5+Situs Freelancer Terbaik 2023

5+Situs Freelancer Terbaik 2023

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan jam kerja yang fleksibel? Jika iya, sudah saatnya Anda beralih profesi menjadi seorang freelancer. Bukan menjadi rahasia umum lagi, profesi freelancer akhir-akhir ini banyak diminati oleh sebagian besar orang karena modal yang dibutuhkan hanyalah smartphone atau laptop serta koneksi internet. Hanya dengan modal ini, Anda bisa melakukan pekerjaan Anda dimana saja. Tapi tenang, pada artikel ini Anda akan mendapatkan 5+ situs freelancer terbaik. Silahkan simak artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Freelancer

Website Freelance adalah salah satu platform yang digunakan untuk menemukan lowongan pekerjaan dengan pencari kerja. Sebagai profesi yang tidak mengharuskan Anda terikat dengan pihak atau perusahaan mana pun, freelancer juga menjadi pekerjaan yang menantang, apalagi kalau Anda hanya mengetahui sedikit referensi dari situs-situs freelancer yang beredar di internet.

Beberapa cara untuk menarik perhatian klien agar tertarik dengan jasa yang Anda tawarkan yakni dengan membuat profil menarik, mencantumkan rating dari proyek klien sebelumnya, dan juga memberikan portofolio serta tawaran promo yang menarik. Jika sudah menyiapkan beberapa hal diatas, Anda hanya perlu memilih website freelancer yang sesuai dengan skill yang dimiliki.

Keuntungan menjadi Freelancer

Banyak orang-orang yang lebih memilih menjadi seorang freelancer karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Dengan menjadi seorang freelancer, maka Anda bisa memperoleh beberapa keuntungan antara lain sebagai berikut:

1. Tidak Terikat Oleh Jam Kerja

Sesuai dengan pengertian freelancer, menjadikan pekerjaan ini menawarkan keuntungan berupa tidak terikat oleh jam kerja. Sebab pekerjaan ini tidak dinilai berdasarkan kehadiran Anda, tetapi dari hasil pekerjaan Anda. Dengan demikian pekerjaan ini sangatlah cocok bagi Anda yang mempunyai kendala lokasi atau waktu. Selain itu, freelancer juga sangat cocok bagi Anda tidak menyuka brikrasi di kantor dan kehidupan formal, seperti di kantor.

2. Bebas untuk Bekerja

Keuntungan menjadi seorang freelancer berikutnya yaitu Anda bebas bekerja dimana saja dan kapan saja. Terlebih di zaman yang serba modern seperti saat ini tentu akan semakin mempermudah Anda dalam menyampaikan hasil kerja dari mana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet.

3. Melakukan Hobi yang Dibayar

Kebanyakan freelancer melakukan pekerjaan freelance yang masih berkaitan dengan hobinya, seperti fotografi, menulis, desain grafis dan sebagainya. Hal ini tentu akan membuat Anda semakin bersemangat untuk melakukan hobi tersebut karena juga akan mendatangkan pundi-pundi Rupiah

5+ Situs Freelance Terbaik 2023

Kumpulan Situs Freelancer Terbaik dan Terlengkap di Indonesia
Bagi Anda yang berminat untuk mencoba pekerjaan freelance, Anda bisa mencari informasinya melalui situs freelancer. Berbagai situs freelancer terbaik saat ini menawarkan beragam lowongan pekerjaan freelance yang terupdate. Supaya Anda bisa memperoleh informasi terkini seputar lowongan freelancer, berikut daftar situs freelancer yang bisa Anda jadikan sebagai referensi

1. Upwork

Upwork adalah platform freelance global terbaik berbasis cloud dengan jumlah pengguna yang sangat besar. Situs ini memberikan berbagai tool untuk mendukung karir Anda sebagai freelancer seperti: ruang kolaboratif, pembuat invoice bawaan, dan proses rekrutmen yang transparan. Platform ini bisa digunakan oleh bisnis dari berbagai ukuran dan tingkat keterampilan freelancer yang berbeda.

Anda dapat melakukan penyaringan dan pencarian pekerjaan freelance sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Upwork juga mempunyai fitur penilaian yang memudahkan Anda untuk mengidentifikasi klien mana yang terpercaya dan mana yang sebaiknya dihindari.

