Mengenal Apa Itu Streaming Server?

Mengenal Apa Itu Streaming Server?

 

Kata streaming pasti sudah tidak terdengar asing di telinga Anda bukan? Aktivitas tersebut sudah sangat sering kita lakukan. Mulai dari streaming musik, film hingga yang lainnya. Jika streaming adalah teknologi untuk mengirim data dalam bentuk audio dan video yang dikompresi lewat jaringan internet. Lalu, apa bedanya dengan streaming server? Apakah sama dengan pengertiannya? Untuk menjawab pertanyaan ini simak pembahasan lebih lanjut mengenai streaming server dibawah ini.

Apa Itu Streaming?

Streaming adalah sebuah teknologi yang berfungsi untuk mengirimkan data berbentuk audio dan video yang ditampilkan pada aplikasi player secara realtime lewat internet. Pengguna tentu membutuhkan aplikasi tersebut agar data yang semula sudah dikirim agar dapat tampil dilayar monitor perangkat monitor milik pengguna. Pada umumnya, streaming dilakukan secara real time sehingga ini membuat pengunduhan tidak harus disimpan pada PC maupun ponsel.

Apa Itu Server?

Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan sumber daya untuk penyimpanan data dalam jumlah besar. Biasanya penyimpanan ini digunakan untuk berbagai layanan. Misalnya untuk menampilkan website,email atau lainnya. Selain itu juga server terdiri dari beberapa jenis yang bisa dibagi untuk kebutuhan client seperti kebutuhan akan email,DNS hingga website.

Pengertian Streaming Server 

Streaming server adalah sebuah web server yang sudah terinstal dalam server untuk menjalankan file berbentuk video maupun audio melalui jaringan internet. Streaming server mengizinkan pengguna untuk menjalankan file audio atau video meski harus terpisah dari web server. Bukan hanya itu saja beberapa layanan streaming yang populer seperti Youtube,Megavideo dan lainnya menggunakan streaming server untuk menjalankan layanan milik mereka.

Jenis-Jenis Streaming

Ada dua jenis streaming yang paling sering dilakukan yaitu:

  • Live Streaming

Anda pasti sangat familiar dengan jenis streaming yang satu ini. Live streaming sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Sebenarnya Live streaming adalah kegiatan yang menayangkan siaran langsung. Biasanya dilakukan oleh content kreator dengan merekamnya, lalu disiarkan pada media yang mereka gunakan.

  • Prerecord Streaming

Prerecord streaming adalah siaran yang dilakukan dengan membuat sebuah video terlebih dahulu. Pada dasarnya, nanti pemilik konten akan membuat audio atau video kemudian disimpan dahulu baru di upload menggunakan media sosial. Setelah itu baru pengguna bisa menonton video tersebut.

Protokol Streaming Server

Streaming server memiliki protokol yang harus dilengkapi yaitu:

  • User Datagram Protocol (UDP)

Protokol ini merupakan salah satu lapisan transport TCP/IP. Dimana lapisan ini sangat mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), meski tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP itu sendiri. Kemudian protokol ini juga didefinisikan dalam RFC 768.

  • Microsoft Media Services (MMS)

Kedua adalah MMS. Pada lapisan ini protokol yang digunakan untuk mendistribusikan streaming windows media yang memang sudah dikembangkan terlebih dulu oleh Microsoft. Sebenarnya ada sebuah dukungan dari codec yang dapat didistribusikan melalui protokol ini adalah WMA dan WMV. Akan tetapi Microsoft windows media server telah dapat pula menggunakan protokol RTSP dengan redirect protocol HTTP yang dimiliki oleh MMS.

  • Real Time Streaming Protocol (RTSP)

Real-time Transport Protocol (RTP) merupakan standarisasi paket untuk mengirimkan audio dan video pada jaringan IP. RTP juga seringkali digunakan untuk komunikasi dan sistem entertain. Sehingga yang termasuk didalamnya adalah streaming media seperti telephony, aplikasi video teleconference dan web yang memiliki fitur berbasis push-to-talk.

