Mengenal Apa Itu E-Wallet?

Mengenal Apa Itu E-Wallet?

Pernahkah Anda mendengar istilah cashless? Sistem pembayaran tanpa uang tunai yang mengacu pada pembayaran berbentuk digital. Perantara yang digunakan dalam transaksi ini disebut sebagai E-Wallet. Fenomena tersebut kini banyak digunakan seiring dengan perkembangan inovasi dalam sistem pembayaran.

E-wallet dapat memudahkan kegiatan jual beli Anda baik itu membeli di toko fisik, membeli online, atau membayar tagihan bulanan. Selain itu, banyak orang lebih suka melakukan pembayaran tanpa kontak selama pemulihan ekonomi setelah pasca COVID-19. Namun, apa sebenarnya E-Wallet? Bagaimana cara kerjanya dan seberapa amankah E-Wallet? Kami akan membahas definisi, bagaimana alat ini bekerja, keuntungan, dan banyak contoh di bawah ini!

Definisi E-Wallet

E-wallet adalah alat pembayaran online yang memungkinkan Anda melakukan pembayaran dan bahkan mengelola transaksi keuangan Anda dengan mudah. Dompet digital memungkinkan Anda menyimpan uang dan melakukan transaksi menggunakan perangkat elektronik seperti komputer atau ponsel. Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu kredit ke mana-mana dengan E-Wallet.

Cukup mengunduh aplikasi ini di smartphone Anda dapat melakukan pembayaran dalam hitungan detik baik itu di restoran, toko fisik, atau bahkan saat berbelanja online. Dengan dompet digital, Anda dapat mengirim uang hanya dengan menggunakan nomor telepon atau alamat email. Anda juga dapat membeli paket data atau pulsa, membeli tiket transportasi, menyimpan uang, dan bahkan berinvestasi di berbagai platform finansial. Selain istilah E-Wallet juga ada istilah uang elektronik. Meskipun tidak jarang orang menganggap keduanya identik, namun ternyata keduanya berbeda, lho!

Perbedaan antara E-Wallet dan uang elektronik pada dasarnya cukup jelas. Karena berbasis aplikasi, mereka membutuhkan peran server untuk mengelola semua data. Uang elektronik adalah alat pembayaran yang berbasis chip yang diterbitkan oleh penyedia layanan. E-money tidak menyimpan informasi pengguna atau transaksi karena berbasis chip.

Cara Kerja E-Wallet

E-wallet adalah aplikasi yang dapat Anda unduh dan instal di HP Anda. Setelah membuat akun dan mendaftar, Anda dapat melakukan top up saldo melalui berbagai cara, seperti transfer bank, atau bahkan pergi ke toko yang bekerja sama dengan layanan dompet elektronik.

Anda dapat melakukan pembayaran atau transaksi lainnya dengan saldo di E-Wallet. Misalnya, saat Anda berbelanja di toko fisik, Anda hanya perlu membuka aplikasi, memilih opsi pembayaran, dan arahkan ponsel Anda ke mesin pembayaran yang sesuai. Transaksi selesai dengan cepat dan mudah tanpa membutuhkan pembayaran dengan kartu fisik atau uang tunai.

Keamanan dari E-Wallet

Pembayaran digital dengan E-Wallet bisa dibilang sangat aman. Hal ini karena perusahaan dompet digital menawarkan sistem keamanan canggih seperti enkripsi data. Enkripsi data ini yang melindungi informasi sensitif pengguna, dan autentikasi dua faktor dengan kode OTP, memastikan bahwa pengguna benar sebelum transaksi diproses.

Baca Juga: E-Money GO-PAY : Sejarah, Pengertian, Fitur, dan Pembayarannya

Keunggulan dari E-Wallet

Setelah mengetahui jenis-jenisnya yang ada di Indonesia, berikut ini adalah ringkasan dari kelebihan maupun kekurangan jika menggunakan E-Wallet untuk bertransaksi. Layanan ini pasti memiliki banyak manfaat dan kemudahan bagi Anda karena banyaknya transaksi yang dapat dilakukan dengan dompet digital. Anda dapat menikmati beberapa keuntungan dari E-Wallet berikut:

  • Transaksi yang Tepat dan Cepat

Setiap transaksi yang dilakukan melalui dompet digital dilakukan secara otomatis, berbeda dengan transaksi nontunai. Dengan scan barcode, contohnya, Anda dapat melakukan transaksi baik dalam aplikasi maupun offline. Dengan cara yang sama seperti verifikasi transaksi, sistem ewallet akan otomatis mengidentifikasi kesalahan dalam input nominal atau data.

  • Mengurangi Risiko Uang Palsu 

Uang palsu masih mengancam transaksi konvensional. Salah satu keuntungan menggunakan e-wallet adalah mereka dapat mengurangi risiko tersebut karena mereka dapat memproses uang digital tanpa perlu khawatir tentang keasliannya.

  • Keamanan Transaksi yang Dijamin 

Karena layanan elektronik seperti dompet digital menggunakan teknologi enkripsi, data Anda pasti aman dari pelanggaran cyber. Semua transaksi dicatat secara menyeluruh. Anda akan selalu menerima catatan detail transaksi, termasuk tanggal, nominal, tujuan pembayaran, dan lainnya. Oleh karena itu, detail laporan transaksi dapat dilihat dengan jelas.

  • Terintegrasi dengan Banyak Organisasi

E-wallet mendukung pembayaran untuk banyak lembaga, seperti PDAM dan PLN, selain untuk kebutuhan pribadi.

