Mengenal Apa Itu Firebase, Definisi dan Fungsi Penggunaanya

Mengenal Apa Itu Firebase, Definisi dan Fungsi Penggunaanya

Didirikan pada tahun 2011 sebagai API dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2014, Google Firebase adalah platform yang sekarang menawarkan backend sebagai layanan Backend-as-a-Service (BaaS) aktif untuk membangun aplikasi web dan seluler dinamis. Konsep Firebase sederhana. Saat Anda membuat aplikasi sisi klien dengan JavaScript atau kerangka kerjanya, Google Firebase dapat mengubahnya menjadi aplikasi tanpa server dalam waktu singkat. Ini juga menghilangkan kebutuhan untuk mengelola database sendiri.

Oleh karena itu, mengimplementasikan Firebase berarti memasukkan backend yang sudah jadi ke dalam kode klien Anda untuk membuatnya dinamis. Pada akhirnya, ini menghilangkan kebutuhan untuk menulis kode backend dari awal dan memberi Anda kode yang berfungsi penuh. Dari segi keamanan, ia juga memiliki aturan keamanan bawaan yang membuatnya menjadi penangan data dan server terpercaya. Anda juga akan mendapatkan backend yang dilindungi saat Anda menggunakan aturan ini.

Memang, Firebase adalah alternatif yang kurang teknis dan menghemat waktu untuk menulis kode backend lengkap untuk aplikasi dinamis. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk memanfaatkan alat ini jika pada akhirnya jika ingin menghosting dan mengelola aplikasi Anda di cloud. Karena tanpa server, Firebase menghilangkan kekhawatiran tentang teknis konfigurasi server cloud. Sebagai layanan Google Cloud, layanan ini juga memberi Anda akses ke produk dan fitur Google lainnya, seperti Google Drive dan Spreadsheet. Misalnya, Anda dapat mengimpor data dummy dari Google Spreadsheet dan menggunakannya sementara untuk melayani aplikasi Anda.

 

Baca Juga :  Google Firebase : Pengertian dan Cara Kerjanya

 

Mengenal Apa Itu Firebase

 

Firebase adalah platform pengembangan yang awalnya dikenal dengan basis data waktu nyatanya yang pada intinya masih berupa basis data nilai kunci multi-simpul yang dioptimalkan untuk menyinkronkan data, sering kali digunakan antara mesin pengguna atau ponsel cerdas dan penyimpanan terpusat di cloud. Ini dirancang untuk membuat hidup lebih mudah bagi pengembang dengan penanganan seperti mendorong dan menarik data. Itu meringankan pengembang aplikasi dari beban pemrograman yang terkait dengan mengelola versi atau lokasi. Mereka dapat menulis bit baru ke Firebase dan data akan konsisten di seluruh sistem.

Firebase sangat dihargai karena dapat terus-menerus menyebarkan dan menyinkronkan perubahan antara salinan lokal informasi yang disimpan di mesin pengguna dengan versi yang disimpan di cloud. Firebase menghilangkan banyak tantangan dalam menggabungkan autentikasi, sinkronisasi, dan pemisahan dengan mengubah beberapa versi dan memastikan bit yang tepat sama di seluruh sistem. Saat ini, Firebase adalah bagian utama dari kit alat pengembangan cloud Google. Produk tersebut, yang merupakan puncak dari evolusi selama bertahun-tahun, ditempatkan di pusat penawaran backend-as-a-service (BaaS) seluler dari perusahaan yang dikenal sebagai Firebase, yang diakuisisi Google pada tahun 2014. Firebase tersedia melalui Google. Sementara itu, perpustakaan dan alat open source tersedia yang berinteraksi dengan Firebase.

