Joomla : Panduan Lengkap dan Cara Menginstal Templatenya

Joomla : Panduan Lengkap dan Cara Menginstal Templatenya

Mengingat perkembangan teknologi saat ini, jika Anda ingin memiliki sebuah website yang memiliki konten seperti tutorial, blog harian, berjualan online atau apapun tujuannya maka terdapat banyak opsi yang dapat Anda coba lakukan. Salah satunya dengan menggunakan CMS atau Content Management System. Adapun CMS sendiri merupakan sebuah sistem software yang memungkinkan Anda untuk membuat, mengelola, dan mengoptimalkan konten digital Anda.

Bisa dikatakan kalau CMS merupakan sebuah alat yang dapat Anda gunakan untuk membangun sebuah website tanpa memerlukan kemampuan coding yang kompleks. Bahkan sebagian besar CMS juga memberikan kemudahan bagi Anda dengan menawarkan penggunaan editor yang bersifat sesuai dengan yang ingin Anda tampilkan kepada pengunjung dan pembaca Anda.

Dengan bantuan editor ini berarti Anda akan mendapatkan tampilan atau output yang sama persis di website seperti yang Anda lihat di editor. Terdapat banyak layanan CMS yang dapat Anda gunakan di internet, salah satu yang popular adalah Joomla. Pada artikel ini, akan dijelaskan apa itu Joomla, apa saja fiturnya, dan bagaimana cara menginstal template pada Joomla yang memudahkan Anda untuk langsung memperoleh tampilan website dari template yang tersedia.

 

Mengenal CMS Populer Joomla

 

Joomla adalah sebuah CMS (Content Management System) yang digunakan oleh banyak orang dan bersifat open-source dimana dengan begitu Joomla dapat Anda gunakan secara gratis. Joomla akan membantu penggunanya untuk membangun sebuah website yang dinamis dengan antarmuka yang memudahkan Anda untuk menggunakan fitur dan fungsionalitas dengan maksimal tanpa memerlukan kemampuan coding yang kompleks.

Perlu diketahui bahwa Joomla ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL sebagai database penyimpanan data dengan teknik object-oriented programming. Selain itu, CMS Joomla menggunakan salah satu desain arsitektur web yang populer saat ini yaitu MVC (Model-View-Controller) dimana ini berarti website Anda memiliki struktur kode yang lebih mudah di maintain karena dibagi menjadi 3 bagian utama dengan fungsionalitasnya masing-masing.

Setiap model bertanggung jawab untuk mengatasi request ke database dan mengirimkan hasilnya, View bertugas untuk memberikan hasil yang diterima ke antarmuka user, dan Controller bertugas untuk menghubungkan dan mengelola request dan hasil dari Model dengan View. Pada framework Joomla, setelah View telah menghasilkan output, komponen memberikan kembali kontrol ke framework yang kemudian akan mengeksekusi template.

 

Baca Juga  :       WordPress VS Drupal VS Joomla : Manakah yang Lebih Baik dan Lebih Tepat?

 

Fitur dan Dukungan Terbaik yang Ditawarkan Joomla

Dengan persaingan antar CMS diluar sana, banyak pengguna yang juga memilih menggunakan Joomla karena fitur serta dukungannya yang kuat yang berguna dalam membangun website. Di bawah ini adalah fitur serta dukungan penting yang ditawarkan CMS Joomla kepada para penggunanya :

  • Kemampuan membuat website yang responsif

    Salah satu aspek yang penting dalam membangun website saat ini adalah agar website dapat terlihat responsif. Ini karena banyak orang yang telah terbiasa untuk berselancar di internet melalui smartphone. Oleh karenanya Anda membutuhkan website yang dapat berfungsi dengan baik di perangkat apapun tanpa memperhatikan ukurannya. Joomla menawarkan Anda website yang sepenuhnya responsif, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang tampilan website Anda yang kacau di perangkat tertentu.

  • Sangat mudah dipahami dan digunakan

    Joomla mudah digunakan karena menawarkan editor yang memungkinkan Anda mengelola konten website pada editor dan hasil output Anda juga akan sama seperti pada editor Joomla. Selain itu, Joomla selalu menghadirkan pembaruan dengan fitur dan fungsi baru yang akan memudahkan pekerjaan Anda.

  • Dukungan keamanan yang kuat

    Joomla dapat Anda gunakan secara gratis, namun bukan berarti Joomla tidak aman. Dalam membangun sebuah website, keamanan adalah salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan yang karenanya Joomla memberikan Anda two factor authentication untuk menghindari kemungkinan website terkena hack. Ini juga berarti selama Anda menjaga keamanan data Joomla Anda, Anda akan dapat memulihkan website Joomla yang diretas

  • Menawarkan banyak pilihan bahasa

    Jika Anda tidak mengerti bahasa Inggris, maka fitur ini bisa menjadi merupakan sebuah fitur yang sangat bermanfaat dikarenakan Joomla mendukung 75 bahasa di dunia yang dapat Anda pilih sesuai keinginan Anda.

