Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Untuk pengguna yang mempunyai website yang besar, atapun yang sedang mencari hosting dengan kapasitas yang banyak, maka dedicated hosting bisa menjadi pertimbangan. Namun tentu saja sebelum membeli dedicated server kelebihan dan kekurangan dedicated server pun harus diketahui. Tanpa adanya hosting, sebuah website tidak akan bisa beroperasi. 

Hosting yang besar seperti dedicated server ini berguna untuk menyimpan data-data, aplikasi, serta file penting yang ada pada website. Kinerja dan performa website yang baik pun dapat didukung dengan hosting. Maka di artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang dedicated server dan juga kelebihan dan kekurangan dedicated server untuk website. Maka dari itu, yuk simak isi artikel di bawah ini. 

Mengenal Dedicated Server 

Dedicated server merupakan sebuah layanan hosting yang servernya dimiliki oleh pengguna secara keseluruhan. Bisa dibilang bahwa pengguna memiliki satu server dan juga semua isi yang ada pada server tersebut. Fasilitas yang bisa didapatkan contohnya seperti RAM, CPU, bandwidth, data center, dan juga lainnya. 

Dedicated server ini biasa digunakan pada bisnis yang membutuhkan resource yang banyak, salah satunya ialah bisnis skala besar seperti e-commerce. E-commerce sendiri membutuhkan penyimpanan data yang besar serta performa yang lebih stabil sebab traffic yang tinggi, maka dari itu dedicated server cocok untuk e-commerce. 

Kelebihan dan Kekurangan Dedicated Server

Setelah mengetahui apa itu dedicated server, maka selanjutnya kita akan bahas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan yang ada pada dedicated server. Tentu saja hal ini akan dapat membantu pengguna memilih apakah mereka akan menggunakan dedicated server atau tidak. 

Kelebihan dedicated server

Kelebihan dedicated server

Dilihat sekilas dari pengertiannya, dapat dilihat bahwa dedicated server memiliki banyak manfaat. Tak hanya itu saja, di bawah ini kita pun akan membahas kelebihan dari dedicated server. 

  • Bisa Digunakan Oleh Semua Bentuk Perusahaan Bisnis

Baik kecil maupun besar, dedicated server bisa digunakan dengan efisien. Untuk pebisnis yang memiliki website bisnis yang sudah berjalan lama dengan trafik yanh sudah mulai konsisten banyaknya, maka penggunaan dedicated server ini memang sudah yang paling tepat. 

Bahkan jika website masih dalam skala kecil, namun sudah berjalan lama sekalipun, dedicated server pun juga sangat tepat untuk digunakan. Ini karena dengan menggunakan dedicated server, performa dan kinerja website dapat meningkat pesat sehingga website pun bisa semakin maju. 

Website-website seperti website media berita online, website e-commerce, website pemerintahan, website pendidikan, hingga website perusahaan adalah contoh-contoh website yang direkomendasikan untuk menggunakan dedicated server. Hal ini karena pada website-website tersebut traffic yang masuk banyak dan juga membutuhkan lebih banyak sumber daya. 

  • SEO yang Bisa Dioptimasikan

Kelebihan dedicated server selanjutnya ialah terletak pada optimasi SEO nya. Bagaimana bisa terjadi? Jadi dikarenakan website tidak mengalami lemot dan terus dalam keadaan stabil dengan menggunakan dedicated server, maka akses pengunjung pun akan terus lancar sehingga website muncul terus di laman pertama mesin pencarian. 

Dengan begitu pula angka bounce rate website pun akan minim. Website yang stabil juga lebih memungkinkan untuk dimunculkan di laman teratas pada SERP Google. Maka tak heran jika menggunakan dedicated server, SEO website pun akan teroptimasi dengan mudah. 

  • Jarang Terjadi Downtime dan Error

Masalah downtime dan error dapat diatasi dengan mudah dengan dedicated server. Pun dedicated server memiliki uptime server yang baik. Jadi website bisa terhindar dari downtime maupun error. 

