendasi Aplikasi Cloud Terbaik 

cloud vps

Dari sekian banyaknya kebutuhan akan penyimpanan cloud, tentu saja kita harus mencari aplikasi cloud yang paling terbaik. Dengan aplikasi cloud terbaik, data-data yang disimpan pun dapat dipastikan aman dan tidak akan bocor ataupun terkena virus. Maka di bawah ini akan dipaparkan lebih lanjut rekomendasi aplikasi cloud terbaik.

  • Microsoft Azure

Pertama kali dirilis pada tahun 2010, Microsoft Azure adalah rekomendasi aplikasi cloud yang pertama. Aplikasi ini menyediakan layanan cloud seperti computing, analisis tool, networking, hingga penyimpanan data. Microsoft Azure memiliki ukuran penyimpanan yang besar, progres pemindahan data yang cepat, juga keamanan dan privasi data yang kuat. Fitur ini bisa didapatkan secara gratis atau juga bisa melalui langganan premium pada aplikasi. 

Selain berlangganan fitur, Microsoft Azure juga memiliki layanan ‘pay as you go’ dimana pada layanan ini biaya yang dikenakan akan bergantung pada seberapa besar size yang digunakan dan juga fitur yang dipakai. Sehingga fitur-fitur dan ukuran penyimpanan pun dapat digunakan secara maksimal. 

  • Dropbox

Aplikasi ini adalah aplikasi yang paling terkenal di antara aplikasi cloud lainnya. Dropbox adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan dan juga individu untuk menyimpan data mereka secara digital. Dropbox bisa menyimpan data digital secara gratis hingga batas maksimal penyimpanan sebanyak 2 GB.

Selain layanan gratis, dropbox juga memiliki layanan premium berbayar. Dropbox jenis ini dikenal dengan dropbox bisnis. Dropbox bisnis ini bisa menyimpan data secara terkelola dan terintergasi pada semua aspek perusahaan. Selain itu, dropbox bisnis juga memiliki fitur HelloSign yang mana bisa mengirim dokumen yang ingin ditandatangani dengan mudah. 

  • OneDrive

Aplikasi cloud terbaik selanjutnya adalah OneDrive. Pengguna OneDrive bisa mengunggah dan melakukan sinkron pada berkas ke penyimpanan awan. Kemudian akses pun bisa dilakukan secara mudah melalui peramban. OneDrive adalah layanan dari Microsoft dan adalah bagian dari Windows Life. Selain penyimpanan, OneDrive juga memungkinkan penggunanya untuk membagikan berkasnya kepada kontak yang ada ataupun membagikannya kepada umum. 

OneDrive teritegrasi secara langsung dengan Microsoft 365. Tak hanya itu, OneDrive juga bisa digunakan oleh perangkat dengan sistem operasi Windows, Mac, Android, maupun iOS. OneDrive hadir dalam versi gratis maupun berbayar. Untuk versi berbayarnya, penyimpanan hanya dibatasi hingga sebesar 5 GB. Sedangkan untuk versi berbayar hadir dengan harga yang beragam, OneDrive premium terbuka mulai dari harga 30.000 Rupiah saja perbulan. 

  • MEGA

Aplikasi selanjutnya ialah MEGA. MEGA ini ialah layanan cloud berbasis web. Aplikasi MEGA untuk telepon pun juga tersedia pada Windows Phone, iOS, dan Android. MEGA ini diluncurkan oleh Kim Dotcom pada 19 Januari 2013. MEGA sendiri berbasis di Auckland, Selandia Baru. 

MEGA dikenal dengan keamanan datanya, dimana semua file akan dienskripsi sebelum diunggah. Dengan proses enkripsi ini, maka tidak ada orang yang bisa mengakses file secara sembarangan. MEGA menyediakan penyimpanan hingga 50 GB untuk penyimpanan gratis dari akun baru. Untuk penyimpanan premiumnya MEGA menyediakan penyimpanan hingga 8 TB.

  • Amazon Web Services

Aplikasi cloud satu ini sangat cocok digunakan untuk para pebisnis yang menggunakan web untuk pengoperasian bisnis mereka. Amazon Web Service ini menawarkan layanan berupa IaaS (Infrastructure as a Service) dan juga PaaS (Platform as a Service). 

Tak hanya itu, aplikasi cloud ini juga dilengkapi dengan Elastic Cloud Compute atau EC2, Elastic Beanstalk, Simple Storage Service atau S3, dan Relational Database Service atau RDS. Untuk fiturnya, Amazon Web Services ini menawarkan layanan cloud gratis sealam 12 bulan atau selama masa trial. Pembayaran penggunaan premium pun dapat dimulai setelah masa trial habis. 

  • Google Cloud

Google Cloud merupakan layanan Cloud dari Google yang menawarkan aplikasi virtual yang bisa menyimpan data dan file penting berbasis cloud. Sama seperti Amazon Web Services, Google Cloud juga memiliki fitur IaaS dan PaaS. Selain itu juga Google Cloud memiliki teknologi canggih berupa Big Query, Container Engine, serta App Engine.  Maka dari itu, sudah dapat dipastikan bahwa Google Cloud dapat menyimpan dan membantu mengolah data penggunanya dengan aman. Google Cloud dapat digunakan secara gratis oleh penggunanya. 

  • Tresorit

Aplikasi cloud terbaik satu ini menekankan pada keamanan data dan enkripsi data bisnis maupun personal. Tresorit masih tergolong pemain baru dalam industri cloud sehingga wajar saja namanya masih awam didengar.  Aplikasi ini berbasis di Swiss dan Hungaria. Walaupun tergolong baru, Tresorit sendiri sangat terkenal dengan tingkat keamanan data yang tinggi. 

Bahkan pada tahun 2013 dan 2014, sebuah kontes peretasan diadakan oleh Tresorit dengan imbalan $10.000. Kontes ini menargetkan peserta untuk bisa meretas kode enkripsi data sehingga bisa masuk ke server mereka. Tapi nihil, bahkan ketika hadiahnya mulai dinaikkan hingga $50.000, tak ada satupun yang bisa memecahkan enkripsi data mereka. Tresorit sendiri menawarkan penyimpanan sebesar 1 GB untuk pengguna baru. Selain penyimpanan gratis, Tresorit juga menawarkan penyimpanan berbayar. 

  • Cloud VPS

Aplikasi cloud terbaik selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Cloud VPS dari IDCloudHost. Cloud VPS merupakan layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data yang fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda. Selain itu, salah satu keunggulan dari Cloud VPS bisa dilihat dari layanan penyimpanan S3 yang dapat digunakan sebagai object storage yang memungkinkan Anda untuk melakukan manajemen file, back-up atau restore, dan archives dengan praktis

Penutup

Memang sudah lumrah bagi kita untuk menyimpan data secara online. Selain karena mudah, menyimpan data di cloud jauh lebih aman daripada di perangkat lokal. Anda tidak perlu bingung mencari berbagai jenis aplikasi cloud untuk digunakan ya. Cukup lihat rekomendasi aplikasi cloud terbaik yang sudah kami sajikan diatas, untuk membantu Anda menentukan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan. 

IDCloudHost sebagai penyedia layanan cloud dan infrastruktur nomor 1 di Indonesia menyediakan layanan full cloud access terbaik yang menjamin keamanan data yang fleksibel dengan kemudahan konfigurasi sesuai kebutuhan Anda. Yuk coba Cloud VPS sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update