  • Dukungan forum yang kuat

    Anda dapat mempelajari tentang Joomla, ataupun ketika Anda memiliki masalah yang menghambat Anda akan menemukan kesempatan mendapatkan jawaban yang lebih besar karena telah banyak diskusi pada forum yang dimiliki Joomla.

 

Baca Juga  :    Jenis/Tipe CMS (Content Management System) dan Daftar Contoh Platform Populernya

 

Cara Menginstal Template Joomla

Joomla : Panduan Lengkap dan Cara Menginstal Templatenya
 

Sebuah template menjadi faktor penting yang akan menarik pengunjung dan pembaca sebuah situs web atau blog. Maka berkaca pada pentingnya menggunakan template yang sesuai, ini menjadi salah satu tipe ekstensi Joomla yang dapat mengubah tampilan dari website Anda menjadi lebih menarik. Terdapat dua jenis template yang digunakan oleh Joomla yaitu template front-end dan template back-end.

Jenis template frontend digunakan untuk mengubah tampilan website yang dapat dilihat oleh user, sedangkan template backend digunakan untuk mengontrol fungsi manajemen seperti menu, user, category, dan sebagainya. Dengan menggunakan template yang disesuaikan dengan audience Anda dengan baik, Anda dapat membangun website yang bagus tanpa memiliki keahlian tertentu dalam desain web.

Hanya saja, sebelum memilih template yang ingin Anda install, Anda perlu memastikan bahwa template tersebut akan cocok atau sesuai dengan versi Joomla, kemudian Anda akan menginstal dan mengaktifkan template di sistem Joomla, dan akhirnya dapat digunakan. Untuk mempermudah penggunaannya, Joomla juga meringkas cara untuk menginstal template tanpa banyak kerumitan berarti.

Sedangkan untuk menginstal template pilihan Anda ke Joomla, apabila Anda sudah mempunyai template tersebut, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana berikut untuk menginstal dan mengaktifkan template Joomla dengan langkah cepat :

  • Langkah pertama, Anda memerlukan untuk login ke control panel Joomla dengan menginputkan username dan password
  • Klik “extensions” pada bar bagian atas, kemudian klik “Manage” dan pilih “Install”
  • Tampilan akan diarahkan ke halaman Install, Anda perlu untuk melakukan klik pada “Upload Package File”
  • Lakukan upload file template yang telah Anda download yang biasanya berformat zip dengan mengklik “Choose File” lalu arahkan directory ke penyimpanan template dan pilih file template Anda. Terakhir klik tombol “Upload & Install” berwarna biru. Dengan begitu instalasi telah selesai.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa Itu WordPress Hosting, Fitur- Fitur dan Keunggulan Terbaiknya

 

Setelah selesai menginstal template Joomla, Anda perlu untuk mengaktifkan template tersebut agar akhirnya dapat digunakan pada website Anda. Langkah mudahnya seperti berikut :

  • Klik “Extensions” pada bar bagian atas, lalu klik “Template Manager”
  • Tandai centang pada nama template yang Anda install, lalu klik tombol bintang di kiri atas dengan tulisan “Make Default” sehingga berubah warna menjadi orange. Ini berarti template telah diaktifkan dan menjadi template yang digunakan website Anda saat ini.

 

Baca Juga  Panduan :     Tutorial Cara Menginstall CMS Joomla di Ubuntu

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam membangun sebuah website saat ini terdapat banyak opsi yang memudahkan Anda membuat, mengelola, dan mengoptimalkan konten digital Anda yaitu dengan menggunakan CMS (Content Management System). Menggunakan CMS memberikan Anda kemungkinan untuk membuat website dengan penyediaan editor yang memiliki output pada website yang sama ketika Anda menggunakannya.

CMS sendiri juga menawarkan banyak layanan yang salah satu yang popular dan sering digunakan oleh banyak orang adalah Joomla. Joomla adalah sebuah CMS (Content Management System) yang digunakan oleh banyak orang dan bersifat open-source. Fitur dan dukungan yang tersedia pada Joomla memungkinkan Anda untuk membangun sebuah website yang dinamis tanpa perlu memiliki pengetahuan coding yang kompleks.

Ditambah lagi, penggunaan template yang memudahkan Anda untuk secara langsung mendapatkan tampilan ataupun kontrol back-end tanpa melakukan sketch dari awal, menjadikan Joomla salah satu CMS yang patut Anda coba ketika membangun website Anda sendiri.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update