Mengenal Jenis CMS dan Platform CMS Terpopuler

Mengenal Jenis CMS dan Platform CMS Terpopuler

Di zaman sekarang membuat konten di website menjadi semakin mudah, bahkan untuk meluncurkan sebuah website tidak ada tuntutan untuk mengetahui dan menguasai coding. CMS atau Content Management System bisa membantu Anda untuk meluncurkan website dan mengelola konten dari CMS. Semua orang bisa menggunakan CMS dengan mudah sehingga Anda tidak perlu menambah ahli IT untuk membantu Anda memasukan konten ke dalam website.

CMS adalah salah satu cara praktis dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Jika Anda merupakan pengusaha baru yang ingin mengembangkan usaha Anda dengan membuat website dan mengelola konten, Anda bisa menggunakan CMS ini sebagai alternatif untuk membuat website dan mengelola konten Anda sendiri.

Anda juga tidak perlu ragu untuk menggunakan CMS, terlebih jika Anda seorang pemula. CMS ada yang bersifat open-source dan gratis digunakan oleh siapa pun. Meskipun gratis, banyak layanan CMS yang menyediakan fitur-fitur yang sangat beragam. Bagi Anda yang penasaran tentang CMS, Anda harus menyimak artikel ini sampai habis karena akan dibahas detail mengenai jenis-jenis CMS dan rekomendasi CMS.

 

Definisi CMS dan Jenis-jenisnya

 

Platform CMS atau disebut juga sebagai platform sistem manajemen konten merupakan perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengelola konten dan membuat situs web dengan mudah. Biasanya, halaman web ditulis dalam bahasa pemrograman HTML, JavaScript, dan CSS. Jika Anda ingin membangun situs web tanpa platform CMS, maka Anda perlu mempelajari bahasa-bahasa ini dan menulis banyak kode. Maka dengan adanya platform CMS memecahkan masalah ini dengan memungkinkan Anda membuat situs web tanpa menulis kode atau belajar pemrograman. Kecuali jika Anda mencari CMS yang ramah pengembang yang berarti Anda sudah harus tahu bagaimana caranya untuk coding. Ada beberapa jenis-jenis tipe dari CMS, berikut diantaranya.

  • Component Content Management System

    CMS ini mengelola konten berulang di berbagai dokumen, sering direvisi, dan diterjemahkan ke berbagai bahasa. Konten disimpan dalam blok penyusun yang dapat digunakan kembali yang dapat dengan mudah dicocokkan dan dicampur untuk membuat dokumen.

  • Web Content Management System

    Web content management system ini membantu membuat dan memelihara halaman web tanpa memerlukan keterampilan teknis yang tinggi. Ini menggunakan templat yang membentuk struktur situs web. Editor atau penulis dapat menambahkan gambar, konten, dan video ke dalam template yang kemudian dipublikasikan ke situs.

  • Document Management System

    Document Management System memungkinkan penyimpanan dan pelacakan dokumen yang efisien dalam format digital, untuk memungkinkan file-file ini diubah dan dipelihara oleh banyak pengguna pada satu waktu. Ini membantu bisnis untuk menyimpan dan mengelola file MS dan PDF dengan mudah.

  • Digital Asset Management System

    CMS ini digunakan untuk mengelola file media seperti video, foto, dan konten multimedia dan grafis lainnya. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengelola kumpulan media yang besar sambil mengelola daftar metadata yang sangat besar pada setiap aset ini untuk membuatnya sangat mudah untuk menemukan media yang memenuhi kriteria tertentu.

  • Custom CMS

    Custom CMS atau CMS kustom adalah aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tertentu yang terkait dengan pembuatan, penyimpanan, pengaturan, dan publikasi konten digital. Sistem manajemen custom CMS dapat mencakup komponen berikut:
    a) Manajemen dokumen.
    b) Manajemen arsip (dokumen untuk tujuan hukum).
    c) Manajemen aset digital (audio, video, konten grafis).
    d) Manajemen konten web

 

Baca Juga  :      Perbedaan Halaman Page dan Post pada CMS WordPress yang Perlu diketahui

 

Daftar Contoh Platform Populer CMS

Jenis/Tipe CMS (Content Management System) dan Daftar Contoh Platform Populernya
 

Setelah Anda mengetahui Definisi CMS dan jenis-jenisnya, sekarang Anda pasti penasaran dengan platform apa saja yang bisa Anda daftarkan untuk menggunakan CMS ini. Berikut adalah contoh platform populer CMS yang banyak digunakan baik profesional maupun pemula.

 

WordPress

Daftar pertama ditempati oleh WordPress(dot)org yang merupakan pilihan nomor satu untuk platform CMS terbaik yang merupakan software CMS paling populer di dunia, dan mendukung sekitar 42% dari semua situs web di internet. Berikut detail dari WordPress dan kelebihannya.