Selain itu, terdapat fitur komunikasi dalam bentuk chat dan voice call yang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan klien. Platform ini juga mendukung fitur group chat yang berguna dalam proyek besar. Biasanya jenis pekerjaan yang bisa didapatkan berupa desain website, brand marketing, dan pemrograman

Keunggulan:

  • Jumlah pengguna upwork yang besar. Terdapat banyak tawaran freelance melalui situs ini
  • Memiliki fitur penilaian, sehingga dapat menjadi acuan dalam menilai mana klien yang terpercaya dan mana yang harus dihindari
  • Mempunyai fitur chat dan voice call yang memudahkan komunikasi dengan klien

Kekurangan:

  • Proses seleksi yang memakan waktu cukup lama, dan biaya layanan yang cukup tinggi

2. Freelancer Indonesia

Freelancer Indonesia adalah salah satu situs portal kerja freelance Indonesia yang terbesar. Platform ini merupakan freelancer versi Indonesia, yang merupakan startup asal Australia. Situs ini telah mengklaim sudah terhubung lebih dari 57 juta pengguna terdaftar, serta 21 juta total pekerjaan yang telah terpasang.

Melalui situs ini, Anda dapat menemukan berbagai proyek mulai dari informasi dan teknologi (IT), desain, marketing, jasa penerjemah, sampai proyek jurnalistik. Untuk detail pekerjaannya pun dijelaskan pada setiap entri proyek. Anda bisa melihat deskripsi proyek, keahlian yang sedang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang telah melamarnya, serta berapa upah untuk pekerjaan tersebut.

Salah satu fitur unik yang ditawarkan adalah Anda bisa menawar bayaran untuk mengerjakan proyek yang sedang dikerjakan. Selain proyek, platform ini juga menawarkan kontes di mana Anda bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien.

Sebelum Anda bergabung dengan Freelancer Indonesia, pastikan Anda mempunyai kartu kredit atau akun PayPal karena pembayaran dilakukan menggunakan kedua platform ini. Biasanya jenis pekerjaan yang didapatkan dari situs ini berupa: Desain, penulisan, marketing, pengembangan web, administrasi bisnis, konsultasi, dan berbagai bidang lainnya.

Keunggulan:

  • Memiliki 57 juta pengguna terdaftar dengan 21 juta total pekerjaan yang terpasang
  • Terdapat banyak pilihan pekerjaan dengan 1800 kategori yang berbeda
  • free trial hingga 8 kali pengajuan proposal. Sehingga, Anda dapat mencoba terlebih dahulu sebelum membayar menjadi pengguna

Kekurangan:

  • Pembayaran hanya dapat dilakukan menggunakan kartu kredit atau akun PayPal

3. Projects.co.id

Project.co.id merupakan salah satu situs freelance terbaik selanjutnya. Di Projects, Anda bisa menemukan pekerjaan freelance di berbagai bidang informasi teknologi, media sosial, Search Engine Optimization (SEO), dan berbagai cabang pemasaran digital lainnya. Selain pekerjaan freelance online, Anda juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital seperti lisensi software, ebook, desain kaos, desain website, dan masih banyak lagi.

Fitur unik dari situs ini adalah dengan adanya program afiliasi. Jadi, jika Anda mengajak klien untuk mendaftar dan bertransaksi dengan URL referral milik Anda, Anda akan mendapatkan komisi berkisar antara 10 persen hingga 20 persen dari harga proyeknya. Biasanya jenis pekerjaan yang didapatkan dari situs ini kebanyakan di bidang teknologi.

Keunggulan:

  • Merupakan situs freelance terbaik dan terpercaya di Indonesia
  • Bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital
  • Terdapat program afiliasi yang bisa mendapatkan intensif tambahan dari transaksi melalui URL referral

Kekurangan:

  • Kontrol keamanan yang tidak terlalu ketat
  • Tampilan situs yang terlihat membingungkan

4. Fiverr

Website freelance pertama yang populer saat ini bahkan lingkupnya sudah seluruh dunia. Fiverr menyediakan berbagai jenis pekerjaan freelance dan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill Anda serta mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien sebagai pekerja freelance online. Menariknya, melalui Fiverr Anda dapat menunjukkan proyek yang telah diselesaikan agar calon pemberi kerja bisa memilih siapa pun yang menarik perhatiannya. Biasanya pengembangan web, digital marketing, media sosial

