Lebih Waspada Terhadap Domain Website Penipuan

Lebih Waspada Terhadap Domain Website Penipuan

Belakangan ini marak sekali terjadi penipuan yang dilakukan oleh berbagai pihak terkait rekruitment yang mengatasnamakan suatu perusahaan besar yang ada di Indonesia. Beberapa perusahaan besar yang sering menjadi sasaran bagi pengguna adalah seperti Chevron Pasific Indonesia (Official Website : www.chevronindonesia.com/careers/) dan PT Badak NGL (Official Website : badaklng.co.id). Hal ini sering terjadi mengingat banyak sekali pelaporan yang terjadi dengan korban yang tidak sedikit juga.

Untuk Checron Pasific Indonesia sendiri mengumumkan melalui website Resminya terkait Pengumuman Waspada penipuan Rekrukment yang pada intinya Adalah :

  • Chevron tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi Karyawan
  • Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi dan lolos ke tahap berikutnya akan tetap dihubungi serta diundang secara resmi oleh Chevron melalui email dengan domain “@careers.chevronindonesia.com” atau “chevron.com” (contoh: [email protected] atau [email protected])

Sebagai pembelajaran bagi kita bersama, pastikan sebelum Anda mendapatkan informasi terkait rekruitment, bisa mengklarifikasi beberapa hal berikut :

  • Pastikan Anda mengakses melalui Website Official Perusahaan, seperti chevronindonesia.com bukan chevron.com atau chevronpasificindonesia.com
  • Teliti lagi email perusahaan, terkadang ada yang masih menggunakan Gmail.com atau yahoo (contoh [email protected]) atau menggunakan email dengan domain perusahaan yang salah (bukan menggunakan email dari official website) seperti : [email protected].
  • Bila anda dipanggil untuk test, wawancara dan sebagainya, kemudian dinyatakan lulus perhatikan apakah anda dimintakan uang atau tidak. Jangan pernah melayani segala permintaan uang dari si pemberi kerja apapun alasannya, misalnya untuk biaya training, penempatan lokasi, jaminan dan seterusnya, karena itu adalah indikasi nyata penipuan.
  • Jika perusahaan meminta dana pendaftaran hal yang anda perlu waspadai adalah memastikan nama penerimanya dari perusahaan yang bersangkutan, misalnya dari IDcloudHost atas nama PT Cloud Hosting Indonesia, atau yang terdaftar resmi pada website IDCloudHost adalah (Roful Zama Sentosa dan Alfian Pamungkas Sakawiguna) – Baca : Metode Pembayaran di IDCloudHost.

Demikian Tips yang bisa IDCloudHost berikan terkait hal ini, bagi pengguna yang menggunakan domain IDCloudHost dan terindikasi melakukan penipuan maka tim IDCloudHost akan melalukan suspended permanen terhadap akun dan domain (Tidak ada Refund).

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update