Memahami Apa Itu Cache, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

Memahami Apa Itu Cache, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya

Selama beberapa tahun terakhir, teknologi telah berkembang pesat sehingga kebiasaan dan kehidupan manusia berubah cukup drastis. Era digital telah banyak membantu kehadiran online sehingga siapa saja dan dari mana saja bisa tetap berhubungan dengan cepat tanpa batas. Ini membuat banyak kemudahan seperti situs web dan aplikasi bermunculan demi mengakomodir kebutuhan akan online.

Sementara itu, arsitektur perangkat lunak menjadi semakin kompleks dan jumlah penggunanya telah tumbuh secara eksponensial yang telah mewakili tantangan kinerja untuk aplikasi apa pun. Kinerja yang lambat dapat merusak kepercayaan pada sebuah situs web dan aplikasi karena akses yang lambat membuatnya ditinggalkan oleh pengunjung.

Untuk menghindari overhead dan mengurangi pengambilan data dan waktu pemrosesan telah menjadi keharusan, disinilah cache berperan. Cache akan membantu untuk website agar tetap dapat diakses dan menampilkannya dengan sempurna. Simak dan pahami apa itu cache, cara kerja dan tipe atau jenisnya di penjelasan singkat dibawah ini.

 

Memahami Pengertian Apa Itu Cache

 

Caching adalah mekanisme untuk meningkatkan kinerja semua jenis aplikasi. Secara teknis, caching adalah proses menyimpan dan mengakses data dari cache. Lalu cache itu sendiri adalah komponen perangkat lunak atau perangkat keras yang ditujukan untuk menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data yang sama dapat dilayani lebih cepat. Alasan utama mengapa caching dibuat adalah bahwa mengakses data dari memori persisten membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jadi, setiap kali data diambil atau diproses maka harus disimpan dalam memori yang lebih efisien. Ini yang disebut dengan cache memori yang dapat dianggap sebagai lapisan penyimpanan data berkecepatan tinggi yang tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kebutuhan untuk mengakses lapisan penyimpanan data yang lebih lambat. Agar hemat biaya dan efisien, cache harus relatif kecil, terutama jika dibandingkan dengan memori tradisional dan inilah sebabnya mengapa mereka biasanya diimplementasikan dengan menggunakan perangkat keras akses cepat seperti RAM (Random-Access Memory) ditambah komponen perangkat lunak.

Berkat cache, dimungkinkan untuk menerapkan mekanisme untuk secara efisien menggunakan kembali data yang diambil atau dihitung sebelumnya. Setiap kali permintaan baru tiba, data yang diminta dicari terlebih dahulu dalam cache. Sebuah hit cache terjadi ketika data yang diminta dapat ditemukan dalam cache yang sebaliknya, cache miss terjadi ketika tidak bisa. Membaca data yang diperlukan dari cache diasumsikan lebih cepat daripada menghitung ulang hasil atau membacanya dari penyimpanan data asli. Semakin banyak permintaan yang dapat dilayani dari cache, semakin cepat sistemnya.

 

Baca Juga  :    Tutorial Cara Mengatasi Error 403 Forbidden Pada Website

 

Cara Kerja Cache

Cache bekerja dengan cara menyimpan data untuk diakses kembali di memori perangkat. Kemudian data disimpan di memori komputer tepat di bawah unit pemrosesan pusat atau central processing unit (CPU). Data disimpan dalam beberapa lapisan, dengan tingkat cache utama dibangun ke dalam chip mikroprosesor perangkat, kemudian dua tingkat sekunder lagi yang memberi makan tingkat utama. Semua data ini disimpan hingga time to live (TTL), yang menunjukkan berapa lama konten perlu di-cache, kedaluwarsa, atau cache disk atau hard drive perangkat terisi. Biasanya data di-cache dalam dua cara, melalui cache browser atau memori atau melalui CDN seperti penjelasan di berikut ini :

  • Cache browser dan memori

    Cache memori menyimpan data secara lokal di komputer tempat aplikasi atau browser dijalankan. Saat browser aktif, sumber daya yang diambilnya disimpan dalam RAM (random access memory) atau di hard drive. Lain kali sumber daya diperlukan untuk memuat halaman web, maka browser akan menariknya dari cache daripada server jarak jauh, yang membuatnya lebih cepat untuk mengambil sumber daya dan memuat halaman.

