Mengenal Apa Itu Apache, Definisi, Cara Kerja, Kelebihan

Mengenal Apa Itu Apache, Definisi, Cara Kerja, Kelebihan

Salah satu jenis web yang sangat popular saat ini adalah Apache web server, penggunaan Apache tidak bisa lepas dari web server yakni perangkat lunak untuk merespon berbagai permintaan atau request dari browser. Lebih sederhananya, web server punyai peran yang menjadi penghubung antara user dne server di website.

Sejatinya web server memang berbeda dnegan file server, database server, atau mail server.Dengan demikian dari masing-masing server ini memakai perangkat lunak server juga berbeda-beda. adanya aplikasi file server jenis ini misalkan Google drive (Online) dan Samba. Postfix dan Sendmail adalah contoh dari mail server yang ada sekarang ini. Sedangkan contoh database server sendiri adalah Microsoft SQL Server dan MySQL.

Perangkat lunak jenis web server uang ada sekarang ini adalah Nginx, LiteSpeed, juga Apache. Dari ktiga web server ini, ada salah satu web server yang paling poluler dan paling banyak digunakan secara berdampingan dengan Nginx. Pembahasan disini akan di bahas tentang apa itu Apache, fungsi jenis, dan juga bagaimana cara kerja yang bisa dilakukan.

 

Apa Itu Apache Web Server ?

 

Cara kerja dari Apache web server memang tidak jauh berbeda dengan perangkat lunak web server yang lainnya. Web server sendiri punyai peran dalam menerima berbagai request yang dilakukan oleh user misalkan, web browser serta melakukan pengirkman respon dari request yang telah diterima atau komponen di halaman website yang terakses user.

Apache web server memiliki berbagai modul sehingga bisa menambah secara fungsionalitasnya, contohnya MPM dengan menangani macama mode yang multi-processing atau ,mod_sll yang bisa memungkinkan adanya dukungan di koneksi TLS dan SSL.

Macam fitur yang bisa ditawarkan pada Apache adalag, SSL, .htaccess, HTTP/2, Perl, Lua, FTP, PHP. WebDAV, Bandidth throttling, Load, IPv6, Balancing, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : Tutorial Cara Install LAMP di Cent OS

 

Kelebihan dan Kekurangan Pada Apache Web Server

 

Apache sendiri mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan, meskipun merupakan perangkan lunak web server yang menarik dan paling banyak digunakan.

 

Kelebihan Apache web server

  1. Kompatibel dengan menggunakan WordPress
  2. Lintas platform
  3. Adanya komunitas besar serta dokumtasinya lengkap
  4. Menggunakan lisensi yang gratis dengan sifatnya open source
  5. Memiliki perangkat lunak yang andal serta stabil
  6. Konfigurasinya mudah dan tidak ribet
  7. Patch berkaitan dengan keamaan selalu diperbaharui.

 

Kekurangan Apache web server

  • Keamanannya rentan sebab beberapa konfigurasi tidak ikut dikembangkan secara bagus dan baik.
  • Kalau menerima berbagai trafik yang tinggi, akan muncul gangguan atau masalah berkaitan dengan performa di website tersebut.
  • Setelah mengetahui kelebihan serta kekurangan dari Apache web server ada baiknya anda ketahui juga bagaimana perbandingan perangkat lunak web server ini dengan web server jenis lainnya.

 

Perbandingkan Peforma Apache Web Server Dengan Web Server Lainnya

 

Perbandingan disini akan lebih mendalam tentang Apache web server dengan web server lainnya yaitu, LiteSpeed dan Nginx adalah sebagai berikut :

 

  1. Apache di bandingkan dengan Nginx (dibaca : engine –ex)
  2. Nginx sendiri merupakan jenis web server yang lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan web server Apache. Nginx dirilis di tahun 2004, dengan keunggulannya yaitu kemampuannya dalam menangani raturan sampai ribuan koneksi di waktu yang sama dengan tidak menggunakan proses yang lain.
  3. Sampai sekarang ini web server Nginx tetap menjadi salah satu web yang disukai oleh banyak pengguna atau user.

