Mengenal Apa itu Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa itu Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis-Jenisnya

Di dalam suatu bisnis, perusahaan, maupun organisasi tentu banyak masalah yang harus diselesaikan. Jika masalah yang terjadi dibiarkan begitu saja, bisa berakibat hancurnya bisnis, perusahaan, dan organisasi yang sedng dijalankan. Oleh sebab itu, sebuah manajemen sangat dibutuhkan agar kegiatan yang berjalan dapat terstruktur.

Tidak hanya itu, ada banyak fungsi manajemen bagi suatu bisnis, organisasi, serta perusahaan. Sebagian dari Anda pasti sering mendengar kata manajemen dalam kehidupan sehari-hari kan? Tentu Anda sudah mengetahui bahwa manajemen merupakan salah satu proses yang berguna untuk mengatur segala sesuatu yang dilakukan baik oleh suatu organisasi tertentu maupun sekelompok orang. Proses tersebut dilakukan agar organisasi atau sekelompok orang tersebut dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Pengertian manajemen Di dalam etimologi sendiri kata manajemen berasal dari kata management yang merupakan bahasa Perancis. Kata tersebut mempunyai arti sebuah seni dalam melaksanakan dan mengatur. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah upaya pengkoordinasian, perencanaa,pengorganisasian, dan juga pengontrolan sumber daya guna mencapai target secara efektif dan efisien.

Baca Juga : Menkominfo Akan Blokir & Tutup Situs IndoXXI Cs Mengantisipasi Pembajakan

 

Mengenal Apa Itu Manajemen ?

 

Adapun selain fungsi, dalam manajemen pasti ada tujuannya. Nah, berikut ini tujuan dari manajemen :

  1. Mengevaluasi

    Tujuan dari manajemen yaitu mengevaluasi strategi, kinerja yang telah dipilih secara efisien dan efektif sehingga dapat mengkaji ulang berbagai penyimpangan yang terjadi.

  2. Melakukan Inovasi

    Dengan adanya manajemen, sebuah inovasi dapat tercipta sehingga kegiatan yang dilakukan bisa lebih teratur. Unsur-Unsur yang Harus ada dalam Manajemen Dalam manajemen, tentulah ada beberapa hal yang harus ada. Hal ini disebut unsure dari manajemen. Adapun beebrapa hal yang harus ada tersebut antara lain

  3.  Manusia

    Manusia atau human berperan dalam menentukan tujuan serta menjalankan proses untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Sebagai Stakeholder yang dapat menjalankan peran sesuai dengan goal yang diminta

  4. Uang

    Uang atau money menjadi unsur manajemen yang sangat penting karena dapat menjadi tolok ukur hasil kegiatan yang dijalankan. Unsur uang bisa dijadikan alat untuk mencapai tujuan karena secara rasional penggunaannya dapat diperhitungkan.

  5. Bahan

    Unsur yang ketiga yaitu bahan atau materials, unsur ini menjadi faktor penting untuk mengetahui baik tidaknya hasil yang dicapai.

  6. Metode

    Metode atau methods yang baik dan tepat dapat berjalan dengan lancar dan baik jika didalamnya melibatkan manusia. Oleh sebab itu, manusia harus dapat memahami metode yang baik dan tepat agar bisa menjalankannya.

  7. Pasar

    Pasar atau market menjadi unsur manajemen yang krusial bagi setiap perusahaan. Sebuah bisnis mampu menguasai pasar jika produk yang ditawarkan mempunyai kualitas serta menarik minat konsumen.

 

Jenis-jenis Manajemen

 

Jenis-jenis dari manajemen itu sendiri sebenarnya sangat banyak. Namun kali ini akan kami uraikan 3 jenis manajemen yang paling umum digunakan.

 

  1. Manajemen Pemasaran

    Manajemen pemasaran merupakan serangkaian proses yang meliputi perencanaan, analisis, pengawasan, dan pengendalian kegiatan pemasaran.

  2. Manajemen Keuangan

    Manajemen keuangan merupakan suau kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan cara untuk mendapatkan pendanaan sebagai modal kerja, mengalokasikan dana, serta mengelola aset agar tujuan perusahaan dapat tercapai.

  3. Manajemen Produksi

    Manajemen produksi adalah sebuah penataan terhadap proses untuk mengubah bahan mentah agar menjadi suatu produk atau jasa yang mempunyai nilai jual.

 

Dalam Layanan Beasiswa IDCloudHost, di Telkom University anda akan lebih banyak belajar tentang manajemen dan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari. Dengan Beasiswa IDCloudHost ini perkuliahan anda akan bebas biaya alias dibayarkan oleh IDCloudHost sampai selesai perkuliahan. Nah, dengan berbagai fasilitas Telkom University yang sudah tidak diragukan ini, anda dapat melatih kemampuan anda serta berbisnis dengan menerapkan ilmu manajemen ini.

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari penjelasan tentang fungsi manajemen, unsur-unsur manajemen, serta jenis-jenis manajemen, Kita tentu tahu bahwa manajemen sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis maupun bagi organisasi maupun perusahaan. Meskipun ada banyak definisi tentang manajemen, pada umumnya manajemen mempunyai arti yaitu mengatur.

Suatu bisnis atau perusahaan akan maju jika mempunyai manajemen yang baik. Tentu dengan mengenal manajemen, Anda bisa mendapatkan ilmu dan manfaat yang banyak. nah, fungsi manajemen ini harus bisa menjadi pondasi anda dalam berbisnis. Bahkan, anda dapat menerapkannya dalam strategi bisnis anda.

Setelah itu anda dapat membuat rincian dari kegiata anda. Memanfaatkan 3 jenis manajemen seperti manajemen pemasaran untuk analisis bisnis, kemudian manajemen keuangan sebagai rincian dana usaha dan pengelolaan aset. Terakhir, manajemen produksi yang bertugas sebagai sebuah proses eksekusi dari bisnis tersebut. selamat mencoba.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update