Mengenal Apa Itu Meta Description dan Manfaatnya Bagi Konten

Mengenal Apa Itu Meta Description dan Manfaatnya Bagi Konten

Secara sederhana, meta description adalah deskripsi yang berupa tulisan singkat untuk menggambarkan keseluruhan konten agar menarik pembaca dan pengunjung. Sebagai pemilik situs web, jika Anda tidak menambahkan meta description ke situs web Anda, maka Anda akan kehilangan peluang besar untuk menarik dan mengonversi pengunjung baru.

Banyak yang mungkin tidak menyadari pentingnya penulisan meta description, tetapi cuplikan atau snippet yang ditargetkan yang muncul di hasil mesin pencari dapat membuat perbedaan besar. Ini akan memberi gambaran sekilas mengenai konten Anda, sehingga pembaca menjadi tertarik dan ingin mengunjungi konten tersebut. Tanpa adanya meta ini, jelas Anda akan kehilangan peluang klik karena pembaca tidak mendapatkan sinopsis singkat akan konten Anda.

Jadi bisa dikatakan deskripsi meta atau meta description merupakan cuplikan singkat yang muncul di halaman hasil pencarian seperti Google. Dimana disini Anda dapat menyesuaikannya untuk mendeskripsikan setiap halaman dengan lebih baik, menarik pengguna baru, dan membuat hasil pencarian Anda menonjol dari situs web pesaing. Menambahkan deskripsi meta bisa semudah mengisi kotak atau menyisipkan baris kode, oleh karena itu, pastikan Anda mengisi baris deskripsi agar konten menjadi lebih mengundang pembaca.

 

Mengenal Apa Itu Meta Description dan Pengaruhnya

 

Meta description adalah tag dalam format HTML yang digunakan untuk menggambarkan konten halaman web. Deskripsi ini akan muncul di bawah judul dan URL halaman Anda seperti yang muncul di hasil mesin pencari. Agar tetap terlihat dan dipahami oleh Google, deskripsi meta Anda harus disimpan di antara 140-160 karakter dimana nanti semua deskripsi yang Anda tulisa akan muncul di bawah judul halaman dan URL di hasil pencarian.

Karena deskripsi meta muncul dengan judul dan URL Anda di halaman hasil, mereka memiliki kekuatan untuk membantu atau merusak rasio klik-tayang hasil Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki kata kunci di bagian tubuh kotak deskripsi meta adalah sinyal relevansi untuk mesin pencari yang dapat membantu peringkat Anda. Meski bukan sinyal yang besar, tetapi tentu saja dapat memainkan peran positif jika digunakan secara alami tanpa kata kunci yang mengisi deskripsi Anda. Dalam hal hasil pencarian Anda, deskripsi meta Anda memiliki porsi paling banyak yakni dua baris teks dibandingkan dengan satu baris untuk judul dan satu baris untuk URL, jadi manfaatkan kesempatan untuk menjual situs web Anda dengan pesan yang bermakna kepada pencari konten Anda.

 

Baca Juga  :    Mengetahui Fungsi dari Tag, Meta Tag, dan Meta Tag Description

 

Manfaat Meta Description Bagi Konten

Meskipun Google telah mengatakan bahwa deskripsi meta bukan merupakan faktor penentu peringkat, konten ini masih merupakan bagian penting dalam mengarahkan lalu lintas dan meningkatkan kinerja halaman dalam pencarian. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda menerapkan deskripsi meta :

  • Meta description bisa menjadi seperti iklan mini untuk halaman web

    Ketika deskripsi meta SEO muncul di SERP dan umpan media sosial, mereka akan bertindak sebagai promosi kecil untuk halaman web Anda. Copy ini kemudian memberi pemasar kesempatan untuk mempromosikan halaman dan memberi tahu pembaca mengapa mereka harus mengklik konten Anda.

  • Meta description yang ditentukan terlihat lebih baik di hasil pencarian

    Ketika Anda tidak memberi tahu mesin pencari dan platform sosial deskripsi halaman mana yang akan digunakan, mesin ini akan membuat keputusan sendiri. Hal ini dapat menghasilkan tampilan yang tidak menarik untuk cuplikan halaman Anda. Teks dapat terpotong, detail penting dapat hilang begitu juga data halaman yang tidak relevan dapat muncul. Menentukan teks yang ingin Anda gunakan memungkinkan Anda memastikan konten terbaik dan paling relevan muncul.

