Manfaat Penerapan Strategi SEM untuk Bisnis

Manfaat Penerapan Strategi SEM untuk Bisnis

Tahukah Anda bahwa Google sebagai search engin raksasa dunia menangani sekitar 3,5 miliar pencarian setiap hari? Bahkan bila saat ini jika Anda tidak menggunakan mesin telusur untuk memasarkan bisnis, maka Anda kehilangan sejumlah besar potensi eksposur. Namun begitu ternyata eksposur bukan satu-satunya hal yang datang dengan pemasaran mesin pencari atau Search Engine Marketing (SEM).

Pemasaran mesin pencari sendiri melibatkan pemanfaatan hasil dari mesin pencari untuk mempromosikan situs web Anda yang dilakukan terutama melalui penggunaan strategis iklan berbayar di mesin pencari. Adapun SEM sendiri merupakan iklan yang muncul di bagian atas Google setiap kali anda menelusuri sesuatu yang juga membantu mengenalkan brand, produk dan layanan lebih luas lagi.

Dengan kelebihannya ini SEM berbeda dari strategi pemasaran internet populer lainnya seperti optimisasi mesin pencari, atau SEO. Pemasaran SEO mencoba meningkatkan lalu lintas web secara organik. Namun, pengoptimalan mesin telusur masih merupakan bagian penting dari strategi pemasaran apa pun . Memang, SEO dan SEM sering digunakan bersamaan untuk meningkatkan lalu lintas web untuk bisnis.

 

Mengenal Apa Itu Strategi SEM (Search Engine Marketing)

 

 

Search Engine Marketing (SEM) adalah proses yang mempromosikan visibilitas situs web Anda di mesin pencari. Menyertakan SEM dalam bauran pemasaran online memberi Anda keunggulan kompetitif nyata yang pada akhirnya akan menguntungkan bisnis itu sendiri. Disini Search Engine Marketing (SEM) melibatkan penerapan strategi pemasaran online dalam hal identitas merek situs web anda, untuk memastikan bahwa situs web terlihat di internet terutama dalam hal SEO, PPC, dan bentuk pemasaran internet lainnya seperti kampanye iklan spanduk. Selain itu Search Engine Marketing (SEM) juga melibatkan pengelolaan reputasi online anda dan sejumlah inisiatif pemasaran online lainnya. Pada dasarnya Search Engine Marketing sama dengan visibilitas online untuk brand dan bisnis.

Dimana SEM juga mencakup Search Engine Optimization (SEO), dan upaya periklanan berbayar seperti bayar per klik (PPC). Kedua upaya tersebut merupakan bagian dari rencana pemasaran mesin pencari yang efektif. Ada tiga manfaat utama yang akan dimiliki oleh rencana pemasaran mesin pencari yang tepat untuk bisnis Anda. Jika Anda menggunakan SEM dengan benar, pesan Anda akan menarik orang yang secara aktif mencari produk atau layanan Anda.

 

Baca Juga  :   Mengenal Apa Itu PPC (Pay-Per-Click) Advertising dan Cara Riset Keyword yang Efektif

 

Anda dapat menggunakan kata kunci yang spesifik untuk menggambarkan dan mewakili bisnis Anda karena jika orang- orang menelusuri istilah tersebut, bergantung pada jumlah yang Anda bayarkan per klik, iklan Anda akan muncul di hasil penelusuran mereka. Salah satu manfaat dari strategi bayar per klik adalah Anda hanya membayar lalu lintas yang benar-benar tiba di situs web Anda dimana ini adalah orang-orang yang siap membeli karena mereka secara aktif mencari produk Anda.

Maka disini Anda dapat menetapkan jumlah yang akan Anda bayar per klik yang mana ini mana saja mulaid dari beberapa sen hingga beberapa dolar, tergantung pada seberapa banyak persaingan yang ada untuk kata kunci tersebut. Jelas, semakin banyak persaingan, semakin mahal harganya. Anda juga dapat menetapkan batas harian dari apa yang ingin dibelanjakan untuk upaya PPC (Pay- per-Click) Anda yang akan membantu menjaga biaya pemasaran terkendali.

 

Baca Juga  :     6 Daftar Situs PPC terbaik di Indonesia

 

Cara Kerja dan Manfaat Penerapan Strategi SEM (Search Engine Marketing)

Manfaat Penerapan Strategi SEM (Search Engine Marketing) Untuk Bisnis
 

Ada banyak manfaat menggunakan SEM untuk bisnis Anda karena dengan meningkatkan kehadiran online, Anda juga meningkatkan kesadaran dan visibilitas merek. Hal ini akan mengarah ke prospek online dan menghasilkan penjualan yang jelas memungkinkan Anda menghasilkan uang dengan menjual produk dan layanan. Demikian pula, Anda dapat memberikan konten informasi untuk pengunjung, yang mungkin tidak dapat mereka temukan di tempat lain.

