Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Manfaat Menggunakannya

Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Manfaat Menggunakannya

Internet adalah tempat yang berbahaya dengan banyaknya bahaya mengancam. Banyak situs web besar dengan beragam data serta informasi pelanggan mereka yang sensitif terus-menerus berada di bawah ancaman pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas yang mengintai dari mana saja. Oleh karena itu, penting adanya strategi langkah-langkah keamanan yang memadai.

Salah satu langkah yang umum digunakan di internet adalah proxy server yang merupakan sistem komputer atau router yang berfungsi sebagai relay antara client dan server. Kemudian sistem ini akan membantu mencegah penyerang yang berusaha menyerang jaringan pribadi dan merupakan salah satu dari beberapa alat yang digunakan untuk membangun firewall.

Adapun kata proxy sendiri berarti bertindak atas nama orang lain yang bermakna server proxy bertindak atas nama pengguna. Semua permintaan ke Internet masuk ke server proxy terlebih dahulu, yang mengevaluasi permintaan dan meneruskannya ke Internet. Demikian juga, tanggapan kembali ke server proxy dan kemudian ke pengguna. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana proxy bekerja dalam mengamankan data Anda? Mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini.

 

Mengenal Apa Itu Proxy Server

 

 

Secara ringkas, proxy server adalah mesin apa pun yang menerjemahkan lalu lintas antara jaringan atau protokol. Ini adalah server perantara yang memisahkan klien pengguna akhir dari tujuan yang mereka jelajahi. Server proxy menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan, kebutuhan, atau kebijakan perusahaan Anda. Jika Anda menggunakan server proxy, lalu lintas mengalir melalui server proxy dalam perjalanannya ke alamat yang Anda minta.

Permintaan kemudian kembali melalui server proxy yang sama dan kemudian server proxy meneruskan data yang diterima dari situs web kepada Anda. Server proxy modern melakukan lebih dari sekadar meneruskan permintaan web, semuanya atas nama keamanan data dan kinerja jaringan disamping juga bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan menyimpan data untuk mempercepat permintaan umum. Server proxy yang baik membuat pengguna dan jaringan internal terlindungi dari hal-hal buruk yang hidup di internet liar serta juga dapat memberikan tingkat privasi yang tinggi.

 

Baca Juga  :    Proxy Server : Tipe/Jenis dan Perbedaanya dengan VPN

 

Manfaat Jika Menggunakan Proxy Server

Mengenal Apa Itu Proxy Server dan Manfaat Menggunakannya
 

Menawarkan cara sederhana untuk menutupi penjelajahan Web Anda dan aktivitas jaringan lainnya, proxy server bertindak sebagai perantara antara komputer Anda dan situs web, file, atau data lain yang Anda minta saat terhubung ke jaringan. Secara khusus, cara ini berguna untuk menggunakan server proxy jika Anda ingin menjelajahi internet secara anonim atau jika Anda ingin mengatasi beberapa pembatasan konten buatan. Selain itu, server proxy juga menawarkan peningkatan kinerja jaringan dalam beberapa kasus tertentu dan menyediakan pengembang web alat untuk menguji fungsionalitas khusus kawasan di situs web. Berikut manfaat jika menggunakan proxy server untuk lebih jelasnya.

 

  • Dapat Menyaring dan Menyingkirkan Situs Web Berbahaya

    Manfaat server proxy lain yang berguna adalah kenyataan bahwa admin dapat memblokir pengguna dari mengakses situs web yang mungkin berbahaya. Ini sebenarnya adalah tindakan yang cukup bijak karena jika admin mengetahui situs web tertentu berisi tautan malware atau phising, admin akan dapat mencegah pengguna proxy mengaksesnya secara tidak sengaja atau tidak sadar. Mungkin juga ada kemungkinan bahwa jika Anda masuk ke situs web jahat atau yang mencurigakan, malware apa pun yang mungkin ada di dalamnya akan menginfeksi proxy alih-alih perangkat Anda, meski ini bukan jaminan.

