Mengenal Apa Itu Hummingbird?

Mengenal Apa Itu Hummingbird?

Sistem algoritma Google terus berubah. Tujuan perubahan ini karena ingin meningkatkan pengalaman pengguna melalui peningkatan hasil pencarian. Google menggunakan berbagai algoritma untuk menentukan peringkat dan mengatur hasil pencarian untuk mesin pencarinya.

Salah satu diantara banyak algoritma yang digunakan, terdapat istilah Hummingbird.  Sebagai pengguna mengetahui perkembangan algoritma sangat penting dilakukan. Tujuannya agar peringkat website Anda tetap stabil dan tidak menurun drastis.  Pada artikel ini akan dibahas secara lebih rinci seputar Hummingbird berikut ini.

Apa Itu Hummingbird?

Hummingbird merupakan algoritma Google yang berfokus pada tiap kata dalam pencarian untuk memastikan bahwa keseluruhan petanyaan, kalimat, atau pecakapan  diperhitungkan. Konsep ini dikenal sebagai pencarian semantik. Hummingbird memiliki kemampuan untuk menilai niat seseorang saat akan melakukan pencarian dan menentukan apa yang mereka coba cari.

Hummingbird mencari tahu apa yang diinginkan pengguna. Sistem algoritma yang satu ini menjawab tentang “bagaimana” orang mencari sesuatu daripada hanya “apa” yang mereka cari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, dibangun strategi konten bukan hanya sekedar memberi pengguna suatu fakta.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Algoritma : Definisi, Ciri – Ciri, dan Contohnya

Update Hummingbird 

Ibarat mengubah mesin yang lama dengan yang baru, Google melakukan penggantian Hummingbird dengan sangat cepat sehingga tidak ada yang mengetahuinya. Perubahan yang dilakukan berulang kali ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengumpulan dan indexing data.

Sama seperti mesin, semua perubahan ini, seperti oli baru untuk mesin atau pompa yang lebih kuat. Sebagai mesin baru pada saat itu, Hummingbird masih menggunakan beberapa bagian dari mesin lama, seperti Google panda dan pinguin.

Secara umum, Hummingbird adalah mesin baru yang terdiri dari komponen yang sudah ada dan yang baru, dan kemudian disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Bukan hanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan yang ada sepuluh tahun lalu, tetapi juga disesuaikan dengan teknologi saat ini.

Aktivitas Baru di Hummingbird

Cara yang lebih baik ditawarkan oleh algoritma Hummingbird. Contoh terbesar yang Google berikan ialah adanya aktivitas “conversational search”. Aktivitas ini dianggap lebih baik karena  melakukan pencarian melalui percakapan.

Jika mesin pencarian lama akan berkonsentrasi pada menemukan kata yang tepat, seperti menemukan halaman yang menyebutkan kata-kata “membeli” dan “iPhone 7”, sementara Hummingbird berkonsentrasi pada arti di balik kata-kata tersebut.

Hummingbird bisa lebih memahami di mana lokasi  Anda sebenarnya berada dan yang dekat dari lokasi Anda. Selain itu, algoritma satu ini memahami  apakah “tempat” yang Anda maksud berarti Anda ingin toko yang berbentuk fisik. Hummingbird tahu bahwa iPhone 7 adalah jenis perangkat elektronik khusus yang dijual oleh toko tertentu.

Google akan membantu menemukan halaman yang sesuai dengan kata-kata tersebut dengan memahami arti-arti ini. Menurut Google Hummingbird menunjukkan perhatian yang lebih besar.Google juga mengklaim bahwa Hummingbird memperhatikan setiap kata dalam pencarian, memastikan bahwa seluruh pertanyaan, kalimat, atau arti dipertimbangkan, bukan hanya kata-kata tertentu. Tujuannya adalah agar halaman memenuhi semua kata pencarian, bukan hanya kata-kata tertentu.

Google memberikan beberapa contoh lain saat sebelum dan sesudah implementasi Hummingbird. Setelah impelementasi algoritma yang satu ini, dibuktikan bahwa adanya perbaikan. Misalnya, Google dulunya menampilkan pencarian  “resep obat untuk refluks asam”, yang mungkin tidak menjadi solusi terbaik untuk mengobati penyakit ini. Sekarang, hasil pencarian Google menawarkan informasi tentang pengobatannya secara umum, termasuk apakah Anda memerlukan obat tertentu.

Baca Juga: Rekomendasi Algoritma Terbaik untuk Programming

Google Hummingbird dan Strategi SEO

Google menyatakan bahwa tidak ada strategi SEO baru yang perlu diperhatikan. Panduannya tetap sama: gunakan konten berkualitas tinggi dan asli. Hummingbird hanya membuat prosesnya lebih baik. Selain itu signal yang dulunya penting tetap penting saat ini.

Jika trafik Anda menurun, Hummingbird mungkin penyebabnya, tetapi Google menyatakan bahwa perbaikan atau perubahan algoritma lainnya juga dapat menyebabkan hal ini. Tidak ada orang yang benar-benar tahu tentang hal ini. 