Sering juga pemilik bisnis sering bertanya-tanya mana bentuk pemasaran yang lebih baik untuk diinvestasikan SEO atau PPC. Namun, SEM sebenarnya bukan masalah teknik mana yang lebih baik, melainkan mana yang lebih sesuai dengan keadaan dan anggaran Anda saat itu. Anda mungkin akan menemukan bahwa pemasaran organik dan pemasaran berbayar layak untuk diinvestasikan, karena menggunakannya secara bersamaan akan membantu bisnis Anda berkembang lebih baik daripada jika anda hanya mengandalkan satu teknik dan mengabaikan pilihan Anda yang lain.

Adapun SEO organik sangat bagus untuk pertumbuhan jangka panjang, dan PPC sangat ideal untuk bisnis yang menginginkan hasil yang cepat. Banyak situs web dan pemilik bisnis memilih untuk memulai dengan SEO, karena seringkali lebih hemat biaya daripada taktik pemasaran lainnya. Secara statistik, 41% pemasar di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka mendapatkan ROI (Return on Investment) tertinggi dari SEO. Pada 2019, hasil mesin pencari organik menghasilkan 65% lalu lintas situs web. Ditambah dengan sekitar 64% pemasar sekarang menginvestasikan upaya ke SEO, yang berarti bahwa mayoritas pesaing anda dapat memanfaatkan salah satu metode pertumbuhan bisnis yang paling sukses.

 

Baca Juga   :    Pengaruh SEO (Search Engine Optimization) Pada Konten dan Kepentingannya Bagi Bisnis/Usaha

 

Dengan sedikit riset dan keterampilan dasar situs web, Anda bahkan dapat melakukan beberapa aspek SEO sendiri. Selain itu, lalu lintas yang didorong langsung dari penelusuran organik tidak dikenakan biaya apapun, sedangkan lalu lintas dari PPC dikenakan biaya untuk setiap klik.Karena dengan mengerjakan SEO yang berkualitas, Anda dapat menciptakan kredibilitas dan kepercayaan dengan mem-branding bisnis sebagai tempat yang bereputasi baik bagi pengunjung untuk menemukan produk dan pengetahuan yang Anda berikan.

Saat membuktikan kepada Google dan mesin pencari lainnya bahwa situs Anda harus diberi peringkat untuk kata kunci relevan yang secara akurat menggambarkan produk, Anda secara alami akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERP (Search Engine Result Page). Pengoptimalan organik bukanlah upaya cepat, tetapi saat anda membangun reputasi positif dan pertumbuhan kata kunci, lalu lintas secara alami akan meningkat pada gilirannya dan lebih cenderung konsisten.

Perlu juga dicatat bahwa peluang pencarian organik sekarang berkembang untuk memasukkan Google Shopping. Hasil organik dan berbayar Google Shopping adalah peluang penting bagi merek e-Commerce yang ingin meningkatkan jangkauan penjualan mereka menggunakan SEM. Dengan begitu manfaat penerapan strategi SEM untuk bisnis yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut :

  • Sangat terukur

    Alat yang digunakan untuk SEM memberikan laporan yang sangat rinci tentang evolusi kampanye, sehingga Anda dapat mengetahui setiap saat apa yang terjadi dengan iklan.

  • Pelacakan waktu nyata

    Dengan Google Analytics Anda dapat mengontrol semuanya dengan sempurna dan memperbaiki kursus secara instan jika Anda tidak mendapatkan hasil yang diinginkan.

  • Bayar per klik/Pay-per- click

    Membayar hanya jika Anda mendapatkan hasil dimana inia dalah yang baik agar Anda dapat mengontrol anggaran harian maksimum yang ingin diinvestasikan, serta biaya per klik maksimum. Dengan cara ini, kampanye menguntungkan dalam semua kasus.

  • Kecepatan

    Dibandingkan dengan teknik lain seperti SEO atau pemasaran konten, iklan mesin pencari menghasilkan hasil skala besar yang cepat.

  • Dalam jangkauan semua orang

    Karena investasi anggaran dapat diskalakan, SEM bekerja untuk semua jenis perusahaan. Mereka semua bersaing dengan pijakan yang sama untuk mencapai posisi teratas untuk kata kunci mereka.

  • Segmentasi

    Karena berorientasi pada kata kunci, ini menjangkau pengguna yang tertarik secara aktif yang mana ini dapat disaring oleh faktor-faktor seperti bahasa, perilaku, dll.

 

Baca Juga  :     Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisa dikatakan kalau SEM adalah tulang punggung bantuan pemasaran digital dan modern saat ini. Dengan begitu banyak pilihan dan aktivitas pelanggan yang lebih terfragmentasi, tantangan sebenarnya adalah memastikan Anda melibatkan pelanggan pada waktu yang tepat melalui perangkat yang tepat. Anda tidak lagi mampu untuk menempatkan semua dolar pemasaran ke dalam satu jaringan iklan pencarian.

Anda dapat mengikuti dan mempertimbangkan penjelasan diatas agar dapat memaksimalkan jangkauan, dampak, dan nilai kampanye penelusuran berbayar anda dengan hasil akhir. Maka perjuangan untuk sumber daya pemasaran akan jauh lebih mudah untuk dilakukan. Manfaatkan strategi SEM yang sesuai dengan kebutuhan dan bisnis Anda agar hasilnya lebih relevan lagi sesuai dengan target Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update