Kelemahan dari E-Wallet 

Dibalik kemudahan dalam menggunakan E-Wallet, juga ada kelemahan dari alat pembayaran ini yang harus Anda ingat sebelum menggunakannya. Berikut kelemahan dari dompet digital, diantaranya:

  • Jumlah Penjual Masih Terbatas

Pembayaran digital adalah layanan yang relatif baru. Karena hal itu, jika Anda pengguna E-Wallet mungkin Anda masih harus memilah mana penjual yang menggunakan E-Wallet dan mana yang tidak ketika ingin berbelanja.

  • Biaya Administrasi

Biaya layanan akan dikenakan untuk setiap transaksi yang menggunakan dompet digital. Namanya berbeda-beda tergantung pada jenis transaksi dan peraturan ewallet.

  • Pelanggan Bertambah Konsumtif

Pelanggan dapat bertransaksi lebih dari yang mereka butuhkan karena promosi ewallet dan kecepatan dan kemudahan transaksi. Jadi, ketika Anda menggunakan dompet digital, Anda harus mempertimbangkan setiap keputusan transaksi dengan baik. E-wallet, solusi pembayaran online, memungkinkan Anda menyimpan uang digital dan melakukan transaksi online secara praktis dan aman. Dengan dompet digital, Anda dapat melakukan transfer uang, pembayaran tagihan bulanan, dan berbagai aktivitas keuangan lainnya.

Baca Juga: Payment Gateway: Cara Kerja, Jenis Pembayaran Terbaik

Contoh E-Wallet di Indonesia 

e-wallet

Anda telah mengetahui bahwa dompet elektronik adalah cara pembayaran di era teknologi yang aman. Diantara pilihan berikut, Anda bebas memilih mana sekiranya yang cocok untuk Anda. Berikut ini adalah daftar E-Wallet terpopuler di Indonesia yang dapat Anda gunakan:

  • E-Wallet Gopay

Gopay adalah dompet digital yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti melakukan transaksi di layanan Gojek, berbelanja di toko, dan membayar di platform lain seperti e-commerce dan tagihan lainnya. Gopay adalah e-wallet lain yang memungkinkan penarikan atau penarikan saldo. Anda bisa menarik uang secara tunai di minimarket atau mentransfernya ke rekening bank Anda. Salah satu fitur unik dompet digital ini adalah paylater, yang memungkinkan Anda menggunakan dana di awal ketika saldonya kosong, kemudian membayarnya dengan top up seperti biasa.

  • OVO

OVO adalah E-Wallet terkenal yang memiliki lebih dari 60.000 toko atau merchant mitra di seluruh Indonesia. Jadi Anda dapat menggunakannya dengan bebas untuk berbagai keperluan. Selain itu, Anda dapat menggunakan dompet digital ini untuk pembayaran yang lebih mudah dan cepat karena afiliasinya dengan Grab, salah satu aplikasi yang menawarkan berbagai layanan. OVO juga memungkinkan transfer ke rekening bank dan transfer antar pengguna gratis. Dengan akunPremier, Anda bahkan bisa memiliki batas saldo hingga RP10.000.000.

  • E-Wallet Dana 

Dana adalah layanan dompet digital yang memiliki fitur keamanan terbaik di dunia. Salah satunya adalah penggunaan autentikasi dua faktor untuk setiap transaksi dengan kode PIN dan OTP. Dengan keamanan yang terjamin, Anda lebih yakin untuk mengintegrasikan rekening bank agar proses transfer dan top up lebih mudah. Selain itu, Anda memiliki kemampuan untuk menarik saldo dari agen, mitra, dan penyedia dana lainnya, yang sangat membantu jika Anda membutuhkan uang tunai.

Sangat banyak fitur yang ditawarkan oleh dompet digital ini, termasuk kemudahan untuk menabung atau berinvestasi dalam emas melalui saldo, melakukan pembayaran asuransi, dan membantu usaha kecil dan menengah (UMKM) menjadi mitra yang dapat menerima pembayaran dengan akun Dana.

  • LinkAja

LinkAja adalah dompet digital yang memiliki jaringan antar bank yang luas di Indonesia. Ini menghubungkan Telkomsel dan empat bank milik negara: Bank Mandiri, BTN, BNI 46, dan BRI. Setelah integrasi, LinkAja dapat menggunakan banyak fitur e-money, seperti membayar transportasi umum dan membeli BBM. Ini adalah keunggulan yang tidak dapat ditandingi oleh e wallet lain. Selain itu, LinkAja memiliki fitur dompet digital syariah yang memenuhi persyaratan syariah seperti zakat, wakaf, investasi syariah, serta pembayaran haji dan umrah.

  • ShopeePay

Seperti namanya, ShopeePay adalah salah satu e-wallet yang paling populer untuk bertransaksi di aplikasi Shopee. Dapat mengklaim gratis ongkir dan menggunakan promosi seperti voucher, potongan harga, dan cashback membuat ShopeePay bermanfaat untuk bertransaksi di toko atau mitra Shopee. Dengan ShopeePay, ketika dana dikembalikan dari transaksi di Shopee, saldo akan otomatis tersimpan dan dapat digunakan untuk transaksi berikutnya.

Baca Juga: Pembayaran Layanan IDCloudHost via DANA

Penutup 

Perkembangan teknologi telah membuat dompet digital menjadi metode pembayaran yang populer yang memudahkan Anda menjalankan bisnis. Bagi pemilik bisnis, E-Wallet menawarkan banyak keuntungan, termasuk informasi tentang transaksi yang terjadi secara real time, kemampuan untuk mengelola rekening pendapatan toko online yang lebih efisien, dan penerimaan dana yang cepat.

Selain membutuhkan metode pembayaran yang cepat, pastikan situs web toko online Anda selalu dapat diakses dengan memilih layanan hosting yang andal. Paket hosting IDCloudHost adalah salah satu layanan hosting Indonesia yang telah diuji kualitasnya.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update