Memahami Apa Itu Copywriting dan Siapa Itu Copywriter

Memahami Apa Itu Copywriting dan Siapa Itu Copywriter

Apakah Anda menyadari, bahwa iklan, penjelasan produk dan caption di media sosial yang Anda baca adalah bagian dari copywriting? Copywriting sendiri adalah salah satu elemen paling penting dari setiap dan semua bentuk pemasaran dan periklanan. Tidak hanya secara visual, pemasaran harus juga mampu menarik minat siapa saja yang melihatnya dengan

Copywriting terdiri dari kata-kata, baik tertulis atau lisan, yang digunakan pemasar untuk mencoba membuat orang mengambil tindakan setelah membaca atau mendengarnya. Sejatinya copywriting seperti ajakan bertindak, tetapi dalam skala yang lebih besar seperti yang sering digunakan dalam iklan, contohnya ajakan untuk membeli produk yang di iklankan.

Sedangkan copywriter mencoba membuat orang merasakan, berpikir, atau merespons dari apa yang mereka tuliskan dalam kampanye iklan mereka. Berbeda dengan posting di blog dan content writer yang menulis ratusan kata dalam menjelaskan, katakanlah suatu produk, copywriter harus mampu melakukan hal yang sama dengan kata-kata pendek dan mudah dipahami dengan cepat.

 

Memahami Apa Itu Copywriting

Copywriting adalah keterampilan lain juga bidang pekerjaan yang bekerja menulis promosi penjualan dan materi pemasaran lainnya untuk produk, layanan, kampanye penggalangan dana, dan banyak lagi. Intinya, penulisan disini adalah membujuk orang untuk mengambil tindakan, apakah itu membeli sesuatu, memasukkan alamat email, menyumbangkan uang, mengklik tombol, dan lain-lain. Dalam hal memasarkan dan mengiklankan bisnis, copywriting adalah keterampilan penting yang harus dimiliki.

Bisa dikatakan kalau copywriting adalah seni membuat konten tertulis untuk tujuan pemasaran. Copywriter profesional melayani bisnis di hampir setiap industri dengan membantu perusahaan-perusahaan ini berkomunikasi secara efektif dengan audiens mereka. Ini dapat mencakup komunikasi B2B dan B2C, yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap klien dalam pemasaran mereka.

 

Mengenal Siapa Itu Copywriter

 

 

Tugas seorang copywriter adalah membuat salinan yang jelas dan menarik untuk menjual produk atau jasa dengan cara mendidik dan melibatkan konsumen, membuat penulisan persuasif di situs web, posting blog, deskripsi produk, blash email, iklan spanduk, buletin, landing page, platform media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Instagram, serta sarana komunikasi pemasaran lainnya. Pekerjaan ini mungkin juga memerlukan konsep brainstorming dan mengembangkan storyboard.

Disamping juga bekerja dengan pemasaran dan departemen kreatif lainnya untuk mengembangkan strategi komunikasi agar dapat memastikan pesan merek atau brand yang konsisten, termasuk suara dan nada, di seluruh media cetak, TV, radio, surat langsung, dan saluran komunikasi lainnya. Job desk copywriter adalah termasuk meneliti topik online atau melakukan wawancara, mencari tahu bagaimana menyampaikan ide kepada audiens tertentu, menulis dan mengedit salinan dan menemukan gambar yang tepat untuk menyertai konten yang sudah mereka tulis. Ini juga termasuk penulisan yang mengandung SEO.

 

Baca Juga  :     Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

Jenis Ragam Copywriting

Dalam artian yang lebih luas, copywriting adalah tugas menulis konten untuk periklanan dan pemasaran. Tidak selalu mudah untuk mendefinisikan copywriting secara lebih rinci, karena tugas ini dapat mengambil banyak bentuk. Orang sering berpikir secara eksklusif tentang konten internet dan email ketika mereka membahas copywriting, tetapi ini adalah asumsi pekerjaan yang tidak akurat. Faktanya, copywriting sudah ada lebih lama dari internet dan umum digunakan di periklanan model cetak.

Sebelum sebagian besar pemasaran perusahaan dilakukan secara online, copywriter membuat konten untuk pemasaran di majalah, surat kabar, brosur, dan surat. Copywriter juga menangani skrip untuk iklan radio dan televisi. Pekerjaan ini masih ada sampai sekarang, meskipun dalam kapasitas yang lebih terbatas karena sebagian besar copywriting telah pindah ke dunia digital. Seorang copywriter dapat membuat konten untuk satu atau banyak saluran pemasaran.