 

Keunggulan yang diberikan oleh Nginx dibandingkan dengan Apache, yaitu:

 

  1. Web server Nginx mempunyai ketangguhan dalam menangani sebuah trafik yang tinggi.
  2. Nginx punya skalabilitas yang baik dibandingkan dengan perangkat lunak web server Apache.
  3. Apache punya konfigurasi yang lebih mudah.
  4. Apache di bandingkan dengan LiteSpeed
  5. Sekarang ini LiteSpeed adalah oemain baru di industri perangkat lunak web sercer dan sama saja dengan
  6. Nginx. Web server telah popular sejak tahum 2003 serta menjadikan web server yang paling popular nomor 5 setelah Microsoft-IIS.

 

Meski posisinya masih di bawah daripada tingkat kepopulerannya, web server LiteSpeed jangan dianggap remeh , sebab beberapa sisi mampu mengalahkan berbagai performa pada Apache. Perbandingan kelebihan dan kemudahan yang diberikan oleh web server ini dibandingkan dengan web server Apache, yaitu:

 

  1. LiteSpees dalam menanggapi Trafik yang tinggi dirasa lebih baik peformanya
  2. LiteSpeed dalam menangani keamaaan lebih bagus dan baik
  3. LiteSpeed peformanya lebih cepat

 

Apache vs Nginx

 

Mungkin bagi kebanyakan orang lebih familiar mendengar kata apache, namun nginx ternyata diluar negeri juga sangat populer digunakan. Yuk, intip perbedaan mereka berikut ini :

 

  1. Segi Popularitas

    Sebuah produk akan sangat dikenal jika promosinya dan layanannya bagus digunakan di masyarakat. Nah, Selain itu dukungan komunitas para pengguna Nginx maupun apache. Saat ini baik Nginx dan Apache sudah sangat populer diseluruh dunia. Jika dilakukan perbandingan antara keduanya bisa disebut seri ( seimbang) . Terlebih lagi, Apache menjadi web server terpopuler di dunia walaupun tidak berbeda jauh dengan Nginx.

  2.  Segi Keamanan

    Dari segi keamanan, Baik Nginx maupun Apache memiliki kebijakan keamanan yang sangat baik. Kedua tim development-nya mempunyai security patch untuk mencegah serangan DDos (DDos attack). Apalagi, server Nginx maupun server Apache memiliki development selalu aktif untuk mengupdate pembaharuan perangkat mereka.

  3. Segi Fleksibilitas

    Sysadmin memiliki task yang cukup beragam. Maka dari itu, aplikasi yang digunakan haruslah fleksibel untuk beradaptasi dengan kebutuhan sysadmin. Apache bisa dikatakan web server yang sangat fleksibel. Server Apache mendukung lebih dari 60 modul berbeda yang dapat memperluas fungsionalitas web server ini. Terlebih lagi, Apache mendukung kustomisasi koneksi melalui tool .htaccess, sementara Nginx tidak ada fitur ini.

Baca Juga :  Tips Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari pembahasan perbandingan Apache web server dengan berbagai perangkat lunak web server jenis lainnya, misalkan Nginx juga LiteSpeed dapat dinilai Apache punyai performa dengan golongannya yang masih di bawah mereka. Penanganan yang dilakukan dalam ribuan koneksi di dalam waktu secara bersamaan oleh Nginx lebih berhasil melebihi Apache.

Hal lainnya performa yang dihasilkan oleh Magneto juga PHP lebih bagus saat menggunakan LiteSpedd dibandingkan dengan menggunakan Apache. Jadi perangkat lunak Apache web server sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan web server jenis yang lainnya.

Namun keunggulan yang dimiliki oleh Apche lebih rendah dibandingkan dengan keunggulan dari kedua pembandingnya yang lebih mempunyai peforma yang bagus. Maka, penggunaan Apache bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda, dan jika memang ingin berlari kepada web server lainnya, ada baiknya anda pahami dulu kenapa dan mengapa masalah yang membuat anda harus memilih web server yang lain dibandingkan dengan Aphace.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update