Memahami Jenis/Tipe Berbagai Framework/Kerangka Kerja

Memahami Jenis/Tipe Berbagai Framework/Kerangka Kerja

Karena sering dibuat, diuji, dan dioptimalkan oleh beberapa insinyur dan pemrograman perangkat lunak yang berpengalaman, kerangka kerja perangkat lunak serbaguna, kuat, dan efisien. Menggunakan kerangka kerja perangkat lunak untuk mengembangkan aplikasi memungkinkan Anda fokus pada fungsionalitas tingkat tinggi aplikasi. Ini karena setiap fungsionalitas tingkat rendah ditangani oleh kerangka kerja itu sendiri.

Mengembangkan perangkat lunak adalah proses yang kompleks, karena hal ini membutuhkan tugas yang banyak, termasuk pengkodean, perancangan, dan pengujian. Untuk bagian pengkodean saja, pemrogram harus menangani sintaks, deklarasi, pengumpulan sampah, pernyataan, pengecualian, dan banyak lagi. Kerangka kerja perangkat lunak membuat hidup lebih mudah bagi pengembang dengan memungkinkan mereka mengendalikan seluruh proses pengembangan perangkat lunak, atau sebagian besar, dari satu platform.

Saat Anda menginstal kerangka kerja perangkat lunak, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah persyaratan sistem. Setelah kerangka kerja diinstal dan dikonfigurasi, maka struktur direktori akan tersusun rapi. Artikel ini akan membantu Anda memahami jenis atau tipe berbagai framework atau kerangka kerja.

 

Memahami Apa Itu dan Definisi Framework/Kerangka Kerja

 

Kerangka kerja seperti paket lengkap untuk bahasa pengembangan, dimana framework ini dapat meningkatkan kinerja, memperluas kemampuan, dan menawarkan perpustakaan pintasan pengkodean sehingga pengembang tidak mengkodekan aplikasi web dari awal. Selain itu, kerangka kerja bukan hanya potongan kode yang dibundel, tapi kerangka kerja menawarkan fitur seperti model, API (Application Programming Interface), dan elemen lain untuk merampingkan pengembangan aplikasi web yang dinamis dan efisien.

Sementara beberapa kerangka kerja menawarkan pendekatan yang lebih kaku untuk pengembangan, yang lain memungkinkan lebih banyak kelancaran dalam prosesnya sehingga pengembang dapat memilih berdasarkan kebutuhan proyek atau gaya kerja mereka sendiri. Setiap bahasa pemrograman memiliki setidaknya satu kerangka kerja universal yang dapat digunakan kembali. Pustaka dalam setiap kerangka kerja menawarkan bundel bahasa yang dapat digunakan kembali seperti kode untuk menu tarik-turun, namun hal ini lebih dari sekadar kode kerangka kerja.
Untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa komprehensif pengembangan dengan kerangka kerja, hal ini dapat mencakup :

  • Pustaka : bit kode tingkat rendah yang dapat dibagikan dan digunakan kembali dalam setiap bahasa, misalnya, “permata” Ruby on Rails.
  • API (Application Programming Interface), yang memfasilitasi akses ke database back end
  • Scaffolding: teknik yang digunakan beberapa kerangka kerja MVC yang memperkuat bagaimana database dapat diakses. Ini berarti situs yang lebih kuat, dengan leverage database yang lebih baik.
  • AJAX: Beberapa kerangka kerja JavaScript disematkan ke dalam kerangka kerja yang lebih besar, menggabungkan teknologi AJAX yang cepat ke dalam fungsionalitas situs.
  • Caching, yang mengurangi beban kerja server
  • Keamanan, melalui kerangka otentikasi dan otorisasi
  • Compiler, atau kompilator Just-in-Time

 

Baca Juga :  Golang Framework – Kelebihan, Kekurangan dan Rekomendasi Terbaiknya

 

Jenis atau Tipe Framework/Kerangka Kerja

Memahami Jenis/Tipe Berbagai Framework/Kerangka Kerja
 

Framework atau kerangka kerja merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk mendukung pengembangan aplikasi web termasuk layanan web, sumber daya web, dan API (Application Programming Interface) web. Singkatnya, kerangka kerja adalah pustaka yang membantu Anda mengembangkan aplikasi lebih cepat dan lebih cerdas.

Saat ini, jumlah Kerangka Kerja Web telah meningkat pesat. Untuk membantu Anda memilih yang paling cocok untuk Aplikasi Web Anda, berikut jenis atau tipe berbagai framework:

 

Django

Django adalah kerangka kerja yang membantu dalam membangun aplikasi web berkualitas. Django diciptakan untuk memenuhi tenggat waktu ruang redaksi yang bergerak cepat sambil memenuhi persyaratan sulit dari pengembang web berpengalaman. Pengembang Django mengatakan aplikasi itu sangat cepat, aman, terukur, dan serbaguna.