Firebase awalnya berbentuk database yang tidak terbatas pada satu komputer fisik. Bentuknya yang modern memungkinkannya untuk membagi beban kerja di antara beberapa mesin dengan memisahkan kumpulan data, membuat salinan bitnya, atau keduanya. Firebase memperluas algoritma yang digunakan untuk konsistensi pusat data ke seluruh jaringan dengan memperlakukan data yang disimpan di ponsel atau desktop pengguna sebagai versi lokal dari database besar. Intinya, ponsel atau laptop Anda sekarang menjadi bagian dari cloud. Sementara Firebase dimulai sebagai perusahaan terpisah, Google telah mengintegrasikan perangkat lunak dengan produk perangkat lunak cloud lainnya. Firebase ML misalnya, adalah kumpulan pustaka yang memanfaatkan kecanggihan alat Google lainnya, seperti AutoML atau TensorFlow. Menambahkan fitur seperti yang digunakan untuk menemukan teks dalam gambar atau menemukan label yang sesuai relatif mudah.

Pengembang tidak perlu khawatir tentang bahaya inkonsistensi antara data, contohnya pada ponsel pengguna dan database pusat. Setelah data disimpan secara lokal, Firebase mengirimkan salinan ke server cloud sehingga kedua versi konsisten. Transfer juga bekerja ke arah lain karena perubahan yang dibuat di cloud direplikasi secara lokal. Pengembang sisi server dapat berkomunikasi dengan perangkat lunak klien yang berjalan hanya dengan menulis data ke cloud Firebase. Fungsi Cloud Google, opsi tanpa server, juga dapat diintegrasikan dengan Firebase sehingga data baru dapat memicu fungsi. Ketika pengguna pertama kali masuk, atau setiap kali database berubah, fungsi akan dipanggil yang kemudian dapat memicu peristiwa atau fungsi lain di Google cloud atau di tempat lain. Fungsi-fungsi ini dapat digunakan untuk pasca-proses gambar, membersihkan teks, atau memastikan konsistensi data.

Baca Juga :  Bangun Aplikasi dengan Basis Data Waktu Nyata (Google Firebase)

 

Definisi Firebase

Mengenal Apa Itu Firebase, Definisi dan Fungsi Penggunaanya
 

 

Firebase adalah Backend-as-a-Service (Baas). Ini memberi pengembang berbagai alat dan layanan untuk membantu mereka mengembangkan aplikasi berkualitas, menumbuhkan basis pengguna mereka, dan mendapatkan keuntungan. Itu dibangun di atas infrastruktur Google. Firebase dikategorikan sebagai program database NoSQL , yang menyimpan data dalam dokumen mirip JSON. Adapun fitur utamanya adalah sebagai berikut :

  • Otentikasi

    Ini mendukung otentikasi menggunakan kata sandi, nomor telepon, Google, Facebook, Twitter, dan banyak lagi. Firebase Authentication (SDK) dapat digunakan untuk mengintegrasikan satu atau beberapa metode login secara manual ke dalam aplikasi.

  • Basis data waktu nyata

    Data disinkronkan di semua klien secara realtime dan tetap tersedia bahkan saat aplikasi offline.

  • Hosting

    Firebase Hosting menyediakan hosting cepat untuk aplikasi web; konten di-cache ke jaringan pengiriman konten di seluruh dunia.

  • Laboratorium uji

    Aplikasi diuji pada perangkat virtual dan fisik yang terletak di pusat data Google.

  • Pemberitahuan

    Notifikasi/pemberitahuan dapat dikirim dengan firebase tanpa coding tambahan. Pengguna dapat memulai dengan firebase secara gratis.

