Membuat Website dengan Design yang Bagus (2)

Membuat Website dengan Design yang Bagus (2)

Baik Anda sudah memiliki situs web selama 10 tahun atau baru saja memulai, topik kali ini akan memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk merencanakan dan membuat atau membuat ulang situs untuk mencapai sasaran bisnis. Pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai enam karakteristik situs web yang baik:

Kita telah membahas beberapa topik gambaran yang cukup luas, termasuk sasaran, audiens, dan pengukuran. Mari lanjutkan ke situs web yang sebenarnya. Bagian ini berfokus pada desain, namun tidak hanya penampilannya yang menarik (meskipun desain yang menarik itu penting).

Bagian ini fokus pada seberapa intuitif desain tersebut. Dengan kata lain, apakah desain situs Anda secara wajar mengarahkan pengunjung menjalani PROSES pada situs, untuk mencapai sasaran yang direncanakan. Berikut cara lain untuk memikirkan hal tersebut: Pengunjung tidak seharusnya berpikir tentang—atau yang lebih buruk, mengalami kesulitan—untuk menemukan yang mereka cari, biarkan mereka melakukan hal yang mereka inginkan di situs Anda. Desain dapat berdampak besar terlepas apakah situs membantu Anda menjangkau sasaran. Mari mulai dengan melihat beberapa elemen umum pada situs web.

Saat orang-orang memikirkan “desain web”, seringkali mereka memikirkan keseluruhan template, tampilan, dan nuansanya. Yaitu, grafis dan layout yang tampil secara konsisten di seluruh situs web tersebut. Desain terkadang disebut sebagai “sampul” pada situs, hanya salah satu komponen dalam desain web. Dalam template grafis tersebut terdapat banyak kesamaan elemen yang muncul di sebagian besar situs web, termasuk:

  • Header, atau bagian paling atas dari situs web. Header biasanya menyertakan logo perusahaan di bagian kiri atas, dan sebagian besar pengunjung situs web berharap bahwa logo tersebut akan tertaut ke halaman beranda.
  • Footer, atau bagian bawah situs web. Footer biasanya menyertakan link penting, info kontak, dan info hak cipta.
  • Navigasi: biasanya melintang secara horizontal di bagian atas situs, di bawah header, atau secara vertikal di sisi kiri situs web.

Desain web harus sesuai dengan pedoman yang membuat halaman web tetap terlihat konsisten: seperti warna, ukuran font, gaya font, dan jenis konten. Untuk siapa pun yang menggunakan sistem pengelolaan konten (CMS) seperti Wix, Weebly, StartLogic, WordPress, Drupal, dll. Sistem pengelolaan konten merupakan opsi populer untuk membuat situs web. Ada banyak opsi di luar sana yang sedikit berbeda. Yang HARUS dimiliki adalah kemampuan untuk mengubah/menyesuaikan desain web (biasanya disebut template). Semua prinsip yang sama berlaku — baik Anda membuat desain dari awal atau menggunakan template siap pakai, membuka situs pada desain harus mudah bagi pengguna.

Berikut beberapa faktor utama yang dipertimbangkan saat Anda mendesain situs web. Buat atau pilih desain yang profesional dan menarik, lalu buat desain konsisten di seluruh situs. Banyak bisnis memilih untuk atau beralih ke desain yang minimalis. Dengan kata lain, fokus pada sasaran bisnis dibanding berkutat dengan grafis. Buat navigasi yang jelas, sederhana, dan mudah digunakan. Navigasi harus memudahkan pengunjung situs yang ingin menjelajahi situs.

Layanan Pembuatan Website IDCloudhost

Penelusuran adalah fitur yang sangat membantu, khususnya untuk situs dengan banyak halaman. Sebagian besar pengunjung berharap menemukan bagian penelusuran situs di sudut kanan atas halaman. Situs web Anda merupakan cara untuk berbagi informasi dengan target audiens. Konten bermanfaat (sebaiknya konten original yang Anda buat) yang ditampilkan dengan font yang besar dan jelas, menggunakan kontras yang cukup untuk dibaca, akan menjadi tampilan terbaik. Selain itu, situs web dapat membantu pengunjung “melakukan sesuatu”, fungsi yang membantu mendukung sasaran bisnis.

Pengingat tentang versi seluler. Tahukah Anda bahwa sekitar setengah dari semua penelusuran Google saat ini dilakukan di ponsel? Oleh karena itu, membuat situs web dapat diakses di ponsel bukan lagi sekedar kebutuhan sekunder, namun prioritas. Ingatlah pada pengguna seluler saat Anda menangani sasaran, audiens, dan desain situs.

Berita baiknya: semakin banyak situs web yang dibuat dari awal, dengan teknologi yang secara otomatis mengoptimalkan format situs web agar sesuai dengan perangkat yang digunakan. “Desain web yang responsif” ini menyesuaikan tampilan situs agar menampilkan info dengan baik berdasarkan ukuran layar dan jenis perangkat. Menggunakan desain mobile-friendly adalah langkah pertama yang penting; berikut beberapa tips lainnya untuk membuat situs dalam template mobile-friendly.

Pertama: buat navigasi mudah dan intuitif. Contohnya, pengunjung situs web berasumsi mengklik logo akan membuka halaman beranda. Tips lainnya: persingkat menu navigasi. Di situs web versi desktop — dengan layar lebar 15″ — pengunjung biasanya dapat menggunakan menu drop-down dan sub-navigasi dengan mudah. Bandingkan dengan orang yang mencoba melihat situs pada layar 4″. Lebih sulit, bukan?
Itulah alasan situs yang dioptimalkan untuk seluler menggunakan navigasi yang relatif simpel dan tombol serta link yang berukuran besar dan mudah diklik.

Sekarang, coba pikirkan lagi tentang halaman beranda — kemungkinan besar itu adalah halaman pertama yang dilihat pengunjung seluler. Info penting apa yang dibutuhkan pengunjung situs web? Nomor telepon? Alamat? Pastikan info ini ada di posisi yang strategis. Mempermudah untuk menyelesaikan tugas. Contohnya, izinkan pengunjung untuk menggunakan situs tanpa membuat akun, dan jika mereka ingin membeli sesuatu, berikan opsi untuk melakukan pembayaran sebagai tamu. Jika ada formulir di situs Anda, minimalkan jumlah kolom – terutama kolom wajib diisi. Berikan pilihan pengisian otomatis jika memungkinkan. Jika formulir cukup besar, gunakan status progres dengan label yang jelas untuk membantu orang-orang mengisi semua kolom. Jika memungkinkan, sertakan fitur seperti dilengkapi otomatis dan filter

Terakhir, optimalkan kegunaan pada semua halaman. Riset menunjukkan bahwa dengan desain seluler, lebih baik gunakan pendekatan semua atau tidak sama sekali. Dengan kata lain, buat situs web yang mengoptimalkan SEMUA halaman untuk perangkat seluler, bukan hanya beberapa halaman.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update