Downtime sendiri sangat merugikan bagi website, yaitu saat dimana website tidak bisa diakses bagi dari front-end maupun back-end. Error pun juga sama merugikannya bagi website. Contoh pesan error adalah seperti White Screen of Death, Error Establishing Database, Interneal Server Error, dan lain-lainnya. Jika hal ini terus terjadi maka pengunjung website akan beralih dan trafik pun akan menurun. 

  • Akses Kontrol Penuh Server Oleh Pengguna

Jika menggunakan dedicated server, maka fleksibelitas dan kebebasan pun akan menjadi nilai utama yang didapatkan pengguna. Layanan hosting yang ada pada dedicated server hanya diperuntukkan untuk satu orang saja, itu makanya pengguna mendapatkan akses penuh kepada semua yang ada id dalam server. 

Melalui kemudahan ini pula, pengguna dapat dengan mudah melakukan konfigurasi server sesuai kebutuhan website. Salah satu contohnya adalah seperti memilih sistem operasi dan spek hardware sesuai kebutuhan. 

  • Memiliki Resource yang Besar

Dalam memilih layanan hosting, performa website kita tentu saja akan menjadi pertimbangan. Karena dengan performa website yang stbail maka trafik pun akan semakin banyak. Kelebihan dari dedicated server satu ini akan menunjang performa website pengguna. 

Dengan resource yang besar pada website pun akan semakin stabil, aman, cepat, serta andal untuk diakses. Resource yang besar ini dapat dinikmati dikarenakan pengguna dedicated server akan menggunakan seluruh resource yang ada tanpa harus berbagi. 

  • Keamanan yang Lebih Ketat

Kelebihan dan keamanan dedicated server dari segi kelebihan selanjutnya ialah tingkat proteksi keamanan data pada dedicated server lebih terjaga. Database dan aplikasi dari pelanggan juga bisa dijaga keamanannya dengan ketat. Alamat IP pun tidak akan dibagikan dengan orang lain sebab dedicated server yang hanya digunakan oleh satu user saja. Maka dari itu pula ancaman, malware, virus, hacking, dan kebocoran data pun minim terjadi. 

Kekurangan Dedicated Server

Kekurangan Dedicated Server

Kelebihan dan kekurangan dedicated server selanjutnya akan kita bahas dari segi kekurangannya. Memang semuanya tak sempurna, maka di bawah ini akan dipaparkan kekurangan dari dedicated server. 

  • Biaya yang Mahal

Kekurangan pertama terletak pada harga dedicated server yang mahal. Biaya yang perlu dipersiapkan untuk berlangganan dedicated server adalah sekitar 2 juta hingga 7,5 juta tiap bulannya. 

Jika dibandingkan dengan hosting lain tentu saja biaya ini sangat mahal. Tapi ini sebanding dengan fasilitas yang didapatkan, mengingat pengguna akan mendapatkan server secara keseluruhan. 

  • Perlunya Pengetahuan Terkait Server

Dedicated server menggunakan sistem hosting self-managed. Ini artinya pengguna harus belajar dan tau cara melakukan konfigurasi serta pemeliharaan server. 

Bagi pengguna yang awam dengan dunia IT, direkomendasikan untuk menggunakan jasa teknisi profesional. Atau bagi perusahaan bisa juga merekrut orang-orang yang ahli di bidang IT.

  • Memakan Banyak Waktu

Pada dedicated server, pengguna dituntut agar tau cara melakukan pemeliharaan sendiri. Proses pemeliharaan konfigurasi hosting dan pemantauannya memang dilakukan bisa dari jarak jauh, namun karena dilakukan secara pribadi, maka tentu ini akan menguras banyak waktu. 

Penutup

Dedicated server memang sangat bermanfaat untuk membawa website Anda menjadi lebih berkembang dan menjadi lebih baik. Walaupun begitu, untuk semakin meyakinkan Anda dalam menggunakan dedicated server, tentu kelebihan dan kekurangan dedicated server perlu diketahui. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda bisa menentukan hosting terbaik bagi website Anda.

IDCloudHost sebagai provider hosting terbaik pertama di Indonesia menyediakan layanan dedicated server yang dapat mendukung website Anda. Yuk, tingkatkan website Anda dengan IDCloudHost!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update