  • Meta description yang strategis dapat meningkatkan rasio klik-tayang

    Ketika dioptimalkan dengan benar untuk audiens, deskripsi meta akan dapat menerima lebih banyak klik. Jelaskan dalam deskripsi meta Anda bahwa halaman tersebut menawarkan maksud pencarian dari kata kunci yang Anda coba ranking. Lebih banyak pengguna akan memilih hasil tertinggi karena mereka dapat dengan jelas melihat bahwa konten yang muncul lebih tinggi biasanya mempunyai apa yang mereka butuhkan.

  • Rasio klik-tayang yang lebih tinggi akan meningkatkan peringkat pencarian

    Meskipun deskripsi meta SEO tidak akan meningkatkan peringkat pencarian halaman dengan sendirinya, hasil dari deskripsi meta yang dibuat dengan baik dapat meningkatkan peringkat halaman. Ketika tautan sering diklik di hasil pencarian, cara ini akan mengirimkan sinyal ke mesin pencari yang memberi tahu mereka bahwa halaman itu penting dan hasil bagus yang disukai pengguna. Dari sini jelas akan membantu meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian.

  • Meta description dapat menjadi bagian dari rencana cuplikan yang tertarget

    Hasil mesin pencari tidak terbatas hanya untuk menampilkan judul, slug, dan deskripsi saja, melainkan ada berbagai tag atau skema lain yang dapat menambahkan cuplikan kaya bonus ke hasil mesin telusur. Cuplikan atau snippet yang kaya dan padat dapat menyertakan potongan salinan, tautan, ikon, dan gambar yang lebih besar seperti yang mungkin Anda temukan untuk laman dengan ulasan, resep, atau informasi produk. Mengoptimalkan cuplikan tertarget lainnya hanyalah salah satu praktik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menyoroti deskripsi meta dan meningkatkan kinerja laman dalam penelusuran.

 

Baca Juga  :    Panduan Mengenal Apa Itu HTML dan XML Sitemap Bagi Pemula

 

Tips dan Cara Menulis Meta Description yang Bagus

Mengenal Apa Itu Meta Description dan Manfaatnya Bagi Konten
 

Sayangnya, meta description mempunyai pembatasan karakter penulisan yakni hanya 160 karakter saja. Dimana ini bisa menjadi sangat sulit dan tricky apalagi jika Anda ingin mengejar target yang padat dan kaya. Sarannya adalah Anda dapat menggunakan 160 karakter untuk deskripsi meta Anda, tetapi jangan terlalu terpaku karena ika deskripsi Anda 161 karakter, jangan buang waktu untuk memangkasnya. Alih-alih, fokuslah pada kiat-kiat penulisan meta ini :

  • Tetap berpegang pada suara dan nada brand Anda
  • Sertakan kata kunci utama Anda jika Anda dapat melakukannya secara alami.
  • Pastikan Anda menyampaikan nilai dan pesan tertarget kepada pembaca.
  • Sertakan ajakan bertindak, seperti: Pelajari lebih lanjut di sini.
  • Tulis dengan suara dan pendekatan yang aktif.
  • Pastikan deskripsi Anda cocok dengan konten Andam jangan menipu pengguna agar mengklik tautan Anda atau clickbait.
  • Ingatlah bahwa deskripsi meta mungkin terpotong saat ditampilkan dalam pencarian, jadi gunakan 120 karakter pertama untuk mengkomunikasikan pesan terpenting Anda.
  • Pastikan setiap halaman di situs Anda memiliki deskripsi meta yang unik dan hindari menggunakan deskripsi yang sama di beberapa halaman.

 

Baca Juga  :   Memaksimalkan Penulisan Meta Description untuk SEO Website / Blog

 

Kesimpulan dan Penutup

Walau deskripsi meta mungkin tidak secara langsung berkontribusi pada bagaimana Google memberi peringkat pada halaman web Anda, tetapi paling tidak cara ini pasti membantu menarik orang untuk mengklik tautan Anda. Jadi memaku deskripsi meta Anda tetap harus menjadi prioritas saat mengoptimalkan SEO untuk situs Anda. Trik sederhananya adalah untuk tetap mematuhi batas 160 karakter yang ditentukan.

Tapi itu tidak berarti Anda harus menghabiskan seluruh waktu Anda untuk mengoptimalkan deskripsi meta. Mengingat yang benar-benar diinginkan Google adalah Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk menghasilkan konten yang cerdas dan berkualitas. Jadi selama konten Anda bermanfaat bagi pengguna dan berisi informasi yang cocok dengan kueri penelusuran, halaman Anda akan mendapat peringkat yang baik dalam penelusuran.

 

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update