Long-tail Keywords dan Hummingbird 

Hummingbird memfokuskan pada penggunaan frasa daripada kata kunci. Karena itu, penggunaan kata kunci panjang mungkin lebih penting untuk SEO saat ini daripada sebelumnya. Jika Anda melihat cara orang menggunakan frasa ini atau yang serupa, konten yang mengandung kandungan “bagaimana” juga sangat berharga. Pada dasarnya, kata kunci panjang adalah frasa yang secara umum digunakan untuk tujuan memilih konten dalam hasil pencarian, dan ini bukan sesuatu yang baru dilakukan.

Sekali lagi, ini tentang frasa; misalnya, jika Anda memiliki situs web di mana Anda menawarkan layanan guru Bahasa Inggris, Anda harus menggunakan istilah seperti “belajar bicara Bahasa Inggris” dan “guru Bahasa Inggris berpengalaman” daripada menggunakan kata-kata seperti “bicara Bahasa Inggris” atau “belajar Bahasa Inggris” di berbagai tempat di situs Anda.

Jika dibandingkan dengan mesin algoritma sebelumnya, Hummingbird lebih cerdas. Mesin algoritma Hummingbir dapat mendeteksi masalah penalti dan kata kunci berlebihan dengan tepat. Hummingbird bertujuan untuk memastikan bahwa mereka yang melakukannya dengan benar akan mendapat imbalan, meskipun kompetisi online memang sulit.

Mengoptimalkan Website untuk Hummingbird 

hummingbird

Pertama, ketika ingin mengoptimasi situs, Anda perlu memiliki perkiraan audiens yang jelas. Perlu beberapa praktek SEO yang harus diikuti agar optimasi pada halaman dapat maksimal. Beberapa praktek SEO tersebut antara lain:

  • Menggunakan struktur informasi yang jelas
  • Menghindari konten yang ramping
  • Menggunakan model konten semantik
  • Mengoptimalkan konten situs secara halaman demi halaman dengan menggunakan bahasa alami dan semantik
  • Strategi sentris untuk landing page.

Ingatlah bahwa pencarian Google akan terus berkembang, dan di kemudian hari akan ada banyak perubahan. Meskipun Google kadang-kadang memberikan penjelasan resmi mengenai masalah ini, untuk menentukan teknik mana yang berhasil dan mana yang tidak, kita harus melihat studi kasus dan pendapat para ahli.

Meskipun tidak ada informasi resmi tentang cara mengoptimalkan halaman web untuk SEO Hummingbird, Google mempertimbangkan beberapa metode baru untuk meningkatkan peringkat halaman masuk dalam hasil pencarian. 

Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat SEO Yang Wajib Anda Ketahui!

Tips SEO Terdeteksi Algoritma Hummingbird

Agar SEO website Anda siap untuk algoritma Hummingbird, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  • Buat konten Anda dengan kata kunci terkait 

Kata kunci LSI sangat membantu Google memahami isi halaman web, jadi sebaiknya gunakan kata kunci LSI bersama dengan kata kunci target utama. Pastikan Anda menambahkan semua kata kunci yang terkait untuk membuat halaman Anda lebih tertarget dan kaya kata kunci.

  • Manfaatkan Social Media Signal

Meskipun Google saat ini lebih bergantung pada sinyal sosial, seperti yang dilakukan oleh jejaring sosial milik Google, backlink juga merupakan faktor penting dalam peringkat. Anda harus mengaktifkan authorship agar merek Anda dapat diidentifikasi oleh Google.

  • Optimizasi situs web untuk perangkat mobile

Untuk membuat pembacaan website Anda lebih mudah dari perangkat mobile, siapkan mobile view. Pencarian di alat mobile meningkat dengan cepat dan akan segera melebihi pencarian di desktop.

  • Gunakan rank penulis

Rank penulis bervariasi dalam jumlah pembagian pada Google Plus, aktivitas, dan lainnya, dan membantu meningkatkan kredibilitas postingan Anda. Setelah mengaktifkan authorship, buat artikel yang berkualitas tinggi dan tetap aktif di Google Plus.

  • Optimizasi website untuk pencarian menggunakan suara

Google dapat melakukan pencarian menggunakan suara untuk pertanyaan yang dapat dibicarakan, seperti “Tahun berapa film Titanic dirilis?” Pastikan Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian berbicara.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai Hummingbird. Dapat disimpulkan, Hummingbird adalah algoritma Google yang berfokus pada tiap kata dalam pencarian untuk memastikan bahwa keseluruhan petanyaan, kalimat, atau pecakapan  diperhitungkan. Hummingbird memfokuskan pada penggunaan frasa daripada kata kunci. Terdapat beberapa tips agar SEO website Anda siap untuk algoritma Hummingbird seperti; manfaatkan social media signal, optimizasi situs web, gunakan rank penulis, dan optimizasi website. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update