Long Tail Keyword: Strategi Tingkatkan Traffic!

Long Tail Keyword: Strategi Tingkatkan Traffic!

Seringkali kita mendengar bahwa untuk memaksimalkan SEO pada sebuah website harus menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat. Hal ini berhubungan dengan relevansi kata kunci yang kemudian akan ditampilkan pada mesin pencari. Sehingga tidak heran, jika orang-orang terkadang mengetikkan keyword agar hasil pada Google lebih memuaskan. Tapi tahukah Anda? Ternyata ada banyak jenis keyword salah satunya adalah long tail keyword. Simak penjelasannya dibawah ini!

Apa Itu Long Tail Keyword?

Long tail keyword adalah sebuah kata kunci yang singkat hanya terdiri dari dua atau lebih kata. Kata kunci ini sering disebut sebagai keyword yang spesifik dan memiliki volume yang kecil. Long tail keyword biasa digunakan pada artikel website agar lebih mudah mendapatkan ranking di hasil pencarian Google.

Biasanya, kata kunci panjang digunakan pada pencarian seperti tutorial,pencarian toko,jual beli dan lain sebagainya. Meski volume kata kunci ini kecil tetapi penggunaan kata kunci yang spesifik membuat long tail keyword melakukan penargetan untuk semua kata kunci yang benar-benar dicari oleh pengguna. Oleh karena itu, sebagian besar artikel website menggunakan jenis ini agar lebih efektif.

Baca Juga: Perbedaan Long Tail Keyword dan Short Tail Keyword dalam SEO

Manfaat Long Tail Keyword

Ini dia beberapa manfaat dari long tail keyword yang perlu untuk Anda ketahui.

  • Mengoptimalkan Strategi pada Blog

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan jenis kata kunci ini adalah dapat mengoptimalkan artikel yang ada pada blog Anda. Apalagi sebagai pemilik website atau blog Anda perlu meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Maka salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan kata kunci panjang untuk konten artikel tulisan Anda.

  • Meningkatkan Conversion Rate

Sebagian besar orang mencari melalui kata kunci ini ketika sudah siap untuk melakukan sebuah pembelian. Misalnya saja Anda bisa membedakan antara kata kunci Cloud VPS dengan Cloud VPS Terjangkau di Indonesia. Pada kata kunci pertama bisa saja pengguna ingin mencari pengertian Cloud VPS. Namun pada keyword yang kedua pengguna cenderung mencari yang lebih spesifik mengenai Cloud VPS dengan harga terjangkau. Artinya kemungkinan besar mereka sudah berniat untuk membeli Cloud VPS tersebut.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Conversion Rate Fungsi, Manfaat dan Contohnya

  • Mempersonalisasi Konten

Terakhir manfaatnya adalah membantu personalisasi konten. Dalam membuat artikel dikenal artikel utama,artikel pendukung dan sebagainya. Dengan menggunakan long tail keyword Anda bisa membuat konten yang bertujuan untuk mendukung serta menaikkan brand awareness dari blog atau layanan Anda, sehingga bisa meningkatkan blog atau website milik Anda.

Karakteristik Long Tail Keyword

Agar semakin mengetahui perbedaannya, simak beberapa karakteristiknya yang ada di bawah ini.

  • Terdiri dari 3 sampai 5 Kata

Karakteristik pertama adalah dari jumlah katanya yang terdiri dari 3-5 kata saja. Nah dari beberapa kata inilah nantinya akan membentuk sebuah topik yang spesifik untuk keyword pada artikel atau konten website maupun blog.

Baca Juga: Panduan Keyword Research SEO Website

  • Volume Rendah

Identiknya jenis keyword yang satu ini adalah dari segi volume pencariannya yang dikatakan rendah. Meski kata kunci yang panjang spesifik, akan tetapi terkadang pengguna tidak terlalu sering untuk mencarinya di mesin pencarian.

  • Persaingan Rendah

Selain volumenya, ternyata kata kunci yang lebih panjang ini memiliki karakteristik persaingan yang rendah. Mengapa demikian? Karena biasanya semakin kurang populernya keyword maka akan berpengaruh pada persaingan yang rendah di Google.