  • Waktu Muat (Loading Akses) Mungkin Berkurang

    Ini terkait dengan fakta bahwa server proxy dapat menyimpan data yang pada dasarnya, begitu mereka mengakses halaman web tertentu, mereka menyimpannya untuk nanti. Ketika halaman cache diminta, maka akan dapat ditampilkan lebih cepat kepada pengguna. Namun harap diingat bahwa ini hanya akan terjadi jika server proxy sudah memiliki halaman web yang Anda minta di cache lokalnya. Jika tidak, maka harus memintanya dari internet, dan Anda mungkin tidak mengalami waktu muat yang lebih cepat dalam kasus ini.

  • Akses ke Konten Lokasi Khusus

    Anda dapat menetapkan proxy server dengan alamat yang terkait dengan negara lain. Prinsip kerjanya adalah membuatnya tampak seperti Anda berada di negara itu dan mendapatkan akses penuh ke semua konten komputer di negara itu yang diizinkan untuk berinteraksi.

    Baca Juga   :   Firewall : Tipe, Cara Kerja serta Penerapannya pada PC dan Mac

  • Untuk Mengakses Konten yang Diblokir Secara Geografis atau yang Dibatasi

    Ada banyak konten online yang dibatasi secara geografis, di blokir dan karena adanya peraturan jaringan dan hak cipta. Tetapi karena server proxy menyembunyikan alamat IP Anda, situs web tidak dapat menghentikan Anda untuk mengaksesnya berdasarkan lokasi geografis tempat Anda berada. Contoh umum yang sering ditemui adalah pengguna yang menggunakan proxy untuk dapat menonton streaming atau acara televisi di negara lain.

  • Keamanan yang Lebih Ditingkatkan

    Proxy juga dapat bertindak seperti firewall antara sistem Anda dan internet. Tanpa bantuan proxy server, maka peretas memiliki akses mudah ke alamat IP Anda, yang dapat mereka gunakan untuk menyusup ke komputer atau jaringan Anda serta mencuri dan menambang semua data sensitif Anda.

  • Mencegah Pengguna Menjelajahi Situs yang Tidak Pantas atau Mengganggu

    Manfaat yang juga bisa diambil dari proxy adalah Anda dapat menggunakannya untuk memblokir akses ke situs web yang bertentangan dengan prinsip atau keamanan Anda. Selain itu, Anda dapat memblokir situs yang biasanya mengganggu atau tidak pantas bagi kalangan umur tertentu, contohnya disini adalah pemblokiran situs web yang berbahaya bagi anak-anak.

  • Membuat Alamat IP Tersembunyi

    Dari banyak keuntungan server proxy terbaik adalah dengan menggunakan proxy, situs web yang Anda akses tidak akan dapat mencatat alamat IP asli Anda, karena itu akan mencatat alamat IP server proxy. Ini membuat Anda menjadi pengguna anonim saat Anda sedang berselancar didunia maya. Jangan lupakan juga bahwa alamat IP Anda dapat memberitahu seseorang banyak tentang diri Anda, seperti dari negara dan kota mana Anda berasal.
    Peretas dan penjahat dunia maya akan kesulitan jika mereka ingin menggunakan menggunakan alamat IP Anda untuk mengetahui hal-hal seperti siapa ISP Anda, apa kode pos Anda dan bahkan alamat dimana Anda tinggal, jika Anda telah menggunakan bantuan proteksi pada jaringan Anda.

 

Baca Juga  :   Cara Cepat dan Mudah Menginstal VPN (Virtual Private Network) di Komputer/Desktop dan Smartphone

 

Kesimpulan dan Penutup

Alasan penggunaan proxy server umumnya adalah untuk memberi penggunanya rasa aman dan anonimitas. Adapun proxy itu sendiri juga harus memecahkan kode lalu lintas Anda untuk mengirimkannya yang mana ini berarti dapat melihat semua yang Anda lakukan kecuali Anda menggunakan koneksi SSL. Jika Anda merasa ini tidak aman, maka Anda dapat memikirkan untuk berinvestasi dalam proxy server terpercaya agar dapat memastikan keamanan dan privasi Anda.

Namun begitu, setiap hal pasti mempunyai kekurangannya tersendiri termasuk dalam hal ini, teknologi di dunia maya. Tetapi memang proxy server mempunyai banyak keunggulan terlebih lagi jika Anda ingin menghindari situs- situs web yang berbahaya dan mencurigakan hingga memblokirnya. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan Anda memang menggunakan layanan proxy yang terpercaya dan mempunyai kredibilitas yang baik.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update