  • Unicast

Selanjutnya adalah unicast. Pada bagian unicast memberikan satu-ke satu koneksi yang ada antara klien dan juga server. Hal ini dilakukan dengan cara menggunakan metode pengiriman IP. Sehingga saat client tersebut ingin menyambungkan unicast ke server windows media, maka client akan memiliki langsung hubungan ke server. Kemudian unicast client akan menyambung ke server serta mengambil bandwidth tambahan.

  • Multicast

Terakhir adalah multicast. Dilihat dari definisinya, multicasting merupakan cara yang dilakukan untuk pentransmisian data dengan lebih   Ini adalah teknik yang mana dapat mengubah data kemudian dikirimkan melalui jaringan ke sekumpulan komputer. Disinilah kumpulan komputer tersebut bisa dikatakan bergabung dalam sebuah grup. 

Langkah Kerja Video Streaming

Ini dia langkah kerja video streaming yang perlu Anda ketahui. Ketika client mengirimkan permintaan streaming video ke web server, web server nantinya akan langsung meneruskan permintaan ke streaming server. Kemudian streaming server ini akan memproses permintaan client. Nah streaming server ini nantinya akan mentransmisikan file video ataupun audio yang telah diminta ke client secara langsung tanpa melalui web server. Terakhir client baru dapat menjalankan video atau audio.

Keuntungan Menggunakan Streaming Server

Setelah Anda mulai memahami pengertian mengenai streaming server. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakannya antara lain:

  • Jalur Streaming, keuntungan pertama adalah proses streaming yang berlangsung bisa gunakan hanya dalam satu jalur streaming.
  • Tidak Perlu Buffering, pengguna dapat melihat sebuah video dengan meloncat ke waktu tertentu yang mereka inginkan. Sehingga tidak harus menunggu buffering terlebih dahulu untuk melihat video secara menyeluruh.
  • Keamanan File Terjamin, selanjutnya adalah data yang disimpan tidak akan ada didalam komputer pengguna. Hal ini membuat keamanan file dari pengguna lebih terjamin.
  • Bandwidth sedikit, biasanya memang jika kita ingin menonton sebuah video. Maka video tersebut harus di download terlebih dahulu. Akan tetapi sekarang dengan menggunakan streaming video tidak perlu di download. Sehingga inilah yang membuat kebutuhan bandwidth lebih sed

Kekurangan menggunakan Streaming Server

Ada keuntungan pasti ada juga kekurangan. Inilah beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan jika ingin menggunakan streaming server.

  • Online, kekurangan pertama dari streaming adalah hanya dapat dilihat saat online saja. Saat Anda dalam keadaan offline maka video yang ingin Anda lihat tidak akan dapat memutar atau bahkan tidak akan muncul. 
  • File Terhapus, maksudnya adalah file yang telah dimainkan akan terhapus secara otomatis. Sehingga tidak dapat lagi diakses secara offline.

Contoh Software Streaming Server

  • PlayOn
  • Icecast
  • Adobe Flash Streaming Server
  • SHOUTcast
  • Darwin streaming server
  • Dan lain-lain

Penutup

Itulah penjelasan lengkap mengenai streaming server untuk Anda. Tanpa disadari kecanggihan teknologi memudahkan pengguna untuk mendapatkan informasi hingga hiburan. Jika dahulu untuk menonton harus mendownload video, maka sekarang tidak perlu melakukan hal itu. Anda bisa menonton video dari streaming dengan lebih mudah. Hanya saja untuk mewujudkan hal itu, Anda harus memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil. Agar streaming tidak terganggu dan berjalan lambat.

Jika Anda ingin menonton streaming video dengan jaringan yang lancar dan cepat. Maka Anda perlu layanan server yang mudah dan praktis. Jangan bingung, Anda bisa coba gunakan layanan Cloud VPS dari IDCloudHost yang sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi, tools, fitur dan menjamin kecepatan data sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk,coba sekarang!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update