Keunggulan:

  • Situs freelance yang pertama sehingga digunakan oleh banyak orang
  • Tersedia berbagai jenis pilihan pekerjaan dan course online
  • Mempunyai fitur chat untuk melakukan penawaran personal

Kekurangan: biaya komisi tinggi, proses pembayaran lama

5. PeoplePerHour

PeoplePerHour memungkinkan para profesional di seluruh dunia menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi mereka. Platform ini mengoptimalkan berbagai alat yang dibutuhkan oleh tugas lepas. Platform ini Menampilkan banyak fitur yang mencakup diantaranya tampilan proposal, perpesanan dalam aplikasi, manajemen akun, dan pembuatan faktur. PeoplePerHour hadir dalam paket berbeda seperti pembayaran bulanan, satu kali, dan berbasis kutipan atau dapat disesuaikan dengan freelancer individu.

Keuntungan:

  • Pendaftaran gratis tanpa biaya apapun sehingga Anda bisa langsung daftar
  • Tersedia sistem penilaian agar dapat bersaing dengan pengguna lainnya

Kekurangan: 

  • Penawaran gratis dibatasi hingga 15 per bulan

6. Sribulancer

Sribulancer adalah situs freelance asal Indonesia untuk mempertemukan freelancer yang membutuhkan pekerjaan. Bagi para freelancer pemula akan terbantu untuk memperoleh koneksi sekaligus mengenali skillnya. Sribulancer berbagai jenis pekerjaan seperti video, fotografi, penerjemah, entri data, dan lainnya yang dapat Anda jadikan sebagai sumber penghasilan sampingan atau tetap.

Bahkan situs freelancer terbaik satu ini ini juga memberikan garansi uang kembali bagi klien apabila freelancer telah melanggar aturan yang telah ditetapkan. Sribulancer menyediakan opsi pembayaran dengan sistem transfer bank.. Selain bisa dicoba secara gratis, situs ini juga bisa melakukan pembayaran atau gaji secara lebih mudah melalui transfer bank bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit.

Keunggulan:

  • Direkomendasikan untuk pemula freelancer
  • Memberikan garansi uang kembali bagi klien
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank, sehingga cocok untuk orang Indonesia

Kekurangan: 

  • Metode verifikasi harus menunggu selama 24 jam

7. Sribu

Berbeda dengan situs freelance yang lainnya, situs satu ini hanya fokus menyediakan jasa desain. Jadi, bagi Anda yang jago desain, platform ini akan sangat cocok untuk Anda.Klien yang ada di Sribu umumnya mencari jasa desain untuk membuat desain logo, konten, product package, website dan aplikasi, serta desain baju dan merchandise. Situs freelance satu ini sudah terkenal di kalangan perusahaan nasional, mulai dari Pertamina, DHL, TransTV, hingga Telkomsel.

Keunggulan:

  • Situs freelance khusus desain, cocok untuk desainer
  • Target pasar lebih spesifik, dengan berbagai jenis pilihan desain
  • Tersedia sistem kontes untuk menambah portofolio dan mendapatkan hadiah dari Sribu

Kekurangan:

  • Lowongan yang tersedia hanya khusus desain

Penutup

Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia freelance, sebaiknya pilih situs freelancer terbaik yang cocok bagi pemula seperti Sribulancer dan Projects.co.id. Kemudian sesudah Anda berpengalaman dan profesional dengan dunia freelance, maka Anda bisa mencoba bergabung dengan situs freelancer internasional. Sehingga skill dan portofolio Anda sebagai orang freelancer akan semakin meningkat. Hal ini sangat bagus untuk kemajuan karir Anda di bidang freelance.

Bekerja sebagai seorang freelancer kini tidak lagi dipandang sebelah mata. Sebab pekerjaan satu ini menawarkan penghasilan yang sangat menjanjikan. Selain itu, Anda tidak perlu terikat oleh tempat maupun jam kerja sehingga pekerjaan menjadi lebih fleksibel. Jadi jangan ragu untuk bergabung menjadi seorang freelancer melalui berbagai situs freelancer terbaik yang sudah dijelaskan di atas.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update