  1. WordPress menyediakan layanan WordPress.org dan WordPress(dot)com. WordPress(dot)org adalah CMS open source gratis yang awalnya dirancang untuk blogging, tetapi sekarang digunakan oleh semua jenis situs web atau toko online. Sementara WordPress(dot)com adalah platform hosting blog.
  2. Ada ribuan tema dan plugin WordPress yang tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Ini memungkinkan Anda menambahkan segala macam tambahan yang berguna ke situs Anda, seperti formulir kontak, galeri foto, dan masih banyak lagi.
  3. WordPress dirancang dengan sangat baik untuk optimasi mesin pencari (SEO). Sangat mudah untuk membuat URL, kategori, dan tag yang ramah SEO untuk posting Anda. Anda juga dapat memilih dari banyak plugin SEO untuk membantu Anda berbuat lebih banyak.
  4. Ada komunitas besar dan suportif di sekitar WordPress, karena ini adalah CMS open source dimana WordPress sendiri tidak memerlukan biaya apa pun. Dapatkan dukungan WordPress Hosting terbaik dari IDCloudHost yang dimulai dari Rp 5.000 saja.

 

Baca Juga  Panduan :      Cara Migrasi dari Digital Ocean Spaces ke Object Storage IS3 IDCloudhost (Studi Kasus : CMS WordPress)

 

Joomla

Joomla adalah platform CMS open source gratis populer lainnya yang hadir dengan banyak template dan ekstensi berbeda yang walau gratis untuk digunakan, tetapi Anda memerlukan hosting dan nama domain. Berikut serba-serbi dari Joomla yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  1. Pertama kali dirilis pada tahun 2005, Joomla dikemas dengan fitur, dan banyak web host menawarkan instalasi 1 klik.
  2. Merupakan platform CMS yang ideal untuk pengembang dan pembuat situs web yang profesional yang bisa digunakan siapa pun, Anda dapat menggunakannya bahkan jika Anda tidak bisa coding sama sekali.
  3. Sangat mudah untuk mengedit konten Anda karena Joomla adalah open source, dan ada banyak dukungan komunitas yang tersedia jika Anda memerlukan bantuan.
  4. Anda dapat menggunakan Joomla untuk menjalankan toko e-niaga karena ada ekstensi yang tersedia untuk ini. Meski Joomla merupakan platform CMS gratis, namun Anda tetap harus membayar untuk nama domain dan hosting web yang mendukung Joomla.

 

HubSpot CMS

HubSpot CMS Hub adalah sistem manajemen konten terintegrasi yang dirancang khusus untuk marketer dan pemilik bisnis. Berikut kelebihan HubSpot CMS yang bisa Anda pertimbangkan.

  1. HubSpot dibangun di atas platform CRM HubSpot yang mencakup semua jenis otomatisasi mulai dari pemasaran, penjualan, layanan, dan alat operasi, maka CMS Hub adalah solusi ideal untuk bisnis yang sedang berkembang serta perusahaan besar yang mencari sistem all-in-one untuk mengelola situs web mereka.
  2. Untuk pengembang, ada fungsi tanpa server, opsi tema fleksibel, dan alat baris perintah, sehingga Anda dapat membuat perubahan dan menyesuaikan aset lebih cepat.
  3. CMS Hub dilengkapi dengan fitur keamanan bawaan, termasuk CDN global dan Firewall Aplikasi Web bersama dengan tim keamanan khusus untuk menjaga situs Anda aman dari serangan DDoS, peretas, dan anomali lainnya.
  4. HubSpot CMS terintegrasi dengan mulus dengan alat pemasaran email dan CRM penjualan mereka, sehingga Anda dapat merampingkan alur kerja operasional Anda Hub CMS hadir dalam tiga tingkatan yakni Pemula, Profesional, dan Perusahaan dengan biaya tersendiri pula.

 

SiteGround

Mungkin tidak sepopuler WordPress, tapi SiteGround adalah pilihan yang baik karena platform ini juga memiliki paket hosting Joomla khusus dengan banyak fitur praktis dengan beberapa kelebihan seperti :

  1. Menawarkan yang terbaik dalam dukungan pelanggan, waktu aktif, keamanan, dan kecepatan.
  2. Pencadangan dan pemulihan harian gratis di semua paket dan layanan dan fitur cocok untuk pemilik situs web baru dan berpengalaman.

 

Baca Juga  Panduan  :     Cara Install CMS WordPress, Joomla, dll di Plesk Hosting Menggunakan Softaculous

 

Kesimpulan dan Penutup

Istilah Content Management System (CMS) telah menjadi sangat populer di hampir semua kalangan developer atau pemilik bisnis. Apabila dijelaskan dalam istilah paling dasar, definisi Content Management System adalah sistem yang banyak digunakan untuk mengelola dan menyimpan konten perusahaan. Namun, ada berbagai jenis sistem manajemen konten dan setiap jenis mengelola konten untuk tujuan atau alasan yang berbeda.

Anda bisa memilih jenis-jenis CMS berdasarkan kebutuhan Anda, selain itu Anda bisa juga memilih platform CMS mana yang terbaik bagi usaha bisnis Anda atau kebutuhan Anda. Memilih dengan bijak CMS dapat membantu Anda mengembangkan bisnis yang Anda jalani, serta dapat mempermudah Anda dalam mengelola konten.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update