 

Ruby on Rails

Ruby on Rails adalah kerangka kerja aplikasi web yang sangat produktif yang ditulis oleh David Heinemeier Hansson. Seseorang dapat mengembangkan aplikasi setidaknya sepuluh kali lebih cepat dengan Rails daripada kerangka kerja Java biasa. Selain itu, Rails menyertakan semua yang diperlukan untuk membuat aplikasi web berbasis database, menggunakan pola Model-View-Controller.

 

Baca Juga :  Laravel Framework : Manfaat Penggunaan dan Cara Install Cepat dan Mudah

 

Express

Express atau Express Js adalah kerangka kerja minimal dan fleksibel yang menyediakan serangkaian fitur yang kuat untuk aplikasi web dan seluler. Expressjs relatif minim artinya banyak fitur tersedia sebagai plugin. Express memfasilitasi perkembangan pesat aplikasi Web berbasis Node.js. Express juga merupakan salah satu komponen utama dari bundel perangkat lunak MEAN.

 

Angular

Angular adalah kerangka kerja oleh Google (awalnya dikembangkan oleh Misko Hevery dan Adam Abrons) yang membantu dalam membangun Aplikasi web yang kuat. Angular adalah kerangka kerja untuk membangun aplikasi web berskala besar dan berkinerja tinggi sambil menjaganya tetap mudah dirawat. Ada banyak sekali aplikasi web yang dibuat dengan Angular.

 

ASP.NET

ASP.NET adalah kerangka kerja yang dikembangkan oleh Microsoft, yang membantu membangun aplikasi web yang kuat untuk PC, serta perangkat seluler. ASP.NET adalah kerangka kerja kinerja tinggi dan ringan untuk membangun Aplikasi web menggunakan .NET.

 

Baca Juga :  Perbedaan Laravel Framework dan Django Framework

 

METEOR

Meteor atau Meteor JS adalah kerangka kerja lain yang memberikan cara yang sangat sederhana untuk membangun aplikasi seluler dan web waktu nyata. Ini memungkinkan pembuatan prototipe cepat dan menghasilkan kode lintas platform (Web, Android, iOS). Platform cloud-nya, Galaxy, sangat menyederhanakan penerapan, penskalaan, dan pemantauan.

 

Laravel

Laravel adalah framework yang dibuat oleh Taylor Otwell pada tahun 2011 dan seperti semua framework modern lainnya, Laravel juga mengikuti pola arsitektur MVC. Laravel menghargai Keanggunan, Kesederhanaan, dan Keterbacaan. Seseorang dapat segera mulai belajar dan mengembangkan Laravel dengan Laracasts yang memiliki ratusan tutorial di dalamnya.

 

Codeigniter

CodeIgniter , dikembangkan oleh EllisLab, adalah kerangka kerja aplikasi web terkenal untuk membangun situs web dinamis. Ini secara longgar didasarkan pada arsitektur MVC karena kelas pengontrol diperlukan tetapi model dan tampilan bersifat opsional. CodeIgniter menjanjikan kinerja luar biasa, konfigurasi hampir nol, dan tidak ada perpustakaan monolitik skala besar.

 

Baca Juga Panduan :   Cara Instalasi Laravel pada Layanan Server Private Cloud

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada baiknya untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan pengkodean dengan mengetahui nuansa bahasa pemrograman sebelum menggunakan kerangka kerja untuk pengembangan aplikasi. Jika tidak, Anda mungkin kehilangan pengalaman penting dengan teknologi dasar yang ada dalam suatu kerangka kerja mengingat pengetahuan dasar pengkodean adalah ilmu yang sangat berguna untuk menjadi pengembang yang handal. bahkan Anda dapat menjadi fullstack developer yang serba bisa bila terampil dalam pengkodean ini.

Jika Anda belum menjadi programmer ahli, maka penting untuk memahami kode yang mendukung kerangka kerja. Pengetahuan ini akan membuat lebih mudah ketika Anda menghadapi tantangan yang kompleks dan akan membuat Anda menjadi pengembang yang terampil secara keseluruhan. Banyak pengembang front-end berkontribusi pada kerangka kerja sumber terbuka untuk mendukung seluruh komunitas pengembang. Tidak jarang juga, pengembang di Google membuat AngularJS dan Polimer, keduanya tersedia secara gratis untuk semua pengembang front-end. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam memahami informasi dan tips atau tipe dari framework atau kerangka kerja.

 

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update