Firebase menyediakan platform yang memungkinkan Anda menghosting data aplikasi dan menyinkronkannya di seluruh perangkat. Firebase menawarkan metode sederhana dan aman untuk menyimpan dan menyinkronkan data tanpa memerlukan server apa pun. Firebase adalah solusi back-end yang menyinkronkan data secara real time di semua perangkat. Ini adalah alat yang sangat baik untuk pengembangan aplikasi seluler karena memungkinkan pengembang untuk menyinkronkan data antara perangkat dan Firebase, tanpa harus menyiapkan kode sisi server atau menulis kueri rumit apa pun. Membuat aplikasi dengan Firebase itu mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mulai dengan menambahkan pustaka untuk kode khusus platform. Kemudian, siapkan detail aplikasi Anda di Firebase console. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan browser web atau Android Studio untuk mulai mengembangkan.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal Firebase Bagi Pemula

 

Fungsi Penggunaan Firebase

Firebase mendukung banyak platform seperti iOS, Android, Web, Unity untuk menjalankan aplikasi seluler, integrasinya sangat mudah & lancar dengan platform ini. Selain platform, Firebase juga mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti C++, Java, dll. Firebase menyediakan keseluruhan fungsi penggunaannya untuk pengembang seperti dibawah ini.

  • Cloud Functions

    Ini membantu menjalankan kode backend sebagai respons terhadap peristiwa yang dipicu oleh Firebase atau Permintaan HTTP.

  • Cloud Firestore

    Ini adalah database NoSQL terskala yang ditawarkan dari Firebase. Cloud Firestone membantu dalam mempertahankan status pengguna yang konsisten di beberapa perangkat. Ini juga menawarkan dukungan offline untuk aplikasi jika ada masalah latensi jaringan.

  • Penyimpanan Cloud

    Penyimpanan tersedia untuk pengembang yang ingin menyimpan sejumlah besar konten buatan pengguna di aplikasi mereka, misalnya gambar & video.

  • Otentikasi

    Firebase mengelola seluruh alur autentikasi pengguna. Tidak perlu bagi pengembang untuk menulis otentikasi & kode keamanan dari awal.

  • Hosting

    Dengan perintah sederhana, sangat mudah untuk menerapkan aplikasi Anda di cloud Firebase. Ini menyediakan hosting kelas produksi untuk pengembang.

  • ML Kit

    Firebase ML Kit memungkinkan pengembang menggunakan Machine Learning di aplikasi mereka untuk memecahkan masalah dunia nyata. Pengembang dapat mengimplementasikan fitur pembelajaran mesin melalui API hanya dengan beberapa baris kode.

  • Test Lab

    Test lab membantu tim menguji aplikasi mereka di beberapa perangkat & konfigurasi perangkat. Dan analisis log, video & tangkapan layar di konsol Firebase.

  • Database Real-Time

    Ini adalah database asli Firebase. Ini memfasilitasi sinkronisasi data pengguna di seluruh perangkat.

  • Tautan Dinamis

    Pengguna dapat membuat tautan dinamis dengan muatan khusus yang memberikan pengalaman on-boarding yang lebih kaya kepada pengguna baru.

  • Remote Config

    Ini adalah salah satu fitur paling unik dari Firebase. Konfigurasi jarak jauh memungkinkan pengembang untuk mengubah tampilan & perilaku aplikasi tanpa mengharuskan pengguna mengunduh pembaruan.

  • Cloud Messaging

    Ini adalah solusi perpesanan lintas platform. Memungkinkan pengembang untuk mengirim pesan & pemberitahuan di sistem mereka.

 

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Admob Untuk Monetisasi Iklan Di Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Seperti yang Anda lihat, Anda dapat menghemat banyak waktu dan menghilangkan latensi dengan Google Firebase. Meskipun sedang ditingkatkan secara aktif, Firebase sudah mendukung banyak aplikasi web dan aplikasi seluler di internet. Jika Anda ragu atau takut untuk mencobanya untuk proyek yang kompleks, Anda dapat memulai dengan proyek yang lebih kecil dan kemudian diskalakan nanti.

Namun, sebelum masuk dan menggunakan Firebase untuk aplikasi produksi, ada baiknya memeriksa semua persyaratan teknis Anda. Firebase bisa menjadi pilihan yang sangat baik saat memulai aplikasi baru atau menulis ulang aplikasi yang sudah ada dari awal, tetapi mungkin tidak cocok dengan sistem lama. Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai Firebase.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update