  • CDN

    Caching adalah salah satu tugas CDN, yang menyimpan data di lokasi yang terdistribusi secara geografis untuk mengurangi waktu muat, menangani lalu lintas dalam jumlah besar, dan melindungi dari serangan siber. Permintaan browser dirutekan ke CDN lokal yang akan memperpendek jarak yang ditempuh data respons dan mentransfer sumber daya lebih cepat.

 

Baca Juga  :   Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

 

Tipe atau Jenis Cache

Memahami Apa Itu Cache, Cara Kerja dan Tipe/Jenisnya
 

Meskipun caching adalah konsep umum, namun ada juga beberapa jenis dari cache yang lebih umum diketahui mengingat ada banyak jenis mekanisme caching yang ada dalam komputasi untuk membantu mempercepat proses yang berbeda. Ketahui beberapa cache populer dibawah ini :

  • Cache CDN

    CDN (Content Delivery Network) ditujukan untuk menyimpan konten, seperti halaman web, stylesheet, skrip, dan file media, di server proxy. Ini dapat dilihat sebagai sistem gerbang antara pengguna dan server asal, menyimpan sumber dayanya. Saat pengguna membutuhkan sumber daya, server proxy memotongnya dan memeriksa apakah ada salinannya. Jika demikian, sumber daya segera dikirimkan ke pengguna dan jika tidak, permintaan diteruskan ke server asal.
    Server proxy ini ditempatkan di sejumlah besar lokasi di seluruh dunia, dan permintaan pengguna secara dinamis diarahkan ke yang terdekat. Dengan demikian, ini diharapkan lebih dekat dengan pengguna akhir daripada server asal, yang menyiratkan pengurangan latensi jaringan selain juga mengurangi jumlah permintaan yang dibuat ke server asal.

  • Situs Cache

    Situs Cache atau cache halaman menyimpan data situs web saat pertama kali halaman web dimuat. Setiap kali pengguna kembali ke situs web Anda, elemen yang disimpan dengan cepat diakses dan ditampilkan kepada pengunjung. Ini adalah jenis cache sisi klien, yang berarti bahwa semua elemen yang disimpan dikendalikan oleh pengguna akhir. Sebagai pemilik situs web,Anda harus mengetahui berapa lama konten tetap berada di cache.
    Jika halaman memiliki elemen yang tidak pernah berubah, Anda dapat mengatur tanggal kadaluarsa cache jauh di masa mendatang. Namun, elemen yang berubah secara teratur harus memiliki periode kadaluarsa yang lebih pendek sehingga diperbarui secara berkala. Lalu jika tidak, situs Anda akan terus menampilkan konten lama kepada pengguna yang memuatnya dari cache situs mereka, bahkan setelah Anda memublikasikan pembaruan konten sekalipun.

  • Cache Mikro (Micro Caching)

    Jenis caching lain yang mungkin tidak disadari oleh banyak pemilik situs web adalah caching mikro. Metode ini menyimpan konten untuk waktu yang sangat singkat yang biasanya menyimpan versi statis elemen dinamis hingga 10 detik. Karena ini adalah jenis cache situs, jenis cache ini dikendalikan oleh pengguna akhir dengan masukan terbatas dari pemilik situs web.
    Micro caching bukanlah jenis cache yang umum karena waktu penyimpanan yang singkat. Situs yang mendapat manfaat dari bentuk caching ini juga masuk ke dalam profil kecil yang biasanya lalu lintas tinggi dan menampilkan konten yang berubah dengan cepat, seperti grafik yang terus diperbarui di situs pertukaran mata uang dan saham.

 

Baca Juga  :    Cara Mempercepat Loading Blog / Website yang Efektif dan Mudah

 

Kesimpulan dan Penutup

Bisa dikatakan bahwa caching sangat penting karena memungkinkan pengembang untuk mencapai peningkatan kinerja mereka. Tentu saja baik pengguna maupun pengembang tidak menginginkan aplikasi membutuhkan waktu lama untuk memproses permintaan. Adapun bagi pengembang tentu saja ingin menerapkan versi aplikasi yang paling berkinerja sedangkan pengguna juga menginginkan aplikasi yang mereka gunakan bisa diakses dalam hitungan detik.

Pentingnya menawarkan kinerja tinggi sangat penting sehingga caching dengan cepat menjadi konsep yang tidak dapat dihindari dalam teknologi komputer. Ini berarti semakin banyak layanan yang menggunakannya, membuatnya praktis ada di mana-mana. Pengembang yang bersaing dengan banyaknya aplikasi di pasaran, dituntut untuk mengimplementasikan sistem caching dengan benar agar pengguna aplikasi mereka tidak meninggalkan aplikasi.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update