Tetapi beberapa copywriter mengkhususkan diri pada jenis salinan tertentu, seperti blog atau deskripsi produk. Lainnya bekerja dengan semua bentuk salinan tetapi mengkhususkan diri dalam menyediakan konten pemasaran untuk perusahaan tertentu, yang kemudian mereka akan membuat semua kampanye yang berlaku. Beberapa bidang yang terlibat dalam pekerjaan ini adalah :

 

  • Deskripsi atau keterangan produk
  • Entri blog dan konten situs web
  • Email Pemasaran
  • Buletin dan postingan media sosial
  • Skrip iklan, podcast, telemarketing, webinar dan skrip untuk video penjualan
  • Katalog dan brosur surat langsung
  • Video pelatihan internal

 

Baca Juga  :     Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya

 

Keahlian atau Skill yang Harus Dimiliki Oleh Copywriter

Memahami Apa Itu Copywriting dan Siapa Itu Copywriter
 

Ada beberapa keterampilan penting yang harus dimiliki seorang copywriter untuk unggul dalam pekerjaan mereka. Meskipun copywriting pada awalnya mungkin tampak seperti tugas langsung yang dapat ditambahkan oleh siapa pun di tim Anda ke beban kerja mereka, penting untuk dicatat bahwa pekerjaan ini memerlukan keahlian khusus jika Anda berencana untuk membuat salinan Anda menonjol di atas kompetisi. Setiap copywriter yang bekerja dengan Anda harus terampil dalam bidang-bidang berikut.

  • Penulisan

    Pertama dan terpenting, seorang copywriter harus memiliki keterampilan menulis yang luar biasa. Copywriter harus memahami dan mempelajari cara mematuhi manual gaya dan bekerja dengan panduan gaya. Untuk tujuan pemasaran, tulisan terbaik adalah ringkas dan dapat dimengerti. Sementara untuk penulisan deskripsi produk, penting bagi copywriter untuk membedakan karya mereka dari prosa yang bertele-tele.

  • Penelitian

    Seorang copywriter harus melakukan banyak penelitian untuk banyak proyek mereka. Ini berarti bahwa mereka harus tahu bagaimana menemukan, mengevaluasi, mengekstrak, dan mengatur informasi. Sebagian besar dari ini sekarang terjadi secara online, di mana bahaya terbesar adalah informasi yang tidak akurat atau salah mengartikan. Copywriter harus belajar di mana mereka dapat menemukan informasi yang dapat dipercaya, bagaimana menerjemahkan beberapa jargon teknis atau statistik yang rumit ini ke dalam konten yang dapat dibaca, dan bagaimana memeriksa fakta detail penting.

  • Kreativitas

    Membuat dan merangkai kata memang tidak mudah, terlebih lagi jika kata tersebut harus dapat atau mudah diingat, dicerna dan dipahami secepat mungkin. Peran kreativitas yang tinggi sangat dituntut dimana copywriter harus bisa membuat headline yang menarik yang akan membuat pembaca mengklik konten. Copywriter yang terampil juga berusaha untuk menemukan pendekatan baru untuk topik mereka.

  • SEO

    SEO adalah area yang berubah dengan cepat, jadi keahlian ini harus tumbuh dengan kecepatan yang sama. Dulunya, SEO sesederhana memilih dan menggunakan kata kunci yang tepat dalam jumlah banyak. Sekarang, mesin pencari lebih teliti dalam mencari dan memilah konten bermutu atau tidak. SEO modern sama pentingnya dengan kualitas seperti kata kunci. Penulis harus tetap mengetahui taktik terbaru untuk mengoptimalkan konten, seperti menyertakan cuplikan kaya di bagian atas artikel atau menulis untuk pemrosesan bahasa alami.

  • Editing

    Keterampilan mengedit adalah komponen penting dari perhatian seseorang terhadap detail. Copywriter sering menggunakan berbagai trik untuk membantu mereka mengevaluasi konten mereka dengan hati-hati, seperti membaca karya mereka dengan keras atau membaca artikel secara mundur untuk mengganggu alur dan mempermudah menganalisis setiap kata dan frasa secara mandiri.

  • Memperhatikan setiap detail

    Perhatian terhadap detail sangat penting dalam copywriting karena kutipan yang salah atau salah ketik dalam statistik kritis dapat merusak keseluruhan bagian dan menghancurkan upaya klien untuk membangun profesionalisme, keandalan, dan kepemimpinan pemikiran. Copywriter yang baik sangat memperhatikan semua detail dalam konten mereka dan dengan hati-hati memeriksa ulang informasi penting selain juga memperhatikan detail tata bahasa dan suara yang tepat di seluruh pekerjaan.

 

Baca Juga  :    Profesi Content Writer : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski bidang pekerjaan ini sudah ada jauh sebelum internet dan digitalisasi umum seperti sekarang ini, tidak semua orang memahami apa itu copywriting. Padahal kita sudah terbiasa melihatnya pada papan iklan di jalanan, iklan cetak di koran dan majalah, flyer, brosur, dan produk yang kita beli. Itulah copywriting, bagian dari pemasaran dan periklanan yang sangat krusial dan tidak bisa dipisahkan.

Maka dengan lazimnya digitalisasi, pemasar juga mulai memasarkan produk mereka secara online, yang mana copywriting pun ikut serta. Bahkan tidak mengherankan kalau pekerjaan ini adalah pekerjaan idaman terhitam di zaman modern ini dimana banyak bisnis mempekerjakan copywriter mereka sendiri dan kebanyakan copywriter saat ini bekerja dari jarak jauh. Jadi dengan memahami copywriting akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk melengkapi tim pemasaran Anda dan mendapatkan hasil yang Anda inginkan dari kampanye pemasaran Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update