  • Konversi Tinggi

Semakin spesifiknya sebuah kata kunci, maka hasil penelusurannya akan menjawab apa yang ditanyakan oleh pengguna. Maksudnya adalah pengguna yang mencari menggunakan kata kunci panjang, nantinya Google akan memberikan hasil pencarian sesuai kata kunci tersebut. Inilah alasan kenapa tingkat konversi pada jenis kata kunci ini tinggi.

Bagaimana Cara Mencari Long Tail Keyword?

long tail keyword

Seperti yang sudah dipaparkan diatas bahwa kara kunci panjang memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya berbeda dari kata kunci lain. Lantas bagaimana cara untuk mencari long tail keyword untuk meningkatkan traffic website? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan “Penelusuran Terkait”

Saat Anda mencari sebuah kata kunci yang pendek,jika halaman tersebut di scroll ke bagian bawah Anda pasti menemukan bagian yang bernama “Penelusuran terkait”. Nah biasanya bagian tersebut bisa digunakan untuk mencari long tail keyword. Langkah berikutnya, Anda hanya harus memasukkan kata kunci yang Anda inginkan lalu selesai. Anda sudah mendapatkan kata kunci panjang yang Anda cari.

2. Manfaatkan box “Orang Juga Bertanya”

Selain penelusuran terkait, Anda bisa memanfaatkan box “Orang Juga Bertanya” untuk mencari kata kunci panjang. Biasanya didalam kotak tersebut berisi pertanyaan terkait yang dicari oleh pengguna. Misal Anda mencari kata kunci digital marketing. Pada box “Orang Juga Bertanya” nantinya akan muncul pertanyaan terkait seperti tugas digital marketing,skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital marketing dan masih banyak lagi.

3. Gunakan Answer The Public

Anda bisa menggunakan bantuan tools untuk mencari kata kunci lebih panjang salah satunya dengan Answer The Public. Tools ini nantinya akan membantu Anda untuk mencari keyword dalam bentuk pertanyaan yang lebih spesifik dengan 5W+1H. Apalagi Anda hanya perlu menuliskan keywordnya saja. Mudahkan?

4. Manfaatkan Google Autocomplete

Sesuai dengan namanya Google Autocomplete merupakan salah satu fitur yang bisa memberikan Anda long tail keyword secara langsung dari Google. Cara menggunakannya pun mudah, Anda hanya perlu mengetikkan keyword yang ingin Anda cari. Setelahnya berbagai pilihan kata kunci panjang pun muncul.

5. Gunakan Berbagai Jenis Tools

Kami merekomendasikan untuk Anda berbagai tools yang bisa digunakan untuk mencari long tail keyword. Seperti Semrush,Google Trends,Aharefs dan tools lainnya. Anda bisa menyesuaikan tools diatas dengan kebutuhan untuk jenis konten serta topik yang sedang Anda cari.

Baca Juga: 7 Tools Digital Marketing yang Wajib Anda Ketahui

6. Kunjungi Komunitas Online

Komunitas online seperti yang ada pada facebook atau quora menjadi tempat yang relevan untuk Anda mencari sebuah topik. Hal ini disebabkan, komunitas online pasti memiliki anggota yang sangat banyak dimana mereka berinteraksi untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan masing-masing. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mencari long tail keyword.

Penutup

Singkatnya long tail keyword adalah kata kunci yang spesifik dan memiliki volume yang kecil. Bagi Anda yang ingin meningkatkan traffic blog atau website dengan menggunakan kata kunci panjang. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai keyword tersebut. Kemudian, pastikan Anda sudah bisa menentukan apa saja karakteristik dari kata kunci panjang. Setelah itu, mulailah mencari kata kunci lebih panjang ini dengan beberapa tips diatas yang sudah kami sajikan.

Berbicara mengenai long tail keyword pasti berhubungan dengan website, jika aktivitas dari website Anda sudah cukup tinggi, Anda perlu menggunakan layanan full cloud access yang bisa menampung banyak traffic. Tanpa harus berbagi server dengan penyewa lainnya. Nah, Anda bisa menggunakan layanan cloud VPS dari IDCloudHost yang menjamin keamanan data secara fleksibel. Dengan kemudahan konfigurasi,layanan support yang bisa diandalkan untuk solusi segala kebutuhan Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update